Ngobrol Bareng Menteri Luar Negeri RI, Simak Yuk!

By Bowo Susilo - 18:42




Halo sahabat semua, apa kabar nih? Semoga kita semua selalu diberikan ya, Aamiin..

Guys kalian suka mengidolakan kepemimpinan seseorang gitu gak sih? Misal Presiden, Menteri, atau yang lainnya. Megidolakan sosok pemimpin tentu adalah yang sangat wajar ya guys. Ya, itu artinya bisa menjadi motivasi buat kita agar bisa lebih maju dan tentunya mendapat inspirasi dari yang kita idolakan tersebut.

Nah ngomongin soal pemimpin nih ya, kalian suka dengan kepemimpinannya siapa nih? Diantara kalian ada yang mengidolakan sosok Menteri yang bakal saya ceritakan satu ini gak ya hehe. Jadi, beberapa hari yang lalu saya mendapatkan kesempatan untuk bertemu salah satu Menteri Perempuan di Kabinetnya Pak Joko Widodo. Hayo siapa coba? Hehehe

Ngobrol Bareng Menteri Luar Negeri

Sejujurnya saya sudah beberapa kali bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi (karena pekerjaan ya guys hehe) beliau memang terkenal dengan keramahannya yang selalu senyum dan asik kalau diajak ngobrol. Beliau adalah salah satu sosok perempuan yang bisa dibilang sukses menginspirasi para perempuan-perempuan Indonesia. Mnginspirasi laki-laki juga dong pastinya hehe.


Retno Marsudi sosok perempuan yang tegas, pintar, berwibawa. Tak heran jika Pak Joko Widodo menunjuknya sebagai Menteri Luar Negeri, dan sekarang sudah memasuki periode kedua. Biarpun sebagai perempuan, kemampuan Ibu Retno Marsudi dalam menjalin hubungan luar negeri tentu tidak boleh diremehkan.

Tanggal 29 November 2019 Kementerian Luar Negeri mengundang para Influencer Muda untuk diajak diskusi mengenai tugas dan wewenang Kemenlu itu seperti apa. Intinya Kementerian Luar Negeri membutuhkan dukungan para pegiat media sosial untuk membantu mensosialisasikan pesan-pesan positif kepada masyarakat Indonesia.

Tentunya saya tidak sendiri ya guys, ada sekitar 50an Influencer yang diajak ngobrol bareng Kemenlu. Oiya kemarin juga ada Capt Vincent loh, aku lupa gak foto bareng hahahaha. Karena udah dapat foto sama Ibu Menlu, jadinya sang capt terlupakan wkwk.


Berkunjung ke Gedung Pancasila

Ada yang sudah pernah berkunjung ke Gedung Pancasila? Jika sudah ya Alhamdulillah, jika belum segera berkunjung ya hehe. Tempat-tempat bersejarah seperti ini tentu perlu diketahui ya guys. Sebagai generasi milenial tentu juga harus aware soal sejarah di Indonesia, termasuk Gedung Pancasila ini.


Gedung Pancasila merupakan gedung yang memiliki sejarah kuat bagi bangsa Indonesia. Gedung ini dibangun pada tahun 1830 an di masa Hindia Belanda yang waktu itu masih menjajah Indonesia. Awalna Gedung Pancasila ini merupakan rumah panglima perang kerajaan Hindia Belanda. Dan saat Indonesia Merdeka, Gedung ini dinamai Gedung Pancasila.

Sampai sekarang, Gedung Pancasila terus digunakan untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Hayo pada tahu gak nih, Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal berapa? Sebagai warga Negara Indonesia yang baik dan cerdas tentu harus tau ya guys hehe. Setiap tanggal 1 Oktober, Gedung Pancasila menjadi tempat diperingatinya Hari Kesaktian Pancasila.



Nah mulai tahun berapa gitu (maaf saya lupa hihi) Gedung Pancasila resmi dikelola oleh Kementerian Luar Negeri RI. Gedung Pancasila memiliki beragam fungsi ya guys diantaranya adalah untuk menerima tamu-tamu dari Negara luar saat berkunjung ke Indonesia. Disini banyak ruangan-ruangan yang sudah disiapkan untuk menerima tamu-tamu Negara luar.





Dulunya ruang kerja Menteri Luar Negeri RI di Gedung Pancasila ini loh. Tetapi sekarang sudah tidak ya guys, ruang kerja Menlu sudah pindah ke gedung sebelahnya. Kini Gedung Pancasila difokuskan untuk tempat meneritama tamu Menlu saja.

Talkshow di Kantin Diplomasi Kemenlu

Setelah selesai berkunjung ke Gedung Pancasila, saya dan teman-teman Influencer diajak ke Kantin Diplomasi Lt.2 Kementerian Luar Negeri. Tentu saya excited banget nih guys, karena diajak talkshow disana. Talkshow kali ini membahas soal Indonesia menjadi bagian dari Dewan Keamanan PBB.


Nah narasumber yang pertama adalah Bapak Febrian Alphyanto Ruddyard selaku Dirjen Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Dalam penjelasannya, bahwa Indonesia terpilih kembali menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB yang ke 4 kalinya.

Indonesia memiliki beberapa keunggulan kenapa selalu dipercaya untuk menjadi penyambung antar Negara. Karena memang, Indonesia itu netral sehingga banyak yang mempercayakan Indonesia menjadi penghubung antar Negara yang terkadang terdapat selisih pendapat atau permasalahan.

Hadir juga Bapak Rendra Wahyudi selaku Komandan Pasukan Perdamaian Dunia. Dalam acara talkshow kemarin, beliau menyampaikan bahwa Indonesia berhasi meraih peringkat ke-8 sebagai pasukan perdamaian dunia. Dengan peringkat ini tentu menjadikan Indonesia semakin dipandang di Negara luar.

Pada tahun 2018, Indonesia berhasil membawa 140 orang di Republic Central Afrika. 140 personil ini tentu menjalankan tugas untuk turut berpartisipasi menjaga perdamaian dunia. Nah prestasi seperti ini tentu harus kita ketahui bersama. Semoga Indonesia terus maju dan berjaya kedepannya.

Semangat untuk para pejuang Indonesia!

Biar tahu informasi-informasi terbaru dari Kementerian Luar Negeri RI, silahkan ikuti sosial medianya dibawah ini ya guys :

Instagram : kemlu_ri




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar