Bersama Menjaga Bumi Agar Tetap Lestari di Bulan Ramadan

By Bowo Susilo - 17:13


Bersama Menjaga Bumi Agar Tetap Lestari di Bulan Ramadan – Assalamualaikum teman-teman yang baik, gimana kabarnya? Semoga selalu diberikan kesehatan dan dilancarkan segala urusannya ya, Aamiin. Di bulan ramadan yang penuh berkah ini tentunya banyak banget yang bisa kita lakukan. Selain terus meningkatkan ibadah kita selama bulan ramadan, tentunya kita bisa juga untuk berbuat baik dalam menjaga bumi lho.

Yups, menjaga bumi tentunya bukan menjadi tanggung jawab segelintir orang saja tapi menjadi tanggung jawab bersama. Semua orang memiliki peran penting dalam menjaga bumi agar tetap lestari. Apalagi belakangan ini kondisi cuaca yang tidak menentu membuat kita semua harus selalu aware dengan konsisi bumi saat ini. Semakin banyaknya penduduk di muka bumi ini maka keadaan bumi pun akan mulai terancam.

Apalagi di kota-kota besar seperti Jabodetabek. Semakin banyaknya pembangunan dimana-mana membuat bumi semakin gundul. Nah ini harus menjadi perhatian bersama, walau membangun kota-kota besar tapi kondisi bumi harus diperhatikan dengan baik. Penghijauan harus tetap dilakukan dimana-mana agar bumi tidak gundul. Karena jika tidak ada penghijauan akan banyak menimbulkan dampak negatif seperti kebanjiran, kebakaran, dan lain sebagainya.


Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga bumi agar tetap lestari

Untuk dapat berkontribusi dalam menjaga bumi sebenarnya banyak banget yang bisa dilakukan. Dimulai dari hal-hal kecil namun akan memiliki dampak yang besar. Dan apabila dilakukan secara bersamaan dan dalam jumlah yang banyak maka dampak itu akan semakin cepat terlihat. Beberapa hal yang bisa dilakukan dalam menjaga bumi ialah sebagai berikut:

  • Tidak membeli makanan atau minuman dalam kemasan

Kalian tau enggak sih gengs, Indonesia menghasilkan sampah plastik sebanyak 11.600 ton di tahun 2021. Kalau kita Team Up dan kompak untuk mendedikasikan minggu-minggu pertama selama bulan April untuk tidak membeli makanan/minuman dalam kemasan sehari penuh, dampaknya besar buat Bumi lho. Dan ini bisa banget kita lakukan bersama-sama.

  • Mengurangi pemakaian listrik selama 2 jam

Siapa yang masih ugal-ugalan dalam penggunaan listrik di rumah? Konsumsi listrik Indonesia mencapai 1.109 kilowatt jam (kWh) per kapita dan secara tren sejak 2015 terus memingkat. Kalau kita Team Up dan kompak untuk mendedikasikan Hari Selasa di Bulan April mengurangi pemakaian listrik 2 jam dari yang biasa kita pakai, dampaknya besar buat Bumi. Ini bisa dilakukan dengan mudah yakni matikan listrik jika sudah tidak digunakan. Gunakan listrik seperlunya saja dan jangan sampai berlebihan.

  • Kurangi pemakaian kendaraan bermotor

Sudah beberapa tahun ini Aku pribadi selalu menggunakan kendaraan umum. Ini jadi salah satu langkah kecilku dalam menjaga bumi lho. Kendaraan bermotor diperkirakan menyumbang 76% dari total emisi oksida nitrogen dan 90% emisi hidrokarbon dan karbon monoksida. Kalau ada alternatif lain, hindari penggunaan kendaraan bermotor supaya Bumi bisa bernafas lega.

  • Tidak menyalakan TV

Sebenarnya menyalakan TV boleh-boleh saja sih asal tetap tau batasannya ya gengs. TV seringkali dibiarkan menyala tanpa ditonton dan menghabiskan listrik. Energi listrik yang dibangkitkan degan bahan bakar batu bara adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Kalau kita Team Up dan kompak untuk mendedikasikan Hari Sabtu di Bulan April untuk tidak menyalakan TV sama sekali, dampaknya besar buat Bumi.

  • Tidak menghasilkan sampah makanan

Sampah makanan memang salah satu penyumbang terbesar nih gengs. Makanya kita semua harus aware dan hati-hati, jangan sampai terus memproduksi sampah makanan. Sampah makanan yang terbuang di Indonesia pada 2000-2019 mencapai 23-48 juta ton per tahun atau setara 115-184 kilogram per kapita per tahun. Kalau kita Team Up dan kompak untuk mendedikasikan Hari Minggu di Bulan April untuk berhati-hati agar tidak menghasilkan sampah makanan, dampaknya besar buat Bumi. Caranya gimana nih? Ya bisa dilakukan dengan cara membawa bekal makanan saat ke kantor atau kesuatu tempat. Dari hal kecil ini akan berdampak besar lho.

Yuk sama-sama aware untuk turut serta dalam menjaga bumi agar tetap lestari!

Beberapa challenge yang bisa diikuti

Oiya kita bisa ikutan challenge di https://teamupforimpact.org/ lho! Yuk ikutan biar kita sama-sama kompak dalam menjaga bumi!




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar