* *
BREAKING

Monday, 27 May 2019

Millennial Bisa Berhaji dan Umrah, Asal Bisa Kelola Keuangan dengan Baik


millennial-bisa-berhaji-dan-umrah-1

Berhaji dan umrah tentu menjadi keinginan bagi setiap umat muslim. Namun kebanyakan berhaji dan umrah banyak dilakukan oleh yang tua atau sudah berumur. Mungkin masih jarang atau sedikit millennial yang menunaikan ibadah haji dan umrah. Mungkin juga banyak yang beranggapan bahwa, kalau berhaji dan umrah tuh nanti aja deh nunggu kalau sudah tua. Millennial saatnya bersenang-senang dulu atau sebagainya.

Justru masih millennial, berhaji dan umrah harus dipersiapkan dari sekarang juga. Mengapa demikian? Untuk ibadah haji dan umrah tentu menjadi dambaan umat muslim diseluruh dunia. Tak heran jika untuk berangkat haji harus menunggu antrian yang cukup lama. Bahkan berpuluh-puluh tahun mengantri, barudeh bisa berangkat haji. Itulah mengapa, berhaji harus dipersiapkan sejak millennial.

Untuk bisa menunaikan rukun islam yang ke 5 ini tentu harus ada niat yang sungguh-sungguh. Mengingat biaya yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit, untuk golongan menengah ke bawah tentu harus menabung dan mempersiapkannya dari sekarang. Insyaallah jika niat dan tekad yang sungguh-sungguh semua itu bisa dicapai. 

Tentu akan menjadi kepuasan tersendiri jika sudah bisa menunaikan ibadah haji. Apalagi jika bisa mengajak kedua orang tua untuk berangkat ke tanah suci. Tentu bukan tidak mungkin, jika semuanya sudah dipersiapkan sejak dini dan terus kerja keras.

Millennial Juga Bisa Loh untuk Menunaikan Haji dan Umrah

Selasa 21 Mei 2019, saya berkesempatan untuk menghadiri undangan blogger gathering dengan tema “Millennial Mampu Berhaji dan Umrah”. Acara berlangsung di Kantoorku Coworking & Office Space Agro Plaza Kuningan, Jakarta Selatan. Tentunya saya sangat excited untuk menghadiri acara ini. Saya sendiri memang belum bisa berhaji dan umrah, makanya tertarik banget untuk belajar lebih jauh diacara ini.

Narada Asset Management sedang melakukan kampanye #investasibukanpunyaorangkayasaja dan #investasipunyasemuaorang. Oiya bagi yang belum tau, Narada Asset Management merupakan perusahaan manajemen investasi yang didirikan di Jakarta pada tahun 2012 dan sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Narada mengajak para generasi millennial untuk mulai bisa mengelola keuangan sejak dini. Salah satunya adalah mengelola keuangan untuk bisa pergi ke tanah suci menjalankan ibadah haji dan umrah. Apalagi saat ini sedang tren banget generasi millennial bisa traveling kemana-mana. Untuk traveling bisa, untuk berhaji dan umrah pun seharusnya juga bisa. 

millennial-bisa-berhaji-dan-umrah-2

Dalam acara ini turut hadir Muhammad Dzulfahmi sebagai Manager Angkat Koper (tour/travel haji dan umrah). Beliau memaparkan banyak hal tentang program-program untuk bisa berangkat haji dan umrah menggunakan jasa tour/travel dari Angkat Koper. Perbedaan umum yang harus diketahui oleh masyarakat adalah mengenai berhaji dan umrah.

Ibadah Haji hanya bisa dilaksanakan pada beberapa waktu antara tanggal 8 dzulhijah hingga 12 dzulhijah. Sedangkan untuk ibadah umrah, bisa dilaksanakan sewaktu-waktu. Pelaksanaannya pun berbeda ya, kalau ibadah haji dilaksanakan sampai diluar kota mekkah. Sedangkan ibadah umrah dilaksanakan hanya di mekkah saja. 

Itulah perbedaan dasar yang harus diketahui. Ada yang sudah tau, berapa lama waktu tunggu untuk bisa berangkat haji? Lama antrian untuk bisa berangkat haji mulai dari 16-23 tahun. Waaah tentu ini waktu yang sangat lama ya, dan ini berbeda-beda loh ya untuk setiap wilayah di Indonesia.

Nah untuk biayanya pun juga lumayan loh hehe. Biaya untuk umrah mulai dari 23,5 juta, tergantung dengan paket yang dipilih dan fasilitas yang didapat. Seddangkan untuk biaya haji adalah mulai dari 45 juta. Fasilitas yang didapatkan meliputi transportasi, akomodasi, makanan, dan kebutuhan pokok selama beribadah. 

Namun ada juga kebutuhan tidak terduga loh, seperti kenaikan kurs dollar, pulsa, kelebihan bagasi, belanja berlebih, suntik meningtis, dan juga baju yang dipergunakan untuk ibadah. Biaya tidak terduga ini juga harus dipersiapkan bagi jamaah haji dan umrah.

Yuk Rencanakan Keuangan dari Sekarang!

Hadir juga, N. Anie Puspitasari selaku Chief Marketing Officer Narada Asset Management. Anie menjelaskan tentang perencanaan keuangan yang baik sesuai dengan kemampuan untuk bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Mengelola keuangan tentu menjadi hal yang sangat penting, agar penghasilan yang didapatkan teratur dengan baik.

millennial-bisa-berhaji-dan-umrah-3

Sebagian penghasilan yang kita dapatkan, harus ada yang disisihkan untuk ditabung. Mengingat banyaknya kebutuhan yang tidak terduga dan lain sebagainya. Harus ada pos-pos tersendiri, sesuai dengan target yang ingin dicapai. Misalnya pos untuk haji/umrah, biaya anak sekolah, biaya tak terduga, dan lain sebagainya.

Nah beruntung bagi para millennial yang ingin menabung dari sekarang, karena kebutuhannya masih belum terlalu banyak, dibandingkan dengan yang sudah berkeluarga (menikah). Akan lebih baik jika bisa menabung sejak dini, untuk bisa mencapai apa yang diinginkan, yaitu haji/umrah. 

Saatnya Ivestasi Sekarang Juga

Melakukan investasi tentu menjadi pilihan yang tepat agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Pilih investasi yang memberikan manfaat relatif lebih besar dibandingkan dengan investasi yang lainnya. Nah salah satu investasi yang paling direkomendasikan adalah invstasi di Reksadana.

Berinvestasi di reksadana bisa mulai dengan 100.000 ribu saja. Dengan tingkat return yang relatif tinggi, yakni berkisar 10% - 20% untuk reksadana saham. Yuk berinvestasi di Narada. Selain prosesnya yang mudah, tentunya Narada sudah terpercaya dan sudah disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Oiya kemarin saya sempat bermain game gitu, yaitu praktik mengelola keuangan hehe. Nah cara simpel cara mengatur keuangan dengan mudah adalah menggunakan rumus 10 – 20 – 30 – 40. Jadi, 10% untuk kebutuhan seperti sedekah, 20% untuk kebutuhan investasi, 30% untuk cicilan hutang (jika ada hutang hehe), dan 40% untuk kebutuhan sehari-hari.
 
millennial-bisa-berhaji-dan-umrah-4
Foto : www.menolaklupa.web.id
Sesimpel ini sih sebenernya, cara mengatur keuangan hehe. Tapi banyak yang menyepelekan hal ini hehe. Yuk mulai atur keuangan dengan bijak.

Berinvestasi dari sekarang, dan raih tujuan yang diinginkan!

Semangat! Millennial bisa berhaji dan umrah!



About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT