* *
BREAKING

Tuesday, 28 May 2019

Tips Mudik Aman, Sehat, dan Selamat Sampai Tujuan


Tips-Mudik- Aman-Sehat-dan- Selamat-Sampai- Tujuan-1

Assalamualaikum teman-teman... Sudah ada yang mudik belum nih? Atau lagi mempersiapkan diri untuk mudik? Yang pasti semoga selalu diberikan kesehatan dan bisa mudik aman dan selamat ya, Aamiin...

Menjelang hari raya idul fitri, sudah banyak masyarakat yang mudik dan juga sedang mempersiapkan untuk mudik ke kampung halaman masing-masing. Mudik menjadi tradisi masyarakat untuk bisa berkumpul dengan keluarganya dan merayakan hari raya lebaran bersama-sama. 

Sebelum mudik, tentu banyak hal-hal yang harus dipersiapkan agar mudik berjalan aman dan selamat sampai tujuan. Jangan sampai ketika mau berangkat mudik, persiapan yang dilakukan kurang maksimal. Perjalanan mudik harus menjadi tradisi yang menyenangkan dan tentunya selalu berhati-hati diperjalanan agar selamat sampai tujuan.

Selasa 28 Mei 2019, saya berkesempatan menghadiri undangan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam acara “Ngabuburit Sehat Bareng Menkes dan Menhub” dengan tema “Mudik Aman, Selamat, Sehat Sampai Tujuan”

Ngabuburit kali ini dilaksanakan di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. H-7 menuju lebaran, sebagian masyarakat sudah banyak yang melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya masing-masing. Hal ini terlihat sudah banyaknya stasiun kereta dan juga terminal bus yang sudah dipadati para pemudik. 

Stasiun Gambir menjadi salah satu tempat yang sudah dipadati oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Melihat banyaknya masyarakat yang sudah berlalu lalang untuk berangkat mudik, membuat saya pengen juga cepat mudik nih hehe. 

Tapi saya beruntung banget nih mudik agak belakangan, jadi bisa ikut acara ngabuburit bareng kemenkes dan kemenhub. Diacara ini saya banyak mendapatkan tips mudik dari kemenkes dan juga kemenhub. Oiya diacara ngabuburit kali ini juga menghadirkan influencer otomotif loh, beliau adalah Mas Fitra.

Tips-Mudik- Aman-Sehat-dan- Selamat-Sampai- Tujuan-2

Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek juga hadir diacara ngabuburit kali ini. Beliau menghimbau kepada masyarakat yang hendak mudik agar mempersiapkan diri dengan baik. Kementerian Kesehatan RI dari tahun ke tahun selalu memberikan pelayanan kesehatan kusus pada saat mudik lebaran. 

Pelayanan kesehatan ini tersebar diseluruh Indoensia, dan pada titik tertentu yang dilewati oleh para pemudik. Tentunya layanan kesehatan ini bisa didapatkan oleh masyarakat secara gratis. Ibu Nila Moeloek juga berpesan kepada masyarakat yang hendak mudik, agar memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Makanan yang dikonsumsi harus makanan yang bersih dan sehat agar tubuh selalu sehat dan aman saat mudik. 

Tips Mudik Sehat, Aman, dan Selamat

Saat melakukan perjalanan mudik, tentu harus memperhatikan beberapa tips agar selamat sampai tujuan. Berikut adalah tips mudik sehat, aman, dan selamat sampai tujuan:

  • Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik

Sebelum mudik, tentu harus mempersiapkan fisik yang sehat dan prima. Fisik tubuh yang prima tentu sangat dibutuhkan sebelum berangkat mudik. Mengingat perjalanan mudik bisa memakan waktu berjam-jam. Apalagi kalau mudiknya sangat jauh, jadi benar-benar harus dipersiapkan fisik dengan baik.

  • Jangan lupa untuk periksa kondisi kelayakan kendaraan

Kelayakan kendaraan sangat penting. Harus benar-benar dicek terlebih dahulu, apakah layak untuk digunakan menempuh perjalanan jauh. Lakukan servis dibengkel resmi sesuai dengan merek kendaraan. 

Tips-Mudik- Aman-Sehat-dan- Selamat-Sampai- Tujuan-4

Sebelum dan selama mengemudi tidak minum-minuman keras dan obat yang dapat menyebabkan kantuk. Karena ini sangat berbahaya bagi keselamatan saat mudik. Dan jangan lupa untuk istirahat tiap 4 jam perjalanan. Jangan memaksakan untuk cepat sampai. Ketika lelah, maka istirahat di tempat yang sudah disediakan.

  • Disiplin dan patuhi rambu lalu lintas

Saat diperjalanan, pengemudi harus paham betul rambu lalu lintas. Jika tidak paham rambu lalu lintang, mending pelajari terlebih dahulu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan diperjalanan. Kendalikan kecepatan kendaraan terutama pada kondisi jalan rusak atau bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk.

  • Kendaraan tidak melebihi muatan dan menyalahi peruntukannya

Muatan berlebihan ini masih sering dijumpai saat mudik. Banyak yang menyepelekan akan bahaya ini. Muatan yang berlebihan akan membuat pengendara tidak nyaman dan tidak konsen saat diperjalanan. Muatan berlebih ini sering dijumpai yang menggunakan kendaraan roda dua. Jika memang tidak memungkinkan, gunakan saja transportasi umum yang sudah disediakan pemerintah. 

Tips-Mudik- Aman-Sehat-dan- Selamat-Sampai- Tujuan-3

  • Gunakan masker dan lindungi diri dari asap, debu dan polusi

Bagi pemudik yang mengendarai sepeda motor, ini wajib banget untuk dilakukan. Saat diperjalanan pasti banyak debu, asap dan polusi. Jangan sampai tidak memakai masker.

  • Konsumsi makanan dan minuman yang bersih dan sehat

Makan dan minum harus diperhatikan baik-baik. Jangan sampai makan makanan sembarangan saat dijalan. Jika membeli makanan atau minuman, perhatikan tanggal kadaluarsanya. Tidak menerima makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal.

Tips-Mudik- Aman-Sehat-dan- Selamat-Sampai- Tujuan-5

  • Jika membawa bekal pilih makanan yang tidak cepat basi

Membawa bekal untuk mudik tentu banyak dilakukan oleh pemudik. Selain lebih hemat dan sehat, ini untuk berjaga-jaga jika saat diperjalanan kelaparan dan jauh dari tempat makan. Nah yang harus diperhatikan adalah, bawalah makanan yang tidak mudah basi.

  • Tidak menggunakan handphone selama berkendara

Saat diperjalanan tentu membutuhkan konsentrasi yang cukup. Jangan sampai diperjalanan sambil menggunakan handphone. Hal yang sangat berbahaya ini masih sering ditemui loh saat sedang berkendara. Jika ada sesuatu yang penting, lebih baik berhenti terlebih dahulu. Baru deh gunakan handphone tersebut.

  • Bila sakit manfaatkan pos kesehatan terdekat

Jika merasa kelelahan atau sakit, segera istirahat di pos kesehatan yang sudah disediakan oleh Kemenkes. Layanan kesehatan di pos-pos yang sudah disediakan oleh Kemenkes bisa didapatkan pemudik dengan gratis. Jika ada hal mendesak soal kesehatan, bisa langsung menghubungi 119.

Itulah beberapa tips mudik sehat, aman, dan selamat sampai tujuan. Semoga teman-teman bisa segera mudik dan berkumpul dengan keluarga tercinta.

Selamat menyambut hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin :)

Selamat Mudik teman-teman :)





About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT