Explore Joglosemar 4D3N, Siapa Takut!

By Bowo Susilo - 19:56

Joglosemar? Tentunya teman-teman sudah tidak asing lagi kan dengan Joglosemar. Ya, Joglosemar merupakan singkatan dari Jogja, Solo, Semarang. Tiga kota di Pulau Jawa ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi nih. Nah kali ini aku mau share keseruan saat mengunjungi tiga kota ini dalam 4 hari 3 malam (4D3N). Mungkin dari teman-teman berfikir, wah pasti padat banget ya 4D3N bisa mengunjungi tiga kota sekaligus. Ya, memang padat, tapi seru banget hehe.

Oke langsung saja kita mulai cerita keseruan explore ke Joglosemar. Jadi beberapa hari yang lalu saya mengunjungi Joglosemar dalam rangka Transmate Journey. Nah pasti ada yang belum tau nih apa itu Transmate Journey? Oke, Transmate Journey merupakan salah satu program tahunan transmate yang bertujuan untuk meliput secara langsung mengenai infrastruktur konektivitas, distribusi logistik, dan destinasi wisata.

Perjalanan ke Joglosemar dimulai

Kota pertama yang saya kunjungi adalah Semarang. Untuk menuju ke Semarang, bisa menggunakan kereta api, bus, pesawat. Untuk berangkatnya saya memutuskan menggunakan kereta api dari Stasiun Gambir. Perjalanan menuju ke Semarang kurang lebih 4 jam. Ini merupakan ketiga kalinya saya berkunjung ke Semarang, dan beruntungnya kali ini berkesempatan mengeksplor beberapa tempat wisata di Semarang.


Semarang

Destinasi pertama saat sampai di Semarang adalah Lawang Sewu. Ada yang sudah pernah ke Lawang Sewu? Lawang Sewu jadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat ke Semarang. Rasanya belum afdol deh kalau ke Semarang tapi belum mampir ke Lawang Sewu hehe.

Harga tiket masuk Lawang Sewu Rp.10.000. Pengunjung bisa keliling Lawang Sewu dengan menggunakan jasa tour guide atau tanpa jasa tour guide. Oiya kalau menggunakan jasa tour guide bayar lagi ya hehe. Kemarin saya memutuskan untuk keliling tanpa jasa tour guide, karena memang waktunya terbatas hehe. FYI ya, buat yang belum tau nih, Lawang Sewu itu artinya pintu seribu ya. Kenapa dinamakan Lawang Sewu? Karena memiliki jumlah pintu yang sangat banyak.

Sejarah Lawang Sewu tak lepas dari sejarah perkeretaapian di Indonesia lho. Lawang Sewu awalnya digunakan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api swasta Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). Makanya didalam gedung ini banyak dipajang sejarah-sejarah perkeretaapian di Indonesia.

Destinasi kedua saat di Semarang adalah Dusun Semilir Eco Park. Banyak spot foto yang instagramable di Dusun Semilir Eco Park. Oiya tempat wisata ini mengusung konsep alam yang dekat dengan pegunungan, jadi kalau kesini terasa sejuk. Harga tiket masuknya mulai Rp.30.000.

Transportasi di Semarang

Oiya yang aku suka ketika berkunjung ke Semarang adalah konektivitas transportasinya sudah cukup memadai. Kemarin saya keliling Semarang menggunakan bus trans Semarang. Harga tiketnya juga cukup terjangkau yakni Rp.3.500 saja hehe. Selain Trans Semarang, juga bisa menggunakan Trans Jateng, harga tiketnya Rp.4.000.


Solo

Setelah dari Semarang, kota selanjutnya adalah Solo. Dari semarang ke Solo bisa menggunakan bus atau travel. Tempat wisata pertama yang dikunjungi saat tiba di Solo adalah Museum Batik Danar Hadi. Ya, Solo memang terkenal dengan batiknya. Di Museum Batik Danar Hadi bisa melihat 1000 an batik yang dipajang disana. Harga tiket masuknya Rp.35.000. Oiya ini sudah termasuk biaya jasa tour guide nya ya.

Saat di Solo juga menyempatkan untuk main ke Pasar Gede. Aktivitas di Pasar Gede berjalan seperti biasa, tentu dengan menerapkan protokol kesehatan. Saat saya berkunjung ke Pasar Gede lumayan ramai masyarakat yang berlalu-lalang berbelanja untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Terlihat ketersediaan logistik juga aman. Nah yang nggak boleh ketinggalan saat ke pasar gede, beli jajanan khas sini dan sekalian sarapan nasi campur hehe.

Selanjutnya adalah mengunjungi Museum Keraton Surakarta. Harga tiket masuknya Rp.15.000 belum termasuk jasa tour guide ya. Nah di Museum ini terdapat banyak benda-benda budaya peninggalan Keraton Pakubuwono Solo. Pengunjung bisa keliling dan mengambil foto atau video.

Transportasi selama di Solo

Konektivitas transportasi di Solo sudah sangat bagus lho. Dan yang saya suka adalah bisa naik Batik Solo Trans untuk keliling Kota Solo secara gratis hehe. Iya gratis, udah gitu haltenya bagus dan bus nya sangat nyaman. Selain Batik Solo Trans, ada juga microlet atau angkot gitu, dan itu juga gratis. Jadi bisa keliling Kota Solo sepuasnya hehe.


Jogja

Oke, lanjut ke Jogja ya. Dari Solo ke Jogja saya menggunakan KRL dari Stasiun Solo Balapan. Oiya Stasiun Solo Balapan sudah terkoneksi langsung dengan Terminal Tirtonadi yang dihubungkan dengan Sky Bridge yang bagus. Selain itu, dari Stasiun Solo Balapan juga terintegrasi dengan KA Bandara lho. Jadi semakin mudah untuk kemana-mana hehe. Harga tiket KRL Solo-Jogja Rp.8.000.

Sampai di Jogja, saya memutuskan untuk mengunjungi Borobudur. Borobudur jadi destinasi wajib banget dikunjungi nih. Seneng banget saat ke Borobudur, pengunjungnya nggak terlalu ramai. Jadi bisa puas foto-foto tanpa ada orang berlalu-lalang hehe. Harga tiket masuknya Rp.50.000. Untuk menuju ke Candi Borobudur nya saya menggunakan Tayo, harga tiketnya Rp.20.000. Karena kalau jalan kaki lumayan jauh hehe.

Transportasi di Jogja

Transportasi di Jogja juga sudah tertata dengan bagus lho. Untuk keliling Kota Jogja bisa menggunakan Trans Jogja. Saat wisata ke Candi Borobudur, saya menggunakan Damri. Ya, sekarang sudah bisa naik Damri dari Jogja ke Borobudur lho. Harga tiketnya juga terjangkau yakni Rp.25.000. Oiya pool Damri nya ada di Hotel Limaran ya.

Setelah dari Candi Borobudur, saatnya ke Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) untuk flight ke Jakarta.. Oiya saya naik KA Bandara dari Stasiun Yogyakarya – Bandara YIA. Harga tiketnya Rp.20.000.  

Itu dia liburan seru 4D3N Joglosemar. Seneng banget bisa liburan 4D3N langsung ke tiga kota sekaligus hehe. Udah gitu konektivitas transportasinya juga udah oke, jadi liburan makin mudah. Nggak bingung-bingung lagi soal transportasinya hehe.

Oiya untuk tau keseruan Transmate Journey 2021, kalian bisa lihat di Instagram story saya di @bowosusilo94 ya. Dari mulai perjalanan awal sampai akhir saya buat story dan sudah saya highlight dengan nama JOGLOSEMAR. Atau bisa juga kepoin Instagramnya @transmateindonesia.

Salam sehat dan jangan lupa bahagia ya 😊




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar