Aksi Peduli Lingkungan Dengan Melakukan Penanaman 1000 Bibit Mangrove di Pulau Tidung Besar

By Bowo Susilo - 23:31


Halo teman-teman semua, gimana kabarnya? Semoga senantiasa diberikan kesehatan dan dilancarkan segala urusannya ya, Aamiin.

Ngomongin soal lingkungan, apa yang pertama kali terbesit di fikiran teman-teman nih? Kalau Aku pribadi langsung kepikiran bersih dan lestari. Lingkungan harus terus dijaga dengan baik dengan berbagai kegiatan salah satunya adalah dengan melakukan penanaman bibit mangrove yang dilakukan oleh Yayasan Mangrove Indonesia Lestari.

Siapa nih diantara teman-teman yang sudah pernah melakukan aksi peduli lingkungan dengan melakukan penanaman bibit mangrove? Kegiatan seperti ini tuh sangat menyenangkan apalagi kalau dilakukan secara bersama-sama dan melibatkan komunitas serta relawan. Jadi makin semangat gitu untuk menjaga lingkungan dan keseimbangan alam sekitar pantai.

Oiya ngomongin soal hutan mangrove, teman-teman sudah paham belum nih? Jadi, hutan mangrove ialah ekosistem hutan daerah pantai yang memiliki ciri akar menyembul ke permukaan. Keberadaan hutan mangrove tuh sangat penting lho, makanya sering banget kan denger kegiatan menanam bibit mangrove yang dilakukan oleh Yayasan, Pemerintah, Swasta, Komunitas pecinta alam, dan lain sebagainya.

Komunitas Mangrove Jakarta Melakukan Penanaman 1000 Bibit Mangrove di Pulau Tidung Besar

Sabtu 09 Maret 2022, Komunitas Mangrove Jakarta dibawah naungan Yayasan Mangrove Indonesia Lestari melakukan penanaman 1000 bibit pohon mangrove. Kegiatan menanam pohon mangrove ini dilakukan di sepanjang garis pantai Pulau Tidung Besar, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Aksi peduli lingkungan ini juga didukung oleh Pusat Budidaya dan Konservasi Laut Dinas Ketahanan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, BEM FT UI, KAPA UI dan juga komunitas Bloggercrony serta mengajak beberapa mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor dan tim sukarelawan dari Yayasan Mangrove Indonesia Lestari terjun langsung untuk melakukan penanaman. Karena semakin banyak yang terlibat maka dampaknya pun juga akan semakin besar.

Sebelum melakukan penanaman bibit pohon mangrove para peserta juga diberikan edukasi nih soal manfaat dan jenis mangrove serta gimana cara melakukan penanamannya oleh Bayu Pamungkas selaku co-founder dari Yayasan Mangrove Indonesia Lestari.

Nggak hanya melakukan penanaman bibit mangrove saja, seluruh peserta yang dibantu oleh tim kebersihan juga membersihkan sampah di seluruh area pinggir pantai di Pulau Tidung Besar.  Kegiatan dilakukan dalam mendukung pemerintah melestarikan hutan mangrove untuk menjaga keseimbangan alam dalam mengantisipasi adanya abrasi dan bencana tsunami di wilayah sepanjang pantai Tidung.

Fazhur R. Launuru selaku Ketua Divisi Mangrove dan Tanaman Pantai PBKL, juga menyampaikan penanaman pohon mangrove ini bisa menjadi cikal bakal destinasi wisata alam yang indah. Fazhur juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh team yang telah ikut secara sukarela untuk mendukung sepenuhnya dalam penyelenggaraan acara Program I Plant Mangrove ini.


Dalam aksi penanaman 1000 bibit pohon mangrove juga dihadiri oleh Paundra Hanutama selaku Founder Yayasan Mangrove Indonesia Lestari. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa “Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, kami berkomitmen menanam bibit mangrove secara rutin di Pulau Tidung. Kami berharap apa yang dilakukan ini dapat menjaga keseimbangan lingkungan dan mengantisipasi adanya bencana lingkungan”.

Mengapa Penanaman Bibit Mangrove Penting Untuk Dilakukan?

Pohon mangrove memiliki fungsi yang penting di Bumi ini. Kita tau bahwa hutan merupakan paru-paru dunia yang fungsinya tuh sangat vital dalam berbagai hal. Contoh yang sederhana adalah hutan sebagai penetralisir udara yang ada di Bumi. Apalagi seiring dengan perkembangan zaman, makin banyak pembangunan dimana-mana yang bisa menyebabkan pengurangan hutan. Dan banyaknya aktivitas manusia bisa menyebabkan pencemaran udara lho. Selain aktivitas manusia, pencemaran udara tuh juga bisa terjadi dari sumber-sumber alami.

Beberapa hal yang bisa mencemari udara diantaranya asap kendaraan bermotor, limbah asap industri atau pabrik, kegiatan pertambangan, dan masih banyak lagi. Nah untuk menetralisir polusi udara yang terus tercemari ini maka dilakukanlah penghijauan salah satunya penanaman bibit mangrove.


Makanya, yuk sama-sama jaga bumi dan terus lakukan penghijauan ya teman-teman, agar lingkungan tetap sehat dan lestari!

Salam,



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar