Peran Penting Anak Muda untuk Dukung Mitigasi Perubahan Iklim

By Bowo Susilo - 09:28


Halo anak-anak muda yang baik!

Apa kabar nih? Semoga senantiasa diberikan kesehatan ya, Aamiin…

Siapa disini yang suka traveling kayak aku? Kapan terakhir teman-teman traveling? Jujur ya, kangen banget pengen traveling dengan rasa bebas tanpa khawatir. Sudah banyak rencana traveling yang batal akibat pandemi ini. Semoga pandemi ini bisa segera berakhir, biar bisa bebas traveling lagi kemanapun hehe.

Traveling sudah menjadi hobi aku sejak kecil nih. Dengan traveling bisa menambah pengalaman baru, bisa menikmati keindahan alam diluar sana, dapat ilmu baru, nambah teman baru, dan masih banyak lagi. Apalagi kalau menjalankan hobi traveling sekalian menjadi pekerjaan. Pastinya asik banget bukan. Iya dong, menjalankan hobi yang dibayar tuh sesuatu banget hehe. Mungkin bisa dibilang ini menjadi dambaan banyak orang ya.

Aku bersyukur banget berada dititik ini, bisa menjalankan hobi traveling sekaligus menjadi pekerjaan. Terakhir traveling minggu lalu yaitu ke Joglosemar. Alhamdulilah kegiatan diluar mulai dibuka kembali secara perlahan. Tempat-tempat wisata mulai dibuka kembali. Tentunya semua ini dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Nah ngomongin soal traveling ternyata ada hubungannya dengan menjaga kelestarian bumi lho. Lho kok bisa? Iya dong, saat kita melakukan traveling ke suatu daerah, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk turut serta menjaga kelestarian bumi lho. Apalagi sebagai anak muda, harus jadi agen perubahan nih. Kita bisa lakukan hal kecil untuk mendukung mitigasi perubahan iklim. Gimana caranya?

Cara sederhana yang bisa dilakukan anak muda untuk dukung mitigasi perubahan iklim

Untuk bisa mendukung mitigasi perubahan iklim, ternyata bisa kita mulai dari diri sedniri loh. Apalagi sebagai #MudaMudiBumi, tentu harus terus menjaga bumi dengan sebaik mungkin. Nggak usah muluk-muluk, bisa dilakukan dari hal-hal kecil kok. Oiya sebelum kita bahas soal langkah kecil dalam mendukung mitigasi perubahan iklim, sebaiknya kita paham dulu nih ap aitu mitigasi perubahan iklim?

Mitigasi perubahan iklim yaitu suatu usaha untuk mengurangi risiko terhadap peningkatan emisi gas rumah kaca. Sebagai informasi nih teman-teman, menurut data, ada tiga negara yang paling banyak menyumbang emisi gas rumah kaca yaitu Cina, Amerika, dan Indonesia. Nah sebenernya apa sih bahaya dari perubahan iklim? Jika bumi tidak dijaga dengan baik, maka saat terjadi perubahan iklim akan sangat berisiko yakni bisa terjadi krisis air bersih, kekeringan, gagal panen, dan masih banyak lagi.


Nah berikut adalah langkah kecil saat traveling yang bisa dilakukan anak muda untuk mendukung mitigasi perubahan iklim:

  • Gunakan air secukupnya

Air tak bisa lepas dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu harus bijak menggunakan air dimanapun itu termasuk saat traveling.

  • Jangan membuang sampah sembarangan

Nah ini langkah kecil yang berdampak besar. Saat berkunjung ke tempat wisata, masih sering banget menjumpai orang-orang yang kurang sadar akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Bahkan mereka banyak yang abai, dengan seenaknya buang sampah sembarangan. Nah kita sebagai anak muda nih, jangan sampai membuang sampah sembarangan. Harus bisa membuat perubahan untuk lebih baik.

  • Hemat menggunakan listrik

Hemat menggunakan listrik bisa dilakukan dengan mudah kok. Dimulai dari kebiasaan sehari-hari seperti matikan lampu jika tidak digunakan.

  • Lakukan penghijauan

Kadang miris banget sih banyak orang-orang yang nggak bertanggungjawab melakukan penggundulan hutan. Jika penggundulan hutan dilakukan secara terus-terusan maka akan terjadi kerusakan alam itu sendiri. Bisa terjadi banjir parah, kekeringan, kebakaran, dan masih banyak lagi. Makanya perlu melakukan penghijauan. Banyak lho komunitas-komunitas yang cinta alam dan rutin melakukan penanaman pohon. Nah kita sebagai anak muda bisa turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. #UntukmuBumiku, mari bersama-sama menjaga bumi dengan baik.

  • Biasakan menggunakan transportasi umum

Siapa yang terbiasa menggunakan transportasi umum? Jujur aku selama di Jakarta, transportasi umum menjadi andalanku nih. Sebenernya bisa aja bawa motor dari rumah, tapi sudah terlanjur nyaman menggunakan transportasi umum hehe. Nah menggunakan transportasi umum juga termasuk lanhgkah kecil untuk mendukung mitigasi perubahan iklim lho.

Tentunya masih banyak lagi hal-hal kecil yang bisa dilakukan khususnya bagi anak-anak muda nih, untuk mendukung mitigasi perubahan iklim. Sebagai anak muda harus memiliki semangat yang tinggi, dan mampu memberikan contoh kepada teman-teman kita. #TimeforActionIndonesia untuk bumi yang lebih baik.

Nah sebentar lagi kita akan memperingati “Hari Sumpah Pemuda” nih. Kira-kira apa nih sumpah pemuda versi kamu, hal kecil yang bisa dilakukan dan berdampak besar terhadap mitigasi perubahan iklim.

Sumpah pemuda versi aku nih teman-teman hehe. Saya bersumpah untuk tidak membuang sampah sembarangan!

Yuk cintai bumi dimulai dari diri sendiri!

Kalau bukan kita siapa lagi, kalau nggak sekarang ya kapan lagi!

Semangat jaga lingkungan teman-teman! 😊

 

 

Referensi : BMKG | Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. setuju banget kalau bukan kita siapa lagi yang jaga bumi?

    ReplyDelete