Sanitasi Aman Harus Dimulai Sekarang Juga, Yuk Simak Caranya

By Bowo Susilo - 06:54



Hai teman-teman semua.. Apa kabar kalian semuanya? Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan ya, Aamiin.

Bicara soal kebersihan memang topik yang sangat penting dan tentunya harus diketahui semua orang ya guys. Nah kali ini saya mau bahas soal kebersihan khususnya tentang Sanitasi. Berbicara soal Sanitasi sering kali dianggap “urusan belakang”. Tetapi sanitasi sangatlah penting dan tentunya harus diterapkan sekarang juga. 

Nah ngomong-ngomong soal sanitasi, saya pribadi awalnya juga kurang begitu paham betul ya (hanya sekedar tahu saja). Beruntung banget saya mendapatkan kesempatan ungtuk menghadiri acara kumpul blogger dan membahas sanitasi aman. Tentu saya sangat excited untuk mengikuti acara ini, karena masalah sanitasi saya anggap sangat serius dan patut untuk diketahui secara jelas.

Tanggal 19 November 2019 saya dan teman-teman blogger berdiskusi soal sanitasi bersama USAID IUWASH PLUS dan PD PAL JAYA. Acara ini berlangsung di Comic Café, Tebet, Jakarta Selatan. Antusiasme para blogger dan juga vlogger pun luar biasa loh. Mereka juga semangat banget untuk dapat mengetahui lebih jauh soal sanitasi aman itu seperti apa.


Acara dibuka oleh Ibu Alifah Sri Lestari selaku Deputy Chief of Party USAID IUWASH PLUS. Senang banget dengan MC ibu ini, karena pembawaannya yang semangat dan pintar banget menghidupkan suasana. Sehingga teman-teman pun juga ikut semangat menyimak materi dengan baik sampai dengan selesai.

Nah saat sesi talkshow soal “Sanitasi Aman, Mulai Kapan”? Turut hadir Ibu Ika Fransisca selaku Advisor Bidang Pemasaran dan Perubahan Perilaku USAID IUWASH PLUS. Beliau banyak bercerita soal bagaimana cara mengubah mindset seseorang untuk bisa menerapkan sanitasi aman. Kenapa harus demikian? Karena masih banyak lho masyarakat yang kurang aware dengan sanitasi aman. Banyak yang cuek dan banyak juga yang belum paham soal pentingnya sanitasi aman.

Contohnya di Ibukota Jakarta, masih banyak masyarakatnya yang tidak menerapkan sanitasi aman. Nah hal ini perlu adanya edukasi kepada masyarakat agar paham betul masalah sanitasi dan mau menerapkannya. USAID IUWASH PLUS terus memberikan pemahaman soal sanitasi kepada masyarakat. Nah salah satunya adalah dengan cara mengadakan gathering seperti ini. Semuanya harus bersinergi untuk menyebarkan informasi penting soal sanitasi ini.

USAID IUWASH PLUS merupakan program berdurasi lima setengah tahun yang dirancang untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam meningkatkan akses air minum dan layanan sanitasi serta perbaikan perilaku hygiene bagi masyarakat miskin dan kelompok rentan di perkotaan. USAID IUWASH PLUS tentu tidak sendirian ya guys, melainkan bekerja sama dengan banyak pihak diantaranya instansi pemerintah, pihak swasta, LSM, kelompok masyarakat, dan juga mitra lainnya guna mencapai hasi yang maksimal.

Nah capaian yang dimaksud diantaranya peningkatan sebanyak 1.100.000 juta penduduk perkotaan mendapatkan akses kualitas layanan air minum yang layak. Kemudian, peningkatan sebanyak 500.000 penduduk perkotaan yang mendapatkan layanan sanitasi aman. 

Hadir juga DR. Subekti SE.,MM selaku Direktur Utama PD PAL JAYA. Bagi yang belum tahu, PD PAL JAYA adalah perusahaan daerah milik Pemprov DKI Jakarta yang bergerak di bidang jasa layanan pengelolaan air limbah sistem perpipaan, jasa layanan pengelolaan air limbah sistem setempat, dan layanan lumpur tinja terjadwal (LLTT). PD PAL JAYA berusaha terus dalam memberikan layanan terbaiknya untuk masyarakat, khususnya DKI Jakarta. Karena masalah pengelolaan air memang masalah yang sangat serius. Apalagi soal sanitasi, tentu tidak kalah pentingnya. 

Dalam kesempatan ini, hadir juga Ibu Zaidah Umami selaku Bidang Kesehatan Lingkungan, Puskesmas Kecamatan Tebet. Beliau banyak menyampaikan soal kesehatan di masyarakat. Seperti bagaimana hidup sehat dan menjelaskan begitu pentingnya untuk hidup bersih dan sehat. Hidup bersih harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 



Nah setelah selesai sesi talkshow, para blogger dan vlogger diajak untuk melakukan kunjungan lapangan ke Tebet Timur RW 08. Kunjungan ini tentunya untuk melihat langsung proses sanitasi aman yang sudah diterapkan dengan baik di RW 08.



Saya pribadi melakukan kunjungan seperti ini baru pertama kalinya. Ternyata masyarakat perkotaan banyak juga yang sudah aware soal sanitasi da nada juga yang cuek soal sanitasi aman. Nah di RW 08 ini, banyak juga lho yang sudah menerapkan sanitasi aman. Tentunya yang baik seperti ini harus terus ditingkatkan, agar masyarakat yang belum menerapkan sanitasi aman bisa termotivasi.




Saat kunjungan lapangan kemarin, saya juga menyaksikan langsung proses sanitasi aman itu seperti apa. Nah proses sanitasi aman itu diantaranya sebagai berikut:

  • Toilet harus tersambung dengan tangki septik

  • Penyedotan tangki septik skala individual dan skala komunal

  • Pengankutan lumpur tinja (terjadwal dan tidak terjadwal)

  • Pembuangan/pengolahan lumpur tinja

Nah untuk bisa menerapkan sanitasi aman. Yang harus dilakukan oleh pelanggan adalah sebagai berikut:

  • Memiliki tangki septik yang kedap sesuai dengan SNI

  • Mengetahui letak lubang penyedotan

  • Terdaftar pada layanan LLTT

Masyarakat tentu harus aware dengan masalah sanitasi aman ini demi kenyamanan dan kebersihan lingkungan juga. Masayarakat harus meninggalkan kebiasaan yang dapat mencemari lingkungan seperti BAB sembarangan (dikebun, disungai), penggunaan jamban leher angsa tanpa tangki septik, penggunaan tangki septik tidak kedap, dan lain sebagainya.


Jadi, mulai sekarang yuk lakukan sanitasi aman!

Karena Kebersihan adalah Sebagian Dari Iman :)






  • Share:

You Might Also Like

0 komentar