Belakang Padang Selalu Antisipasi HIV/AIDS

By Bowo Susilo - 11:48


Foto Tampak Depan Puskesmas Belakang Padang (Dokumen Pribadi)
HIV/AIDS adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh kita. Bahaya gak sih jika terkena HIV/AIDS? Jawabannya tentu berbahaya pastinya. Virus ini dapat melemahkan kemampuan tubuh kita dalam melawan infeksi atau penyakit. Nah pada kesempatan ini Kemenkes RI mengajak media dan blogger untuk melakukan kunjungan tematik yang bertempat di Belakang Padang tepatnya di Pulau Penawar Rindu, Kota Batam.

Kecamatan Belakang Padang adalah salah satu tempat yang ditempati oleh Tim Nusantara Sehat bertugas. Kenapa Tim Nusantara Sehat ditugaskan di Belakang Padang? Fakta membuktikan bahwa jumlah penderita HIV/AIDS di Kota Batam cukup tinggi. Dengan demikian, inilah yang menjadi alasan utama kenapa Tim Nusantara Sehat ditempatkan di Belakang Padang. Dinas kesehatan setempat menyatakan perlu adanya penanganan khusus terhadap penyakit ini, agar dapat dikurangi penularan penyakit ini dengan bertahap. Belakang Padang memiliki masalah yang cukup kompleks seperti masalah sosial di sekitar masyarakat setempat. Banyaknya anak yang putus sekolah, banyak yang melakukan hubungan seks bebas dan lain sebagainya.

Pada tahun 2012 dilakukan estimasi jumlah odha di Indonesia dan diperoleh hasil 591.823 orang dengan penyebaran virus HIV/AIDS. Dengan demikian, tidak ada provinsi di Indonesia yang bebas dari penyakit HIV/AIDS. Estimasi pada tahun 2012 jumlah odha di Kepulauan Riau mencapai 3.491 orang. Dari data ini tentu dapat disimpulkan bahwa di Kepulauan Riau memang banyak penyakit HIV/AIDS yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat. 

Kemenkes RI terus berusaha untuk dapat mengatasi penyakit HIV/AIDS yang tersebar di seluruh Indonesia. Nah dengan keberadaan Tin Nusantara Sehat di Kota Batam tentu diharapkan dapat menurunkan jumlah kasus baru HIV yang ada di Kota Batam ini. Selain itu juga, akibat terkena penyakit HIV/AIDS ini adalah dapat mengakibatkan banyaknya kematian.

Perjalanan Menuju Puskesmas Belakang Padang (Dokumen Pribadi)
Penderita penyakit HIV/AIDS di Belakang Padang ditemukan pada tahun 1992. Belakang Padang merupakan tempat yang lumayan dekat dengan Singapura, sehingga mudah banget warga sebrang untuk dapat berkunjung ke tempat ini. Hal inilah yang menyebabkan mudahnya penularan virus HIV/AIDS di Belakang Padang. Tak heran lagi jika Dinas Kesehatan Belakang Padang melakukan pemeriksaan yang sangat ketat terhadap ibu yang sedang mengandung. Dengan melakukan pemeriksaan secara berkala tentu agar dapat menyelematkan nyawa anak yang sedang dikandung oleh sang ibu. Selain itu juga agar dapat mencegah penularan HIV/AIDS terhadap masyarakat Belakang Padang.

Kesehatan masyarakat Indonesia tentu harus diperhatikan secara inten, karena kesehatan inilah yang menjadi tolak ukur kemajuan bangsa itu sendiri. Pembangunan kesehatan saat ini adalah melalui pendekatan siklus kehidupan dan memulai dari tingkat yang paling bawah yaitu keluarga. Keluarga disini mempunyai peran yang sangat penting untuk sadar akan pentingnya menjaga kesehatan, salah satunya adalah mencegah penyakit HIV/AIDS dan narkoba.

Diskusi Dengan Tim Nusantara Sehat dan Puskesmas Belakang Padang
serta Dinkes Kota Batam (Dokumen Pribadi)
Penularan virus HIV/AIDS ini mudah sekali terjadi, yaitu seperti berikut:
  • Seseorang yang melakukan seks tanpa kondom.
  • Berbagai alat suntik yang sengaja dilakukan oleh para pengguna narkotika suntik.
  • Melalui trnfusi darah.
  • Ibu hamil yang positif menyidap penyakit HIV kepada bayinya selama masa kehamilan atau pada saat menyusui.
Kunjungan Ke Puskesmas Belakang Padang (Dokumen Pribadi)
Dari kejadian-kejadian diatas, maka dilakukanlah penanganan khusus yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Belakang Padang, Kota Batam. Jadi jangan heran lagi ya, kalau di Belakang Padang terdapat ibu hamil maka ibu tersebut harus melakukan tes HIV agar terhindar dari penyakit tersebut.

Bu Nunung selaku Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinkes Kota Batam. Saat presentasi menjelaskan bahwa virus HIV/AIDS ini memang sangat rawan di Kota Batam. Dengan banyaknya penyakit HIV/AIDS di Kota Batam, maka Dinas Kesehatan Kota Batam terus melakukan upaya untuk mengatasi virus ini. Berbagai macam cara dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Batam, diantaranya dengan memasang layanan satelit di berbagai puskesmas yaitu salah satunya di Puskesmas Belakang Padang.

Bu Nunung inilah yang pertama kali menemukan penderita HIV/AIDS yang bertempat di Kecamatan Belakang Padang, Pulau Penawar Rindu, Kota Batam. Kenaikan jumlah penderita HIV/AIDS inilah yang menyebabkan kemunculan berbagi sarana seperti hotel, karaoke dan tempat-tempat nongkrong lainya yang sering digunakan oleh orang-orang tersebut untuk bersinggah.

Dengan demikian Dinas Kesehatan Kota Batam harus berupaya sekuat mungkin untuk menanggulangi masalah ini dengan serius. Semoga Tim Nusantara Sehat selalu diberikan kesehatan agar dapat membantu permasalahan ini di Kota Batam.

Salam :)


~ Bowo Susilo ~ 

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. sesungguhnya saya sangat gembira untuk hidup saya; Nama saya Vargas cynthia maye, saya
    tidak pernah terfikir bahawa saya akan hidup di bumi sebelum tahun tamat. Saya telah menghidap penyakit berbahaya (HIV) untuk 5 tahun yang lalu sekarang; Saya telah membelanjakan wang yang banyak untuk pergi dari satu tempat yang lain, dari gereja-gereja untuk gereja-gereja, hospital telah kediaman saya setiap hari. cek berterusan sehingga menjadi hobi saya tidak sehingga Bulan lepas, saya telah mencari melalui internet, saya melihat bukti bagaimana DR. Ben membantu seseorang dalam menyembuhkan penyakit HIV beliau, cepat saya disalin e-mel beliau yang (drbenharbalhome@gmail.com) .Saya bercakap dengan dia, dia bertanya kepada saya untuk melakukan beberapa perkara tertentu yang saya lakukan, dia memberitahu saya bahawa dia akan menyediakan herba kepada saya, yang beliau lakukan, maka dia meminta saya pergi untuk pemeriksaan perubatan selepas beberapa hari selepas menggunakan penawar herba, saya bebas daripada penyakit ini boleh membawa maut, dia hanya meminta saya untuk hantar kesaksian melalui seluruh dunia, dengan setia am melakukannya sekarang, saudara-saudara sila, dia hebat, saya berhutang dalam hidup saya. jika anda menghadapi masalah yang sama hanya e-mel dia di (drbenharbalhome@gmail.com) atau hanya WhatsApp dia di: + 22893464014.He juga boleh menyembuhkan penyakit seperti Kanser, Diabeties, Herpes. Lain-lain Anda boleh menghubungi saya di email: vargascynthiamaye1995@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Dr. Osagie God will continue to bless you more abundantly, for the good works you are doing in peoples life, I will keep on writng and posting testimonies about you on the Internet, I was a HIV patient, I saw a blog on how Dr. Osagie cured someone, I contacted him and also got my healing, kindly email him now on (drosagiesolutiontemple@gmail.com OR
    DROSAGIESOULTIONTEMPLE@YAHOO.COM ) or His Whatsapp number: +2347030465649...thank you my great DR
    Dr OSAGIE CAN AS WELL CURE THE FOLLOWING DISEASE:-
    HIV/AIDS
    HERPES

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dr abaka herbal medicine is a good remedy for herpes simplex virus cure. Am from Sweden I just want to share this article about Dr abaka who helped me, i want to inform the public how i was cured from (HERPES SIMPLEX VIRUS), i visited different hospital but they gave me list of drugs like Familiar , Zovirax, and Valtrex which is very expensive to treat the symptoms and never cured me. I was browsing through the Internet searching for remedy on HERPES and i saw comment of people talking about how DR abaka cured them, when i contacted him he gave me hope and send a Herbal medicine to me that i took and it seriously worked for me, am a free person now without any problem, my HERPES result came out negative, I pray to God to never let me and my family forget you in our life,i am now cured permanently.you can also get your self cured, if you really need this dr's help,you can reach him now email: drabakaspelltemple@gmail.com Or whats app +2349063230051 This is real,He also has herbal cure for the Following DISEASES, eczema,urethra wart,chronic problems.Herpes, Cancer, Als,Hepatitis, Diabetes, HPV,Infections,ulcer, Love spell ETC.




















      Delete
  3. All thanks to Dr omohan, i have being suffering from HIV for so long. till i met a woman who told me about a particular doctor who has cured her from HIV, i thought it was a scam, till i collected her number and i called her, she is an america woman,she told me all i need to know about this doctor , and i contacted the doctor and explain my situation to him and he told me all i need to do.And am happy to tell the whole world now that am HIV negative, may the good lord grant you long life doctor.If you are suffering from such illness or you have any spiritual problem, hurry up and contact doctor omohan via email:dromohanherbalmedicine@gmail.com. call or whatsapp him via:+2348164816038

    ReplyDelete