BREAKING

Selasa, 29 Maret 2016

Sudahkah Anda Memanfaatkan Apotik Hidup ???

Apotik Hidup (Dokumen Google)

Berbicara masalah apotik hidup, tentu sudah tidak asing lagi bagi kalian semua. Namun pertanyaannya adalah sudahkah anda memanfaatkan apotik hidup tersebut ???

Ketika kita mengalamai luka-luka ataupun penyakit gatal-gatal dan lain sebagainya, sebenernya bisa disembuhkan dengan cara yang murah dan tidak perlu datang ke rumah sakit, selagi penyakit itu masih tergolong ringan. Gimana caranya ???

Jawabannya adalah memanfaatkan apotik hidup sebagai obat luka-luka kita.
Berikut adalah apotik hidup yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit seperti gatal-gatal, luka ringan dan lain sebagainya yang saya ketahui dan pernah saya lakukan:
1. Daun Jarak
Daun jarak ini mempunyai manfaat yang luar biasa untuk dapat menyembuhkan penyakit ringan seperti koreng, gatal-gatal, jamur pada kaki dan luka yang berdarah. Tanaman ini sangat membantu untuk menyembuhkan penyakit-penyakit diatas. Selain itu juga, tanaman ini bisa digunakan untuk mengatasi bengkak yang diakibatkan oleh pukulan, kaki terkilir dan rematik.

Daun jarak pagar juga bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung pada anak-anak. Tentu menggunakan obat ini juga harus hati-hati. Minyak yang terbuat dari biji jarak, juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pada kulit, bengkak dan lain sebagainya.

2. Kumis Kucing
Kumis kucing ini tentu sudah sering kita jumpai, namun masih banyak yang belum tau akan manfaat dari kumis kucing. Manfaat dari kumis kucing ini sangat banyak sekali, diantaranya bisa untuk mengobati encok, masuk angin, radang ginjal, kencing manis, rematik. Selain itu juga, kumis kucing dapat digunakan untuk menurunkan glukosa darah dan sebagai anti bakteri.

3. Lidah Buaya
Tanaman ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kalian semua. Karena tanaman ini banyak digemari sebagian orang untuk mempercantik keindahan taman. Selain berfungsi sebagai tanaman hias, tentunya lidah buaya memikiki manfaat yang sangat banyak. Manfaat dari lidah buaya antara lain untuk mengobati diabetes, serangan jantung, radang tenggorokan, ambeien dan lain sebagainya. Pokoknya banyak banget deh manfaatnya.

Manfaat dari lidah buaya yang sangat terkenal adalah untuk menyuburkan rambut kita agar tetap sehat tentunya. Tanaman yang seperti inilah yang wajib kita ketahui manfaatnya, dan tentunya kita bisa menanamnya. Karena selain untuk penghias taman kita, lidah buaya ini ternyata mempunyai manfaat yang sangat luar biasa.

4. Daun Cingcau
Daun cingcau ini memiliki manfaat yang luar biasa. Yaitu untuk mengobati sakit perut. Kalau kita sakit perut, daun cingcau ini bisa dijadikan salah satu obatnya. Selain untuk obat sakit perut, daun cingcau juga bisa digunakan untuk menurunkan demam pada tubuh kita.
Itulah beberapa tanaman yang bisa digunakan untuk obat yang saya ketahui dan pernah saya lakukan. Semoga bermanfaat ya.

Yuk kita kenal lebih jauh lagi tentang apotik hidup, agar kita tidak kebingungan saat mengalami luka-luka yang tidak kita inginkan.

Salam,

Minggu, 27 Maret 2016

Apakah Anda Siap Untuk Menghadapi MEA ???

Masyarakat Ekonomi ASEAN atau yang sering disebut pasar bebas kini sudah resmi diterapkan di 10 negara ASEAN. Negara-negara yang tergabung dalam Masyarakat Ekonomi Asean ini adalah  Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja. 10 negara inilah yang akan bersaing dan saling kerjasama pada Masyarakat Ekonomi Asean atau yang sering disebut Pasar Bebas.

Tentunya kita sebagai masyarakat Indonesia harus ikut andil dalam persaingan ini, banyak hal yang harus kita lakukan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Berikut adalah hal-hal yang harus kita lakukan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean ala saya :

1. Percaya Diri
Percaya diri tentunya sangat dibutuhkan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean saat ini. Bukan hanya untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean saja, percaya diri wajib dimiliki oleh setiap orang. Mengapa demikian ? Dengan percaya diri maka kita akan total dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Dengan percaya diri inilah diharapkan kita tidak meremehkan kemampuan kita sendiri.

2. Tingkatkan Skill
Skill ini wajib dimiliki oleh setiap orang, apalagi untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean ini tentu skill sangat dibutuhkan. Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean, kita tidak boleh hanya mengandalkan pada pendidikan kita ataupun gelar kita, tetapi tidak memperhatikan skill yang kita punya. Skill inilah yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean.

3. Kuasai Bahasa Asing
Bahasa, ya bahasa sangat penting kita kuasai dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean ini. Karena kita berkompetisi bukan hanya dengan masyarakat Indonesia saja, tetapi dengan masyarakat luar negara juga dan tentunya bahasa nya juga beda dong. Nah kalau kita tidak mengerti bahasa satu sama lain tentu ini akan menyulitkan bagi kita dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. So, kuasailah bahasa asing, yuk mulai belajar dikit-dikit dari sekarang.

4. Leadership
Leadership ini sangat dibutuhkan juga dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Orang yang berbakat untuk memimpin orang lai  selalu dibutuhkan di mana saja. Karena orang-orang seperti inilah yang punya kecenderungan untuk mengatur dan sangat peduli akan kemajuan kelompoknya ataupun anggotanya. So, leadership sangat penting untuk ditanamkan dalam diri kita.

5. Networking
Networking tentu sangat dibutuhkan juga dalam kesuksesan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Networking inilah yang akan mengantarkan kita untuk menambah peluang. Kalau kita hobi berwirausaha maka perbanyaklah untuk bergaul dengan orang wirausaha. Semakin banyak jaringan kita, maka semakin banyak pula peluang kita.

Lalu pertanyaannya adalah :
Sudah siapkah kita menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean???

Salam,

Rabu, 23 Maret 2016

"Kemenpar Fokus Terhadap 10 Destinasi Prioritas Wisata Indonesia, 10 New Bali"

Standarisasi Penyediaan Informasi Pariwisata (Dokumen Pribadi)
Kementerian Pariwisata saat ini sedang berfokus dalam pengembangan pariwisata yang berjumlah 10 destinasi untuk dijadikan prioritas utama. Mengapa demikian ? Kemenpar tentu harus bisa menciptakan 10 destinasi ini seperti Bali. Karena kebanyakan orang taunya wisata yang paling bagus adalah Bali. Sebenernya banyak wisata-wisata yang harus dikenalkan oleh Indonesia kepada dunia, agar pariwisata kita ini semakin maju. 

10 Destinasi prioritas yang telah ditetapkan oleh Kemenpar adalah sebagai berikut :
  1. Tanjung Kelayang (Belitung)
  2. Danau Toba (Sumatera Utara)
  3. Kepulauan Seribu (DKI Jakarta)
  4. Tanjung Lesung (Banten)
  5. Bromo, Tengger, Semeru (Jawa Timur)
  6. Borobudur (Jawa Tengah)
  7. Labuan Bajo (NTT)
  8. Mandalika (NTB)
  9. Wakatobi (Sulawesi Tenggara)
  10. Marotai (Maluku Utara)
10 Destinasi Prioritas Wisata Indonesia, New Bali (Dokumen Kemenpar)
Nah saat ini Kemenpar sedang fokus terhadap 10 destinasi diatas. Kesepuluh destinasi yang menjadi prioritas ini akan dipromosikan kepada dunia sebagai "New Bali". Mengapa Kemenpar akan menciptakan "New Bali", kan sudah ada Bali ?
Menciptakan "New Bali" ini bukan berarti 10 destinasi diatas akan dirubah menjadi Bali semua. Tetapai maksud "New Bali" disini adalah masing-masing daerah wisata tetap menjaga khas budaya masing-masing yang sudah dimiliki, yang lebih akan ditonjolkan adalah berbagai macam program-program baru untuk mendongkrak jumlah wisatawan dunia untuk berkunjung ke Indonesia.

Seperti Danau Toba, saat ini jumlah kunjungan wisatawan mengalami penurunan. Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Danau Toba pada tahun 2011 dan 2012 lumayan tinggi, masing-masing yaitu 15.000 kunjungan tetapi kemudian angka kunjungan ini turun menjadi 11.000 kunjungan pada tahun 2013. Nah total kunjungan pada tahun 2014 baik wisatawan nusantara dan mancanegara hanya mencapai 180.000 kunjungan.

Nah saat ini program Kemenpar untuk mempercepat pembangunan destinasi pariwisata Danau Toba sudah ditargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 1.000.000 kunjungan pada tahun 2019. Peningkatan ini akan terus dilakukan oleh Kemenpar dengan cara peningkatan aksebilitas dan berbagai macam atraksi-atraksi.

Tentunya tidak hanya Danau Toba saja yang sudah mempunyai program-program cemerlang kedepannya. Semua destinasi yang ditargetkan untuk menjadi "New Bali" tentu sudah mempunyai program masing-masing untuk meningkatkan kemajuan pariwisata tersebut. Seperti Borobudur, Candi Borobudur ini akan dikembangkan menjadi "World Cultural Masterpiece". Untuk targetnya sendiri lumayan besar dalam mencapai jumlah pengunjungnya, yaitu 2.000.000 wisatawan mancanegara pada tahun 2019.

Senam Pagi Bersama Peserta Workshop dan Kemenpar (Dokumen Pribadi)
Kementerian Pariwisata mempunyai kontribusi yang sangat baik, yaitu menempati posisi ke 4 dalam pendapatan negara. Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan pendapatan negara akan semakin bertambah dengan adanya pengembangan 10 destinasi wisata di Indonesia ini. 

Nah dalam memperkenalkan 10 destinasi baru itu, Kemenpar bersinergi dengan blogger. Blogger tentu mempunyai peran yang positif juga bagi Kemenpar untuk membantu menyebarkan informasi pariwisata yang sedang di prioritaskan saat ini. Selama tiga hari, blogger diundang untuk mengikuti workshop "Standarisasi Penyediaan Informasi Pariwisata". Banyak banget ilmu yang didapatkan dari workshop ini, diantaranya mendapatkan materi seputar infografis. Disini para peserta mendapatkan ilmu bagaimana menyajikan informasi secara menarik bagi pembaca.

Seiring berkembangnya teknologi informasi, maka cara penyajian informasi pun harus bagus dan terus update. Informasi supaya menarik, tentu tidak hanya berupa tulisan saja, melainkan harus disertai dengan gambar dan komponen-komponen pendukung lainnya. Dengan sosial media, informasi sangat mudah untuk didapatkan untuk sekarang ini.
Ibu Tia Saat Memberikan Kenang-kenangan Kepada Pemateri Infografis
Selain mendapatkan materi tentang infografis, para peserta workshop juga mendapatkan kesempatan untuk praktik langsung membuat infografis yang menarik dan jelas informasinya. Setiap peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mempraktikan infografis yang sudah disampaikan oleh Guntur Mulyo Wiseno dari LKBN, Antara. Setiap kelompok ditugaskan untuk membuat infografis dengan tema "10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata". Satu kelompok terdiri dari 3-5 orang. Akhirnya saya, Mbk Maya dan Ibu Tia membuat infografis sesuai dengan tema yang sudah diberikan. Setelah selesai membuat infografis, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil karyanya.

Setelah mengikuti berbagai rangkaian acara "Standarisasi Penyediaan Informasi Pariwisata" selesai sudah acara workshop kali ini. Acara dilanjutkan dengan makan malam sekaligus hiburan dan networking

Salam Pesona Indonesia... "Wonderful"...

Selasa, 22 Maret 2016

Keseruan Wisata Pangkalpinang : Giri Sasana Manumbing, Tanjung Kalian Light House dan Pantai Parai



Foto Saat Tiba di Rumah Pengasingan Bung Karno (Dokumen Kelas Blogger)
Minggu lalu saya bersama teman-teman Kelas Blogger berkesempatan untuk berkunjung ke Kota Pangkalpinang. Kota Pangkalpinang yang dipimpin oleh Muhammad Irwansyah itu memiliki banyak banget tempat wisata untuk di eksplor. Karena di Pangkalpinang memiliki tempat-tempat bersejarah, pantai-pantai yang masih perawan dan masih banyak lagi. Pertama kali datang di Pangkalpinang, tim Kelas Blogger langsung menikmati Mie Koba khas Pangkalpinang. Usai makan mie koba, tim kelas blogger langsung menuju ke rumah pengasingan Bung Karno yaitu di Giri Sasana Manumbing

Giri Sasana Manumbing terletak diatas perbukitan. Untuk menuju ke Komplek Giri Sasana Manumbing membutuhkan perjuangan yang lumayan, karena jalannya yang berbelok-belok, terjal dan licin yang memakan waktu sekitar 2 jam dari Pangkalpinang. Untungnya sopir yang membawa kita untuk sampai di Kompleks Giri Sasana Manumbing sangat lincah sekali, sepertinya sudah sangat berpengalaman hehe. Ketika sampai di pos satpam, kita harus melakukan komunikasi terlebih dahulu kepada penjaga pos untuk memastikan bahwa tidak ada mobil lain yang sedang melintas. Karena jalan yang kita lewati tersebut hanya cukup dilewati dengan satu mobil saja, ditambah lagi aspal jalan yang sudah lama dan ditumbuhi banyak lumut sehingga jalan terlihat licin dan harus hati-hati saat melintas kesana. Ketika kita dijalan menuju Manumbing, terlihat pohon-pohon yang besar di pinggir jalan yang kelihatannya memang pohon ini sangat tua umurnya, dari dulu kemungkinan belum pernah ditebang.
Foto Diatas Gedung Pengasingan Bung Karno (Dokumen Pribadi)
Kamar Bung Karno (Dokumen Liswanti)
Mobil Yang Ada di Rumah Pengasingan Bung Karno (Dokumen Liswanti)
Sampai di Rumah Pengasingan Bung Karno, kita langsung melihat-lihat suasana yang ada didalam rumah tersebut. Selain Soekarno juga terdapat tokoh lain yang diasingkan di Pucuk Gunung Menumbing ini. Salah satu tokoh itu adalah Wakil Presiden Mohammad Hatta, Sekretaris Negara Pringgodigdo dan masih banyak lagi. Di komplek Giri Sasana Manumbing yang memiliki ketinggian sekitar 445 meter dari permukaan laut inilah rombongan Soekarno dan jajarannya diasingkan.  
   
Foto Diatas Menara Tanjung Kalian Light House (Dokumen Pribadi)
Usai berkunjung ke Kompleks Giri Sasana Manumbing, rombongan Kelas Blogger langsung melanjutkan perjalanan untuk berkunjung ke tempat wisata yang lainnya. Wisata selanjutnya adalah menuju Tanjung Kalian Light House. Tanjung Kalian Light House sangat menarik sekali, selain bisa menikmati keindahan laut, kita juga bisa menikmati keindahan alam dan laut sekaligus dengan cara naik ke menara yang ada di Tanjung Kalian ini. Memang dibutuhkan tenaga yang fit untuk bisa mencapai sampai puncak menara ini, jangan khawatir kecapean deh pokoknya, karena setelah sampai di puncak menara ini semuanya akan terbayar abis dengan keindahan alam dan laut disekitar Tanjung Kalian Light House. Diatas menara inilah kalian bisa teriak sekencang-kencangnya sampai puas hehe..

Tanjung Kalian Light House (Dokumen Pribadi)
Selfie Diantara Bebatuan hehe (Dokumen Kang Arul)
Setelah eksplor di Tanjung Kalian Light House, Kelas Blogger langsung menuju pantai yang tidak kalah dengan keindahan pantai lainnya. Ya, pantai parai ini keindahan alamnya sudah tidak diragukan lagi bagi wisatawan, sayangnya masih jarang yang tau akan keindahan pantai ini. Ketika sampai di Pantai Parai, kita semua langsung bersenang-senang untuk berfoto ria di pantai yang sangat eksotis ini. Pantai parai ini masih perawan, pantai alami seperti inilah yang jarang saya jumpai hehe..

Pantai Parai ini juga terdapat banyak batu-batuan yang sangat besar dan menjadi ikon pantai parai tentunya. Di pantai parai ini kita dapat menikmati hamparan pasir putih yang masih bersih dan batu-batu granit yang masih alami. Batu-batu granit ini memiliki ukuran yang lumayan besar dan tentunya masih alami. Dengan adanya batu-batu granit inilah yang membuat pantai parai ini terlihat sangat eksotis.
Pantai Parai (Dokumen Pribadi)
Foto Bersama di Pantai Parai (Dokumen Kang Arul)
Selamat berjelajah ke Pangkalpinang :)
Dijamin liburan kalian akan sangat menyenangkan :)

Senin, 21 Maret 2016

Wisata Kuliner Di Pangkalpinang

Seafood Khas Pangkal Pinang (Dokumen Pribadi)
Bisa berlibur di kota Pangkalpinang adalah suatu momen yang tidak bakal terlupakan. Ya begitulah kenyataannya, Kota Pangkalpinang yang dipimpin oleh Muhammad Irwansyah ini mempunyai berbagai macam budaya, kuliner dan berbagai macam kekayaan alam lainnya. Kota Pangkalpinang ini merupakan kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang pertama kali saya kunjungi.   

Kota Pangkalpinang terletak di sebelah timur pulau Bangka. Kota Pangkalpinang sekarang ini menjadi kota yang memiliki perkembangan sangat pesat. Kota Pangkalpinang menjadi pusat pemerintahan Kepulauan Bangka Belitung, selain itu Pangkalpinang juga merupakan pusat perdagangan dan pusat industri di Bangka Belitung. Kota Pangkalpinang mempunyai kekayaan alam yang luar biasa, tak heran jika Pangkalpinang juga termasuk tempat tujuan para wisatawan nusantara dan mancanegara.

Saat berkunjung ke Kota Pangkalpinang tentu tidak boleh melewatkan untuk berwisata kuliner khas Pangkalpinang. Pangkalpinang yang kaya akan kekayaan laut itu, menyediakan berbagai macam kuliner yang khas dan wajib di coba oleh para wisatawan nusantara maupun mancanegara. Ya, Pangkalpinang terkenal akan kuliner seafood nya yang sungguh menggoda lidah kita. Seafood khas Pangkalpinang ini adalah seafood yang paling top dan nikmat yang pernah saya rasakan, pokoknya khas banget Pangkalpinang deh bikin ketagihan. 

Seafood Mr. Asui ini adalah restoran khas Pangkalpinang yang sangat terkenal, selain rasanya yang begitu lezat dan nikmat, seafood Mr. Asui ini mempunyai keunikan tersendiri. Lokasi seafood Mr. Asui ini dari dulu tidak pernah pindah, dan yang bikin khas adalah untuk menemukan tempat ini kita harus masuk gang kecil, barulah kita menemukannya tempat seafood Mr. Asui ini. Kepiting Mr. Asui ini termasuk andalan dari restoran ini, mengapa demikian ? Pada umumnya kepiting dari Kepulauan Bangka Belitung ini agak kecil-kecil ukurannya, tetapi beda dengan kepiting Mr. Asui. Mr Asui selalu memberikan kepiting-kepiting yang lumayan besar-besar dan pastinya sangat menggoda lidah kita. Hal ini sudah saya buktikan sendiri bersama teman-teman kelas blogger waktu singgah di Pangkalpinang minggu lalu. Pertama kali kepiting dihidangkan rasanya pengen langsung menyantap semuanya, tapi kenyataannya ketika saya baru makan satu capitnya saja sudah kekenyangan hehe. Akhirnya gak kuat deh untuk menghabiskannya haha.. Pokoknya nikmat banget deh kepiting khas Pangkalpinang ini.

Mie Koba Khas Pangkal Pinang (Dokumen Pribadi)
Kota Pangkalpinang yang terkenal akan seafood nya, ternyata masih banyak lagi kuliner yang wajib dicobain salah satunya adalah Mie Koba. Mie Koba juga merupakan andalan kuliner dari Kota Pangkalpinang. Mie Koba khas Pangkalpinang ini jangan sampai dilewatkan ketika anda berkunjung ke Pangkalpinang, karena bakal bikin ketagihan deh. Mie Koba adalah mie kuah yang disiram dengan kaldu daging tenggiri kemudian dipadu dengan daun seledri serta ditaburkan bawang goreng yang membuat aroma lebih menggoda. Warung mie koba ini lokasinya tidak terlalu jauh dari bandara Depati Amir Bangka, sehingga sangat mudah untuk ditemukan dan dikunjungi pastinya.

Mie Koba juga sangat cocok bila dimakan dengan telur rebus. Satu porsi insyaallah bakal membuat kita kenyang hehe. Kalau gak kenyang berarti minta porsi kuli aja haha. Harga Mie Koba ini tentu gak terlalu mahal, satu porsi cukup dengan 12 K. 

Kwetiau Kuah Ikan (Dokumen Pribadi)
Kwetiau kuah ikan ini terbilang sangat beda dari kwetiau yang pernah saya jumpai sebelumnya. Kwetiau yang sering saya makan di Jakarta, warnanya tidak sebening yang ada di Pangkalpinang ini. Kwetiau kuah ikan ini khas banget Pangkalpinang, porsinya yang tidak terlalu banyak sehingga pas banget deh hehe. Kwetiau ini kami nikmati di pinggir Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang. Kwetiau ini dicampur dengan ikan tenggiri yang membuat rasanya lebih khas, ditambah lagi dengan toge serta ditaburkan dengan bawang goreng yang membuat rasanya lebih sedap. Wajib cobain deh kalau berkunjung ke Pangkalpinang.

Itulah baru sebagian kuliner yang saya cicipi di Kota Pangkalpinang. Masih banyak lagi kuliner yang ada di Pangkalpinang yang tentunya wajib anda coba. Jangan sampai gak nyobain ya kalau sedang berkunjung ke Pangkalpinang. 

Selamat Berwisata Kuliner :)

Salam Kuliner Nusantara :)
 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT