BREAKING

Minggu, 16 Oktober 2016

Indosat Ooredoo Turut Ambil Bagian Dalam Melestarikan Batik Indonesia di Kancah Global

BATIK merupakan warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Batik sebagai ciri khas Indonesia dengan identitas dunia yang merupakan warisan budaya yang turun-temurun dari enek moyang Bangsa Indonesia. Bahkan UNESCO secara resmi menetapkan batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia tak benda pada tanggal 2 Oktober 2009. Batik sangat cocok digunakan disemua kalangan, bukan hanya orang-orang tertentu saja, mulai dari masyarakat biasa sampai pejabat-pejabat negara sudah terbiasa menggunakan batik Indonesia.

Para Tamu Undangan Saat Melihat Koleksi Batik yang Dipamerkan (Foto: Bowo Susilo)
Kamis, 13 Oktober 2016 saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri "The Beauty of Indonesian Batik". Acara ini diselenggarakan oleh Indosat Ooredoo yang bertempat di Gedung Indosat Lantai 4, Jalan Medan Merdeka Barat No 21 Jakarta. Acara ini digelar untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2016 lalu. Indonesia mempunyai beragam jenis batik, dan semua batik tersebut memiliki ciri khas masing-masing. Pada acara pameran batik ini, Indosat Ooredoo mengangkat tema Batik Jawa Barat.

Pada acara The Beauty of Indonesian Batik, banyak menghadirkan koleksi-koleksi batik Jawa Barat yang bagus-bagus dan elegan salah satunya adalah koleksi Ibu Aang Kunaefi. Koleksi batik yang dipamerkan kebanyakan mengambil motif bunga yaitu dari Cirebon.   

Koleksi Batik Karya Ibu Aang Kunaefi (Foto: Bowo Susilo)
Dalam acara The Beauty of Indonesian Batik ini menghadirkan koleksi batik hasil karya desainer batik ternama yaitu Sjully Darsono. Batik yang dipamerkan pada acara The Beauty of Indonesian Batik ini juga akan ditampilkan di acara jamuan diplomatic Kedutaan Besar RI di Praha, Republik Ceko pada akhir oktober mendatang. 

Indonesia harus terus semangat dalam menunjukkan identitas Bangsa Indonesia di kancah global. Jangan sampai hanya berhenti sampai ketetapan yang diberikan oleh UNESCO. Kita harus membantu pemerintah untuk terus memperkenalkan batik kebanggan Indonesia hingga ke pelosok dunia, ujar President Director dan CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli. 

Acara yang digelar di Gedung Indosat Oredoo ini melibatkan para jajaran manajemen Indosat Ooredoo untuk meragakan busana batik. Selain karya Sjully Darsono, Indosat Ooredoo juga menampilkan koleksi batik dari Ibu Ginandjar Kartasasmita, Ibu Aang Kunaefi dan Komunitas Batikology. Semua batik ini diperagakan oleh model profesional Komunitas Batikology dan Karyawan Indosat Ooredoo.   

Para Model dan Desainer Saat Meragakan Busana Batik (Foto: Bowo Susilo)
Indosat Ooredoo sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia selalu memberikan apresiasi untuk batik Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya pembuatan laman khusus untuk batik. Laman itu adalah www.batikology.org. Dalam laman ini terdapat banyak artikel tentang batik Indonesia yang keren-keren dan pastinya terkenal. Hampir seluruh batik Nusantara ada semua dilaman ini. Tujuan dari pembuatan laman ini adalah untuk memberikan informasi-informasi seputar batik Indonesia seperti sejarah batik, filosofi batik, dan sebagainya.  

Alexander Rusli Saat Memberikan Sambutannya (Foto: Bowo Susilo)
Sejak dua tahun lalu, Indosat Ooredoo sudah menggelar acara seperti ini untuk memperingati Hari Batik Nasional. Setiap tahunnya mengambil tema yang berbeda-beda. Pada tahun 2014, mengangkat batik Pekalongan karya Sapuan dan mendukung kegiatan KBRI Swiss untuk program "Live Painting Batik Show". Dilanjutkan tahun 2015, memberikan penghargaan Batikology kepada tokoh-tokoh wanita yang peduli dengan batik dan terus melestarikan warisan budaya bangsa. Tahun 2016 menggelar kembali acara untuk memperingati Hari Batik Nasional yang mengambil tema The Beauty of Indonesian Batik seri ke-3 yang mengangkat keindahan batik khas Jawa Barat.

"Kami berharap acara ini dapat membawa manfaat dan memberikan informasi kepada semua elemen bangsa untuk terus meningkatkan eksistensi batik ke pentas global" tutup Alexander Rusli.

Salam,
www.bowosusilo.com

Sesi Foto Bersama (Foto: Bowo Susilo)

About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

4 komentar:

  1. Ibu Agum Gumelar humble dan selalu mendukung karya anak bangsa. Saya suka banget hadir di acara ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Teh Ani Berta, betul banget. Ibunya ramah banget lagi hehe.
      Semoga batik makin dikenal dunia ya Teh :)

      Hapus
  2. Batiknya keren keren.. jadi pengen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk yayat. Keren bingit hehe. Aku juga pengen banget bisa punya batik di masing2 daerah seluruh Indonesia. Keren-keren batiknya :)

      Hapus

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT