BREAKING

Jumat, 03 Juni 2016

Pentingnya Protein Bagi Tubuh Kita


Foto para pemenang live twit dengan pembicara di acara Nutrilite Hi Protein bersama Anway (Dok. Bowo Susilo)
Sudahkah anda mengonsumsi protein dengan baik?

Protein telah terbukti sebagai salah satu zat gizi yang penting bagi tumbuh kembang anak, pembentukan otot dan pencegahan berbagai penyakit. Namun faktanya 37% penduduk Indonesia masih kekurangan asupan protein.

Jakarta, 26 Mei 2016 saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri undangan dari Amway yang bertempat di Mall Kasablanka. Amway merupakan perusahaan direct selling terbesar di dunia. Nah di acara ini, Amway menghadirkan Profesor Hardinsyah yang akan membahas seputar pentingnya protein bagi tubuh kita. 

Protein merupakan salah satu biomolekul raksasa, selain polisakarida, lipid, dan polinukleotida, yang merupakan penyusun utama semua mahuk hidup. Protein ini sangat penting lho bagi tubuh kita. Pada manusia, protein menyumbang dari 20% berat total tubuh. Protein ibaratnya adalah seperti sebuah mesin, mesin yang menjaga dan menjalankan fungsi tubuh semua mahluk hidup.

Nutrilite Hi Protein dari Anway (Dok. Bowo Susilo)
Kondisi masih rendahnya kecukupan protein di kalangan masyarakat Indonesia ini menurut Profesor Hardinsyah, MS. PhD, Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia yang juga merupakan Guru Besar Ilmu Gizi di Institut Pertanian Bogor, disebabkan oleh berbagai faktor antara lain masih kurang tepatnya pola konsumsi pangan masyarakat, belum diprioritaskannya pangan protein dalam pengeluaran belanja masyarakat, rendahnya daya beli serta kurangnya pemahaman tentang protein berkualitas.

"Pengeluaran belanja masyarakat Indonesia terhadap pangan protein hanya seperlima dari total belanja pangan, sementara untuk belanja rokok mencapai 12,3%, hal ini mengindikasikan bahwa rendahnya kualitas asupan protein dan konsumsi pangan masyarakat bukan hanya karena faktor daya beli," ujar Profesor Hardinsyah. Kebanyakan masyarakat Indonesia juga masih menjalani gaya hidup yang berisiko terhadap kekurangan dan kelebihan gizi bahkan rentan mengalami stress dan terpapar polusi. Misalnya pola makan yang kurang beragam, rendah protein dan vitamin mineral sehingga gizi yang diasup tidak lengkap dan tidak seimbang.

Prof Hardinsyah saat menjelaskan pentingnya protein (Dok. Bowo Susilo)
Kenapa kita harus mengkonsumsi protein dengan baik?

Protein mempunyai manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita. Berikut adalah manfaat protein bagi tubuh kita agar tetap fit:
  1. Pembentukan sel dan jaringan.
  2. Pemeliharaan dan perbaikan jaringan.
  3. Pembentukan otot, tulang dan rambut.
  4. Pembentukan imunitas, hormonne, enzim dan berbagai proses kimiawi yang diperlukan tubuh untuk kekebalan, pencernaan, metabolisme dan lain-lain.
  5. Sebagai simpanan energi, bila kekurangan karbohidrat dan lemak.
  6. Lambat lapar atau lama kenyang.
  7. Mengendalikan lemak dan kolesterol tubuh.
Wah ternyata banyak juga ya manfaat protein bagi tubuh kita. Nah, setelah tau akan pentingnya protein bagi tubuh kita, masih cuek kah kita untuk mengkonsumsi protein?

Anjuran Kebutuhan Pangan Protein

Kementerian Kesehatan RI (2014) menganjurkan, mengonsumsi pangan protein (lauk pauk) 2-4 porsi sehari atau seperlima (20%) dari jumlah makan yang di makan setiap kali makan. Rata-rata jumla asupan memenuhi kebutuhan tetapi kualitas rendah (banyak dari nasi). Pola konsumsi pangan masyarakat Indonesia saat ini adalah:
  • Kurang buah dan sayur
  • Kurang pangan protein
  • Kelebihan pangan karbo
  • Kelebihan lemak
Oleh karena itu, masih banyak penduduk Indonesia, terutama anak dan remaja yang mengalami masalah gizi, seperti anemia, gizi kurang, pendek atau stunting, dan obesitas. 

Prof Hardinsyah saat menjelaskan pentingnya protein bagi tubuh (Dok. Bowo Susilo)
Kenapa sih kita harus mengkonsumsi protein secara optimal?

Alasan kenapa kita harus mengkonsumsi protein adalah sebagai berikut:
  1. Untuk tumbuh kembang otak, modal agar cerdas.
  2. Untuk tumbuh kembang tubuh secara keseluruhan sehingga tercegah dari gizi kurang dan stunting.
  3. Untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tubuh terhindar dari penyakit infeksi.
  4. Untuk tidak cepat lapar dan tidak rakus makan sehingga tercegah dari obesitas.
  5. Untuk pengendalian lemak dan kolesterol tubuh.
  6. Untuk mempercepat pemulihan dari sakit.
Nah apabila kita tidak mengkonsumsi protein dengan cukup, maka akan terjadi dampak buruk sebagai berikut:
  1. Peningkatan nafsu mengonsumsi yang manis dan karbohidrat
  2. Gangguan fungsi otot sehingga tubuh terasa lemah 
  3. Gangguan kerja otak sehingga sulit fokus atau konsentrasi
  4. Gangguan kesehatan rambut (rontok), kuku dan kulit (kusam)
  5. Berisiko gemuk dan gangguan keseimbangan kolesterol
Menurut Profesor Hardinsyah, setiap jenis protein mengandung komposisi asam amino yang berbeda, sementara tubuh membutuhkan 9-11 asam amino esensial yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh. "Oleh karena itu, kualitas asupan protein masyarakat dapat diperbaiki dengan meningkatkan jumlah dan jenis konsumsi pangan protein baik nabati maupun hewani". Akan lebih baik lagi bila disertai pilihan pangan protein yang rendah lemak jahat, rendah kolesterol, tinggi serat dan tinggi vitamin-mineral, tambah Prof. Hardinsyah.

Nah dalam acara yang berlangsung di Amway kemarin, ternyata Amway Indonesia menghadirkan Nutrilite Hi Protein untuk mendukung pemenuhan protein bagi tubuh kita. Nutrilite Hi Protein berbahan dasar kedelai mengandung protein dengan asam amino esensial lengkap. Nah untuk varian Nutrilite Hi Protein tertentu disertai vitamin dan mineral.

Seperti yang dijelaskan saat acara workshop kemarin, Nutrilite Hi Protein mengandung rendah lemak dan laktosa, serta bebas kolesterol. Karena itu, produk ini dianjurkan untuk dikonsumsi oleh berbagai usia  yaitu mulai usia anak 2 tahun hingga konsumen dewasa, tambah Maya Vianti Fibriani sebagai Nutrilite Brand Manager.  

Nah bagi yang enggak mau ribet, Nutrilite Hi Protein juga tersedia dalam bentuk serbuk lho. Dengan demikian, mudah dikonsumsi untuk mendukung tumbuh kembang anak dan gaya hidup sehat optimal. Produk yang dikeluarkan oleh Amway Indonesia ini, dapat menjadi solusi bagi setiap orang yang ingin menambah asupan protein tubuh tanpa tambahan kalori yang berlebihan. Pokoknya cocok banget deh buat tubuh kita, agar kebutuhan protein kita terpenuhi. 

Sudahkah anda mengonsumsi protein dengan baik?

Semoga bermanfaat ya :)


Salam :)



~ Bowo Susilo ~

About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

3 komentar:

  1. Wah perlu perbaikan protein nih. Jarang makan sayur soalnya. Biasa anak kos wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Iya harus konsumsi protein dengan cukup ya gan

      Hapus
  2. Wah perlu perbaikan protein nih. Jarang makan sayur soalnya. Biasa anak kos wkwkwk

    BalasHapus

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT