BREAKING

Sabtu, 23 Juli 2016

Hati-hati Dengan Vaksin Palsu

Pak Arus dan Ibu Riati saat memberikan pencerahan tentang vaksin palsu (Foto: Bowo Susilo) 
Belakangan ini masyarakat Indonesia dihebohkan dengan beredarnya vaksin palsu di rumah sakit. Masyarakat tentu panik, jengkel, karena khawatir dengan adanya vaksin palsu dapat membahayakan kondisi kesehatan anak-anaknya.

Bagi seorang ibu tentu harus cerdik dan waspada apabila akan memberikan vaksin kepada anak-anaknya ketika sedang sakit. Karena apabila ceroboh dalam memilih vaksin, maka akan berakibat vatal terhadap kesehatan anaknya. Loh bukannya ada sebuah badan yang mengawasi tentang obat-obatan yah, kok masih bisa kecolongan ya? Gimana ceritanya? 

Saya sebagai mahasiswa, walau bukan jurusan kedokteran sih hehe, sempat mengikuti perkembangan vaksin palsu yang sempat beredar belakangan ini. Bahkan teman-teman asrama saya sempat mendiskusikan tentang vaksin palsu ini, karena banyak yang bertanya-tanta tentang vaksin palsu ini. Karena belum tau kebenarannya, tentu kita semua bingung dengan beredarnya vaksin palsu ini.

Nah kebetulan minggu lalu, 1 Juli 2016 saya mendapatkan undangan dari Komunitas BloggerCrony untuk menghadiri talkshow seputar vaksin palsu yang sedang hangat belakangan ini. Acara talkshow ini diselenggarakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Acara talkshow ini menghadirkan narasumber Drs. Arustiyono, Apt, MPH (Directorat Pengawasan Distribusi Produk Terapetik dan PKRT) dan Riati Anggriani SH, MARS, M.Hum (Kepala Biro Hukum dan Humas BPOM).

Sebelum kita bahas soal vaksin palsu, tentu kita harus tau dulu apa itu vaksin? Vaksin adalah antigen berupa mikroorganisme yang sudah mati, masih hidup atau dilemahkan, masih utuh atau bagiannya, yang telah diolah, berupa toksin mikroorganisme yang telah diolah menjadi toksoid, protein rekombinan yang bila diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Apa bedanya dengan Imunisasi? Imunisasi adalah suatu upaya untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga bila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan saja. 

Mbk Haya Aliya Zaki (Blogger) saat bertanya dengan para narasumber seputar vaksin palsu (Foto: Bowo Susilo)
Sebenernya untuk mengedarkan sebuah obat-obatan termasuk vaksin sudah ada mekanismenya yang tidak bisa sembarangan. Obat yang aka diedarkan di pasaran harus memiliki izin terlebih dahulu oleh Kementerian Kesehatan RI, nah kemudian dari kementerian dilimpahkan ke BPOM untuk mengecek terlebih dahulu apakah obat-obatan tersebut layak diedarkan atau tidak. Kalau obat tersebut layak edar, maka BPOM akan memberikan izin edar. Artinya obat tersebut aman untuk dikonsumsi.

Lantas kok masih ada kejadian vaksin palsu yang beredar di masyarakat? Kalau kejadian seperti ini, itu artinya mereka yang mengedarkan vaksin ini tidak mengikuti izin oleh Kementerian Kesehatan RI dan BPOM. Banyak cara yang dilakukan oleh pelaku kejahatan, jadi kita harus lebih waspada terhadap kejadian seperti ini. 

Bagaimana caranya agar terhindar dari vaksin palsu?
  1. Belilah obat-obatan di Rumah Sakit Pemerintah yang sudah jelas memiliki izin edar.
  2. Beli obat-obatan di Puskesmas setempat.
  3. Kenali vaksin palsu dan vaksin asli, vaksin yang palsu pasti kemasannya sedikit berbeda dengan yang asli. Tidak sesempurna yang asli.
  4. Nomor batch dan expired date tidak jelas dan kelihatan kabur.
Pada saat talkshow kemarin, Pak Arus menegaskan bahwa vaksin yang tersedia di Puskesmas, Posyandu dan Rumah Sakit pemerintah sudah dijamin asli karena obat-obatan tersebut selalu didapatkan melalui jalur resmi. Vaksin palsu tidak diproduksi di perusahaan-perusahaan besar, vaksin palsu diproduksi di rumah-rumah biasa dan itupun susah untuk ditemukan. Ya namanya aja ilegal, pasti mereka sembunyi-sembunyi. Perlu diketahui bahwa yang memproduksi vaksin di Indonesia hanya ada satu perusahaan yaitu Perusahaan Biofarma yang sudah mempunyai standar internasional (WHO).

Semoga artikel ini dapat membantu memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Yuk selalu waspada dalam melakukan pembelian vaksin atau obat-obatan yang lainnya.

Salam Sehat,


~ Bowo Susilo ~


Bangga Dengan Hadirnya Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta

Kemegahan Desain Dalam Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta (Foto: Bowo Susilo)
Ada yang sudah pernah berkunjung ke Terminal 3 Soekarno Hatta? Kalau belum pernah berkunjung ke Terminal 3 Soekarno Hatta, segera jadwalkan untuk berkunjung kesana deh. Ketika berkunjung ke Terminal 3 Soekarno Hatta, anda akan dicengangkan dengan bangunan yang sangat megah kelas internasional. Terminal 3 merupakan perluasan pembangunan Bandara Internasional Soekarno Hatta. Indonesia patut bangga dengan keberadaan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Terminal 3 ini akan menjadi icon kebanggaan Indonesia. 

Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta merupakan gerbang utama Indonesia dalam menyambut kedatangan tamu nasional dan internasional. Konsep yang diangkat oleh Terminal 3 ini Indonesia banget loh, artinya Indonesia akan selalu melestarikan kekayaan budayanya. 

Konsep rancangan Terminal 3 didasarkan pada pemahaman modern medium dimana people-culture-nature yang dapat berinteraksi satu dengan yang lain secara harmonis tentunya. Terminal 3 ini memiliki luas 2,4 KM dengan mengangkat perpaduan budaya dan teknologi yang dapat menjadikan Terminal 3 terlihat memukau dan eksotis pastinya.

Siap Explore Terminal 3 dipandu oleh Pak Haerul Anwar (Foto: Bowo Susilo)
Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, membuat Terminal 3 untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pengunjungnya. Bandara masa kini tentu bukan hanya melayani dengan kelengkapan teknis saja, namun juga perlu menawarkan berbagai kelengkapan non teknis yang dapat memberikan pengalaman yang kaya dan mengesankan bagi para pengunjung bandara.

Nah untuk menunjang hal tersebut, Terminal 3 melengkapinya dengan sejumlah karya seni rupa masa kini hasil karya para seniman-seniman terkenal di Indonesia bahkan sampai ke mancanegara. Kehadiran karya seni rupa di ruang publik inilah yang dapat memanjakan pemandangan para pengunjung Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. 
Karya-karya seniman Indonesia yang bakal menghias Terminal 3 (Foto: PT Angkasa Pura II)
Tentu sudah tidak asing lagi dengan seniman/perupa Indonesia yang terkenal di tanah air sampai ke mancanegara. Seniman/perupa itu diantaranya Eko Nugroho, Angki Purbandono, Tromarama, Edi Prabandono, Nus Salomo, Pintor Sirait, Ichwan Noor, Awan Simatupang, Galam Zulkifli, Nasirun, Indiegurillas dan seniman senior Sardono W. Kusumo.

Bicara soal fasilitas yang ada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, tentu sangat memadai dan nyaman pastinya. Saat saya berkunjung kemarin (17/07/2016), sudah banyak terlihat fasilitas-fasilitas disekitar bandara. Mulai dari tempat duduk yang bener-bener nyaman, luas dan bersih.

Ruangan yang megah dilengkapi dengan kursi-kursi warna hijau tertata rapih (Foto: Bowo Susilo)
Tempat bermain untuk anak-anak (Foto: Bowo Susilo)
Pada saat acara Halal Bi Halal kemarin, turut hadir juga Bapak Budi selaku Director Utama Angkasa Pura II. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta ini dibangun dengan teknologi yang modern kelas internasional. Diharapkan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta nantinya bisa bersaing dengan bandara-bandara yang keren seperti Bandara Changi yang berada di Singapura dan bandara-bandara kelas internasional lainnya.

Sambutan dari Pak Budi selaku Director Utama Angkasa Pura II (Foto: Bowo Susilo)
Dalam acara halal bi halal ini dihadiri oleh Lala Carmela juga loh. "Saya sangat bangga, akhirnya Indonesia mempunyai bandara sekelas internasional yang keren banget. Indonesia harus bangga dengan keberadaan bandara ini" Ungkap Lala Carmela.

Tempat transit/transfer Terminal 3 (Foto: Bowo Susilo)
Bicara masalah teknlogi yang digunakan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, tentu sudah menggunakan teknologi yang sangat canggih kelas internasional. Selain bagus, Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta juga sangat memperhatikan kenyamanan dan keamanan disekitar bandara. Nah teknologi yang digunakan itu diantaranya sebagai berikut:

  • ASS atau Airport Security System. yang berfungsi untuk mendeteksi wajah-wajah yang masuk dalam daftar pencarian pihak berwajib. Tentunya teknologi ini akan sangat membantu Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan menjaga keamanan di sekitar bandara. 
  • Baggage Handling System (Automatic) - Level 5. Teknologi ini mempunyai fungsi untuk mendeteksi bahan peledak atau bom. Sekarang ini banyak sekali tindakan-tindakan kejahatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan menggunakan berbagai macam cara. Dengan adanya teknolgi BHS ini, diharapkan mampu menangani masalah tersebut.
  • Intelligency Building Management System (IBMS). Bangunan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta sudah menggunakan teknologi bangunan yang canggih. Energi yang dikeluarkan seperti air, listrik dan lain-lain sudah menggunakan sistem.  
  • Rain Water System. Teknologi ini sudah diterapkan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Peduli lingkungan itu penting banget. Dengan teknologi ini bisa menjadikan air hujan menjadi air bersih. Dengan demikian dapat menghemat penggunaan air tanah secara berlebihan.
  • Recycle Water System. Teknologi recycle water system ini kebanyakan digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang mempunyai fungsi untuk mendaur ulang air kotor menjadi air bersih.
  • Renewable Energy. Energi terbarukan ini sudah diterapkan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Energi terbarukan ini bersumber dari alam yang dapat diproduksi tanpa menunggu waktu yang lama. Energi alam ini seperti matahari, angin dan sebagainya. Dengan menggunakan energi terbarukan ini maka lingkungan bandara akan terjaga dengan baik. 
Lorong yang megah untuk menuju Ruang Terminal 3 Soekarno Hatta (Foto: Bowo Susilo)
Foto Bersama Blogger, Vlogger, Campus CJ dengan Narasumber di acara halal bi halal (Foto: Bowo Susilo)
Seneng banget deh bisa berkunjung ke Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Indonesia patut bangga, karena memiliki bandara kelas Internasional. Semoga masyarakat juga turut menjaga bandara ini agar tetap bersih dan nyaman.

Salam,

~ Bowo Susilo ~


Nusantara Sehat _ Penyebaran Tenaga Kesehatan di Daerah Terpencil

Diskusi Karier Dokter dan Dokter Gigi di Era Jaminan Kesehatan Nasional (Foto: Bowo Susilo)
Masih ingat sekali ketika kecil saya selalu di doain supaya jadi dokter. Dan itupun kebawa-bawa sampai SD, kalau ditanya orang besok kalau udah gede jadi apa bowo? Jadi Dokter, jawabku dengan polos hehe. Namun seiring berjalannya waktu, cita-cita jadi Dokter pun terlewatkan hehe. Karena memang setelah dewasa, cita-cita itu berubah hehe. 

Gimana sih keadaan dokter di Indonesia sekarang? Sudah cukupkah dokter di Indonesia untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selasa, 19 Juli 2016, saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti diskusi yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan RI yang bertempat di Kantor Kemenkes RI, Gedung Adhyatama. Acara diskusi kali ini membahas tentang Karir Dokter dan Dokter Gigi di Era Jaminan Kesehatan Nasional. Acara diskusi kali ini dihadiri oleh tenaga kesehatan pemerintah maupun swasta dan beberapa mahasiswa kedokteran yang ada di Indonesia. 

Berbicara masalah kesehatan yang ada di Indonesia, tentu banyak banget permasalahannya. Sesuai dengan banyaknya penduduk yang ada di Indonesia, maka permasalahannya pun semakin kompleks. Tugas Kementerian Kesehatan RI memang menyehatkan masyarakat seluruh Indonesia, tentu tidaklah gampang, banyak hambatan-hambatan yang dialaminya. Mulai dari tenaga kesehatannya, fasilitas-fasilitas kesehatan, sampai ke pribadi orang masing-masing yang kurang peduli dengan kesehatannya.

Kebutuhan Dokter di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Apalagi kebutuhan Dokter di daerah-daerah terpencil dan kepulauan, sangat sedikit sekali Dokter yang ada di daerah-daerah terpencil. Kebanyakan Dokter ada di kota-kota besar seperti Jakarta yang merupakan kota metropolitan. Lalu langkah apa sih yang diambil oleh Kementerian Kesehatan RI untuk memenuhi kebutuhan Dokter di Indonesia.

dr. Mari S. Purba saat berbagi pengalamannya ketika ditugaskan di Papua (Foto: Bowo Susilo)
Nusantara Sehat

Mungkin sudah banyak yang tau tentang Nusantara Sehat, ada juga yang belum tau apa itu Nusantara Sehat. Nusantara Sehat adalah sebuah program yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan RI dengan tujuan mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Tim Nusantara Sehat ini ditugaskan ke daerah-daerah terpencil dan kepulauan yang ada di seluruh Indonesia. Seperti yang dikatakan oleh Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, SPM (K) bahwa, Kemenkes sengaja membentuk tim untuk ditugaskan ke daerah-daerah terpencil. Apabila tidak dibentuk tim, takutnya nanti pada gak betah kalau ditugaskan di daerah terpencil, baru sehari nanti pulang lagi, sambil tersenyum.

Tim Nusantara Sehat yang dikirim ke daerah-daerah terpencil terdiri dari dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, analis laboratorium, tenaga gizi dan tenaga kefarmasian. Dengan demikian, Tim Nusantara Sehat ini bisa saling melengkapi satu sama lain. Sebelum diberangkatkan ke daerah-daerah, Tim Nusantara Sehat mendapatkan pelatihan khusus yang sebelumnya tidak didapatkan dibangku kuliah, agar siap ditempatkan di daerah yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan nantinya. Bicara soal gaji yang didapat oleh Tim Nusantara Sehat tentu sebanding dengan pengabdiannya. Seorang Dokter yang mengikuti Tim Nusantara Sehat mendapatkan insentif 11,2 juta. Selain insentif dari Kementerian Kesehatan, mereka juga berhak mendapatkan insentif dari Pemda apabila pemda setempat memberikan sebagai tambahan gajinya.

Banyak daerah-daerah kepulauan dan terpencil yang membutuhkan tenaga-tenaga medis untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dalam diskusi ini turut hadir juga Tim Nusantara Sehat yang ditugaskan di Papua, yaitu dr. Firman Budi dan dr. Mari S. Purba.

Saya merasa bangga menjadi bagian dari Tim Nusantara Sehat. Bisa membantu masyarakat di daerah-daerah terpencil itu kesempatan yang luar biasa, apalagi saat saya pertama kali datang ke Papua disambut dengan masyarakatnya yang sangat ramah dan bersahabat. Hal ini membuat saya semakin semangat  untuk ditugaskan di Papua, walaupun daerah ini adalah daerah yang sangat terpencil, ungkap dr. Mari S. Purba saat berbagi pengalamannya ditugaskan di Papua.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengungkapkan bahwa tujuan dibentuknya Nusantara Sehat adalah diantaranya:
  1. Mengubah perilaku masyarakat agar hidup sehat. Banyak masyarakat yang kurang memperhatikan kesehatannya. Disinilah peran Tim Nusantara Sehat untuk bisa mengajarkan bagaimana cara hidup sehat dengan dimulai dari hal-hal kecil. Selain membantu di puskesmas yang ada di daerah, Tim Nusantara Sehat diharapkan mampu memberikan edukasi-edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan.
  2. Meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Daerah-daerah terpencil tentu banyak kekurangan tenaga kesehatan yang dapat memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Disinilah Tim Nusantara Sehat harus membantu puskesmas di daerah tersebut untuk memberikan pelayanan-pelayanan primer kepada masyarakat.
Saat ini Kementerian Kesehatan sedang fokus terhadap puskesmas-puskesmas terutama yang ada di daerah-daerah terpencil untuk diberikan bantuan alat-alat kesehatan primer. Banyak puskesmas-puskesmas daerah yang sudah tidak ada peralatan-peralatan yang memadai. Hal inilah yang membuat Pemerintah untuk segera memperbaikinya, agar puskesmas tersebut mampu memberikan pelayanan kesehatan yang baik terhadap masyarakat.

Dengan adanya program Nusantara Sehat, diharapkan mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat terpencil yang membutuhkannya. Dengan demikian diharapkan pelayanan kesehatan di Indonesia semakin merata.

Salam Hidup Sehat,


~ Bowo Susilo ~



Senin, 18 Juli 2016

Film Bangkit, Gambaran Bencana Banjir Yang Ada di Jakarta

Official Poster Film Bangkit
Halo pecinta film Indonesia, apa kabar, semoga baik semua ya. Ada yang sudah tau belum nih Film Bangkit. Film Bangkit sebentar lagi bakal menjadi tontonan masyarakat Indonesia. Film Bangkit merupakan film Indonesia yang bergenre action disaster. Film ini dibintangi oleh Vino G Bastian, Acha Septriasa, Deva Mahenra dan Putri Ayudya. Film ini merupakan besutan dari sutradara ternama Indonesia yaitu Rako Prijanto. 

Film yang digarap oleh Rako Prijanto ini, tentu terlihat beda dengan film-film yang lain. Film yang bergenre action disaster ini digarap dengan teknologi yang canggih dan kerja keras yang tinggi, ditambah lagi dengan adegan-adegan berbahaya yang dapat memikat penonton. Sehingga film ini terlihat menarik untuk ditonton. Selain itu juga, film ini menggambarkan kerja keras yang tinggi dan penuh semangat dalam menghadapi segala hal permasalahan. Film Bangkit diproduksi menggunakan teknologi CGI (Computer Generated Imagery). Teknologi CGI adalah sebuah teknologi yang bisa menciptakan gambar 3 D lengkap dengan menggunakan berbagai macam efek. 

Pada Film Bangkit, banyak adegan-adegan yang berbahaya yang dilakukan oleh Vino G Bastian dan sejumlah pemain lainnya. Ditambah lagi original soundtrack dari Nidji yang membuat film ini lebih hidup. Film ini luar biasa powerful, sambut Giring sebagai Vokalis Nidji. "Kami tidak mengalami kesulitan sama sekali dalam menciptakan komposisi baru dan lagu ini lahir melalui proses yang relatif cepat. Lagu ini sengaja dibuat menghentak, tentunya untuk membangkitkan semangat.

Film Bangkit menggambarkan kerja keras seorang Vino G Bastian sebagai Tim SAR yang harus menolong dan menyelamatkan masyarakat Jakarta yang terkena banjir besar. Deva Mahendra sebagai anggota BMKG juga harus bekerja keras dalam memberikan informasi yang akurat seputar cuaca yang ada di Jakarta, selain itu juga, Deva harus membantu proses evakuasi banjir yang ada di Jakarta.

Poster Film Bangkit
Sinopsis

Vino G Bastian (Addri) sebagai seorang BASARNAS yang kerjaanya adalah menyelamatkan masyarakat yang terkena banjir di Jakarta. Tentu tidak mudah buat Addri, harus bekerja keras membagi waktu dengan keluarganya. Walau sebenernya keluarganya pun membutuhkan bantuannya, tetapi Addri juga harus membantu masyarakat lainnya. 

Putri Ayudya (Indri) istri dari Addri, tentu harus memahami suaminya yang mempunyai kewajiban untuk menolong masyarakat yang terkena bencana banjir. Sehingga Indri pun harus menjadi seorang ibu yang kuat didepan kedua anaknya yaitu Eka dan Dwi. 

Ibukota Jakarta sering mengalami bencana banjir dan gempa bumi yang disebabkan oleh ambrolnya tanggul katulampa. Kemudian disusul dengan badai besar yang mengarah dari Australia ke Jakarta. Disinilah Addri dan rekan-rekannya harus bertindak dengan tegas dan penuh semangat dalam mengatasi bencana banjir dan gempa bumi di Ibukota Jakarta. 

Nah dari peristiwa banjir dan gempa bumi yang melanda Ibukota Jakarta, Addri menyelamatkan satu korban yang hidup yaitu Deva Mahenra (Arifin). Arifin adalah tunangannya Acha Septriasa (Denanda) yang akan melangsungkan pernikahannya. Sayangnya belum sampai ke pernikahan, Arifin mengalami musibah bencana banjir dan terjebak di sebuah gedung.

Arifin sebagai pegawai BMKG tentu mempunyai tugas yang sangat besar. Arifin sering mengalami selisih pendapat dengan atasannya, Hadi. Hadi adalah tipikal orang yang sangat berhati-hati dalam memutuskan segala sesuatu, harus melalui pertimbangan yang sangat matang. Sementara Arifin, merasa kalau informasi penting seputar bencana banjir dan gempa bumi harus segera disampaikan ke masyarakat umum. 

Ketika intensitas hujan semakin parah, sebagian Jakarta sudah mengalami banjir yang cukup besar. Dengan situasi yang amat panik inilah, peran Addri dan Arifin sangat dibutuhkan untuk bisa menyelamatkan Jakarta dari bencana banjir dan gempa bumi. 

Dalam situasi yang panik dan amat genting ini, apakah Addri dan Arifin serta tim nya bisa mengatasi permasalahan banjir ini? Silahkan saksikan di bioskop kesayangan anda pada tanggal 28 Juli 2016 ya. Monggo dijadwalkan waktunya hehe.

Salam,

~ Bowo Susilo ~




Selasa, 12 Juli 2016

Menjadi Wirausaha, Siapa Takut.

Rosiana Halim selaku Managing Director Bobobobo.com saat menyampaikan materinya (Foto: Bowo Susilo)
Bicara masalah pekerjaan, tentu semua orang menginginkan kerja yang enak dengan gaji yang besar. Tapi kan gak mudah untuk mencapai itu semua. Apalagi dunia kerja sekarang ini semakin tahun semakin sengit dan terus bersaing. Nah menyikapi permasalahan tersebut, tentunya semua orang tua mengharapkan anaknya supaya kelak menjadi orang yang sukses, mempunyai pekerjaan tetap atau mempunyai bisnis sendiri. Untuk menjadi seorang wirausaha, tentu harus mempunyai niat yang kuat, sungguh-sungguh dan gigih serta pantang menyerah. 

Modal ini harus ditanamkan sejak dini, agar nantinya tidak mudah putus asa dalam menjalani sebuah usaha. Dulunya saya kurang begitu suka dengan dunia wirausaha, karena dulu saya mempunyai cita-cita menjadi polisi. Tapi karena ayah gak setuju kalau saya jadi polisi, maka sayapun memutuskan untuk melanjutkan sekolah di Perguruan Tinggi di Jakarta. Inilah langkah awal yang saya jalani dengan penuh semangat, walau jauh dari kedua orang tua. Setahun sekali saya baru pulang ke kampung halaman. Bapak dan Ibu saya tinggal di Tulang Bawang Barat, Lampung.

Kebetulan tahun ini merupakan tahun terakhir saya di Jakarta, karena saya adalah mahasiswa tingkat akhir yang sedang sibuk menyelesaikan skripsi. Itulah sebabnya yang membuat saya tidak pulang kampung di tahun ini. Menjadi anak rantau itu rasanya enak-enak sedih sih hehe. Enaknya ya banyak teman-teman baru, sedihnya ya pas jauh keluarga hehe. Tapi keadaan seperti ini jangan sampai membuat saya sedih dan bermalas-malasan, justru membuat saya semangat untuk bisa memberikan yang terbaik kepada keluarga terutama kedua orang tua. Dengan begini, tentu saya belajar banyak hal dari pengalaman-pengalaman selama di Jakarta. Semoga bisa lebih memantapkan diri untuk bisa menjadi seorang wirausaha.

Sesuai dengan program Kementerian Perindustrian Indonesia, nantinya saya akan ditempatkan di Dinas Perindustrian Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung sebagai Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL). Tugas dari TPL ini adalah membina para industri-industri kecil menengah untuk bisa bersaing di dunia global. Nah sekarang ini dunia bisnis semakin tahun semakin berkembang pesat dan persaingannya pun juga ketat. Dengan demikian para pelaku industri-industri kecil harus mempunyai skill untuk bisa bersaing di dunia global.

Sekarang ini sangat marak bisnis online shop dan berbagai layanan yang menggunakan jasa internet. Mengapa demikian? Jangan ditanya lagi, masyarakat Indonesia adalah pengguna internet yang sangat besar. Jadi tak perlu heran lagi kalau semuanya tak bisa jauh-jauh dengan internet. Bisnis kecil-kecilan seperti ini kalau ditekuni tentu akan menjadi besar dan pastinya menguntungkan banget. Hanya bermodalkan internet, kita sudah bisa menjalankan bisnis.

Banyak dari teman-teman saya yang sudah mulai mencoba bisnis online shop. Ternyata kalau ditekuni dengan benar-benar, hasilnya pun lumayan. Kegiatan bisnis ini pun bisa dijalani oleh siapa saja, gak memandang profesinya sebagai apa, yang penting mau dan ada niat, sudah bisa berjalan. Dengan adanya bisnis online shop maka masyarakat pun dimudahkan untuk mendapatkan kebutuhan yang sedang diinginkan, tanpa harus keluar rumah dan berpanas-panasan.

Digital Business Your Way (Foto: Bowo Susilo)
Saya pun juga mempunyai keinginan untuk bisa memiliki sebuah website yang bisa dijadikan sebagai ladang pencaharian. Entah itu untuk jualan makanan, fashion dan produk-produk lain. Mempunyai usaha online tentunya sangat menyenangkan, karena pekerjaan ini bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja. Nah bulan lalu saya mendapatkan kesempatan yang begitu berharga loh. Kesempatan itu adalah menghadiri sebuah acara yang diselenggarakan oleh My Republik

Acara yang mengangkat tema "Digital Business Your Way" ini sungguh bener-bener bermanfaat bagi saya pribadi. Gimana enggak? Semua narasumber yang dihadirkan mampu memberikan motivasi-motivasi untuk bisa menjadi seorang wirausaha. Wah tentunya ilmu ini tidak akan pernah saya biarkan begitu saja, semoga suatu saat nanti saya bisa menerapkan ilmu wirausaha itu dengan baik.

Dalam kesempatan ini, turut hadir juga Rosiana Halim selaku Managing Director Bobobobo.com. Rosiana Halim berbagi tips tentang wirausaha di dunia online itu bagaimana. Apa saja sih yang harus diperhatikan agar bisa sukses? Dalam membuat sebuah bisnis online tentu banyak banget pertimbangan yang harus diperhatikan agar tidak mleset nantinya.

Langkah Pertama

Kenali dulu pasar dalam bisnis anda itu siapa? Apabila kita belum tahu pasti siapa pasar dalam bisnis kita, maka dapat dipastikan bisnis itu kurang maksimal. Buatlah bisnis itu semenarik mungkin, carilah sebuah produk yang memang bener-bener dibutuhkan oleh konsumen. 

Langkah Kedua

Perkuat brand usaha kita. Dalam membuat sebuah usaha, maka brand sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. Brand memberikan dampak besar bagi sebuah bisnis, kalau brand nya bagus, maka bisa dipastikan akan ramai usaha kita.

Langkah Ketiga

Perhatikan manajemen dalam berbisnis. Jangan menyepelekan sebuah strategi manajemen dalam bisnis kita. Entah itu bisnis besar ataupun kecil, manajemen tetaplah jadi bagian yang terpenting dalam kemajuan bisnis kita. Kita harus berani menawarkan sesuatu yang berbeda dengan pesaing kita. Contoh, produk yang kita jual lebih murah dibandingkan yang lain. Kemasannya menarik, sehingga membuat konsumen penasaran untuk membeli produk kita. 

Langkah Keempat

Buatlah konsumen nyaman untuk berbelanja di website kita. Tampilan sebuah website tentu mempunyai pengaruh yang cukup besar. Apabila tampilan website kita bagus, maka pelanggan pun akan betah untuk berlama-lama dalam website kita. Begitu juga sebaliknya, kalau tampilan website kita jelek, maka gak bakalan lama deh tuh konsumen mampir di website kita.

Frans Fernando dari Tokopedia.com saat menyampaikan materinya (Foto: Bowo Susilo)
Narasumber selanjutnya adalah Frans Fernando dari Tokopedia.com. Wah nampaknya makin seru aja nih pembahasannya. Jarang-jarang bisa ngobrol langsung dengan Frans dari Tokopedia.com. Kali ini Frans akan berbagi pengalamannya tentang optimized your blog. Dalam dunia blogging, tentu traffic sangat penting. Namun yang perlu digaris bawahi adalah konten kita itu loh, ungkap Frans.

Sebuah perusahaan atau agency tidak semuanya mencari blogger yang mempunyai traffic keren, DA keren dan sebagainya. Yang paling diperhatikan adalah konten yang ada didalam blog itu sendiri. Jadi konten mempunyai peran yang sangat penting.

Nah potensi atau peluang yang lainnya dari sebuah blog adalah apabila branding blog kita sudah jelas dan lebih terarah. Artinya, semakin spesifik tema blog kita, maka peluangnya pun akan semakin besar juga. Selain itu, bangunlah hubungan yang baik dengan brand, agar kerjasamanya bisa berkelanjutan nantinya. Menjadi seorang blogger tentu harus sering-sering update tulisan di blog, agar pembaca tidak haus akan informasi-informasi yang semestinya didapatkan dari blog kita. Menjadi blogger juga penting untuk terus belajar dan menambah pengetahuan yang luas, agar penulisan di blog pun semakin tertata dan bagus pastinya. Untuk mendapatkan informasi yang lagi tren, bisa membaca artikel di "ChannelNewsAsia".

Dalam dunia bisnis online, tentu internet menjadi hal yang paling penting dalam menjalankan kegiatan bisnisnya. Oleh karena itu perlu dong koneksi internet yang tetap stabil dan gak ngadat. Nah supaya kegiatan bisnis kita berjalan dengan lancar, maka kita perlu memilih "internet ultra cepat" yang gak pake lelet koneksinya. Sehingga bisnis kita pun akan berjalan dengan lancar. My Republik banyak menawarkan pilihan paket internet dan harganya yang kompetitif pastinya. 

Helma Kusuma selaku Country Manager Freelancer.com saat menyampaikan materinya (Foto: Bowo Susilo)
Pada sesi terakhir, Helma Kusuma selaku Country Manager Freelancer.com, juga berbagi pengalamannya dalam dunia freelancer. Banyak yang mencari pekerjaan di freelancer.com, semuanya bisa mencoba untuk bekerja sebagai freelancer. Pesan dari Helma adalah jangan mengharapkan yang besar dulu, tekunilah mulai yang kecil, perbanyak portofolio anda, maka dengan sendirinya hasil besar akan mengikuti.

Kalau saya terpilih memenangkan kompetisi ini, maka saya akan menggunakan uang ini sebagai modal dalam memulai bisnis online yang sudah saya singgung diatas. Membuat website yang bagus, serta komponen-komponen lain yang mendukung dalam menjalankan usaha online yang akan saya buat nanti. 

Selama saya kontrak di Dinas Perindustrian Tulang Bawang Barat, Lampung. Saya akan memasarkan produk-produk industri yang ada di Kabupaten saya di website yang sudah saya buat, agar bisa terjual ke masyarakat luas dan bisa bersaing di skala nasional. Aminnnnn

Salam Sukses,

~ Bowo Susilo ~ 

Jumat, 08 Juli 2016

Semua Bisa Menjadi Blogpreneur

Foto Bersama Pemenang Live Twett (Foto: Bowo Susilo)
Menjadi blogger itu pilihan. Kalau pengen banyak pengalaman, banyak teman, banyak ilmu-ilmu baru, ya saran saya jadilah seorang blogger. Mencari ilmu itu bukan hanya di bangku sekolah atau di kampus saja, melainkan banyak banget tempat untuk menuntut ilmu diluar sana. Tidak semua ilmu bisa didapatkan di bangku sekolah dan di kampus. Mencari ilmu dan pengalaman justru makin banyak peluangnya diluar sana, dengan cara gabung ke komunitas-komunitas, sering ikut acara kopdar dan lain sebagainya. Yang jelas, semua yang kita ikuti harus positif ya.

Nah minggu lalu saya mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu baru di acara buka puasa bersama yang diadakan oleh CNI. Acara ini bertempat di Casadine Kitchen & Bakery tepatnya di Apartement Taman Rasuna Tower 17, Jl. Epicentrum Boulevard Timur, Kuningan, Jakarta. Dalam acara buka puasa bersama kali ini tentunya banyak ilmu yang berharga untuk bisa saya dapatkan. Bagi yang suka ngeblog tentu sudah tidak asing lagi dengan Teh Ani Berta dan Mbk Haya Aliya Zaki. Yupz, beliau berdua adalah inspirasi saya untuk semangat lagi dalam menekuni dunia blogging.

Sesi pertama kali ini akan dibawakan oleh Teh Ani Berta. Seorang blogger harus bagaimana sih dalam menangkap peluang-peluang yang ada. Apakah hanya menulis dan menulis saja tanpa memperhatikan hal-hal lain. Tentunya banyak banget hal-hal yang harus diperhatikan oleh seorang blogger agar bisa menjadi blogpreneur.

Teh Ani Berta Saat Menyampaikan Materinya (Foto: Bowo Susilo)
How To Be a Bloggerpreneur

Blogger itu bisa lo menjadi wirausaha. Kenapa enggak, kalau kita bisa menekuni di dunia blogging, tentu banyak banget peluang-peluang yang akan berdatangan kepada kita. Semua orang bisa menjadi blogpreneur. Baik dia sebagai pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar dan lain sebagainya, semua bisa jadi blogpreneur. 

Menjadi seorang blogger tentu harus mempunyai keterampilan menulis. Yupz, menulis sudah menjadi pekerjaan setiap hari oleh seorang blogger. Selain menulis tentu masih banyak lagi skill yang harus dimiliki oleh seorang blogger. Keterampilan teknologi juga perlu dimiliki oleh seorang blogger, karena menjadi blogger harus melek teknologi. Menjadi blogger juga harus bisa mengabadikan momen-momen penting dan menarik untuk dijadikan bahan tulisan kita. 

Setelah mempunyai keterampilan menulis dan keterampilan yang lainnya, ada beberapa poin yang penting banget untuk diperhatikan. Nah setidaknya ada 5 poin yang harus dimiliki oleh seorang blogger agar bisa menjadi Blogger Profesional. Kelima poin itu antara lain:
1.     Membangun Pondasi
2.     Membangun Interaksi
3.     Perbanyak Jaringan
4.     Marketing dan Portofolio
5.     Action 
Membangun Pondasi

Menjadi blogger tentu harus mempunyai pondasi yang kuat. Nah pondasi apa itu? Pondasi disini adalah blog yang kita miliki. Buatlah blog yang menarik, unik, kreatif dan sebagainya. Fokuslah terhadap kesukaan atau keterampilan yang bener-bener kita minati. Buat konten-konten tulisan yang menarik dan konten itu sedang dibutuhkan oleh masyarakat.

Membangun Interaksi

Membangun interaksi disini adalah sering-sering menanyakan kabar teman walaupun tidak sedang di acara tertentu. Selain itu juga, harus aktif membangun interaksi didalam blog. Interaksi didalam blog ini adalah saling berkunjung ke teman-teman blog kita. Jangan sampai tidak membalas komentar-komentar yang ada dalam blog kita. Rajin-rajinlah untuk blogwalking.

Perbanyak Jaringan

Jaringan sangat penting loh dalam dunia blogging. Sebenernya tidak hanya di dunia blogging saja, jaringan memang dibutuhkan oleh semua orang tidak memandang profesinya apa. Karena dengan jaringan yang banyak, maka kita akan mudah mendapatkan kesempatan atau peluang dengan mudah. Nah untuk memperbanyak jaringan, tentu bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan bertukar kartu nama.

Marketing dan Portofolio

Marketing dan Portofolio juga harus dibangun oleh seorang blogger. Bagaimana caranya? Sering-sering mengikuti lomba blog baik dalam lingkup kecil ataupun lingkup besar. Semakin sering kita mengikuti lomba blog tentu semakin banyak juga peluang kita untuk bisa menang. Nah pencapaian kemenangan itulah bisa kita jadikan sebagai portofolio kita. Buatlah brand senang dengan kita, walau kita tidak dibayar tetaplah menulis dengan ikhlas. Insyaallah suatu saat akan membuahkan hasil yang manis.

Action

Action! Jangan takut untuk terus berkarya. Lakukan kegiatan-kegiatan positif yang dapat membuat kita mandiri dan terus percaya diri. Belajar dengan hal-hal baru seperti menjadi panitia disebuah event atau kegiatan-kegiatan lainnya. Dengan demikian, maka kita akan terlatih untuk terjun langsung dalam mengkordinir sebuah acara. Jangan mudah puas dengan ilmu yang kita miliki, teruslah belajar ilmu-ilmu baru.

Nah setelah semua poin diatas terpenuhi, menjadi blogpreneur itu bukan hal yang tidak mungkin. Semuanya bisa menjadi blogpreneur. Tidak pandang mereka guru, pekerja kantoran, mahasiswa dan lain sebagainya. Yang terpenting mempunyai kemauan dan sungguh-sungguh.

Untuk sesi yang kedua kali ini akan dibawakan oleh Mbk Haya Aliya Zaki. Seperti yang dibahas diawal tadi, semuanya bisa menjadi blogpreneur. Adakah yang suka nulis tentang kesehatan? Kalau ada berarti cocok banget nih dengan pembahasan ini. 

Mbk Haya Aliya Zaki Saat Menyampaikan Materinya (Foto: Bowo Susilo)
Get Opportunities From Writing Health Content

Untuk menulis tentang kesehatan tentu tidak harus mempunyai latar belakang pendidikan kesehatan. Kalaupun mempunyai latar belakang kesehatan berarti itu adalah poin tambahan. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa banyak yang menulis tentang kesehatan walau tidak mempunyai latar belakang kesehatan. Blogger mana pun bisa saja menulis tentang kesehatan yang penting mempunyai passion dibidang ini. Nah berikut adalah berbagai cara untuk mendapatkan peluang menulis seputar kesehatan.
  • Passion
Passion tentu penting banget untuk dimiliki oleh seorang blogger yang mau menulis tentang kesehatan. Sebenernya tidak perlu muluk-muluk harus menulis tentang kesehatan sesuai dengan medis dan lain sebagainya. Mulailah dari hal yang sederhana saja. Sebagai seorang ibu tentu sudah paham betul dalam merawat anaknya. Nah dari sini bisa ditulis bagaimana cara menurunkan panas si kecil.
  • Personal Branding
Bangunlah personal branding di blog anda. Personal branding disini tentunya sangat diperlukan dalam sebuah blog, tidak hanya tentang blog kesehatan, semua blog membutuhkan personal branding. Nah untuk membangun personal branding di blog kesehatan, salah satunya dengan cara sering-sering menulis konten kesehatan di blog kita. Selain itu juga, bisa datang ke sebuah acara-acara yang membahas tentang kesehatan dan masih banyak lagi.
  • Menjadi Volunteer
Menjadi Volunteer juga bagus untuk dijadikan sebagai personal branding. Menjadi volunteer content writer disebuah website yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas pastinya. 
  • Membangun Networking
Networking sangat diperlukan dalam dunia blogging. Networking harus dibangun sejak awal dan seterusnya. Jangan hanya pas dapat job saja komunikasinya baik, setelah itu harus tetap dijaga networking nya. Membangun networking ini bisa dilakukan dengan cara mengirimkan ucapan di hari raya dan sebagainya.  

Selain itu juga yang perlu dilakukan adalah optimasi sosial media dengan baik. Kenapa optimasi sosial media sangat penting? Yupz, penting banget. Optimasi sosial media dengan baik, maka akan terbuka banyak peluang buat kita. Optimasi sosial media ini meliputi Facebook, Twitter, Instagram, Linkedin, Facebook Fanpage. Jangan pernah mengunci akun sosial media kita. Karena kalau akun sosial media kita terkunci, bagaimana brand bisa melihat kegiatan kita, apakah kita update di sosial media atau enggak. Jadi mulai sekarang yang akun sosial medianya masih terkunci, silahkan dibuka ya hehe.

Mbk Haya Aliya Zaki juga memberikan tips untuk bisa mewawancarai narasumber dengan baik. Suatu saat tentu kita membutuhkan konten-konten yang baru, nah wawancara inilah salah satu solusinya.
  • Harus sudah siap sebelum wawancara. Kita harus sudah tau, apa saja yang harus kita tanyakan saat wawancara. Jangan sampai saat wawancara, kita malah bingung mau nanya apa.
  • Pilihlah tempat yang strategis untuk dilakukan wawancara.
  • Tentukan waktu wawancara, jangan terlalu lama dan jangan terlalu cepat. Kalau kita mewawancarai narasumber dengan durasi waktu yang lama, maka akan menimbulkan kejenuhan bagi narasumber kita. Tentunya hasilnya tidak akan maksimal.
  • Temukan informasi-informasi yang lengkap, karena waktu wawancarai kemungkinan hanya sekali itu saja. Maka jangan sampai ada informasi yang ketinggalan.
Itulah ilmu yang saya dapatkan saat mengikuti acara buka puasa bersama yang diadakan oleh CNI. Tentunya saya sangat bersyukur bisa datang langsung di acara ini, banyak banget ilmu baru yang saya dapatkan di acara ini. Terimakasih banyak CNI yang sudah mengadakan acara ini. Bulan lalu saya juga sempat mengunjungi kantor CNI lo, selengkapnya disini disini ya. Tentu sudah tidak asing lagi kan dengan CNI, yaitu sebuah perusahaan yang menawarkan berbagai macam produk, mulai dari healty foodFood & BeveragesPersonal Care dan masih banyak lagi pastinya.

Nah buat anda yang ingin mendapatkan barang-barang yang dijual oleh CNI, sekarang sudah tidak repot-repot lagi untuk mendapatkannya. Cukup dengan mengunjungi geraicni.comProses belanjanya pun sangat mudah lo. Silahkan di intip ya hehe.


Salam,


~Bowo Susilo~

Jumat, 01 Juli 2016

Tips Mudik Yang Aman Dari Mobil 123

Diskusi Mudik Cerdas Bersama Mobil123.com (Foto: Bowo Susilo)
Haloo guys... Sudah pada mudik apa belum nih? Wah gak terasa udah mau lebaran aja yah hehe. Hari ini ada yang mau mudik kah? Sudah siap-siap belum? Jangan sampai ada yang ketinggalan ya, pastikan semua keperluan untuk mudik tidak tertinggal ya. Mudik tentu sudah tidak asing lagi bagi kalian, apalagi yang anak perantauan, pasti mudik menjadi langganan anak rantau hehe.

Setiap orang tentu memiliki pilihan sendiri-sendiri apabila mau mudik, entah mau bawa kendaraan sendiri atau naik angkutan umum dan lain sebagainya. H-4 lebaran, tentu ramai-ramainya kendaraan di lalu lintas untuk pulang ke kampung halaman masing-masing. Nah jangan sampai kita teledor dan tidak memahami situasi dan konsisi ketika di jalan raya. Harus tetap fokus, agar mudik kita aman dan selamat sampai kampung halaman masing-masing.

Minggu lalu saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri gathering yang diadakan oleh Mobil123.com. Acara yang diadakan pada tanggal 24 Juni 2016 berlangsung sangat meriah di Aruba Caribbean Restaurant & Bar, Blok M Jakarta Selatan. Acara ini dihadiri oleh para blogger dan media. Walau sudah sering mudik, tentu masih banyak yang harus kita pelajari dengan teliti ketika mudik. Soalnya masih banyak terjadinya kecelakaan saat mudik.

Wah ibu-ibu ini sudah siap mudik kayaknya hehe (Foto: Bowo Susilo)
Sebelum lebaran trus kumpul-kumpul dulu bareng teman-teman blogger itu rasanya sesuatu banget. Apalagi bisa diskusi bareng seputar mudik, cocok banget deh hehe. Dalam acara gathering Mobil123.com menghadirkan pembicara yang paham betul tentang tips mudik yaitu Bapak Benny Susmana dari SDC (Safety Driving Defensive Consultant). Turut hadir juga Bapak Indra Prabowo selaku Managing Editor Mobil123.com. Nah kedua pembicara ini akan berbagi dan sharing banyak hal seputar berkendara dengan aman di lalu lintas.

Tentu banyak yang mudik menggunakan mobil bersama keluarga tercinta. Nah sudah tau belum sih tips mudik aman menggunakan mobil? Seperti yang disampaikan oleh Bapak Benny Susmana, sebelum mudik tentu harus memperhatikan semua hal-hal yang mendukung untuk dibawa mudik. Nah agar mudik berjalan lancar dan aman sampai tujuan, hal-hal inilah yang harus diperhatikan:
  • Cek terlebih dahulu kendaraan anda
Saat mudik, hal inilah yang bener-bener vital. Jangan sampai ketika mudik, kendaraan dalam keadaan tidak bagus. Cek lah terlebih dahulu kendaraan anda mulai dari ban. Ban ini harus bener-bener diperhatikan, karena kalau terjadi kerusakan sedikit saja, maka akan menjadi vital. Anda bisa langsung mengecek terlebih dahulu bagian permukaan ban yang sudah mulai gundul. Nah kalau ban dalam kondisi sudah gundul, itu artinya ban tersebut harus cepat diganti. Apalagi kalau anda akan melakukan perjalanan jauh.

Pelek mobil juga harus diperhatikan lho. Pastikan pelek mobil dalam keadaan bagus, jangan sampai ada yang peang bagian bibir pelek. Kalau sekiranya sudah tidak layak pakai, mendingan cepet-cepet diganti aja, dari pada ditengah jalan bermasalah, tambah ribet nanti.
  • Jaga kesehatan
Dalam berkendara tentu membutuhkan stamina yang bagus, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi kalau memilih mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sebelum mudik, istirahat yang cukup, jangan begadang, jangan beraktivitas yang berat-berat, pokoknya istirahat dengan baik agar keesokan harinya saat mudik badan sudah prima.

  • Bawa barang seperlunya saja
Ketika mudik, pasti barang bawaan terkadang menjadi kendala. Banyak bawaan tentu akan menjadi kendala saat mudik. Jangan sampai membawa barang bawaan yang tidak terlalu penting. Bawalah barang bawaan seperlunya saja. Apabila kendaraan anda membawa beban yang banyak dan berlebih, maka bisa jadi mobil juga tidak stabil.
  • Buatlah suasana senyaman mungkin
Buatlah suasana senyaman mungkin. Tentunya saat berkendara banyak banget halangan atau godaan saat ditengah jalan. Membuat suasana nyaman tentu banyak caranya, diantaranya putarlah musik, siapkan cemilan untuk dijalan, ngobrol asyik, jangan mudah emosi dan masih banyak lagi. Saat berkendara jangan sampai anda grusa-grusu. Pengen cepet sampai rumah, tapi keselamatan juga harus diperhatikan.
  • Saling kerjasama
Kerjasama saat mudik ternyata sangat penting loh. Kerjasama bukan hanya saat dikantor saja, tetapi saat mudik juga perlu sinergi. Apabila anda mudik dengan keluarga dalam semobil, tentu harus saling membantu satu sama lain. Misal suami yang nyetir mobil, maka istri berperan sebagai navigator. Menjadi navigator atau pendamping itu sangat diperlukan, karena saat berkendara juga membutuhkan perhatian yang khusus. Menjadi navigator yaitu membantu mencari rute yang tidak macet atau jalan pintas. Membantu suami kalau butuh sesuatu seperti minum, makan dan lai sebagainya. Menjadi navigator harus peka dan saling mengingatkan agar tetap konsentrasi selama perjalanan.
  • Efektivitas
Nah efektivitas ini juga harus diperhatikan saat mudik. Jangan sampai hanya gara-gara penataan barang-barang yang kurang rapih, menyebabkan kendala saat berkendara. Tentu anda sering melihat orang mudik dengan barang bawaan yang sangat banyak, yang ditata diatas mobil sampai tingi dan berlebihan. Nah itu tuh yang berbahaya. Jangan sampai bawa barang berlebihan, bawalah secukupnya saja dan disusun dengan rapi.

Mudik Cerdas Bersama mobil123.com (Foto: Bowo Susilo)
Semoga informasi ini bisa membantu anda dalam melakukan perjalanan mudik. Terimakasih banyak mobil123.com atas ilmunya. Sampai bertemu di kegiatan selanjutnya :)

Selamat mudik ya :)

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin :)


Salam,



~ Bowo Susilo ~


Lebih Dekat Dengan Transjakarta di PRJ Kemayoran


Foto bersama di booth Transjakarta (Foto: Bowo Susilo)
Ada yang suka naik Transjakarta? Kalau kalian suka naik Transjakarta, berarti kita sama hehe. Aku juga pengguna setia Transjakarta hehe. Nah pada kesempatan ini, aku akan berbagi cerita seputar Transjakarta, karena minggu lalu aku habis kumpul-kumpul lho dengan Transjakarta dan beberapa komunitas pengguna Transjakarta. 

Sabtu, 25 Juni 2016 aku mendapatkan kesempatan untuk menghadiri gathering dan buka puasa bersama yang bertempat di area Pekan Raya Jakarta, JIEXPO di Kemayoran. Wah pasti seru ya? Ngapain aja disana? Yup, pasti seru banget, karena aku bisa langsung bertemu dengan pihak manajemen Transjakarta dan beberapa komunitas-komunitas pengguna Transjakarta. Minggu lalu, aku gak sendirian lho menghadiri undangan gathering itu. Tentunya banyak banget temennya hehe, salah satunya adalah bersama teman-teman komunitas TDB hehe.

Saya dan teman-teman TDB berangkat rame-rame dari halte Monas dengan menggunakan Transjakarta menuju Kemayoran. Dengan seragam #BERANIBERUBAH yang kompak, membuat orang bertanya-tanya dikira aku dan teman-teman TDB petugas Transjakarta haha. Soalnya pernah ditanyain sama penumpang lain hehe. Sampai di Halte Kemayoran, langsung disambut oleh panitia dari Transjakarta yang sudah menunggu untuk memberikan tiket masuk PRJ. Yeyeye masuk PRJ gratis deh. Setelah mendapatkan tiket masuk, aku dan teman-teman langsung caw deh ke PRJ. 

Sampai di gerbang utama PRJ, wah wah ternyata rame bingit loh guys. Yuhuhuhu seneng banget deh, karena pas banget loh acara di PRJ itu bertepatan dengan malam minggu hehe. Sekalian malam mingguan dong pastinya hehe. Aku dan teman-teman langsung menuju Hall C, yaitu booth Transjakarta yang ada di PRJ Kemayoran. Selama perjalanan, rasanya pengen mampir ke semua booth yang ramai dikunjungi oleh pengunjung. Karena banyak banget penawaran menarik loh di PRJ kemarin.

Yaudah deh tahan dulu aja, kan harus kumpul dulu di booth Transjakarta pukul 17.00, nanti malah telat kan berabe urusannya hehe. Tapi sebelum kumpul di booth Transjakarta, aku dan Mas Tauhid dan beberapa teman lain menuju musholla untuk shalat ashar terlebih dahulu. Setelah shalat ashar, baru deh menuju Hall C. Sampai di booth Transjakarta, aku dan teman-teman langsung registrasi ulang. Setelah registrasi, langsung deh jalan-jalan ke booth yang ada di Hall C sambil menunggu teman-teman yang lain datang.

Booth Transjakarta di PRJ Kemayoran (Foto: Bowo Susilo)
Transjakarta #BERANIBERUBAH (Foto: Bowo Susilo)
Ternyata banget lho booth yang ada di Hall C, gak hanya booth Transjakarta aja, tetapi banyak booth transportasi lain seperti MRT dan sebagainya. Selain itu juga, aku sempat jalan-jalan ke booth lain, ternyata ada booth IKM dari perwakilan-perwakilan daerah, ya walaupun gak semua daerah di Indonesia. Lumayan banyak sih, mulai dari Yogyakarta, Bangka Belitung, Palembang dan masih banyak lagi.

Waktu magrib hampir tiba, aku langsung menuju ruangan yang sudah disediakan oleh panitia Transjakarta untuk sharing dan buka puasa bersama. Sambil menunggu buka puasa tiba, kami memanfaatkan waktu yang ada untuk berdiskusi dan saling sapa agar lebih akrab dengan teman-teman hehe. Karena banyak orang bilang bahwa networking itu penting. Yupz, aku setuju banget dengan kata itu. Karena aku sudah membuktikannya sendiri.

Waktu buka puasa tiba, kami langsung menikmati hidangan buka puasa yang sudah disediakan. Setelah buka puasa, aku langsung menuju musholla yang ada di sekitar booth untuk menunaikan ibadah shalat magrib. Nah setelah shalat, inilah acara yang kita tunggu-tunggu, yaitu diskusi dan sharing seputar Transjakarta bersama tim manajemen Transjakarta dan beberapa komunitas yang ada disana. 

Dalam acara diskusi dan sharing kali ini dihadiri langsung oleh Bapak Prasetya Budi Selaku Kepala Humas dan Komunikasi Transjakarta. Dalam sambutannya, beliau mengatakan acara silaturahmi dengan komunitas-komunitas Transjakarta seperti ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu, dan ini merupakan yang kesekian kalinya, dan selamat buat TDB yang baru mengikuti gathering ini. Selain TDB, juga hadir dari Komunitas Suara Transjakarta (STJ), Komunitas Bis Mania dan beberapa komunitas yang lainnya. Selain Pak Prasetya, juga hadir Bapak David Tjahjana Selaku Dewan Transportasi Transjakarta

Pak David, Pak Prasetya dan Pak Sobari saat acara diskusi dan sharing (Foto: Bowo Susilo)
Kami pun sangat antusias dalam acara diskusi dan sharing kali ini, karena bisa menyampaikan pesan-pesan dan memberikan masukan demi kebaikan Transjakarta pastinya. Mulai dari pelayanan Transjakarta, Fasilitas Transjakarta dan masih banyak lagi. Sekarang ini pihak manajemen Transjakarta sedang melakukan perbaikan terus menerus demi memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya. Mulai dari pengadaan bus baru, memperbaiki pelayanan kinerja pegawainya dan sebagainya.

Aku menilai sudah banyak perbaikan dari Transjakarta yang sudah dilakukan selama ini. Mulai dari penambahan bus baru. Seperti yang aku alami sekarang, saat aku pulang dari Harmoni ke Pulo gadung, bulan lau bus nya masih yang jelek-jelek warna abu-abu, nah sekarang alhamdllah bus nya sudah bagus-bagus yang arah Pulo gadung. Trus pelayanannya juga makin kreatif seperti penambahan alat bantu bagi pegawainya seperti papan kayu yang ada tulisan jurusan mau kemana kita pergi. Tentunya masih banyak lagi yang sudah diperbaiki oleh manajemen Transjakarta.

Kelompok rame nih hehe (Foto: Bowo Susilo)
Namun semua itu tentu belumlah cukup, karena masih banyak yang harus diperbaiki oleh pihak manajemen Transjakarta. Banyak dari teman-teman TDB yang ikut andil dalam menyampaikan saran-sarannya demi kemajuan Transjakarta kedepannya. Saran-saran itu diantaranya seperti perbaikan fasilitas yang ada di sekitar halte contohnya kipas angin. Kipas angin banyak yang tidak jalan, entah itu rusak atau sengaja gak di hidupkan. Kalau rusak ya segera diperbaiki, kalau gak rusak seharusnya dinyalakan agar penumpang tidak kepanasan saat menunggu busway tiba.

Kurangnya attitude pegawai Transjakarta. Hal ini disampaikan langsung oleh teman-teman TDB yang pernah mengalami kejadiannya. Banyak petugas di halte yang melayani publik, suka emosi dalam penyampaian pesan kepada para pengguna Transjakarta. Hal ini harus segera diperbaiki oleh pihak manajemen Transjakarta.

Nah kalau ada saran buat Transjakarta, boleh loh sampaikan langsung ke humas Transjakarta atau langsung aja komentar dibawah ini.

Semua saran dari teman-teman tentu akan menjadi bahan pertimbangan oleh pihak manajemen Transjakarta, demi kemajuan Transjakarta untuk lebih baik lagi pastinya. Terimakasih banyak atas kesempatan yang diberikan kepada komunitas TDB untuk ikut acara gathering di PRJ Kemayoran. Semoga bisa terus bersinergi untuk kemajuan Transjakarta yang lebih baik lagi.  

Salam,



~ Bowo Susilo ~





 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT