BREAKING

Senin, 25 September 2017

Perjalanan Lebih Asik Bersama XL

Foto : Bowo Susilo
Assalamualaikum semuanya... Bagaimana kabarnya??? Semoga selalu diberikan kesehatan ya, Aamiin

Oiya kali ini saya akan berbagai pengalaman saat perjalanan dari Lampung ke Jakarta. Saat perjalanan jauh tentu kalian pernah merasa jenuh, capek dan lain sebagainya. Nah bagaimana sih membuat perjalanan anda menyenangkan???

Minggu, 24 September 2017 saya berangkat dari Lampung. Sepanjang perjalanan biar gak bosen, kami ngobrol terus didalam mobil. Lama-lama juga bosen kan kalau ngobrol terus, mana capek dan ngantuk pula kan haha. Makanya harus cari cara lain untuk bisa bikin suasana retap asik.

Saya adalah tipe orang yang seneng banget internetan. Dengan internet saya bisa menemukan informasi-informasi penting dan terkini tentunya. Internet selalu membantuku dalam suka dan duka. Pokoknya internet lebih dari seorang pacar deh #eaaaaaaaa. 

Saat kemanapun pergi, saya paling gak bisa kalau HP sampai ketinggalan. Banyak kerjaan sebagai blogger yang harus segera saya selesaikan dengan cepat. Nah untuk mendukung semua itu, tentu membutuhkan koneksi internet yang oke kan. Dengan XL, koneksi internet yang oke pun dengan mudah saya dapatkan.

Perjalanan akan menjadi lebih asik apabila kita bawa dengan bahagia tentunya. Banyak momen-momen indah yang bisa dibagikan saat dalam perjalanan atau traveling. Makanya saya selalu pakai XL untuk berbagi cerita di sosial media. 



Salam :)

www.bowosusilo.com

Jumat, 08 September 2017

Kunjungan Lapangan Tematik ke Puskesmas dan DUVER Bersama Kemenkes

Kunjungan Lapangan Tematik di Puskesmas Sidorejo Kidul (Foto : Bowo Susilo)
Setelah seharian membahas GERMAS di Hotel Santika Preimere Semarang, kami para blogger diajak untuk melakukan kunjungan lapangan tematik di Puskesmas dan DUVER bersama Kemenkes. Saya pun antusias untuk mengikuti kegiatan ini, karena bisa mengetahui langsung kondisi di lapangan. Lokasi pertama yang dituju adalah Puskesmas Sidorejo Kidul, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga. Kedatangan kami disambut dengan ramah oleh panitia yaitu Camat Tingkir, Ibu Nunuk Dartini S.Pd Msi.

Ibu Nunuk memberikan sambutannya dengan sangat ramah dan bersemangat dalam menyambut kedatangan tamu dari Kementerian Kesehatan RI. Beliau mengatakan, jika kedatangan rombongan ini tidak mendadak kami bisa menyiapkan sambutan yang lebih meriah seperti mengadakan tari-tarian, reog dan sebagainya. Ibu Nunuk selaku Camat Tingkir mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya. Beliau menambahkan, Kemenkes memilih Tingkir sebagai lokasi kunjungannya pasti ada poin tersendiri dibandingkan dengan yang lainnya. Ibu Nunuk mempersilahkan kepada rombongan Kemenkes untuk meninjau langsung dilapangan seperti kondisinya.

Sambutan selanjutnya adalah dari Kepala Puskesmas Sidorejo Kidul, dr. Desy Vebriana Pananingrum. Beliau memberikan gambaran umum Puskesmas yang dikelolanya seperti kegiatan-kegiatan yang sedang dijalankan, pelayanan di Puskesmas, Jam buka puskesmas, tenaga kerja di Puskesmas dan lain sebagainya. 

Puskesmas Sidorejo Kidul sudah memiliki Klinik Konseling 
  1. Konseling Gizi : Waktu pelayanan dibuka setiap hari senin dan rabu jam 08.00 - selesai.
  2. Konseling TB/KUSTA : Waktu pelayanan setiap hari rabu jam 08.00 - selesai.
  3. Konseling Sanitasi : Waktu pelayanan setiap hari kamis jam 08.00 - selesai
  4. Konseling Penyakit Jiwa : Waktu pelayanan setiap hari selasa minggu 1 dan 3 jam 08.0 - selesai.
Pelayanan Luar Gedung
  1. POSYANDU
  2. PUSLING
  3. POS UKK
  4. POSKESTREN
  5. VCT Mobile
  6. Kunjungan Rumah
Puskesmas Sidorejo Kidul (Foto : Bowo Susilo)
Loket Pendaftaran di Puskesmas Sidorejo Kidul
(Foto : Bowo Susilo)
Ruangan untuk cek kesehatan (Foto : Bowo Susilo)
Selain pelayanan-pelayanan diatas, masih banyak lagi pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Sidorejo Kidul. Menurut saya, Puskesmas Sidorejo Kidul sudah sangat lengkap pelayanannya dibandingkan dengan puskesmas yang ada diderah saya Tulang Bawang Barat. Setelah pemaparan dr. Desy selesai, kami diajak langsung terjun ke lapangan untuk melihat kondisi Puskesmas Sidorejo Kidul.

Lokasi Puskesmas Sidorejo Kidul sangat strategis yaitu berada di tengah keramaian, disampingnya ada lapangan dan taman bermain. Puskesmas ini memiliki dua gedung, gedung pertama merupakan gedung lama dan yang satunya gedung yang baru dibangun. Gedung yang pertama yaitu untuk pelayanan orang sakit. Sedangkan untuk gedung yang kedua yaitu untuk pelayanan orang tidak sakit seperti pelayanan anak, ibu. Puskesmas Sidorejo Kidul juga dilengkapi dengan aula yang cukup besar untuk mengadakan rapat dan pertemuan-pertemuan.
DUVER tampak dari depan (Foto : Bowo Susilo)
Selesai berkunjung di Puskesmas Sidorejo Kidul, kami langsung menuju ke B2P2VRP (Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit). Ini adalah pertama kalinya saya berkunjung ke tempat dimana bisa melihat langsung penelitian hewan. B2P2VRP merupakan badan penelitian dan pengembangan kesehatan yang berada dibawah naungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Sampai di B2P2VRP kami disambut oleh  Dra. Widarti, M.kes selaku Ketua Panitia Pembina Ilmiah (PPi) B2P2VRP Salatiga, Dra. Sukamdani M.Kes selaku Kasubbid Kerjasama Jaringan dan Informasi B2P2VRP, Lulus Susanti SKM, MPH, selaku Kasubbid Pelayanan Teknis B2P2VRP. Setelah sambutan dari panitia selesai, saya dan teman-teman blogger lainnya mendapatkan kesempatan untuk berkeliling ke lab melihat Nyamuk, Tikus yang sedang diteliti. Nyamuk dan Tikus merupakan hewan yang membawa penyakit dan dapat berbahaya bagi kesehatan manusia. 

Aktivitas di Laboratorium yang sedang membersihkan tikus (Foto : Bowo Susilo)
Koeksi Tikus (Foto : Bowo Susilo)
Koleksi Nyamuk (Foto : Bowo Susilo)
Setelah selesai berkunjung ke berbagai lab, tempat yang terakhir adalah DUVER. DUVER letaknya masih satu komplek dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VR). DUVER bisa dijadikan tempat wisata ilmiah baik bagi anak-anak ataupun untuk orang dewasa.

Di DUVER terdapat banyak sekali koleksi berbagai jenis vektor diantaranya nyamuk, lalat, tikus, kelelawar, kecoa dan sebagainya. Hewan-hewan ini menjadi pajangan di dalam ruangan. DUVER bisa menjadi tempat rujukan bagi seluruh masyarakat untuk mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan vektor atau binatang yang menjadi perantara penularan penyakit.

Oke semoga bermanfaat ya guys :)

Salam,

www.bowosusilo.com


  

Kamis, 07 September 2017

Kemenkes Sosialisasikan GERMAS di Semarang

Temu Blogger Kesehatan di Semarang (Foto diambil di Grup WA)
Kesehatan memang selalu menjadi perhatian yang paling utama. Namun, masih banyak yang cuek dan kurang peduli terhadap kesehatan pada diri masing-masing. Hidup sehat sebenernya engga susah untuk dijalani dalam kehidupan sehari-hari. Hanya mungkin karena belum terbiasa melakukan hidup sehat, makanya terlihat susah untuk menjalankannya. Tetapi kalau sudah terbiasa insyaallah enak kok menjaga pola hidup sehat hehe. Padahal saya sendiri sebenernya belum bisa hidup sehat loh. Dikit-dikit belajar hidup sehat deh dari sekarang.

Minggu lalu, 28-29 Agustus 2017 saya berkesempatan untuk mengikuti kunjungan ke Semarang bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kemenkes mengajak 30 orang blogger dari Jakarta dan 20 blogger semarang untuk sama-sama mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Kemenkes sampai sekarang masih terus mensosialisasikan program GERMAS. Walau sebenernya, program GERMAS sudah berjalan lama. Mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu GERMAS?

Eyang Anjari Menjadi Moderator Saat Diskusi Soal Kesehatan (Foto : Bowo Susilo)
Saat saya berada di Semarang kemarin, kemenkes menghadirkan para narasumber yang ahli pada bidangnya masing-masing. Diantaranya Indra Rizon, SKM, M. Kes (Kepala Bagian Hubungan Media dan Lembaga), dr. Yulianto Prabowo M.Kes (Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah), Arvian Nevi, SKM, DEA, (Kasie Pencegahan Penyakit Tidak Menular, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah), dr. Widoyono, MPH (Kepala Dinas Kota Semarang), Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD, KGEH (Ketua Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam (PAPDi) DKI Jakarta).

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Intinya adalah melakukan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Lebih baik mencegah penyakit dari pada mengobati.

Wardah Fajri Selaku Founder BloggerCrony Menanyakan Seputar Kesehatan (Foto diambil di Grup WA)
Bentuk kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) adalah sebagai berikut :
  1. Melakukan Aktivitas Fisik
  2. Mengonsumsi Sayur dan Buah
  3. Tidak Merokok
  4. Tidak Mengonsumsi Alkohol
  5. Memeriksa Kesehatan Secara Rutin
  6. Membersihkan Lingkungan
  7. Menggunakan Jamban 
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyambut dengan antusias kedatangan tamu dari Kementerian Kesehatan RI. Dengan kedatangan tamu dari Kemenkes, diharapkan masyarakat Jawa Tengah dan seluruh Indonesia akan lebih paham lagi apa itu GERMAS. "Jateng Gayeng Dukung Germas". Inilah kata pertama yang disampaikan oleh dr. Yulianto, Jawa Tengah sangat konsen terhadap Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Berdasarkan data statistik, kematian Ibu pada April 2015 angkanya cukup signifikan yaitu 124 jiwa. Angka ini tergolong sangat tinggi, karena pada bulan-bulan sebelumnya tidak sebanyak ini. Pemerintah Provinsi Jawa Tengan khususnya Dinas Kesehatan Jawa Tengah berfokus pada kesehatan Ibu. Bukan berarti yang lainnya dikesampingkan. Hanya saja lebih berfokus kepada Ibu.

Program yang dibuat oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah pun sangat kreatif agar bisa ditangkap oleh masyarakat. Saya pun sempat kaget denger kalimat ini "Jateng Gayeng Ngintep Wong Meteng". Rasanya agak risih sih denger kalimat ini, namun setelah tau maknanya jadi gak berfikir yang tidak-tidak hehe. Maksud dari kalimat ini adalah, Dinas Kesehatan Jawa Tengah lebih berfokus pada kesehatan Ibu yang sedang hamil. Ibu yang sedang hamil harus menjaga kehamilannya dengan baik. Karena kesehatan Ibu dan anak yang dikandungnya sangat penting.

Main Tebak Kata dengan Kak Hermini saat sesinya Mas Away (Foto diambil di Grup WA)
Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Semarang sudah terbilang bagus. Banyak kegiatan-kegiatan positif dan pembangunan sarana aktivitas visik yang sudah dijalankan. Penyediaan sarana aktivitas fisik di Kota Semarang semakin diperbanyak agar dapat memberikan manfaat lebih bagi masyarakat di Kota Semarang. Selain itu juga, Pemerintah Kota Semarang juga membangun ruang terbuka hijau publik. Secara keseluruhan taman aktif di Kota Semarang sejumlah 33 buah. Konsep pembuatan taman-taman ini juga agar dapat dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas warga seperti berolahraga, even club, dan lain sebagainya.

Dalam menjalankan GERMAS tentu bukan hanya dari pemerintahnya saja, tetapi juga harus dimulai dari setiap pribadi masing-masing. GERMAS juga bisa dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian. Dengan kepribadian yang bagus, pola hidup sehat yang bagus dalam keluarga, maka menerapkan GERMAS akan sangat mudah.

Kebanyakan orang masih acuh terhadap pola hidup sehat. Padahal jika dibiarkan akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Seperti yang sering saya temui banyak sekali teman yang suka merokok, minum-minuman dan lain sebagainya. Padahal kan itu sangat berbahaya bagi kesehatan. Merokok menyebabkan kanker mulut, minum-minuman menyebabkan kematian, kurang aktivitas visik menyebabkan obesitas, kurang konsumsi buah dan sayur menyebabkan kanker paru, buang air besar sembarangan menyebabkan gangguan pencernaan dan lain sebagainya.

Yuk mulai dari sekarang biasakan hidup sehat :)

Salam GERMAS,

www.bowosusilo.com

Rabu, 06 September 2017

Serba Serbi Automotive: Tips Cerdas Membersihkan Velg Motor

Foto : Bowo Susilo
Sebagai pengguna sepeda motor tentu tidak hanya cerdas dalam mengendarainya tetapi juga harus cerdas dalam memelihara komponen motor yang anda punya. Salah satunya adalah velg motor, tentu selain membuat kerangka roda motor anda velg motor juga dapat mempercantik tampilan dari motor itu sendiri, maka anda harus sangat memperhatikan kebersihan dan perawatanya jangan sampai velg motor anda karatan. Ada berbagai jenis velg motor dari segi bentuknya yang berbeda-beda maka cara memelihara atau membersihkannya juga tentu tidak sama. Banyak sekali varian velg motor yang tersedia seperti belg motor versi jari jari yang terbuat dari besi yang tentu akan cepat berkarat kalau tidak dirawat dengan mudah, sedangkan untuk velg versi palang yang dilapisi oleh lapisan cat akan terlihat kusam jika tidak dirawat dengan baik. Tetapi banyak sekali para pengguna motor yang mengecat ulang velg palang mereka, padahal ada cara yang lebih mudah dan tidak memakan biaya lagi untuk merawatnya, sebaiknya anda cukup menggunakan atau mengoleskan pelumas seperti oli untuk menghilangkan kesam kusam di velg palang anda.
Hal ini dinilai lebih efektif daripada anda harus mencat kembali velg palang motor anda, teapi yang perlu diperhatikan oli yang dipakai sebaiknya oli yang berkualitas dan tentunya bukan dari oli bekas karena hal ini dapat merusak warna dari velg palang itu sendiri. Salah satu pemilik motor yang pernah memakai trik ini adalah Julius Langitan dimana dia tidak sengaja menjatuhkan oli ke velg motornya namun setelah dilap ternyata memberikan hasil yang mengkilap, hal ini dapat terjadi karena oli sendiri memiliki sifat melekat yang dapat meresap kotoran dan debu. Cara membersihkan velg motor cukup  mudah anda hanya menyiapkan lap kering dan oli baru yang berkualitas. Setelah itu anda tuangkan oli baru tersebut ke velg motor, perlu diingat jangan terlalu banyak menuangkan oli motor agar tidak tercecer ke bagian lainnya, anda cukup mengoleskan oli baru tersebut ke bagian velg motor yang hendak ingin dibesihkan, lalu diamkan dua sampai tiga menit, setelah itu bersihkan oli dengan kain kering dan bersih. Maka velg palang anda kembali cantik dan mengkilap.
Perlu diingat cara ini hanya berguna untuk membersihkan dan merawat velg saja dan tidak memiliki fungsi untuk menjada kondisi velg anda, tambahan informasi untuk anda pemilik motor yang menggunakan velg jenis palang sering sekali mengalami kerusakan seperti lecet dan penyok ketika terjadi benturan keras dan saat melakukan pergantian ban motor baru.
Bagi anda yang memiliki velg motor dari besi yang terbuat dari stainless steel dan pasti mudah sekali berkarat, cara yang dinilai ampuh untuk merawat velg motor jenis ini adalah cukup bersihkan dengan menggunakan air soda murni yang tanpa tambahan pemanisnya, lalu gunakan lap chaimos dan tuangkan air soda secukupnya , kemudian gosokan secara perlahan ke velg anda terutama dibagian yang sudah berkarat. Setelah itu bersihkan dengan cara membilas dengan menggunakan air dan keringkan hingga benar benar kering. Tetapi saat ini banyak sekali pengguna motor dengan velg besi menggunakan amplas untuk membersihkan motornya, padahal cara ini dinilai kurang baik karena amplas dapat  membuat velg motor anda cepat terkikis sehingga dapat menimbulkan bekas gesekan.

Demikian ulasan serba-serbi automotive mengenai tips cerdas membersihkan velg motor anda, dan jika anda ingin membeli suku cadang atau velg yang berkualitas segera kunjungi MatahariMall.com dan dapatkan velg motor yang berkualitas dan tentunya tidak mengharuskan anda mengganti velg motor dengan cepat.
 
 
 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT