Bawaslu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Ajak Masyarakat Dalam Penguatan Pengawasan Partisipatif

By Bowo Susilo - 10:25


Dok : www.bowosusilo.com
Tahun 2019 sudah memasuki penghujung tahun, itu artinya selesai juga tugas Bawaslu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu di tahun 2019 ini. Tahun 2019 ini, Bawaslu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu terbilang sukses dalam melakukan serangkaian pemilu. Itu semua tentu tidak lain adalah berkat adanya dukungan oleh masyarakat. Tanpa adanya partisipatif masyarakat setempat, tentu tidak bisa berjalan lancar.

Selesainya seluruh tahapan pemilihan umum tahun 2019, Bawaslu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu menggelar kegiatan “Penguatan Pengawasan Partisipatif”. Acara ini berlangsung tanggal 23 Desember 2019 di Sunlake Hotel. Tentunya kegiatan ini sangatlah penting guna menjalin hubungan dan jaringan pengawasan partisipatif.

Dok : www.bowosusilo.com
Bawaslu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu mengundang kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari unsur Pemda Kepulauan Seribu, jajaran kepolisian, ex panwascam, ormas, forum kemasyarakatan, dan juga para media dan blogger.

Penguatan pengawasan partisipatif tentu harus terus dilakukan agar kedepan bisa mempertahankan prestasi yaitu pemilu yang aman dan sukses. Dalam kesempatan ini, turut hadir Bapak H. Syaripudin selaku Ketua Bawaslu Provinsi Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Dalam paparannya, beliau mengajak kepada seluruh masyarakat agar terus kompak dan turut serta dalam pengawasan pemilu. Karena peran masyarakat ini sangatlah penting untuk kesuksesan pemilu.  

Hadir juga Bapak Mahyudin selaku Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta. Saat sesi talkshow, beliau menyampaikan pemilu di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu berjalan sukses. Bahkan hampir tidak ada masalah sedikit pun dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019. Itu artinya, Bawaslu bisa bekerjasama dengan masyarakat secara kompak untuk mensukseskan pemilu bersama-sama. Nah hal seperti inilah yang harus ditingkatkan dan terus dijaga agar tahun berikutnya bisa berjalan lancar.

Dok : www.bowosusilo.com
Dok : www.bowosusilo.com
Saya pribadi sangat setuju dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Dengan mengadakan kegiatan seperti ini dan mengajak semua elemen masyarakat tentu akan lebih efektif guna menyampaikan program-program Bawaslu dan mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi aktif. Tentunya dengan adanya sosialisasi dan sesi talkshow, masyarakat akan lebih paham.

Tak bisa dipungkiri bahwa, setiap pelaksanaan pemilihan umum tentu rawan terjadinya berbagai kecurangan-kecurangan dengan berbagai cara. Biarpun sudah diatur dalam undang-undang bahwa kecurangan akan diproses sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Dengan kesiapan dan antisipasi yang maksimal oleh Bawaslu, makan kejadian tersebut bisa diminimalisir bahkan nyaris tidak ada pelanggaran berat. Ya mungkin ada saja pelanggaran-pelanggaran yang ringan dan bisa diatasi dengan cepat.

Bawaslu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu juga mengajak semua partai politik untuk sama-sama bisa bekerjasama. Sebagai partai politik, tentu harus turut serta dalam mengawasi pemilu juga, saling mengawasi antara partai politik. Nah jika terjasi suatu pelanggaran maka bisa langsung disampaikan kepada Bawaslu agar cepat diproses sesuai denga aturan yang berlaku.

Dok : www.bowosusilo.com
Dalam acara talkshow kemarin, turut hadir juga Forum mahasiswa kepulauan seribu. Melibatkan para generasi milenial seperti ini sangatlah penting. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa generasi milenial cukup mendominasi. Mereka wajib paham dan ikut berpartisipasi langsung untuk mensukseskan pemilu. Apalagi diera yang serba digital dan semakin modern ini, membuat para generasi milenial mudah untuk belajar dan mendapatkan informasi dengan sangat mudah dan cepat.

Jadi, sebagai warna Negara Indonesia yang baik harus bisa berdemokrasi dengan baik juga. Semoga setiap tahunnya, pemilihan umum bisa berjalan aman dan sukses.

Oiya jangan lupa follow Instagramnya Bawaslu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu untuk mengetahui informasi-informasi terbarunya. @bawaslu_kep.seribu

Salam Demokrasi!




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar