Wisata Baru di Ancol, Jakarta Bird Land

By Bowo Susilo - 19:02


 

Wisata Baru di Ancol, Jakarta Bird Land – Yeaaaay sebentar lagi libur nataru nih teman-teman, sudah ada agenda liburan kemana aja nih? Jujur excited banget ya kalau menjelang liburan tuh, karena ini menjadi kesempatan untuk healing sejenak agar makin fresh lagi. Apalagi nih ya, sekarang kan sudah mulai bebas kemana-mana, jadi makin semangat dong untuk liburan.

Tapi tetap ya teman-teman, terapkan protokol kesehatan. Ya karena memang belum benar-benar bebas dari pandemi. Jadi pakai masker diberbagai tempat liburan tetap dijalankan dengan baik. Karena lagi-lagi mencegah akan lebih baik daripada mengobati. Tapi boleh banget sih kalau pas lagi foto-foto mau lepas masker gitu, biar kelihatan mukanya tampak bahagia hehe.

Oke ngomongin menyambut liburan nataru nih ya, biasanya teman-teman sering berlibur kemana nih? Liburan kea lam, pantai, atau tempat-tempat rekreasi lainnya. Semuanya memang bagus dan tergantung selera masing-masing ya, dan sesuaikan dengan budget juga pastinya. Semakin banyak budget maka semakin mudah menentukan pilihan tempat untuk berlibur hehe.


Wisata baru di Ancol, Jakarta Bird Land resmi dilaunching

Nah Aku ada kabar gembira nih buat teman-teman khususnya warga Jabodetabek. Ada tempat wisata baru di Ancol yang baru saja dilauching beberapa hari lalu, namanya Jakarta Bird Land. Jakarta Bird Land resmi dilaunching pada tanggal 5 November 2022. Teman-teman ada yang tau enggak nih setiap tanggal 5 November diperingati sebagai hari apa?

Setiap tanggal 5 November diperingati sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional. Nah itulah salah satu alasan Jakarta Bird Land dilaunching bersamaan dengan tanggal tersebut. Nah pada launching kali ini, Ancol berkolaborasi dengan Jakarta Birdwatcher Society serta mengundang komunitas Teens Go Green Indonesia, Kids Birdwatcher dan juga siswa sekolah binaan yaitu Sekolah Rakyat Ancol.


Ada apa saja sih di Jakarta Bird Land?

Jakarta Bird Land (JBL) memiliki luas kurang lebih 6.000 m2 yang terbagi dalam 6 kawasan yaitu American Macaw Area, Indonesian Cockatoo, Hornbill Family, Aviary Exhibit, Water Bird, dan Free Range Bird Area. JBL merupakan rumah dari ratusan ekor burung dari berbagai jenis. Jadi buat wisatawan bisa melihat kehidupan burung lebih dekat disini.

Dan salah satu area yang paling menarik menurutku adalah Sky Bridge dimana wisatawan bisa melihat lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan burung-burung yang sedang terbang bebas dan hinggap di dalam area aviary. Yang enggak kalah penting ialah taman burung ini didesain semirip mungkin dengan habitat asli para burung-burung penghuninya. Jadi kenyamanan burung benar-benar sangat diperhatikan.

Teman-teman bisa menjumpai beberapa jenis burung antara lain kakatua jambul kuning, kakatua alba, kakatua raja, burung macaw, bebek mandarin, rangkong dan merak biru. Nah salah satu jenis yang paling unik yaitu Elang Laut Dada Putih. Burung ini memiliki habitat alami di Pulau Bidadari Kepulauan Seribu dan berkembang biak di sana. Sekarang enggak perlu jauh-jauh ke Kepulauan Seribu, karena bisa dijumpai di JBL Ancol.

Oiya ada juga Jalak Bali yang merupakan burung endemik Indonesia dan salah satu jenis yang statusnya terancam punah. Tim Konservasi Ancol telah fokus menjalankan program ini sejak 2021 dan telah berhasil menghasilkan anakan yang semuanya kini telah menghuni Jakarta Bird Land. Menariknya ada juga #KawanJagaLangit yaitu Angkasa, Langit, Dirga, Cakra dan Inggi. Dan 5 Karakter ini memiliki keunikan masing-masing yang siap mendampingi dan memeriahkan petualangan semua wisatawan di JBL.





Oiya para wisatawan juga bisa memberi makanan burung-burung di JBL lho. Tentunya dengan pendampingan para petugas ya. Dan yang enggak boleh ketinggalan ialah sekalian ajak foto bersama tuh burung hehe. Dan semua itu bisa teman-teman dapatkan secara gratis. Selain itu juga banyak spot instagramable lho seperti jembatan kaca, jembatan gantung, view air terjun, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Wisatawan JBL juga bisa menyaksikan mini show yang mengusung konsep fun education. Dijamin puas deh kalau berlibur ke JBL. Liburan makin asik kalau bareng teman atau keluarga tercinta. Karena ramean tuh lebih seru hehe.

Untuk harga tiketnya juga cukup terjangkau kok yakni mulai dari Rp60.000. Dan kabar baiknya JBL buka setiap hari lho. Untuk informasi lebih lanjut teman-teman bisa langsung kepoin instagramnya @jakartabirdland ya!

Selamat berlibur, jangan lupa bahagia 😊



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar