Sehati TeleCTG Solusi untuk Dukung Pemerintah dalam Membangun Manusia yang Unggul

By Bowo Susilo - 05:50



Indonesia adalah Negara yang besar yang kaya akan sumber daya alam dan juga budaya yang sangat beragam. Saat ini fokus pemerintah adalah menciptakan sumber daya manusia yang unggul agar bisa memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sumber daya manusia yang unggul tentu menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh suatu bangsa. Karena dengan sumber daya manusia yang unggul tentu akan berdampak positif juga bagi suatu bangsa. Maju tidaknya suatu bangsa tentu ditentukan oleh sumber daya manusia nya.

Oleh karena itu, generasi penerus bangsa ini harus terus diperhatikan dan dibina dengan baik. Nah untuk mewujudkan itu semua, tentu bukan hanya tugas bagi Pemerintah, melainkan harus bersama-sama dalam mewujudkan cita-cita tersebut. Sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki semangat yang tinggi dalam menggapai cita-cita.


Tanggal 16 Desember 2019, saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Sehati Group. Ada yang sudah tahu Sehati Group itu apa?

Sehati Group merupakan penyedia solusi layanan kesehatan terpadu berbasis inovasi dan teknologi tepat guna yang diciptakan, diproduksi, dan dijalankan oleh putra putri Indonesia terbaik di bidangnya. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan pemerataan pelayanan kesehatan demi tercapainya masyarakat Indonesia yang unggul, sehat, dan berkualitas.

Pelayanan kesehatan di Indonesia masih terbilang sangat kurang, belum bisa merata ke seluruh pelosok negeri. Mengingat Indonesia memiliki wilayah kepulauan yang sangat luas. Namun hal ini tentu menjadi tanggungjawab pemerintah dalam memberikan layanan kesehatan secara merata. Hal itu juga memerlukan dukungan dari berbagai pihak, nah dalam hal ini Sehati Group turut andil dalam mewujudkan cita-cita tersebut.
Sehati Group luncurkan Sehati TeleCTG. Apa itu Sehati TeleCTG?

Sehati TeleCTG merupakan layanan kesehatan maternal jarak jauh terpadu, berbasis inovasi dan teknologi tepat guna yang secara sinergis memberikan informasi lengkap dan real time mengenai kehamilan kepada para penggunanya. Sehati TeleCTG ini tentunya akan sangat membantu bagi masyarakat di pelosok negeri ini.

Dalam acara ini turut hadir dr. Ari Waluyo, Sp.OG, selaku Co-Founder & Chief Executive Officer Sehati Group. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan “Sehati Group lahir dari analisa kami terhadap kondisi kesehatan saat ini, dimana penurunan AKI, AKB, dan stunting menjadi prioritas pemerintah. Hal penting yang perlu menjadi perhatian antara lain pemenuhan nutrisi selama 1000 hari pertama kehidupan, pemeriksaan kehamilan oleh tenaga kesehatan terpercaya, dan distribusi layanan kesehata secara merata ke seluruh pelosok negeri.


Nah dengan diluncurkannya Sehati TeleCTG ini, diharapkan dapat menjangkau bidan dan ibu hamil hingga ke pelosok-pelosok daerah. Seorang Ibu tentu berhak menjalani kehamilan yang menyenangkan dan menenangkan, sebagai kunci generasi selanjutnya yang lebih berkualitas dan berdaya saing.

Berdasarkan data terakhir, jumlah AKI di Indonesia adalah sebesar 305 jiwa per 100.000 ibu1, sedangkan AKB sebesar 24 jiwa per 1.000 bayi2. Sedangkan untuk angka stunting sendiri adalah 30,8%3. Angka ini masih jauh dari batas maksimal stunting yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia sebesar 20%.

Dengan adanya Sehati TeleCTG ini diharapkan menjadi solusi masalah tersebut. Sehati TeleCTG telah digunakan oleh 20.000 ibu hamil dan lebih dari 10.500 bidan di 11 Provinsi dan 27 Kabupaten di Indonesia. Sehati TeleCTG ini memang dikhususkan untuk daerah terpencil, tetapi tidak menutup kemungkinan juga dipergunakan di perkotaan juga.

Hadir juga Bapak Samsul Widodo selaku Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Beliau menyampaikan, saat ini terdapat 74.954 desa di seluruh Indonesia yang sebagian besar desa berada di dalam wilayah geografis yang sulit. Namun hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah untuk bisa memberikan layanan terbaik dalam hal pembangunan desa yang merata.

Turut hadir dr. H. Deden Bonni Koswara, MM., selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan “Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu sudah menggunakan Sehati TeleCTG sebagai salah satu upaya intervensi AKI, AKB dan stunting di wilayah Indramayu. Melalui layanan ini tentunya sangat terbantu dalam mendeteksi factor risiko ibu hamil, jelasnya”.

Ibu Mariana A. Sailana, S.Tr. Keb., selaku Pengelola KIA Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang. Beliau juga hadir dalam acara ini. Dalam sambutannya beliau menyampaikan “Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang juga telah menggunakan solusi Sehati TeleCTG di 14 puskesmas sejak Desember 2018”. 


Sehati TeleCTG benar-benar sangat membantu bagi masyarakat di pedesaan. Sehati TeleCTG memiliki beberapa fungsi diantaranya memiliki panduan lengkap mingguan kehamilan, deteksi factor risiko tinggi, perhitungan kontraksi dan tendangan bayi.

Semoga dengan adanya Sehati TeleCTG ini dapat membantu masyarakat di pedesaan atau perkotaan dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul.

Salam,





  • Share:

You Might Also Like

0 komentar