5 Tips Agar Tetap Produktif Selama Dirumah Aja

By Bowo Susilo - 08:17


Tetap produktif selama dirumah aja memang susah-susah gampang ya teman-teman. Kalau tidak dibuat jadwal dan benar-benar komitmen gitu, pasti agak susah hehe. Karena selama dirumah aja tuh godaannya banyak hihi. Beberapa godaan berat selama dirumah aja nih, rebahan, nonton, main game, dan lain sebagainya. Tapi kalau sudah dibuat agenda dengan baik pasti bisa kok tetap produktif hehe.

Apalagi ditengah pandemi seperti sekarang ini, kegiatan diluar banyak dibatasi. Dengan begitu banyak kegiatan dilakukan dirumah aja. Bahkan yang kantoran pun banyak yang WFH. Nah selama dirumah aja tentu tetap bisa produktif kok, apalagi diera yang serba digital seperti sekarang ini. Banyak kemudahan-kemudahan yang bisa didapatkan dengan adanya teknologi.

Nah kali ini aku mau berbagi tips nih agar tetap bisa produktif selama dirumah aja. Berikut adalah 5 tips agar tetap produktif selama dirumah aja:

1. Membuat manajemen waktu yang baik

Membuat manajemen waktu tentu ini sangat penting. Apalagi buat para freelancer seperti aku nih. Ya, manajemen waktu bukan hanya untuk diterapkan pada sebuah perusahaan saja. Jika kita memiliki tujuan untuk sukses tentu harus memiliki manajemen yang baik. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi kalau ada manajemen waktunya tentu akan sangat baik. Tidak akan ada waktu yang terbuang sia-sia.

Tentunya manajemen waktu ini harus dibuat senyaman mungkin agar kita bisa melakukannya dengan perasaan senang tanpa tertekan. Karena yang menjalaninya kan kita sendiri, jadi ya harus dibuat senyaman mungkin. Jangan sampai melakukan hal-hal yang tidak suka, dan terlalu memaksakan. Nanti malah hasilnya nggak bagus.

2. Jangan bermain HP saat bekerja

Bermain HP saat bekerja memang menjadi masalah banget. Jujur, aku pribadi masih belum bisa menghindari ini. Entah kenapa, diera yang serba digital ini kalau jauh-jauh dari HP sepertinya nggak bisa deh. Tapi tentunya ini bisa diatur dengan baik, misalnya matikan notifikasi HP. Dengan begitu kita akan bisa fokus bekerja dan tidak main HP terus. Jika masih belum bisa juga, matikan HP dan buka kembali saat pekerjaan selesai.

3. Biasakan berolahraga

Berolahraga tentu sudah menjadi kewajiban kita semua untuk memenuhi kebutuhan jasmani. Apalagi ditengah pandemi seperti sekarang ini, tentu harus lebih rajin. Biarpun dirumah aja, olahraga tetap bisa dilakukan dong. Olahraga yang bisa dilakukan selama dirumah aja ialah push up, jumping jack, sit up, jogging, angkat beban, dan masih banyak lagi. Tinggal pilih deh olahraga apa yang kita sukai.

4. Mengatur pola makan yang sehat

Biar tetap produktif, mengatur pola makan yang sehat juga penting nih. Ini nih yang biasanya susah banget diterapkan hehe. Kurangi makan-makanan yang menggunakan minyak banyak, jangan mengonsumsi gula secara berlebihan, kurangi makanan cepat saji, jangan konsumsi minuman yang mengandung gula berlebihan, dan lain sebagainya. Yang harus dipertahankan adalah banyak mengkonsumsi sayur-sayuran, buah, susu, daging, ikan, dan lain sebagainya.

Awal-awal memang susah, tapi semua itu akan mudah jika sudah terbiasa. Usahakan jangan lapar mata, tapi lapar perut. Kalau lapar mata, pengennya apa-apa mau dimakan hehe.  


5. Ikuti kelas online

Dengan mengikuti kelas-kelas online, tentunya kita akan bisa mendapatkan insight baru dan bisa menambah pengetahuan. Banyak banget kelas-kelas online yang bisa teman-teman ikuti, tentunya cari sesuai dengan passion ya.

Nah ngomongin soal kelas online, pasti tak lepas dari konekasi internet ya. Untuk mendukung kelas online yang aku ikuti, biasanya aku selalu pakai ADVAN CPE Routers Start. Ada yang sudah pakai juga belum nih?


Yang aku suka dengan ADVAN CPE Routers Start adalah praktis banget dan wifi cepat serta on terus hehe. Battery nya juga lumayan yakni 2000 mAh, sehingga bisa buat kelas online atau kerja selama 4 jam an. Kita juga bisa berbagi internet dengan teman nih, yakni sampai 32 user bisa terkoneksi dengan wifi ini lho.

Soal kecepatannya juga nggak kaleng-kaleng, yaitu up to 300 Mbps. Sudah 4G + WLAN multi connection. Selain itu, wifi ini bisa dipakai untuk semua operator dan dilengkapi dengan hybid router.

Ah pasti harganya mahal nih ya? Tenang, harganya masih terjangkau kok yaitu sekitar Rp.699.000 an dan dapat free Telkomsel Orbit 50GB karena lagi ada bundling dengan Telkomsel Orbit, lumayan banget kan. Cus langsung beli aja di marketplace kesayangan kalian hehe.


Dengan ADVAN CPE Routers Start, pekerjaan dan aktivitas sehari-hari yang membutuhkan internet jadi makin mudah. Jadi bisa lebih produktif selama dirumah aja.

Itu dia 5 tips agar tetap produktif selama dirumah aja ala aku. Yuk semangat produktif!

Salam produktif!




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar