BREAKING

Minggu, 30 Oktober 2016

Semangat Hari Blogger Nasional Bersama Serempak

Para Narasumber Foto Bersama Setelah Acara Selesai (Foto: Bowo Susilo)
Kamis, 27 Oktober 2016 para blogger Indonesia merayakan Hari Blogger Nasional. Nah tahun ini saya merayakan Hari Blogger Nasional bersama Serempak. Serempak adalah sebuah portal interaktif yang memberikan fasilitas diskusi (media komunikasi) terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang dipandu oleh pakar-pakar dibidang pemverdayaan perempuan dan anak.

Dengan adanya serempak tentu akan membantu masyarakat untuk mengetahui informasi-informasi seputar pengembangan dan pemberdayaan masyarakat serta perlindungan anak yang berbentuk kepemerintahan dan non pemerintah. Dalam acara gathering kali ini, serempak mengusung tema "The Power of Content". Dalam sambutannya, Ibu Ratna selaku perwakilan dari KPPPA menyampaikan, Terimakasih kepada seluruh blogger yang sudah mendukung KPPPA untuk dapat menyebarkan informasi-informasi positif seputar perempuan dan anak. 

Ibu Ratna Saat Menyampaikan Sambutannya (Foto: Bowo Susilo)
Belakangan ini banyak sekali kekerasan yang terjadi pada perempuan dan anak. Hal ini tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja. KPPPA akan terus berusaha untuk mengakhiri kekerasan yang terjadi pada perempuan dan anak. Langkah-langkah ini tentu membutuhkan dukungan langsung dari masyarakat untuk membantu pemerintah dalam menghentikan kekerasan pada perempuan dan anak, tambah Ibu Ratna.

Martha Simanjuntak. SE. MM (Ketua Pokja Serempak & Founder IWITA) akan terus mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyebarkan informasi positif. Serempak akan terus mengadakan kegiatan-kegiatan lanjutan untuk menambah skil dan pengetahuan untuk melek teknologi. 

Dalam acara ini turut hadir Maman Suherman (Penulis Buku Best Seller) yang akrab disapa Kang Maman. Dengan kata-kata bijaknya, Kang Maman juga menyoroti masalah kekerasan perempuan dan anak yang sedang marak di Indonesia. Kang Maman selalu berbicara dengan data yang ada. 69% pelaku seksual adalah orang terdekat yang melakukannya, ungkap Kang Maman. Mendengar informasi ini, tentu para peserta gathering langsung tercengang dan sangat prihatin dengan temuan ini.

Indonesia merupakan center pedofilia, negara terbesar korban pelecehan perempuan. Berdasarkan data yang didapat oleh Kang Maman, Indonesia termasuk negara terbesar pengirim tenaga kerja ke luar negeri dan 50% TKI adalah korban pemerkosaan. Masalah pemerkosaan bukan soal perempuan tidak berhijab atau perempuan pakai rok mini, tetapi seberapa mini otak pelaku pemerkosaan itu. Permasalahan perempuan bukan hanya masalah perempuan tetapi masalah kemanusiaan. 

Ibu Ina Saat Menyampaikan Materi Tentang
Branding (Foto: Bowo Susilo)
Pembicara selanjutnya adalah Ina. A. Murwani. MM. MBA (Deputy Head of Marketing BINUS Business School, Jakarta). Dalam acara ini, Ibu Ina membahas soal Branding. Pentingkah Branding bagi seorang blogger ? jawabannya penting banget ! Branding adalah identitas untuk memudahkan orang mengingatnya. 

Untuk menemukan branding, inilah tips yang diberikan oleh Ibu Ina:
  1. Kenali Target Pembaca: Tentukan target pembaca, apakah anak-anak muda, dewasa, tua dan sebagainya. Dengan begitu, blog kita akan mudah mendapatkan pembaca. 
  2. Pilih Tema: Pilihlah tema yang menarik agar diminati banyak pembaca.
  3. Pilih Nama Blog: Nama blog juga diperlukan agar pembaca mudah mengingatnya. 
  4. Pilih Warna blog: Warna blog juga harus diperhatikan, jangan menggunakan warna untuk blog terlalu banyak, karena akan membuat pembaca pusing. 
  5. Gunakan jenis tulisan, logo dan slogan yang menarik
Menulis secara konsisten tentu tidaklah mudah. Ini adalah godaan seorang blogger, termasuk saya pribadi hehe. Menulis secara konsisten itu butuh perjuangan banget. Tetapi kalau sudah niat, tentu bisa dijalankan dengan baik. Rajin update blog dan sahre dimedia sosial. 

Ani Berta Saat Memberikan Materi (Foto: Bowo Susilo)
Tips selanjutnya adalah dari Ani Berta, Bagaimana menciptakan konten yang menarik. Menulis tentu bukan asal menulis saja. Menulis juga harus memperhatikan ejaan yang benar dan enak dibaca. Dalam sebuah reportase harus terdapat 5W + 1H. Galilah informasi selengkap mungkin untuk dijadikan bahan tulisan setelah acara berlangsung. Kebanyakan setelah acara selesai, banyak yang langsung meninggalkan tempat dan langsung pulang atau sibuk masing-masing. Sebaiknya kalau ada yang belum paham dan sekiranya ingin ditanyakan, jangan sungkan-sungkan untuk menanyakan langsung ke narasumber setelah acara. Agar informasi yang didapatkan lengkap. Irwin Day seorang praktisi IT juga memberikan tips untuk menulis dengan konten yang menarik dan orisinal. Jangan sekali-kali copy paste tulisan orang lain, tulislah berdasarkan ide kreatif sendiri.

Pemenang Kostum Terbaik (Foto: Bowo Susilo)
Semoga blogger Indonesia semakin maju dan terus belajar menjadi yang lebih baik :)
Salam Blogger Indonesia :)
www.bowosusilo.com


About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

2 komentar:

  1. pematerinya keren-keren ya Mas, jadi lebih bersemangat nge-blog nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk Dina. Harus semangat lagi nih ngeblog nya hehe. Ayo semangat mbk

      Hapus

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT