* *
BREAKING

Sunday, 25 August 2019

Cintai Lingkungan dan Kesehatan Tubuh dengan Berjalan Kaki Setiap Hari


Sudahkah teman-teman semua berjalan kaki hari ini?

Ya, berjalan kaki itu penting banget loh untuk terus dilakukan setiap harinya. Karena banyak banget manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Tentunya bukan hanya itu saja, dengan berjalan kaki itu artinya teman-teman sudah cinta akan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. 

Kepedulian terhadap lingkungan agar tetap bersih dan nyaman tentunya sangat diperlukan. Mengingat saat ini polusi udara di Ibukota Jakarta semakin buruk. Tentunya bukan hanya Jakarta saja ya, menjaga lingkungan tetap harus dilakukan diseluruh wilayah. 

Saya pribadi memang sudah terbiasa jalan kaki untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Kalau masih bisa ditempuh dengan berjalan kaki, kenapa harus menggunakan kendaraan hehe. Ya tentunya lihat-lihat kondisi dan juga jarak suatu tempat ya, bukan berarti jarak yang cukup jauh dan harus ditempuh dengan berjalan kaki. 


Saya terbiasa menggunakan kendaraan umum untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Apalagi pekerjaan saya yang mengharuskan kesana kemari pindah tempat untuk sebuah acara. Memilih transportasi umum adalah suatu pilihan yang tepat bagi saya. 

Dengan menggunakan fasilitas transportasi umum tentunya kita sudah turut andil mengurangi kemacetan. Jakarta terkenal banget dengan macetnya, apalagi waktu pas jam pulang kerja. Woooooow jangan dibilang lagi deh, sudah pasti harus menghabiskan waktu berjam-jam diperjalanan. 


Saat ini pemerintah terus meningkatkan pelayanan transportasi bagi masyarakat untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Transportasi yang bisa dipilih masyarakat diataranya MRT, Trans Jakarta, KRL, LRT, Angkutan Umum, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya pilihan moda transportasi di Ibukota Jakarta, diharapkan masyarakat untuk bisa berpindah dari kendaraan pribadi dan mulai menggunakan transportasi umum. Tentunya untuk mengurangi kemacetan di Ibukota Jakarta.

Biasakan jalan kaki setelah menggunakan transportasi umum

Mengapa harus menggunakan transportasi umum? Menggunakan transportasi umum tentu lebih baik, karena bisa mengurangi polusi udara. Ya, banyaknya masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi seperti motor, mobil, membuat polusi udara semakin buruk. Itu artinya, kita harus sama-sama mengurangi polusi tersebut dengan cara beralih menggunakan transportasi umum.

Setelah menggunakan transportasi umum untuk menjangkau tempat yang dituju, alangkah baiknya membiasakan dengan berjalan kaki. Ya, saat ini hampir semua tempat (kantor-kantor) sudah dilalui kendaraan umum, dan cukup dilanjutkan dengan berjalan kaki. Berjalan kaki selalin membuat tubuh sehat tentunya juga salah satu mengurangi polusi udara loh. 

Manfaat jalan kaki bagi kesehatan

Manfaat berjalan kaki bagi kesehatan tentunya sangat banyak ya, diantaranya adalah:
  • Jalan kaki setiap hari bisa mengurangi resiko stroke 20-40%
Ada yang baru tau, soal manfaat berjalan kaki yang satu ini hehe. Ya, saya pribadi baru tau hehe. Saat ini penyakit bermacam-macam sangat mudah menyerang manusia baik muda hingga tua. Malah sekarang ini banyak juga loh yang masih muda dan terkena stroke. Tentunya itu harus kita jaga bersama ya, jangan sampai deh terkena penyakit tersebut. Makanya kita harus menjaga kesehatan dengan baik. Naj jika sudah menjaga kesehatan dengan baik dan tetep terkena, ya itu sudah takdir ya. Namun jika tidak menjaga sama sekali, tentu akan sangat mudah terkena penyakit-penyakit yang tidak diinginkan.
  • Kreativitas seseorang meningkat 60% saat berjalan kaki
Nah kan, siapa sangka dengan berjalan kaki ternyata bisa meningkatkan kreativitas loh. Sesimpel ini kan, ternyata hal-hal yang dapat dilakukan dengan mudah bisa mendatangkan manfaat yang begitu luar biasa. Tapi memang bener sih, dengan berjalan kaki itu artinya akan semakin banyak ide-ide yang bermunculan yang ada disekitar kita saat melakukan perjalanan. Jadi gak boleh untuk berjalan kaki.


Oiya kemarin aku juga berkesempatan untui ikut Kampanye Jalan Hijau yang diadakan oleh BPTJ. Tentunya saya excited banget ikut acara ini. Tujuan diadakannya kampanye ini adalah untuk mengajak masyarakat untuk dapat membiasakan menggunakan kendaraan umum dan melanjutkan dengan berjalan kaki setiap hari. 

Kampanye ini mengambil tema #JalanHijau. Emang bisa ya, dengan berjalan kaki semua jadi hijau hehehe. #JalanHijau artinya apabila masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum dan dilanjutkan dengan berjalan kaki, tentunya itu lebih ramah lingkungan dong. 

Nah ramah lingkungan (hijau) sangat diperlukan untuk menjaga kelestarian lingkungan. #KalauDekatJalaninAja, jadi gak perlu naik kendaraan pribadi lagi. Siapa tau dengan berjalan kaki bisa juga bertemu dengan jodoh (bagi yang jomblo, hehehehehe

Oiya hampir lupa, teman-teman bisa ikutan kompetisi bikin video saat berjalan kaki dan upload ke Instagram Story loh. Bakal ada hadiah menarik yang sudah dipersiapkan untuk kalian semua. Berikut adalah posternya:



Oke, semoga kita semua semakin semangat untuk berjalan kaki ya :) 






About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT