* *
BREAKING

Sunday, 26 May 2019

Kemenhub Sediakan Mudik Gratis Bagi Para Pemudik untuk Mengurangi Angka Kecelakaan

mudik-gratis-bersama-kemenhub-1
Foto bersama para blogger dan vlogger dengan Bapak Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Foto: Babeh Helmi

Menjelang hari raya idul fitri, masyarakat Indonesia sudah mempersiapkan untuk bisa mudik ke kampung halamannya masing-masing. Tradisi mudik ini selalu dilakukan oleh masyarakat Indonesia menjelang hari raya idul fitri. Tradisi mudik dari tahun ketahun selalu mengalami peningkatan. Wajar saja, karena semakin tahun, semakin bertambah pula penduduk di Indonesia.

Banyak yang memanfaatkan momen hari raya idul fitri untuk bisa berlebaran bersama keluarga tercinta. Khususnya untuk para perantau seperti saya ini hehe. Saya termasuk salah satu yang bakal mudik tahun ini, eh sebentar lagi lebih tepatnya hehe. Saya mau mudik dari Jakarta ke Lampung. Mudik tentu menjadi tradisi yang sangat ditunggu-tunggu bagi, saya pun sangat excited untuk bisa cepat mudik hehe.

Saya biasa mudik menggunakan transportasi darat yaitu bus, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan naik pesawat hehe. Pemerintah sebenernya sudah menyediakan mudik gratis, tapi saya kurang beruntung tidak mendapatkan mudik gratis hehe. Entah saya yang kurang informasi atau memang tidak ada untuk mudik gratis ke Lampung. Memang kebanyakan, Kemenhub menyediakan mudik gratis untuk wilayah jawa. 

Jumat, 24 Mei 2019 saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri undangan dari Kemenhub dalam acara buka puasa dan ngobrol bareng Kemenhub di Gedung Multivision Tower Lantai 25 Green House Coworking Space and Office, Jakarta Selatan. Tentu saya seneng banget, karena bisa mengetahui sejauh mana Pemerintah dalam hal ini Kemenhub dalam mempersiapkan layanan untuk mudik tahun 2019. Saya dan teman-teman blogger dan juga vlogger mendapatkan kesempatan untuk ngobrol langsung dengan pak menteri hehe.

mudik-gratis-bersama-kemenhub-2


Kemenhub Berikan Mudik Gratis

Dari tahun ke tahun, Kemenhub selalu memberikan mudik gratis bagi para pemudik. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemudik, karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pulang kampung sudah bisa mudik. Ya walaupun mudik gratis ini hanya bisa dinikmati sebagian masyarakat saja. Mengingat jumlah pemudik di Indonesia sangatlah banyak, tidak mungkin Pemerintah menyediakan mudik gratis untuk semuanya. 

Pemerintah tahun ini menyediakan mudik gratis dengan transportasi bus, kereta api, dan juga kapal laut. Tentu banyak masyarakat yang ingin mendapatkan mudik gratis ini. Banyaknya antusias para masyarakat yang ingin mudik gratis, pemerintah terus memantau penyediaan mudik gratis, apakah sudah tepat sasaran dan mencukupi ataupun belum. Jika dimungkinkan untuk ditambah, maka Pemerintah akan menambah layanan mudik grtais ini. 

mudik-gratis-bersama-kemenhub-3

Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Bapak Budi Karya Sumadi menyampaikan, mudik ditahun 2019 ini masyarakat harus lebih bener-bener mempersiapkan segala hal yang diperlukan saat mudik. Karena keselamatan saat mudik menjadi yang utama. Inilah yang juga menjadi fokus Kemenhub untuk dapat mengurangi angka kecelakaan saat mudik 2019. 

Bapak Budi Karya Sumadi juga menyampaikan, masyarakat yang biasanya mudik menggunakan kendaraan roda dua, agar bisa beralih menggunakan transportasi umum. Selain lebih nyaman, tentunya aman saat diperjalanan. Pemerintah sudah menyiapkan fasilitas transportasi yang cukup untuk mudik 2019. 

Kemenhub menyediakan 1.200 bus untuk dapat menampung sekitar 54.000 peserta mudik. Tentu ini bukan jumlah yang sedikit, dengan demikian masyarakat harus memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Jangan khawatir bagi para pemudik yang biasanya menggunakan roda dua, karena juga sudah disediakan 100 truk untuk dapat mengangkut 3.500 unit sepeda motor. Jadi yang biasanya mudik menggunakan sepeda motor, kini bisa mudik menggunakan transportasi umum seperti bus. 

Jadwal keberangkatan mudik gratis dengan bus bersama Kemenhub tahun 2019 adalah sebagai berikut:

  1. Jakarta, titik kumpul di Monas pada tanggal 31 Mei 2019 pukul 17.00 WIB. Dan juga tanggal 1 Juni 2019 jam 08.00 WIB. 
  2. Bogor, Pekansari Stadion Bogor, tanggal 1 Juni 2019 pukul 10.00 WIB. 
  3. Tangerang, Kantor Pemkab Tangerang, tanggal 1 Juni 2019 pukul 10.00 WIB. 
  4. Bekasi Raya, Lapangan Summarecon Bekasi, tangggal 01 Juni 2019 pukul 10.00 WIB.

mudik-gratis-bersama-kemenhub-4

Untuk yang mudik menggunakan kapal laut, Kemenhub menyediakan kuota penumpang sebanyak 6.000 orang dan juga motor sebanyak 3.000 unit. Kapal yang akan digunakan untuk mudik gratis ini adalah Kapal Ro-ro yang memiliki ukuran 5.000 GT. Untuk jumlah kapalnya adalah 3 unit dengan kapasitas 1.000 untuk kendaraan sepeda motor dan 2.000 orang penumpang per satu kapal.

Untuk jadwal mudik yang menggunakan kapal, yaitu tanggal 1 Juni 2019. Oiya untuk tujuannya adalah Jakarta ke Lampung, Jakarta ke Semarang, dan Jakarta ke Surabaya.
Dengan adanya fasilitas mudik gratis ini, diharapkan dapat membantu masyarakat untuk bisa mudik dengan mudah dan nyaman serta dapat mengurangi tingkat kecelakaan. 

Selamat mudik ya semuanya :)

Semoga selamat sampai tujuan dan bisa berkumpul dengan keluarga tercinta. Selamat menyambut hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin :)




About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT