Perempuan Bisa Berkarya dengan Baik dan Berdaya Saing

By Bowo Susilo - 06:14




Diera yang serba digital ini semuanya semakin maju dan terus berkembang pesat. Ya, salah satunya adalah soal teknologi. Teknologi saat ini semakin modern dan terus berkembang. Nah pertanyaannya adalah, sudahkah kita semua memanfaatkan teknologi dengan baik?

Jika belum memanfaatkan teknologi dengan baik tentunya kita semua patut berusaha dan terus belajar agar bisa mengikuti perkembangan teknologi. Tidak hanya bagi kaum laki-laki saja, melainkan perempuan juga sangat penting untuk turut andil dalam mengikuti perkembangan teknologi.

Laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk dapat berkarya dengan baik. Apalagi diera yang modern ini, semua kesempatan terbuka luas untuk semua. Jadi bagaimana pintar-pintar mereka memanfaatkan peluang dengan baik. Saat ini banyak perempuan-perempuan yang mampu berkreasi tanpa rasa takut lagi. 


Tanggal 3 Desember 2019 saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri sebuah acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) yang bekerjasama dengan VIVA. Tentu saya sangat excited mengikuti acara ini. Ya, walaupun ini lebih ke perempuan, tetapi laki-laki juga sangat penting untuk mendukung kegiatan seperti ini.

Acara ini mengambil tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”. Perempuan diera digital ini bisa berkarya dengan sangat fleksibel yaitu bisa bekerja dimanapun dan tentunya tetap bisa produktif. Tugas perempuan selain menjadi istri dan juga ibu bagi anak-anaknya, tentu juga penting untuk bisa berkarya dan bermanfaat bagi masyarakat luas. 


Nah pada acara ini, semuanya dibahas yaitu mengenai pentingnya perempuan berkarya dan berdaya saing. Dalam acara ini, turut hadir Bapak Henky Hendranantha selaku Chief Operating Officer at Viva Networks. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa perempuan memiliki peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Dalam peringatan hari Ibu tentu bukan hanya sekedar perayaan saja, tetapi bisa menjadi ujung tombak dalam mengisi kemerdekan republik Indonesia.


Dalam kesempatan ini, juga hadir Bapak Indra Gunawan selaku Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Beliau juga menyampaikan bahwa seorang Ibu menjadi pendidik generasi bangsa yang sesungguhnya. Ya, seorang Ibu dan anak tentu tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Keterikatan ini sangatlah menyatu dalam diri mereka masing-masing. Nah seorang anak akan menjadi anak yang cerdas tentu tak lepas dari seorang Ibu.

Tentunya seorang Ibu harus mendapatkan dukungan yang maksimal oleh suaminya. Menjadi suami juga tidak boleh egois, harus mendukung istrinya dalam menjalankan aktivitas termasuk mengajari anak-anaknya. Isu perempuan belakangan ini sangat ramai diperbincangkan. 

Diadakannya acara takshow ini tentu memiliki tujuan yaitu sekaligus menyambut peringatan hari ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember. Peringatn hari ibu tentu sangatlah penting, bukan hanya sekedar bersenang-senang dan berpesta saja melainkan ada nilai dan juga sejarah penting disini. Diperingatinya hari ibu bisa dijadikan sebuah momen untuk lebih menghargai seorang ibu. Jadi sebagai anak harus patuh terhadap ibunya, tentunya dengan ajaran-ajaran yang positif ya teman-teman.

Hadir juga Dr. Sri Danti Anwar selaku Pakar Gender. Dalam acara talkshow kemarin, beliau banyak membahas soal kodrat dan juga konstruksi gender. Seperti perempuan yang bisa mengandung dan melahirkan, laki-laki yang bisa membuahi. Semuanya sudah diatur dan diciptakan oleh Allah SWT dengan sedemikian. Semuanya memiliki kodrat masing-masing.


Diajeng Lestari selaku Founder HIJUB juga turut hadir dan banyak memberikan motivasi bagi para perempuan untuk dapat berkarya dan berdaya saing. Menurut Diajeng menjadi seorang pebisnis tentu tidaklah mudah, tetapi jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan pantang menyerah tentu akan membuahkan hasil yang maksimal.


So, bagi para perempuan Indonesia harus terus semangat dalam menggapai mimpi. Semuanya memiliki kesempatan yang sama, jangan takut untuk memulai sesuatu yang baik. Perempuan harus bisa menjadi berkarya dan tentunya bisa bermanfaat juga bagi masyarakat luas.

Salam semangat!






  • Share:

You Might Also Like

0 komentar