BREAKING

Kamis, 06 Oktober 2016

#BatikIndonesia Warisan Budaya yang Mendunia

BATIK merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang memiliki seni keindahan tersendiri. Tak heran jika batik terus dijadikan sebagai warisan budaya yang harus dijaga dan terus dikembangkan. Indonesia memang kaya akan budayanya yang berbeda-beda, oleh sebab itu harus dijaga kekayaan tersebut. Saat ini banyak sekolah-sekolah ataupun industri batik yang terus mengadakan pelatihan membatik dengan baik dan benar. Batik mempunyai nilai yang tinggi dan kebudayaan yang kental didalamnya.

Jogja dinobatkan Sebagai Kota Batik Dunia/Foto: (Sumber)

Museum Batik DIY Mendapatkan Kunjungan dari Wisatawan Mancanegara/Foto: (Sumber)
Sejak kecil saya sudah suka banget dengan batik, hampir setiap lebaran harus beli batik baru hehe. Apalagi makin dewasa, rasanya wajib deh punya koleksi batik banyak. Batik mempunyai banyak makna dan simbol sebuah kebudayaan daerah tertentu. Sering kali saya lihat dari mulai kecil hingga tua, batik mempunyai arti penting bagi setiap orang. Saat bayi lahir maka kain yang digunakan untuk menggendong bayi tersebut adalah batik (kebanyakan yang saya lihat di daerah-daerah). Nah dari sini sudah terlihat jelas bahwa batik mempunyai nilai budaya tersendiri.

Kain batik cocok digunakan untuk semua umur dari yang kecil hingga tua, karena banyak motifnya. Indonesia terdiri dari 34 provinsi yang mempunyai beragam kebudayaan masing-masing. Dari masing-masing daerah pasti punya ciri khas batik yang bagus-bagus. Batik sangat cocok digunakan untuk acara-acara pernikahan, pertemuan, acara kenegaraan dan sebagainya. Ternyata bukan hanya untuk acara-acara formal saja, batik juga bisa digunakan untuk acara-acara santai. Pada kehidupan sehari-hari, anak muda pun suka banget mengenakan batik untuk acara-acara santai, karena memang sudah menjadi trend anak muda dan banyak banget model-model yang bagus.     

Karena batik menjadi salah satu warisan budaya Indonesia, maka pemerintah pun menetapkan Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober. Wah belum ada seminggu ya kita peringati Hari Batik Nasional. Banyak daerah-daerah yang memanfaatkan momen ini untuk mengadakan festival-festival batik di tingkat nasional bahkan internasional. Festival batik biasanya diisi dengan serangkaian pameran kain-kain batik, pawai menggunakan busana batik, dan masih banyak lagi. Busana batik yang digunakan untuk pawai pun sudah didesain dengan semewah mungkin agar memikat perhatian masyarakat.

Festival Batik di Solo/Foto: (Sumber)
Festival Batik di Pekalongan/Foto: (Sumber)
Batik mempunyai jenis yang bermacam-macam, sehingga orang tidak akan gampang bosan mengenakannya. Selain motifnya yang banyak, batik didesain dengan semenarik mungkin sesuai dengan usia yang akan memakainnya. Paling banyak model batik adalah untuk perempuan, dari kecil  sampai dewasa desainnya unik-unik dan menarik pastinya. Batik juga keren loh untuk acara-acara keluarga. Saya pas lebaran 2 tahun yang lalu, kompak menggunakan batik sekeluarga. Tentunya momen ini gak saya lewatkan bersama keluarga, yaitu mengabadikannya dengan foto bersama hehe.

Pakai Batik Itu Keren hehe/Foto: Bowo Susilo
Banyak negara-negara yang mempunyai batik dengan corak dan model masing-masing, namun batik Indonesia menurut saya lebih elegan dan lebih punya keistimewaan tersendiri tentunya. Pembeda batik Indonesia dengan negara-negara lain adalah teknik pembuatannya dan batik Indonesia mempunyai filosofi tersendiri yang disesuaikan dengan adat istiadat masyarakat setempat.

Busana batik Indonesia selalu membrikan kesan tersendiri bagi para pemakainya. Corak batik Indonesia memiliki nilai yang tinggi, banyak bangsa lain yang mengakuinya. Bahkan dunia pun memberikan penghargaan kepada batik Indonesia sebagai salah satu warisan umat manusia yang dihasilkan oleh bangsa Indonesia. Pengakuan ini disampaikan langsung oleh UNESCO.

Batik Indonesia menggunakan warna-warna yang elegan dan alami sehingga punya nilai keindahan tersendiri. Cara pembuatannya pun dikerjakan dengan pengrajin-pengrajin yang terampil pada bidangnya. Tak heran lagi jika batik selalu digunakan untuk acara-acara besar seperti pemilihan puteri Indonesia. Pada saat kontes pemilihan puteri Indonesia, batik selalu menjadi kain yang dipilih untuk dikenakannya sekalian dikenalkan ke masyarakat luas bahwa batik itu keren dan elegan.

Puteri Indonesia 2015/Foto: (Sumber)
Saat SMA, setiap hari rabu dan kamis sekolah saya menetapkan untuk menggunakan batik. Saat acara-acara di Kampus pun saya selalu mengenakan baju batik baik pada saat kuliah bahkan sampai ke acara-acara di luar kampus. Ternyata bukan saya seorang diri yang suka banget dengan batik, hampir semua teman-teman saya juga seneng banget mengenakan batik. Pada saat acara-acara di kampus pun sering banget mengusung tema batik. 

Acara Organisasi di Kampus/Foto: Bowo Susilo
Saat Kunjungan ke Istana Kepresidenan Bogor/Foto: Bowo Susilo
Kunjungan ke Acara Kick Andy/Foto: Bowo Susilo
Busana batik mempunyai simbol yang kuat tentang Indonesia. Sampai saat ini batik selalu dijaga, dikembangkan, dan terus dipromosikan ke dunia. Pameran batik sering digelar di tingkat nasional hingga internasional. Bukan tidak mungkin kalau dunia selalu suka dengan batik Indonesia, karena batik Indonesia memang selalu punya kesan tersendiri.

Mengenakan batik Indonesia adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi saya. Dengan mengenakan batik berarti kita turut andil dalam melestarikan salah satu warisan budaya Indonesia. Mari kenalkan batik Indonesia kepada dunia.

Salam,
www.bowosusilo.com   


About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

62 komentar:

  1. Takjub banget sama festival batiknya...kerennn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk Kurnia keren bingit kan.
      Bangga banget dengan batik Indonesia.

      Yuk sama-sama leatarikan batik Indonesia ke Dunia.

      Hapus
  2. siapa aja yang pakai batik akan terlihat lebih berkharisma.. nice post mas! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju! Karena batik Indonesia keren-keren banget motifnya.

      Thanks ya sudah berkunjung :)

      Hapus
  3. Aku juga suka pake batik,karena batik itu memang Indonesia bangat :)

    Itu festival batiknya keren bangat sih, pengen nonton langsung deh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tossssssss Mas Imawan! Kita sama-sama generasi batik hehe.
      Batik memang keren banget mas, cocok disemua usia deh pokoknya.

      Bulan lalu ada festival batik di Jawa Barat, sayang pas ga bisa ke bandung mas hehe. Solo juga ada bulan lalu. Pokoknya tiap tahun ada festivalnya mas Imawan. Hampir tiap2 daerah hehe

      Hapus
  4. Aku juga suka pake batik,karena batik itu memang Indonesia bangat :)

    Itu festival batiknya keren bangat sih, pengen nonton langsung deh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok Mas Imawan kita agendakan untuk lihat festival batik hehe

      Hapus
  5. Batik punya Indonesia, bangga punya batik dan bangga memakai batik. Semoga batik semakin go internasional yaa bow

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, betul itu zai. Kita patut bangga sebagai warga negara Indonesia.

      Aminn, pasti bisa zai batik go internasional. Yuk sama-sama kita bantu promosikan :)

      Hapus
  6. Batik memang keren. Bangga dengan indonesia. Semoga makin terkenal batik indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip gan. Yuk ikut andil dalam melestarikan batik di kancah dunia.

      Bangga dengan batik Indonesia:)
      Salam,

      Hapus
  7. Wow, festival batiknya keren!

    Batik sekarang makin merakyat. Karena tidak saja dipakai di event-event tertentu tapi bisa dipakai sehari-hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk Nur keren bingit ya hehe.

      Setuju, akupun dari kecil sudah seneng banget pakai batik hehe.
      Yuk ikut promosikan batik Indonesia ke kancah dunia.

      Salam:)

      Hapus
  8. bangga dengan batik indonesia. semoga makin terkenal batik indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.
      Yuk ikut promosikan batik Indonesia ke dunia :)

      Hapus
  9. Balasan
    1. Setuju gan. Yuk ikut melestarikan batik Indonesia

      Hapus
  10. wihh ada foto gue nihh keren batik budaya indonesia mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya, itu pas kita Rakoornas :) Batik keren kan! hehe

      Hapus
  11. Bangga pake batik, bangga dengan Indonesia. Yuk ah pake batik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun selalu bangga dengan Indonesia Mbk! Hayuk pakai batik hehe

      Hapus
  12. Batik Indonesia semakin terkenal, terbukti Unesco menetapkan Batik sbg produk asli Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Agung, Batik sudah diakui oleh dunia. Keren banget!!!

      Semoga batik Indonesia semakin mendunia ya mas. Salam

      Hapus
  13. Ah..selalu suka dengan batik, batik Indonesia memang beda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss Mbk Ida! hehe

      Batik Indonesia Memang beda dan keren hehe

      Hapus
  14. Ah..selalu suka dengan batik, batik Indonesia memang beda :)

    BalasHapus
  15. Batik itu kebanggaan Indonesia.Batik bisa dipakai kapan saja formil ataupun santai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Kak Dennise. Setuju Kak, batik cocok untuk semua umur hehe :) Keren deh Batik Indonesia

      Hapus
  16. Bener, warisan budaya yang harus terus dilestarikan.
    Meskipun muncul motif batik moderen, motif kalsiknya jangan sampai terlupakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk kita ikut melestarikan Batik Indonesia Mbk Ety :)

      betul mbk hehe. Batik modern tetap tidak menghilangkan nilai filosofinya dan kekentalan budaya batik itu hehe

      Hapus
  17. Batik hanya milik INDONESIA. Nice!

    http://nusantaraholic.blogspot.co.id/2016/10/batikindonesia-inovasi-digitalisasi_4.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ikut promosikan batik Indonesia biar lebih terkenal di kancah dunia!

      Hapus
  18. Iya, batik itu seperti aset bangsa dimana harus dijaga dan dirawat, akuuuu suka pakai batik entah untuk atasan atau rok. Banggalah memakai batik yeyeye

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk Titis, aset bangsa yang harus dijaga dan di lestarikan ya Mbk hehe.
      Bangga banget sama Batik Indonesia!
      Atasan bawahan cocok semua ya Mbk

      Hapus
  19. mantap batik sekarang model nya udah ga kayak pakaian tradisional

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itulah yang makin keren gan hehe. Banyak banget modelnya, tapi tidak melupakan nilai batik itu sendiri :)

      Hapus
  20. Wahhhh dian juga suka dengan Batik, apalagi di Yogyakarta batiknya keren-keren ya dan motifnya beraneka ragam. Setiap daerah punya ciri khasnya masing-masing ya. Semoga batik Indonesia mendunia ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tossss Mbk Dian! Iya di Yogyakarta batiknya keren-keren. Semoga Yogyakarta bisa menjadi kota Batik Dunia ya Mbk. Jadi pengen ke Yogyakarta nih liat event #JIBB2016 pasti kece banget!

      Thanks Mbk dian sudah berkunjung :)

      Hapus
  21. Wahhhh dian juga suka dengan Batik, apalagi di Yogyakarta batiknya keren-keren ya dan motifnya beraneka ragam. Setiap daerah punya ciri khasnya masing-masing ya. Semoga batik Indonesia mendunia ya

    BalasHapus
  22. Sekarang itu batik udah bisa dipake ke berbagai acara. Enggak kayak dulu yang keliatan formal banget pake batik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Kak Widya, sekarang batik Indonesia makin kece banyak motifnya dan tentu tidak menghilangkan nilai budayanya :)

      Semoga batik Indonesia makin terkenal di dunia!

      Hapus
  23. Sekarang itu batik udah bisa dipake ke berbagai acara. Enggak kayak dulu yang keliatan formal banget pake batik.

    BalasHapus
  24. masih kurang paham, kota batik sebenarnya di pekalongan atau di Jogja ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya sih Jogja sebagai kota Batik mas. Pusat kerajinan batik Indonesia ya di Jogja. di Yogyakarta lengkap mas baik dari sisi sejarahnya, seni hingga pengrajin batik itu sendiri mas. ya memang sih selain jogja banyak juga daerah-daerah yang mempunyai penghasil batik seperti pekalongan, solo, bali, palembang dan lain-lain. Tapi lebih lengkap di jogja mas. kalau menurut saya mas.

      Terimakasih sudah berkunjung mas :)
      Bangga dengan Batik Indonesia!

      Hapus
  25. Batik Lampung juga ga kalah saing lo hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya gan, Lampung juga keren-keren batiknya hehe. Yang aku pakai itu batik Lampung gan hehe

      Hapus
  26. Balasan
    1. Sip! Ayo ikut promosikan Batik Indonesia, supaya makin terkenal di dunia.

      Hapus
  27. Batik memang selalu memberikan kesan tersendiri. Bangga dengan batik Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu gan. Harus bangga dengan Batik Indonesia :)

      Hapus
  28. Waah...Batik, saya suka batik dari motif dan makna dibaliknya
    Warga asing pun banyak yg bangga berbatik..masa kita engga, iya kan ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah tos dulu kita Mbk!
      Sebagai warga negara Indonesia, kita harus lestarikan Batik sebagai warisan budaya. Warga asing bangga, ya kita harus lebih dari bangga hehe. Setuju deh!

      Salam cinta batik Indonesia!
      Thanks mbk sudah berkunjung:)

      Hapus

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT