BREAKING

Sabtu, 03 Oktober 2015

70 Tahun Aksi Kemanusiaan ICRC Bersama Indonesia



Logo ICRC

Siapa sih yang belum tau organisasi ICRC ??? sebagai warga Indonesia tentu kita harus mengetahui organisasi ini yang menurut saya sangat penting keberadaannya di Indonesia. Bicara soal organisasi ICRC tentunya sangat menarik bagi kita semua dan pastinya kita harus tau apa itu ICRC ? ngapain aja sih ICRC itu? 

Henry Dunant
Komite Internasional Palang Merah (ICRC) adalah lembaga kemanusiaan swasta yang memiliki kantor pusat di Jenewa, Swiss. Komite Internasional Palang Merah(ICRC) didirikan oleh Henry Dunant pada tahun 1863 sebagai organisasi kemanusiaan yang netral, tidak memihak, mandiri. ICRC mendapat mandat dari masyarakat internasional untuk melindungi dan memberi bantuan kepada orang-orang yang terkena dampak konflik bersenjata dan atau situasi kekerasan lainnya. ICRC juga memiliki mandat untuk mempromosikan dan mengembangkan hukum Humaniter Internasional (hukum konflik bersenjata).

Berbicara tentang hukum humaniter Islam maka kita semua juga tidak akan lepas dari suatu pembicaraan mengenai baginda Muhammad SAW, sang pembawa kabar gembira, hakim yang adil dan panglima perang yang sangat bijaksana. Dalam sejarah peperangan pada zaman Rasulullah dulu, peperangan bukanlah menjadi misi utama dalam peradaban agama Islam, karena Islam adalah cinta damai. Pada dasarnya perang pada zaman Rasulullah hanyalah jalan keluar terakhir apabila jalur diplomasi tidak berhasil. Perang pada zaman Rasulullah dulu bisa terjadi apabila pihak musuh terlebih dahulu mengusik kaum muslimin dan semua itu didasarkan pada surah Al-Baqarah (2) ayat 190 yang artinya : “Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kalian, tetapi jangan melampui batas. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang melampui batas.” 

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa prinsip-prinsip hukum humaniter Islam terdiri dari melindungi anak-anak dan wanita, menghargai manusia, dilarang berbuat kerusakan, menjunjung tinggi perjanjian dan menawarkan keamanan meski pada mereka yang berada diluar kepercayaan Islam.

Bantuan Kemanusiaan
ICRC ini merupakan organisasi tertua dan dihormati dalam Gerakan, dan merupakan salah satu organisasi yang paling banyak diakui di seluruh dunia. Salah satu contoh pengakuan dunia, ICRC telah tiga kali menerima Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1917, 1944, dan 1963. ICRC adalah salah satu dari tiga komponen dan sekaligus cikal bakal “Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional”. Selain ICRC, juga ada komponen Gerakan, salah satunya adalah Perhimpunan Nasional. Nah Perhimpunan Nasional yang ada di Indonesia bernama Palang Merah Indonesia (PMI).

Logo PMI
Tentunya sudah tidak asing lagi ya kalau ngomongin organisasi PMI, karena organisasi ini merupakan organisasi yang cukup terkenal dan disetiap sekolah-sekolah organisasi ini banyak diminati oleh siswa-siswa, alhamdllah saya dulu waktu SMA juga termasuk yang bergabung dalam organisasi ini. Organisasi ini kalau disekolah namanya Palang Merah Remaja (PMR). Menurut saya organisasi PMR yang ada disekolah ini memberikan manfaat yang sangat banyak, yaitu kita diajari bagaimana cara menghargai orang lain, menolong orang lain, peduli dengan lingkungan dan masih banyak lagi pastinya.

Pengalaman saya selama mengikuti organisasi PMR sewaktu sekolah di SMA tentunya banyak sekali yaitu saya masih ingat sekali kegiatan-kegiatan yang sering dilakukan oleh PMR sewaktu SMA dulu adalah sering mengadakan penggalangan dana untuk korban tsunami, banjir dan lain sebagainya. Yang pasti kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh organisasi ini adalah bisa memberikan bantuan kepada orang lain yang membutuhkan.

Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan organisasi netral dan independen yang melakukan kegiatannya untuk kemanusiaan. PMI lahir pada tanggal 17 September 1945, PMI memiliki mandat utama untuk membantu meringankan beban penderitaan masyarakat dalam merespon bencana dan memberikan pertolongan pertama. Kegiatan-kegiatan yang sering dilakukan oleh PMI ini diantaranya bantuan bencana, pelayanan sosial dan kesehatan masyarakat, donor darah, manajemen relawan dan Palang Merah Remaja (PMR), pengembangan organisasi dan masih banyak lagi pastinya.

Diskusi bersama Melani (pembicara dari ICRC) dan Blogger
Kebetulan juga kemaren saya mendapat undangan dari PMI untuk menghadiri pameran sejarah ICRC dan PMI #70thICRCid yang bertempat di Museum Nasional. Dalam acara tersebut saya banyak banget mendapatkan ilmu tentang organisasi ICRC dan PMI. Karena dalam acara tersebut telah dihadiri oleh Melani (pembicara dari ICRC) yang menjelaskan secara gamblang seputar ICRC dan apa aja kegiatan yang dilakukan ICRC.
Markas besar PMI dulu

Ketua umum PMI 1945-2015
Siapa sih ketua dari PMI pertama kali didirikan ? tentunya temen-temen sudah tau lah ya, yang memimpin berdirinya PMI adalah Drs. Mohammad Hatta mulai tahun 1945 s.d 1946. Orang no 2 di Indonesia inilah yang telah memimpin berdirinya PMI di Indonesia pada era pemerintahan Soekarno. Hingga PMI bisa berkembang sampai saat ini dengan pesat yaitu PMI berada diseluruh Indonesia, di 33 Provinsi dan 444 markas di tingkat Kabupaten/Kotamadya dengan 1.438.387 relawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Mulai tahun 2009 PMI dipimpin oleh orang no 2 di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono yaitu Bapak H.M. Jusuf Kalla sampai sekarang.

H.M. Jusuf Kalla
Contoh kegiatan dari PMI ini dalam hal kemanusiaan antara lain mengumpulkan darah-darah bersih untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan. Selain disekolah-disekolah, organisasi PMI ini juga ada dikampus saya lho, organisasi ini namanya KSR, dan kebetulan pada tanggal 6 Oktober 2015 akan mengadakan “DONOR DARAH” di Kampus Politeknik STMI Jakarta. Nah kegiatan inilah yang sering dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa yang bekerjasama langsung dengan PMI Jakarta. Semoga darah yang sudah kita kumpulkan dapat berguna bagi yang membutuhkannya.

Memulihkan hubungan keluarga
 
Kunjungan tahanan
Salah satu Misi dari ICRC itu sendiri adalah :

  1. Memberikan perlindungan dan bantuan bagi para korban sipil dan militer dalam konflik bersenjata dan kekerasan yang terjadi di dalam negeri.
  2. Organisasi ini sifatnya tidak berpihak yaitu netral.
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan ICRC adalah diantaranya :
  1. Bantuan kemanusiaan
  2. Memulihkan hubungan keluarga
  3. Kunjungan tahanan
  4. Diseminasi
  5. Melakukan kerjasama dengan perhimpunan nasional 
Tujuh prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah :
  1. Kemanusiaan (Humanity)
  2.  Kesamaan (Impartiality)
  3.  Kenetralan (Neutrality)
  4.  Kemandirian (Independency)
  5.   Kesukarelaan (Voluntary Service)
  6.  Kesatuan (Unity)
  7.  Kesemestaan (Universality)

Diseminasi

70 tahun sudah ICRC menemani Indonesia, semoga jaya terus ICRC tetep menjadi pelopor penyelamat Bangsa ...:) 
#70thICRCid
Berkunjung saat pameran PMI ke 70 di Museum Nasional
 
Patung pameran PMI ke 70 di Museum Nasional
Sumber Gambar : Dokumen Pribadi dan Website PMI serta Website ICRC
Untuk informasi lebih lanjut, bisa kunjungi :

Jl. Iskandarsyah I/14, Kebayoran Baru, Jaksel (Samping STIK-PTIK)
Website : www.icrc.org
Telepon : +62217207252
Fax : +62217399512
Twitter : @icrc_jakarta

About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

80 komentar:

  1. Wihhh lengkap nih, semangat terus ya buat menyebarkan kebaikan PMI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mbk Hermini... Pasti Mbk, ayoooo semangat untuk saling membantu orang lain... Semoga PMI selalu menjadi pelopor penyelamat Bangsa...:)

      Hapus
  2. ICRC dan PMI adalah 2 badan sosial kemasyarakat yang telah ada sejak 70 tahun. Membantu sesama manusia tanpa membedakan SARA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mas...organisasi ICRC dan PMI adalah organisasi yang netral dan tidak memihak... patut diberikan apresiasi yang setinggi-tingginya organisasi ini ya mas... semoga jaya terus ICRC dan PMI :)

      Hapus
  3. Saya pernah jd bagian dr ini 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren Mas Bai... menurut Mas Bai gimana sih organisasi ICRC dan PMI ini? boleh cerita pengalamannya Mas ?

      Hapus
  4. Keren!!!🙌
    manfaat kontribusi ICRC trhdp seluruh negeri ini semoga semakin JAYA❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... Semoga makin jaya ya ICRC di negeri ini...

      Terimakasih sudah berkunjung... :)

      Hapus
  5. Waktu SMA aku ekskulnya milih PMR dibanding yang lain. Ingat banget keliling2 untuk penggalangan dana PMI. Misi sosialnya aku suka banget, sayang sampe sekarang untuk donor darah aku masih blm bisa. Darah rendah terus penyakitnya, jadi ga bisa. Semoga ICRC makin jaya dan berperan terus dalam aksi sosial.

    BalasHapus
  6. Waktu SMA aku ekskulnya milih PMR dibanding yang lain. Ingat banget keliling2 untuk penggalangan dana PMI. Misi sosialnya aku suka banget, sayang sampe sekarang untuk donor darah aku masih blm bisa. Darah rendah terus penyakitnya, jadi ga bisa. Semoga ICRC makin jaya dan berperan terus dalam aksi sosial.

    BalasHapus
  7. Waktu SMA aku ekskulnya milih PMR dibanding yang lain. Ingat banget keliling2 untuk penggalangan dana PMI. Misi sosialnya aku suka banget, sayang sampe sekarang untuk donor darah aku masih blm bisa. Darah rendah terus penyakitnya, jadi ga bisa. Semoga ICRC makin jaya dan berperan terus dalam aksi sosial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren nih mbk diah... Berarti kita sama mbk dulunya ikut PMR hihi.. Bedanya sekarang saya udah pernah donor darah, mbk diah blm hehe.. Semoga tar bisa donor ya mbk...
      Seneng ya mbk diah kalau bisa sedikit meringankan beban orang lain...
      Semoga jaya terus organisasi ICRC :)

      Hapus
  8. Jadi pengen donor darah rutin.. Cuma belum tahu kapan.. Semoga bisa segera memulainya.. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo mas donor darah... Selain menyehatkan diri kita, bisa membantu orang lain juga...
      Sipppp...

      Hapus
  9. ICRC membantu tanpa membedakan SARA itu baru namanya kemanusiaan, jadi pengen donor darah mumpung di kampus ada kegiatan donor darah besok #PoliteknikSTMI Jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas... ICRC memang organisasi yang netral...
      Wah kesempatan banget tuh mas untuk bisa berbagi :)

      Hapus
  10. Balasan
    1. Thanks...Ayooo kita selalu peduli sesama bro... Ikut donor darah ya kalau ada donor darah, selain menyehatkan kita, kita bisa membantu org lain...

      Hapus
  11. tahun kemaren saya sempat ikut yang acara donor darah pak dahlan iskan
    kalo tahun ini kebetulan absen pas bentrok kerja
    artikelnya inspiratif banget, lengkap euy :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren banget mas Huda... Semoga kita bisa selalu berbagi dengan orang lain ya mas...
      Semoga selanjutnya bisa donor lagi ya mas...

      Kalau dikampus saya setiap 3 bulan sekali mengadakan donor darah mas yg di kordinir okeh UKM KSR Kampus yang bekerjasama dengan PMI Jakarta...

      Besok tanggal 6 ada acara Donor Darah di kampus saya mas.. Insyaallah ikut mas, biar bisa berbagi dengan orang lain...
      Jayalah jaya ICRC Indonesia..

      Terimakasih ya mas sudah berkunjung:)

      Hapus
  12. Empaat jempol deh, buat bowo susilo similikiti,, 👍👍👍👍 kalo baca artikel gini jadi keinget pas lomba pMR..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdllh thank you buk... Iya kah buk,???
      berbagi pengalaman dong bagaimana dulu mengikuti organisasi PMR ???

      Hapus
    2. Menurut ku yg paling sulit di pmr itu regu PP (pertolongan pertama) karna dulu aku diregu itu jdi nenurutku paling sulit, tapi kekompakannya berasa banget. Kerja samanya juga kesigapanya patut diacungi jempol, disitu kita dituntut harus cepat, tepat, dan tanggap. Apa lagi kalau sikorbanya ngalamin luka yg ribett, duhh itu bener bener butuh kerjasama ekstra. Dulu pas lomba, aku jadi korban/pasien.
      Pasien yang bangkit dari tandu dan jalan sendiri nyari petuk arah karena nyasar :D dan keluar jauh dari jalur.
      Itu bener bener wah..
      Tapi untungnya bisa balik ke perlombaan, walaupun dalam keadaan sipasien jalan bukan diatas tandu. :D

      Hapus
    3. Itulah PMR buk... Menjadi anggota PMR itu kita memang harus cepat, sigap dan tangkas... Kenapa??? Ya segala sesuatu memang harus dilakukan dengan penuh semangat totalitasnya...

      Karena tujuan utama kita memang untuk memberikan bantuan pada mereka yang membutuhkannya...

      Trus akhirnya gimana buk, menang apa kalah lombanya?? Hehe

      Hapus
  13. haduhhhh malu saya, seumur hidup belum pernah donor darah, takut jarum suntik, gimana bisa bergabung dengan PMI kalo begini, dulu waktu SMP pernah jadi anggota PMR padahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah alhamdllah kebanyakan kita dulu memang banyak yg bergabung di organisasi PMR ya mbk waktu sekolah...

      Jangan takut mbk Evrina... Gak sakit lho mbk... Yang bikin kita gak brani donor darah itu??? Kita selalu membayangkan jarumnya hehe

      Pasti kita kalau bayangin jarumnya jd takut *haha pengalaman Mbk*

      Dulu aku juga gitu mbk, tapi sekarang udah berani hehe...

      Hapus
  14. Balasan
    1. Hidup !!!
      Ayoooo selalu dukung kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh ICRC dan PMI...
      Semoga ICRC dan PMI selalu jaya !

      Hapus
  15. Tulisannya ciamik dan memberi motivasi untuk saya melakukan donor darah.. Maju terus PMI..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih :) hehe... ayooo donor darah.. selain menyehatkan kita, juga bisa membantu orang lain pastinya...:)
      kebetulan besok kampus saya ngadain donor darah ni...:)
      Salam :)

      Hapus
  16. Saya seperti di bawa ke masa muda
    Mengingatkan masa² sekolah, betapa mulia tujuan kegiatan ekstra kurikuler ini sayang sekarang tidak begitu menarik minat ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ayoo kembali ke masa muda ... :) selalu semangat membantu orang lain..:)
      lho kenapa ? harus tetep semangat :)

      Hapus
  17. jadi keingetan buat donor darah ....baru tahu juga lho sejarahnya PMI dan udah 70 tahun usianya , smg makin menjadi organisasi besar dan solid untuk kemanusiaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdllh kalau inget mbk rina hehe... Semoga tetep semangat donor darah ya mbk selagi bisa he... Iya kah mbk?? Alhmdllh dengan berkunjung ke artikel ini jadi tau ya mbk :) Semoga selalu jaya ya mbk... Aminnnn...
      Terimakasih banyak sudah membaca artikel ini mbk.. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi - informasi yang bermanfaat terkait ICRC dan PMI ... Aminnn

      Hapus
  18. wahh bikin liputan juga ya tentang PMI dan ICRC...jadi bernostalgia nih aku...5 tahun kerja di Palang Merah Indonesia pusat...sewaktu ketumnya Pak Marie Muhammad. ICRC bersinergi banget bersama PMI mengatasi ,masalah kemanusiaan kepalangmerahan yang berhubungan dengan kebencanaan, perang, dsb..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk Kartina Ika Sari alhamdllah seneng banget bisa menulis artikel tentang ICRC dan PMI ini :) .. hehe iya kah mbk ika ??? Wah ternyata mbk pernah bekerja di Palang Merah Indonesia Pusat ya.. Subhanallah..

      Iya mbk bener banget, ICRC dan PMI selalu bersinergi bersama untuk memberikan pelayanannya yang terbaik untuk masyarakat ... Insyaallah semua yang dilakukan oleh organisasi ini selalu memberikan yang terbaik bagi yang membutuhkannya... Aminnnn

      Hapus
  19. Subhanallah keren banget mas bowo. Jadi nambah wawasan. Buat PMI semoga tetap mengemban amanah dan melayani serta mengabdi di bumi pertiwi ini. Terus buat ICRC juga tetap menjembatani di kancah internasional untuk peduli kemanusiaan dan sosial. Selamat buat ICRC yang ke 70.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mas Memeng sudah berkunjung ... Alhamdllh semoga artikel ini bisa memberikan wawasan seputar kegiatan ICRC dan PMI bagi masyarakat tanah air ya mas...

      Pasti mas... Kita selalu doakan yang terbaik untuk organisasi kemanusiaan ini, semoga tetap jaya...Amin...

      Semoga tetap totalitas dan loyalitas ICRC untuk menjadi wadah organisasi internasional di bumi ini... Aminnnn...

      Good Luck for ICRC and PMI !!!

      Hapus
    2. Sama-sama mas bowo...
      jadi keinget waktu SMA dulu nih mas bowo, ikut PMR itu rasanya happy banget... karena bisa berkumpul sama temen-temen dan bisa membantu sesama :)

      salam kemanusiaan !!!

      Hapus
    3. Iya mas memeng bener banget... Selain nambah teman, dengan ikut organisasi PMR waktu SMA kita juga bisa belajar untuk saling menolong sesama mas...

      Semoga kita termasuk orang-orang yang peka terhadap lingkungan mas, saling membantu :) amin...

      Salam :)

      Hapus
  20. Sebuah artikel yang menginspirasi saya untuk lebih membina hubungan kemanusiaan dengan orang lain. Postingan yang menarik buat ane dan Salam Kemanusiaan !!

    #ShadowGuard

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas zaini... Hubungan kemanusiaan memang sangat penting di negeri ini... Semoga tetap terjalin hubungan yang baik untuk negeri ini...Aminnnn...

      Salam kemanusiaan !!!

      #70thICRCid

      Hapus
  21. ICRC dan PMI memang organisasi kemanusian yang sangat luar biasa... Artikelnya keren Bowo :)

    BalasHapus
  22. Iya Mas Imawan... Setuju banget mas. Organisasi ICRC dan PMI memang organisasi kemanusiaan yang netral, tidak memihak. Yang tujuannya untuk membantu masyarakat di tanah air seperti kebencanaan perang, bantuan kemanusiaan dan lain sebagainya...

    Semoga ICRC dan PMI selalu jaya di negeri ini ya Mas... Aminnn...

    Terimakasih Mas :)
    Salam :)

    BalasHapus
  23. keren gan, info nya bermamfaat gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak ya gan :) syukurlah bisa memberikan manfaat kepada orang lain...

      semoga ICRC dan PMI selalu jaya di bumi pertiwi ini ... Amin :)

      Hapus
  24. Jadi tau, dulu ikutan organisasi PMI krn terpaksa. :( Jadi ga tau deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdllah ya sekarang udah tau hehe ... hahaha masih labil ya waktu kecil.. suka ikut-ikitan...
      yaudah sekarang udah tau, mari kita sama-sama saling berbagi ya, misal ikut donor darah dan lain sebagainya :)

      Hapus
  25. Artikelnya bermanfaat bang bowo..jadi tambah pengetahuan khususnya dibidang organisasi kemanusiaan.semoga bermanfaat juga buat yang lainya..

    best regard !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdllah terimakasih banyak mas Agus :)
      Iya mas agus, semoga organisasi kemanusiaan ini selalu memberikan manfaat bagi semuanya ... Aminnnnn... :)

      Salam :)

      Hapus
  26. artikelnya bermanfaat bgt bang bowo jadi lebih tambah tau pengetahuan tentang PMInya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih ya mas Alan sudah berkunjung di artikel ini ...
      Semoga bisa memberikan informasi kepada semua yang membutuhkannya ya :)

      Salam :)

      Hapus
  27. Semoga PMI bisa terus menebar manfaat untuk bangsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin yarobbal alamin...
      Terimakasih banyak sudah berkunjung mbk kania :)

      Mari kita doakan dan selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang di canangkan oleh PMI :)

      Semoga PMI jaya di bumi pertiwi ini ... Aminnn

      Hapus
  28. artikel keren gan..
    nambah ilmu buat orang awam tentang sejarah PMI, apalagi ICRC..
    semogo makin banyak masyarakat yang peduli ttng kemanusian..
    sukses PMI dan ICRC..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih gan :)
      Alhamdllah bisa bermanfaat bagi orang lain...

      Sip gan, semoga aksi-aksi kemanusiaan terus berkelanjutan ... Aminnn...

      Hidup PMI dan ICRC !

      Hapus
  29. tulisannya luar biasa.. sangat memberi motivasi dan pemikiran yang luas.. tulisannya terkupas dan terinci dengan tuntasss... mantap deh... di tunggu tulisan-tulisan berikutnya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdllah :) rasanya seneng banget Mbk Lilis kalau bisa berbagi itu...

      Insyaallah ya mbk Lilis :)
      Salam :)

      Hapus
  30. Artikel nya sangat bagus mas bowo, sangat bermamfaat dan memberi mamfaat dan menambah pengetahuan.. semoga bisa terus memberikan ilmu buat yang lain yah mas bowo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas ibnu... Amin ... Semoga bisa bermanfaat bagi orang banyak mas...

      Oke mas ibnu, doain ya mas... Sama2 mendoakan kita mas...
      Ayoo semangat belajar terus !

      Hapus
  31. keren banget artikelnyaa,
    jadi keinget dulu pernah ikutan PMR, hhee :D
    semogaa artikel ini bisa dibaca sama anak sekolaha jaman sekarang dan memotivasi mereka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak ya ...
      Wah ternyata kita sama nih alumni PMR waktu sekolah hehe...

      Iya semoga banyak temen2 yang membacanya dan bisa memberikan manfaat artikel ini bagi mereka... Aminn...

      Hapus
  32. Wah keren yah kegiatan ICRC selain bantuan kemanusiaan ada kegiatan pemulihan hubungan kemanusiaan nya. Selain sifatnya yang netral ICRC juga bisa jadi diplomat yang baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas kikidap bener banget.... Kegiatan2 ICRC memang selalu memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkannya...

      Memulihkan hubungan keluarga juga termasuk kegiatan ICRC..
      Setuju mas kikidap, ICRC memang organisasi yg netral..

      Sip mas kikidap...
      Salam kemanusiaann !

      Hapus
  33. Wah keren nih artikelnya... Semoga bisa terus membantu orang lain ICRC dan PMI..
    Ditunggu artikel keren selanjutnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak ya Mas ... :)
      Aminnn... mari sama-sama kita doakan semoga ICRC dan PMI selalu jaya di Bumi ini ... :)

      oke mas tunggu artikel saya selanjutnya ya mas ...

      Hapus
  34. semoga melalui artikel ini bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi yang membacanya . Maju terus PMI !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip Mbk Nurul ... :)
      semoga masyarakat semakin paham dengan adanya artikel ini mengenai kegiatan-kegiatan ICRC dan PMI ... Aminnn..

      Maju terus PMI !!!

      Hapus
  35. Keren infonya bisa tau tentang pmi
    Kalau bisa info buat donor darah dimana ya mau donor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas Harry...
      di Kampus mas sering ngadain donor darah...
      kemaren kebetulan kampus Politeknik STMI Jakarta baru aja ngadain donor darah ?

      Hapus
  36. Asslmkum wr.wb

    Saya tertarik bget nih kak baca artikel ini, soalnya saya seneng banget dulu waktu ikut PMR. Semoga PMI makin jaya ya kak. Saya tunggu artikel kakak selanjutnya.

    Wasalamuaikum wr.wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam.wr.wb.. alhamdllah, makasih ya sudah baca artikel kakak... emang seru ya kalau ikut organisasi itu.. aminnnnn semoga PMI selalu jaya..

      Hapus
  37. Wah mantaf ini artikelnya mas.. mengingatkan saya waktu ikut PMR dulu hehe. Maju terus pmi

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya gan.. wah dulu ikut PMR juga ya waktu sekolah.. amin... semoga PMI Jaya selalu !!!

      Hapus
  38. Keren coy artikelnya ... sukses buat kita semua... jaya sllu PMI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih ya :)

      Salam Kemanusiaan :)

      Hapus
  39. Bermanfaat mas tulisannya... thanks informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas wahyu :)

      salam kemanusiaan :)

      Hapus
  40. Setelah membaca artikel ini jd inget nih masa lalu nih waktu ikut PMR waktu SMA. Semoga semakin jaya PMI indonesia !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ikut PMR juga ya dulu waktu sekolah SMA... itulah masa-masa indahnya ikut organisasi mas... banyak ilmu yang didapat..

      semoga PMI jaya selalu :)
      Amin

      Hapus

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT