Lindungi Keluarga dari Diabetes dengan Cara Pola Hidup Sehat dan Saling Mendukung Satu Sama Lain

By Bowo Susilo - 02:33



Penyakit diabetes sudah tidak bisa diremehkan lagi. Sekarang ini banyak yang terkena diabetes baik masih muda maupun sudah tua. Oleh sebab itu pola hidup sehat harus terus dilakukan sejak dini. Jangan sampai baru sadar kalau sudah terkena diabetes. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Berdasarkan data International Diabetes Federation Atlas edisi ke-9 pada tahun 2019, Indonesia menduduki peringkat ke-7 penyandang diabetes terbanyak di dunia. Wah tentu ini kabar yang sangat mengejutkan bukan? Bukan hanya itu saja, Indonesia juga menduduki ke-3 penyandang toleransi glukosa terganggu terbanyak di dunia. Dengan data-data diatas, sudah jelas bahwa penyakit diabetes di Indonesia harus diwaspadai.

Masyarakat Indonesia mulai dari sekarang harus lebih aware lagi terhadap penyakit diabetes. Jangan menganggap remeh lagi soal penyakit diabetes ini. Jika sudah terkena diabetes, nantinya malah repot sendiri. Karena penyembuhan penyakit diabetes ini susah-susah gampang. Tergantung dengan orang yang menderita penyakit diabetes tersebut.


Tanggal 30 November 2019, beruntung banget saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri Community Talk Kampanye #LindungiKeluargadariDiabetes. Tentunya saya excited banget untuk menghadiri acara ini. Jujur keluarga saya ada yang terkena penyakit diabetes. Tentu saya harus turut serta untuk mengkampanyekan bahaya diabetes itu seperti apa. Selain itu juga harus waspada sejak dini agar tidak terkena diabetes.

Acara Community Talk kemarin diselenggarakan oleh Merck Sharp Dohme (MSD) Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, Komunitas Masyarakat dan juga MRT Jakarta.

Dengan kerjasama semua pihak seperti inilah maka akan mudah untuk bersama-sama melindungi keluarga dari diabetes. Kita semua kompak untuk menyebarkan informasi positif yakni kampanye #LindungiKeluargadariDiabetes. Kampanye ini sejalan dengan tema besar kampanye Hari Diabetes Dunia 2019 yang diusung oleh International Diabetes Federation (IDF).


Dalam acara Community Talk ini, turut hadir dr. Suria Nataatmadja selaku Medical Affairs Director MSD Indonesia. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan “Sebagai mitra global dari International Diabetes Federation (IDF), MSD berkomitemen untuk terus mendukung upaya peningkatan kesadaran terhadap diabetes. Dengan kampanye #LindungiKeluargadariDiabetes, kami berharap masyarakat semakin menyadari pentingnya peran keluarga dalam hal deteksi, pencegahan, dan penanganan diabetes”.

Keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam melindungi satu sama lain soal penyakit diabetes ini. Salah satu yang harus dilakukan adalah dengan cara melakukan pola hidup sehat setiap hari. Oiya kemarin juga disampaikan bahwa merokok adalah salah satu resiko terbesar terkena diabetes loh. Nah buat teman-teman semua yang masih merokok kalau bisa segera dikurangi, jangan sampai menyesal di kemudian hari nanti.

Hadir juga Prof. Dr. dr. Mardi Santoso, DTM&H, SpPD-KEMD, FINASIM, FACE selaku Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA) Wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Depok. Beliau mengatakan bahwa, “Peran keluarga amat penting dalam deteksi dini diabetes dan usaha-usaha pencegahan diabetes tipe 1, tipe 2, dan tipe lain serta pengobatan anggota keluarga dengan diabetes.

dr. Dwi Oktavia Handayani, M.Epid, selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta juga menyampaikan soal penyakit diabetes. Berdasarkan data terbaru riset dasar 2018 menunjukkan angka prevalensi nasional diabetes melitus berdasarkan diagnosis dokter pada usia >15 tahun adalah 2%9 dan angka prevalensi di Provinsi DKI Jakarta adalah 3,4%10

Berdasarkan data tersebut, tentunya Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta sangat mendukung kampanye #LindungiKeluargadariDiabetes dengan cara menggerakkan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu). Alhamdulillah saya kemarin sudah melakukan cek kesehatan, dan hasilnya semuanya baik. Tentu saya sangat bersyukur, dan harus terus meningkatkan pola hidup sehat agar tidak terkena penyakit diabetes.

Oiya kemarin juga turut hadir Bapak Muhammad Kamaluddin selaku Corporate Secretary PT MRT Jakarta. Beliau menyampaikan pentingnya naik tutun tangga karena memiliki manfaat kesehatan terutama bisa mencegah diabetes. Nah buat teman-teman yang suka naik MRT pasti tahu ya, sudah disediakan tangga untuk naik turun. Hal ini tentu harus disambut baik dan tentu selagi sehat lebih baik menggunakan tangga ya hehe.



Setelah diskusi selesai, saya dan teman-teman diajak olahraga bareng di Taman Dukuh Atas tepat di Pintu Keluar Stasiun MRT Dukuh Atas. Alhamdulillah senang banget akhirnya bisa olahraga bareng. Saya sendiri berharap bisa melanjutkan olahraga ini secara rutin agar selalu sehat.

Yuk semangat #LindungiKeluargadariDiabetes!
Salam Hidup Sehat 😍😍




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar