Harap Hati-hati Modus Link Palsu dengan Tampilan BCA mobile

By Bowo Susilo - 17:19


Harap Hati-Hati Modus Link Palsu dengan Tampilan BCA mobile – Mungkin sebagian dari teman-teman pernah mengalami penipuan seperti modus link palsu yang jika diklik muncul tampilan BCA mobile? Jika tidak pernah mengalami penipuan tersebut maka bersyukurlah dan tetap terus waspada dengan segala modus penipuan yang menggunakan link. Emang bisa ya ketipu jika mengunjungi link sembarangan?

Tentunya, karena pas Aku baca berita ternyata banyak loh yang tertipu dengan modus dikirimi link. Enggak heran lagi sih, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin modern, maka berbagai kejahatan pun juga terus dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Makanya seiring dengan perkembangan teknologi, kita semua dituntut untuk bisa beradaptasi dengan baik. Supaya tidak ketinggalan informasi-informasi terupdate.

Sekarang ini perkembangan informasi berjalan begitu cepat dan mudah didapatkan dimana-mana. Hal ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk terus belajar. Karena belajar bisa dimana saja dan kapan aja. Dengan belajar itulah maka pengetahuan semakin luas dan tidak mudah tertipu dengan segala modus yang beredar di luaran sana.

Terkadang suka kesal dan sedih gitu kalau melihat orang yang kena tipu oleh orang-orang tidak bertanggungjawab. Apalagi kalau orang yang tertipu tersebut pas lagi susah dan membutuhkan uang tersebut untuk kebutuhan mendesak. Tapi kadang bingung juga, karena kita tau kan kalau masyarakat Indonesia tuh minat bacanya agak kurang. Jadi mudah untuk klik dan share berita yang belum jelas kebenarannya.

Dan inilah yang menjadi PR bersama untuk terus meningkatkan literasi digital kepada masyarakat luas. Biar makin banyak yang aware soal pentingnya membaca. Kalau literasi digital terus digaungkan dan masyarakat makin banyak yang minat baca, maka akan semakin sedikit pula yang berpotensi terkena tipu dengan modus kata-kata dan link palsu.


Modus Link Palsu dengan Tampilan BCA mobile

Baru-baru ini banyak masyarakat yang dihebohkan dengan adanya modus penipuan dengan menggunakan phishing atau link palsu. Jika di klik, akan muncul tampilan layar yang menyerupai BCA mobile. Sehingga banyak masyarakat terjebak mengira tampilan BCA mobile tersebut adalah asli. Tetapi kalau yang jeli, perbedaannya akan mudah dikenali dan langsung sadar bahwa itu adalah tampilan palsu aplikasi BCA mobile dan merupakan modus penipuan.

sumber: bca.co.id

Lagi-lagi, calon penipu memang selalu memiliki akal bulus untuk tetap bisa mengelabuhi calon korbannya. Sehingga tak sedikit yang masih tertipu juga dengan modus penipuan tersebut. Gimana sih kok masih ada aja yang tertipu? Oke langsung saja kita bahas detail modusnya seperti apa.

Awalnya nasabah mendapat telepon dari nomor yang mirip Halo BCA, 1500888 tetapi diawali 021, +62, dan lain sebagainya. Nah orang tersebut (calon penipu) mengaku sebagai petugas Halo BCA dan melakukan manipulasi psikologis pada calon korban. Contohnya, mengatakan bahwa di rekening nasabah ada transaksi mencurigakan, ada pembelian pulsa sebesar Rp 5 juta.

Ketika mendengar kabar ini nasabah tentunya akan panik dan merasa tidak melakukan transaksi tersebut. Awal kepanikan inilah yang akan berbahaya kedepannya, karena kalau sudah panik, otak tidak bisa berpikir dengan tenang dan berpikir kritis. Kalau sudah panik maka timbulah rasa tergesa-gesa.

Setelahnya, calon penipu melanjutkan aksinya yakni menawarkan bantuan pembatalan transaksi dan pemblokiran secara online di BCA mobile melalui link yang dikirimkan lewat SMS. Contoh link-nya seperti ini: https://link-block.online/bank-bca/. Dan parahnya adalah link palsu tersebut menyerupai tampilan BCA mobile.

Kalau sudah klik link ini, maka calon korban disuruh mengisi data-data pribadi perbankan seperti nomor kartu ATM, PIN dan kode OTP. Dalam kondisi panik, hal ini pun akan sangat mungkin dilakukan oleh calon korban.


Lalu Bagaimana Cara Menghindari Modus Penipuan dengan Link Palsu?

Agar terhindar dari modus penipuan dengan menggunakan link palsu, teman-teman harus ingat kontak resmi BCA. Dengan begitu akan sangat mudah membedakan mana yang palsu dan mana yang benar. Berikut adalah tipsnya :

  1. Nomor telepon resmi Halo BCA : 1500888. Ingat, nomor telepon resmi Halo BCA tanpa awalan 021, +62, dan lain sebagainya. Selain itu dapat dipastikan nomor tersebut adalah palsu.
  2. Jangan menyimpan nomor Halo BCA di kontak smartphone, agar nomor dapat terlihat jelas.
  3. Nomor WhatsApp resmi BCA > 08111500998. Ada tanda centang hijau di samping nomor atau nama kontak, bukan di dalam profile picture. Jika berbeda nomor atau tidak ada ciri tersebut, dapat dipastikan itu adalah WhatsApp palsu.

Jika mendapatkan phishing atau link palsu, maka lakukan beberapa tips berikut ini:

  1. Harap tenang dan jangan cepat panik/senang jika menerima informasi yang membuat kamu cemas / bahagia, baik melalui SMS atau sarana apapun dari pihak manapun, pahami dulu situasinya.
  2. Jangan mudah terpancing untuk meng-klik link apapun yang dikirimkan melalui sarana apapun, termasuk link yang menyerupai tampilan BCA mobile, karena tujuan si pelaku ini agar kamu memberikan data pribadi perbankan.
  3. Pastikan akses melalui aplikasi BCA mobile, bukan melalui klik link apapun, apalagi dapat link yang mencurigakan.
  4. Yang perlu diingat, kode OTP (One Time Password) digunakan untuk bertransaksi online, bukan kode promo/Pembebasan iuran tahunan/pembatalan transaksi/blokir kartu kredit/kenaikan limit/alasan lainnya.
  5. Selalu menjaga kerahasiaan data pribadi seperti No Kartu, PIN, CVV/CVC, OTP dan lain-lain.
  6. Jangan sekali-kali memberikan data pribadi ke siapapun melalui sarana apapun.

Semoga kita semua selalu dijauhkan dengan yang namanya modus penipuan seperti ini. Tapi ketika mendapatkan modus penipuan seperti ini, jangan sampai panik dan jangan mudah terkecoh. Rajin membaca dan perbanyak pengetahuan agar tidak mudah tertipu.

Informasi selengkapnya cek di sini.

Salam,




  • Share:

You Might Also Like

10 komentar

  1. Serem ya, modus penipuannya sekarang semakin canggih, dan korban dengan cara ini jumlahnya juga lumayan banyak. Apalagi nasabah yang belum melek teknologi. Tapi setuju, saat kejadian jangan panik dan segera laporkan dgn menjelaskan kronologinya, pasti pihak bank akan memberikan solusi yg terbaik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak, makanya serem banget kalau mereka yang belum aware soal penipuan kekgini. Kudu lebih waspada dan selalu cek berkali-kali. Dan kuncinya jangan panik. Semoga makin banyak yang aware dan nggak kena tipu ya.

      Delete
  2. Buset modusnya parah banget ya, sekarang harus lebih hati-hati lagi kalo penipuan seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, udah banyak banget penipuan kekgitu. Lebih hati-hati dan jangan panik.

      Delete
  3. Pernah denger juga kasus kaya gini dari temanku. Sekarang emang harus hati-hati banget sih, banyak modus penipuan kaya gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, lagi ramai banget penipuan kekgini. Makanya harus aware dan lebih waspada lagi.

      Delete
  4. Perlu waspada nih yg terpenting kita hatus tau nih website dan akun resmi bank, serta no call centernya jadi bisa hati2 jika menerima WA atau panggilan telp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget. Harus dobel cek kalau memang masih ragu. Jangan mudah percaya.

      Delete
  5. Hiks ada aja modus penipuan ya. Apalagi tampilan bca mobile mirip banget sama aslinya:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups bener banget. Makanya harus lebih hati-hati, jangan mudah percaya, dan jangan panik.

      Delete