Pentingnya Melakukan Transisi Energi Untuk Bumi

By Bowo Susilo - 20:48


Pentingnya Melakukan Transisi Energi Untuk Bumi – Halo gengs, gimana kabarnya? Semoga selalu diberikan kesehatahan dan dilancarkan segala urusannya ya, Aamiin. Belakangan ini suka ngerasa nggak sih kalau cuaca tuh sedang nggak menentu. Kadang panas dan kadang pun hujan. Nah cuaca yang tidak menentu ini salah satunya ya akibat perubahan iklim yang terus terjadi.

Apakah alam ini sedang tidak baik-baik saja? Tapi memang iya sih sekarang ini selimut polusi terjadi dimana-mana terutama di kota besar seperti Jakarta. Yups, selimut polusi memang terus terjadi dan tentu banyak banget nih penyebabnya. Beberapa diantaranya ialah kurangnya penghijauan, banyaknya kendaraan yang tidak ramah lingkungan, banyak sampah dimana-mana, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Apa Sih Transisi Energi

Tanggal 25 November 2022 Aku berkesempatan mengikuti webinar yang membahas tentang “Transisi Energi dan Selimut Polusi”. Mungkin masih ada yang belum tau nih transisi energi itu bagaimana ya? Jadi, transisi energi yaitu upaya mengurangi penggunaan energi fosil dengan energi non fosil yang rendah polusi dan emisi gas rumah kaca.


Kita tau bahwa di Indonesia sendiri khususnya di kota-kota besar masih banyak yang menggunakan kendaraan yang tidak ramah lingkungan. Sehingga selimut polusi terus terjadi. Dan ini harus menjadi perhatian bersama, bukan hanya perhatian pemerintah saja namun seluruh masyarakat memiliki andil yang sangat penting saol ini. Kalau bukan kita yang menjaga bumi ya siapa lagi.

Kapan Transisi Energi Perlu Dilakukan

Kalau ditanya kapan transisi energi perlu dilakukan, yang pasti lebih cepat lebih baik sih. Karena dengan dilakukannya transisi energi ini maka selimut polusi akan bisa teratasi dengan secara perlahan. Makanya ini harus terus digencarkan untuk semua pihak terkait dan seluruh masyarakat agar makin aware dan bisa melakukan transisi energi dengan cepat.


Transisi energi diperlukan untuk mengikis selimut polutan (efek GRK) yang menyelimuti atmosfer bumi untuk mencegah timbulnya bencana lingkungan. Kalau transisi energi tidak segera dilakukan tentu dampaknya akan sangat buruk terhadap bumi ini. Karena semakin tahun semakin banyak pula populasi di bumi ini, dengan begitu ancaman selimut polusi pun akan terus terjadi. Dan kalau penghuni bumi ini tidak ada yang aware dengan masalah ini maka akan sangat berbahaya bukan.

FYI nih gengs, perubahan iklim bukan hanya terjadi di Indonesia saja lho tetapi sudah banyak terjadi di belahan dunia. Dan ini menjadi ancaman bencana lingkungan global. Jadi bukan hanya menjadi masalah Indonesia saja nih, seluruh dunia pun harus memikirkan terkait hal ini. Makanya semua harus kompak dan kolaborasi sangatlah diperlukan.

Yuk sama-sama jaga bumi agar tetap lestari!



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar