BREAKING

Rabu, 02 November 2016

Bikin Roti Super Enak Bersama Chef Kelik di Bungasari Innovation Center

Roti Dengan Topping Sosis, Enak Banget! (Foto: Bowo Susilo)
Halooooo guys... Apakah kalian sang penggila roti? Apa roti kesukaan kalian? Roti bakar, roti manis, roti tawar, roti keju, roti sosis, roti apa lagi ya. Aaaaahhh pokoknya masih banyak lagi jenis-jenis roti yang sangat enak. Nah kalau suka roti, pernahkah kalian bikin roti sendiri? Kali ini saya akan berbagi pengalaman ketika mengikuti Baking Class bersama Bungasari Innovation Center.

Pertama kali bikin roti yang super enak, ya inilah pengalaman pertama saya. Apalagi bikin roti kali ini sangat spesial, yang langsung dipandu oleh Chef yang handal yaitu Chef Kelik. Chef Kelik banyak mengajarkan cara bikin kue yang super enak tuh gimana. Dari mulai bahan-bahan yang digunakan, cara membuat adonan, cara manggang roti, sampai roti siap dimakan. Semua diajarkan oleh Chef Kelik. Baking Class ini bertempat di Jl. Taman Pakubuwono VI No 11 Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Baking Class kali ini sangat seru dan happy, karena saya tidak sendirian, saya bersama teman-teman Food Blogger. Wah ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagi saya, bisa gabung dengan teman-teman Food Blogger yang keren-keren hehe. Tentu saya sangat semangat untuk mengikuti Baking Class ini. Kegiatan Baking Class kali ini dimulai pukul 10.00 hingga pukul 16.00. 

Kabuki Gold Tepung Kualitas Jepang (Foto: Bowo Susilo)
Sebelum mulai bikin roti, saya dan teman-teman Food Blogger menyimak presentasi dari Bungasari. Mungkin ada yang belum tau Bungasari Flour Mills. PT Bungasari Flour Mills Indonesia berdiri pada Februari 2012, merupakan hasil sinergi dari 3 kekuatan besar sebagai pemegang saham, yaitu FKS GROUP (Indonesia), TOYOTA TSUSHO CORP (Jepang) dan MALAYAN FLOUR MILLS BRHAD (Malaysia). Bungasari menyediakan beragam produk berbasis gandum, mulai dari Tepung Terigu Dasar (Basic Flour), Tepung Terigu Khusus (Specialty Flour), Produk Sampingan (byproduct) seperti tepung industri, dedak gandum, pakan ternak dan lain sebagainya, tepung premix dan masih banyak lagi. PT Bungasari Flour Indonesia mengeluarkan produk terbarunya loh, yaitu "Kabuki Gold". Kabuki Gold adalah tepung terigu kualitas jepang. Tepung Kabuki Gold hadir dengan warna tepung lebih putih sehingga menghasilkan roti yang lebih putih dan cerah dengan pori-pori roti yang halus. Nah inilah sekilas PT Bungasari Flour Mills Indonesia. Kita lanjut Baking Class yuk hehe. Sudah gak sabar nih pengen kotor-kotoran bikin roti menggunakan tepung Kabuki Gold.

Kelompok 1 Foto dengan Chef Kelik (Foto: Bowo Susilo)
Setelah dibagi kelompok, saya dan teman-teman Food Blogger langsung menuju dapur Bungasari Innovation Center. Kebetulan kelompok saya cowo-cowo kece semua lho hehe. Jangan sampai kalah deh dengan kelompok ibu-ibu yang lain hehe. Kelompok kami didampingi oleh Chef Kelik yang pandai banget bikin roti yang super enak, lembut dan harum. 

Sambil membuat roti, Chef Kelik juga menjelaskan langkah-langkah pembuatannya. Pertama kali Chef Kelik mengajarkan membuat Pullman Cheese Bread. Pullman Cheese Bread adalah roti tawar dengan rasa keju. Pullman Cheese Bread ini enak banget, rotinya halus, harum dan gurih. Pokoknya mantap deh hehe. Prtama-tama adalah membuat adonan. Berikut adalah cara membuat adonan:
  1. Masukkan gula, garam dan susu cair ke dalam mangkuk, lalu aduk hingga larut.
  2. Masukkan tepung terigu KABUKI GOLD, susu dan adonan sponge. Aduk perlahan sampai menggumpal.
  3. Naikkan kecepatan mixer, aduk selama 6 menit.
  4. Turunkan kecepatan mixer, masukkan butter dan aduk hingga merata.
  5. Naikkan kembali kecepatan mixer, aduk selama 5 menit, sampai adonan menjadi kalis.
  6. Diamkan adonan selama 35 menit. Buang gas pada adonan. Diamkan kembali selama 20 menit.
  7. Potong adonan seberat 260 gr, bulatkan dan diamkan adonan selama 10 menit.
  8. Buang gas pada adonan, bulatkan dan susun didalam loyang 12cm x 12cm x 25cm sebanyak dua buah adonan.
  9. Diamkan adonan selama 45-60 menit. Masukkan keju dan poles bagian atas roti supaya menarik.
  10. Panggang dengan suhu 200 derajat selama 35 menit atau hingga matang.
  11. Potong-potong roti sesuai dengan ukuran.
  12. Roti siap disajikan.
Setelah selesai bikin Pullman Cheese Bread, kami membuat adonan yang kedua. Nah adonan yang kedua ini akan dibuat roti bermacam-macam lho, gak cuma satu jenis saja. Setelah adonan menjadi kalis, Chef Kelik memotong adonan yang kemudian akan dibentuk bulat-bulat. Adonan yang sudah dipotong dan dibentuk bulat-bulat, didiamkan dan ditutup plastik selama beberapa menit. Nah setelah beberapa menit, adonan yang bulat-bulat tadi siap dibentuk sesuai dengan keinginan.

Pullman Cheese Bread, Lembut dan Harum. Enak Bingit! (Foto: Bowo Susilo)
Roti yang akan kami buat bermacam-macam diantaranya Roti Melon Pan, Roti Kacang, Roti dengan topping sosis, dan Roti Bigg Egg Bread. Setelah adonan dibentuk sesuai keinginan, selanjutnya adalah persiapan untuk dimasukkan kedalam oven. Memang sih pertama kali nyoba buat roti agak-agak susah, eh lama-lama kok mudah ya hehe. Rasanya pengen cepet-cepet lihat hasil roti yang kita buat nih, pasti enak banget hehe. 

Taraaaa... Roti Siap Dinikmati hehe, Enak Banget uy! (Foto: Bowo Susilo)
Setelah menunggu beberapa jam, roti saatnya diangkat dari dalam oven. Taraaaa... hasilnya luar biasa loh, walau tampilannya ada yang kurang sempurna, tapi rasanya tetap enak banget dan jozz lah pokoknya. Seneng banget, ternyata bisa bikin roti hehe. Ini adalah pertama kalinya saya belajar membuat roti dan hasilnya sangat memuaskan.

Sebelum foto bersama dan membawa pulang roti, Chef Kelik memberikan evaluasi dalam pembuatan roti ini. Setelah evaluasi selesai, roti yang dibuat oleh beberapa kelompok, dikumpulkan jadi satu meja. Nah selanjutnya adalah foto bersama. Seneng banget deh bisa belajar bikin roti bersama teman-teman Food Blogger dan Chef Kelik. Semoga ada kesempatan selanjutnya untuk belajar bikin roti lagi hehe. Ketagihan nih, pengen bikin roti lagi :)

Eitzzzz sebelum pulang, para peserta Baking Class mendapatkan sertivikat satu-satu loh. Wah seneng banget deh pastinya. Terimakasih banyak Bungasari Innovation Center :)

Nah buat kalian yang pengen bisa bikin roti yang super enak, bisa langsung menghubungi Dapur Inovasi Bungasari. Atau langsung datang ke:

Bungasari Innovation Center
Jl. Taman Pakubuwono VI No 11
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telp. 021 7236572

Selamat mencoba bikin roti yang super enak :)
Salam,
www.bowosusilo.com



About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

6 komentar:

  1. pengen ikutan baking class lagi deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget Mas Arie :) Seru banget Baking Class nya, nambah pengalaman banget deh pokoknya :)
      Thank Mas Arie

      Hapus
  2. liat gambar rotinya itu keknya enak dan lembut ya kak teksturnya hhee. Kelompok masaknya kece2 (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya rotinya emang enak banget hehe. Lembut, harum, mantep deh pokoknya.
      Iya kebetulan kelompok kami cowo semua hehe. Yang lainnya ibu2 hehe

      Hapus
  3. Bowo udah jago bikin roti, dong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdllah, walau belum jago-jago banget, seenggaknya udah bisa hehe.

      Ternyata gampang loh Mbk Myra bikinnya :)

      Hapus

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT