Yuk Turut Berpartisipai Menjaga Hutan untuk Masa Depan Cemerlang

By Bowo Susilo - 16:10


Ketika mendengar kata hutan, apa yang terbesit difikiran teman-teman semua? Hutan itu lebat, pohon, lestari, hijau, dan lain sebagainya. Nggak ada yang salah, semuanya benar. Bahkan nggak hanya itu aja lho, kalau sudah ngomongin hutan itu artinya sudah mencakup semuanya yakni keanekaragaman hayati. Yups, hutan itu bukan hanya sekumpulan pohon saja. Namun didalam hutan terdapat banyak flora, fauna, udara, wisata, energi, air, budaya, dan masih banyak lagi.

Dalam kehidupan sehari-hari semua orang tuh bergantung pada hutan untuk keberlangsungan hidupnya. Makanya keberadaan hutan sangat penting dan harus dijaga kelestariannya. Jangan sampai enggak aware untuk menjaga hutan, karena kasihan generasi yang akan datang bakal merasakan dampak yang luar biasa. Untuk turut berpartisipasi menjaga hutan bisa dimulai dari diri sendiri.


Mengapa sih perubahan iklim bisa terjadi

Perubahan iklim bisa dengan cepat terjadi karena makin banyaknya aktivitas manusia. Nah beberapa aktivitas manusia yang menyebabkan perubahan iklim diantaranya sebagai berikut:

  • Kerusakan hutan akibat kebakaran atau alih fungsi lahan hutan
  • Transportasi berbahan bakar fosil
  • Pembangkit listrik dari bahan bakar fosil
  • Peralatan sehari-hari yang menggunakan CFC

Kenapa Kita Harus Berpartisipasi Untuk Menjaga Hutan

Keberadaan hutan sangat penting bagi kehidupan sehari-hari, oleh karena itu kita semua harus turut berpartisipasi untuk menjaga hutan. Beberapa manfaat hutan diantaranya sebagai berikut:

  • Mengatur siklus air
  • Mencegah banjir
  • Mencegah kekeringan
  • Mencegah erosi dan longsor
  • Menghasilkan oksigen
  • Menyerap karbondioksida

Oiya berapa sih jumlah masyarakat yang hidup di dalam atau sekitar hutan? Tentu tak sedikit masyarakat Indonesia yang hidup berdampingan langsung dengan hutan. Ada 48,8 juta jiwa penduduk tinggal di kawasan hutan, dan 70 juta masyarakat adat se-Indonesia, yang secara turun menurun senantiasa hidup harmonis bersama hutan dan alam.

Bayangkan jika hutan tidak dilindungi dengan baik, maka akan banyak terjadi masalah dalam kehidupan manusia. Oleh sebab itu ada banyak larangan agar tidak menebang hutan sembarangan. Pemerintah maupun swasta sering mengadakan kegiatan penanaman pohon sebagai aksi nyata dalam melestarikan hutan. Karena menjaga hutan adalah menjadi tanggung jawab bersama.

Kewajiban menjaga dan melestarikan hutan bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah, swasta, Indonesia, tapi dunia juga memiliki kewajiban untuk bersama-sama menjaga hutan. Pada tahun 2015, negara-negara yang tergabung dalam UNFCCC menyepakati Persetujuan Paris atau Paris Agreement. Persetujuan Paris adalah sebuah perjanjian internasional yang bertujuan untuk menahan kenaikan suhu bumi agar tidak melampaui 2 derajat Celcius, bahkan idealnya 1,5 derajat Celcius saja, pada akhir abad ini dibandingkan suhu era pra-industrial. Komitmen dunia saat ini masih akan membawa dunia pada kenaikan suhu 2,4 derajat Celcius di 2100.


Lalu, apa yang bisa kita lakukan bersama-sama untuk menjaga dan melestarikan hutan

Untuk dapat berpartisipasi dalam menjaga dan melestarikan hutan, bisa dimulai dari diri masing-masing. Dari hal-hal kecil jika dilakukan dengan sering dan bersama-sama maka akan memiliki dampak yang besar juga. Berikut beberapa hal yang bis akita lakukan secara bersama-sama untuk menjaga dan melestarikan hutan:

  1. Dukung aksi perlindungan hutan disekitar teman-teman
  2. Selalu gunakan barang-barang yang ramah lingkungan
  3. Menolak kebijakan yang berbahaya untuk lingkungan
  4. Ikut serta berkolaborasi dan beraksi melawan krisi iklim
  5. Memilih pemimpin yang bisa membuat kebijakan perlindungan lingkungan


Beruntung banget Aku dan teman-teman blogger lainnya bisa turut berpartisipasi dalam mendukung pelestarian hutan dan cintai lingkungan dengan mengikuti ECO Blogger Squad. Disini kami bisa terus belajar soal isu-isu lingkungan dan hutan serta bagaimana menjaga dan melestarikannya. Lakukan hal sekecil apapun maka nantinya akan berdampak besar.

Yuk jaga lingkungan dan lestarikan hutan dengan baik agar masa depan cemerlang!

Salam lestari,


 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar