BREAKING

Selasa, 21 Juni 2016

Yuk Optimalkan Fungsi Kerja Otak Pada Saat Berpuasa

Foto Bersama Usai Buka Puasa Bersama dan Diskusi Tentang Kinerja Otak Pada Tubuh Manusia (Foto: Ani Berta)
Bulan suci ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat islam. Dibulan ramadhan inilah, kita melakukan ibadah puasa selama 1 bulan ful. Berpuasa tentu tidak hanya menahan lapar dan haus saja, tetapi banyak banget hal-hal yang harus diperhatikan agar puasa kita tetap sempurna sesuai dengan aturan-aturan yang ada.

Nah pada bulan suci ramadhan, banyak orang yang makan dan minum sembarangan dan semaunya sendiri. Ketika berpuasa, banyak yang bergebu-gebu untuk makan yang banyak sampai kenyang tanpa memperhatikan pola makan yang baik dan benar. Nah pada saat bulan puasa, tentu kita harus memperhatikan fungsi kerja otak pada tubuh kita. 

Pada bulan suci ramadhan tahun ini, Mayapada Hospital Group mengadakan gathering bersama para jurnalis dan para blogger. Acara yang diselenggarakan di Hotel Fairmont pada tanggal 9 Juni 2016 ini berlangsung sangat meriah dan ramai. Acara healthtalk dan buka puasa bersama yang diadakan oleh Mayapada Hospital Group mengangkat tema "Mempertahankan Fungsi Kerja Otak Yang Optimal Selama Berpuasa".

Otak mempunyai peran yang sangat penting bagi tubuh kita. Otak merupakan tempat syaraf pusat bernaung, semua syaraf yang ada pada tubuh manusia akan berkumpul di otak. Sehingga otak memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Dalam gerakan tubuh kita sehari-hari adalah tidak lepas dari kinerja otak pada tubuh kita. Selain itu juga, tekanan darah kita juga diatur oleh otak. Tentunya masih banyak lagi kinerja otak yang ada pada tubuh kita.

Dr. Roeslan Yusni Hasan Sp. Bs Selaku Narasumber di Acara Healthtalk (Foto: Bowo Susilo)
Pada acara healthtalk dan buka puasa bersama kali ini, menghadirkan narasumber Dr. Roeslan Yusni Hasan Sp. Bs selaku dokter spesialis syaraf di Mayapada Hospital. Seperti yang diungkapkan oleh DR. Roeslan, bahwa otak kita mempunyai fungsi yang sangat vital. Kepribadian kita adalah tergantung fungsi otak kita bekerja pada tubuh. Berdasarkan hasil penelitian otak memiliki bagian-bagian dengan fungsinya masing-masing. Pada dasarnya, otak manusia terdiri atas lima bagian penting, yaitu otak besar, otak tengah, otak belakang, otak kecil dan sum-sum lanjutan. Nah kelima bagian ini mempunyai fungsi masing-masing yang dapat mempengaruhi kerja tubuh pada manusia.

Cerebrum

Cerebrum atau yang sering disebut otak besar adalah bagian otak terbesar dan mempunyai fungsi yang sangat krusial. Otak besar ini sebagai pusat syaraf utama. Bagian otak besar terdiri dari dua belahan yaitu otak bagian kiri dan kanan.

Cerebellum

Cerebellum atau yang sering disebut otak kecil ini mempunyai fungsi sebagai pusat keseimbangan pada tubuh kita. Nah apabila bagian otak kecil ini mengalami gangguan, maka akan terjadi gerakan-gerakan otot yang tidak lagi terkordinasi.

Diensefalon

Diensefalon atau sering disebut otak depan mempunyai fungsi memproses rangsangan yang terjadi pada tubuh manusia. Beberapa contoh gerakan yang dapat menimbulkan rangsangan tersebut adalah melihat, gerakan mata, mendengar, bernapas dan masih banyak lagi.

Mesencephalon

Mesencephalon atau sering disebut otak tengah mempunyai fungsi pengatur proses pendengaran dan proses penglihatan. 

Rhombencephalon, Metencephalon, Myelencephalon

Otak belakang ini terdiri dari jembatan varol, sumsum belakang dan otak kecil yang membentuk sebuah batang otak pada tubuh kita. Nah fungsi dari jembatan varol ini adalah syaraf yang menghubungkan lobus kiri dan kanan otak kecil serta menghubungkan otak kecil dan otak besar.

Selain menyimak materi yang disampaikan oleh DR. Roeslan, Blogger juga aktif live twit untuk menyebarkan informasi fungsi otak saat berpuasa (Foto: Imawan)
Perlu kita ketahui bahwa, ada beberapa hal yang berhubungan dengan otak manusia salah satunya adalah kebutuhan energi otak. Apakah otak memerlukan kebutuhan energi yang banyak? Yap, jawabannya pasti. Secara otak mempunyai fungsi penting bagi tubuh manusia. Kebutuhan energi otak bisa dibilang cukup besar. Otak membutuhkan sebanyak 20 persen dari energi yang ada pada tubuh manusia. Salah satu bukti bahwa, jika otak tidak bergerak, maka disitulah otak sedang membutuhkan energi.

Sering kita jumpai bersama, banyak orang yang kehilangan ingatannya. Ini ada hubungannya dengan otak yang ada pada tubuh manusia. Otak dapat mengingat kejadian sesuatu hal, karena otak mempunyai memori. Sama halnya dengan komputer, yang mempunyai memori untuk menyimpan data. Tahukah anda? Memori yang ada pada tubuh kita terbagi menjadi dua bagian yaitu memori jangka panjang dan memori jangka pendek. Tanda-tanda bahwa memori jangka pendek berfungsi dengan baik adalah apabila anda dapat dengan mudah mengingat hal-hal yang baru saja terjadi. Nah apabila anda mudah lupa dengan kejadian-kejadian yang sudah lama, itu tandanya memori jangka panjang kurang bagus.

Pengaruh Puasa Terhadap Kinerja Otak Manusia

Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Roeslan bahwa saat kita berpuasa, otak harus tetap berfungsi secara optimal. Ketika kita berpuasa, tentunya banyak banget godaan-godaan seperti bermalas-malasan, ngantuk, kurang bersemangat dalam menjalankan aktivitas-aktivitas dan lain sebagainya. Hal seperti ini dikarenakan kondisi tubuh dalam keadaan lapar, haus dan kurangnya makanan yang seimbang.

Suasana diskusi saat pembahasan Mempertahankan Fungsi Kerja Otak Yang Optimal Selama Berpuasa (Foto: Imawan)
Bagaimana cara agar kinerja otak tetap maksimal selama berpuasa?

Dua hal yang perlu kita ketahui bahwa, oksigen dan glukosa merupakan dua komponen yang sangat penting untuk kelangsungan kerja otak setiap harinya. Apabila dua komponen penting ini tidak terpenuhi, maka bisa dipastikan otak tidak dapat berfungsi dengan baik. Oksigen didapatkan dengan bantuan sel darah merah untuk mengikat oksigen didalam darah, kemudian mengalihkannya menuju otak. 

Selain oksigen, glukosa tentu harus terpenuhi dengan baik juga. Apabila banyak oksigen tetapi kebutuhan glukosa tidak terpenuhi ya sama aja bohong, karena dapat menyebabkan badan lemas dan otak tidak dapat berfungsi dengan optimal, ungkap Dr. Roeslan. Nah agar kebutuhan glukosa terpenuhi dengan baik, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika sahur dan berbuka puasa. 

Ketika berpuasa tentu membutuhkan energi yang sangat banyak. Nah agar energi itu terpenuhi dengan baik dan kinerja otak berjalan dengan lancar, maka ketika sahur harus diatur juga. Ketika sahur atau buka puasa, perbanyak makan sayur dan buah-buahan. Mengapa sayur dan buah-buahan? Keduanya ini mempunyai kandungan yang sangat baik yaitu vitamin dan mineral serta serat yang dapat membuat puasa kita lebih lancar dan tetap semangat. Buah-buahan yang bagus untuk dikonsumsi itu diantaranya semangka dan melon. Kedua buah-buahan ini mampu menahan air lebih lama di dalam tubuh kita.

Nah selama berpuasa, alangkah baiknya memperhatikan kebutuhan-kebutuhan energi seperti yang dijelaskan diatas, agar puasa kita tetap berjalan dengan lancar serta otak dapat bekerja secara optimal pada tubuh kita. Apabila kita kurang mengkonsumsi makanan dan minuman dengan cukup, maka dapat menyebabkan menurunnya kinerja otak bahkan dapat mengganggu kinerja sel-sel yang ada pada tubuh kita.

Rasanya seneng banget bisa mendapatkan kesempatan untuk menghadiri acara gathering yang diselenggarakan oleh Mayapada Hospital Group. Saya banyak banget mendapatkan ilmu kesehatan di acara ini, seperti yang saya utarakan diatas. Semoga bermanfaat ya :)

Salam :)



~ Bowo Susilo ~


About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

4 komentar:

  1. Ilmu bermanfaat ini, jarang2 dapat materi kesehatan otak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget Teh Ani Berta. Bersyukur bisa hadir di acara ini hehe.

      Hapus
  2. Wah menarik nih bahasannya berbeda :)

    Jadi ingat film animasi Inside Out yang mencerminkan fungsi otak terutama memori jangka pendek dan jangka panjang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pecinta film animasi inside out ternyata hehe.
      Iya begitu lah kak Deshinta hehe.

      Otak memang tempat pusat syaraf yang memiliki peran penting bagi tubuh manusia. Semoga kita tetap bisa memaksimalkan kinerja otak selama berpuasa hehe

      Hapus

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT