BREAKING

Sabtu, 05 November 2016

Japan Food Festival 2016 Hadir di Mall Kota Kasablanka, Jakarta

Opening Ceremony Japan Food Festival 2016 (Foto: Bowo Susilo)
Halooo para pecinta kuliner, ada yang suka makanan khas Jepang ? Kalau ada yang suka dengan makanan khas Jepang, ini informasi yang sangat menarik buat teman-teman, karena tanpa harus ke Jepang, teman-teman bisa menikmati makanan khas Jepang dengan mudah. Japan Food Festival 2016 telah hadir di Indonesia lho tepatnya di Mall Kota Kasablanka.

Tanggal 31 Oktober 2016 kemarin saya sudah berkunjung ke Mall Kota Kasablanka tepatnya di Food Society. Event yang baru pertama kali digelar di Indonesia ini merupakan gagasan dari Japan External Trade Organization (JETRO). JETRO menghadirkan perusahaan industri jasa makanan dari Jepang yang belum pernah ekspansi pasarnya ke Indonesia. Sebanyak 5 perusahaan industri jasa makanan telah membuka stan dalam acara Japan Food Festival 2016. 

5 perusahaan industri jasa makanan ini menjual berbagai makanan khas Jepang, seperti sushi, ramen, kue khas Jepang dan champon (mie campur Jepang). Acara ini berlangsung selama 2 minggu, yaitu mulai 31 Oktober 2016 - 13 November 2016. Wahhh bakalan kulineran makanan khas Jepang tanpa harus ke Jepang langsung deh hehe. 

Yuk saatnya keliling di stan-stan Japan Food Festival 2016. Pertama kali stan yang saya datangi adalah stan Enokiya. Stan ini menghadirkan menu khasnya yaitu manisan Jepang. Ternyata terdiri dari beberapa varian lho diantaranya Dango (dango matarashi, dango oreo). Ini adalah pertama kalinya saya makan dango hehe. Mau tau rasanya bagaimana? Yang jelas enak kok hehe, bentuknya kayak cilok dan ketika digigit tuh kenyal-kenyal gitu namun teksturnya lembut dan halus. Pokoknya enak hehe. Harga satu tusuknya adalah 15.000. Satu tusuk berisi 4 biji dango.

Dango Dibalut Madu (Foto: Bowo Susilo)

Dango Oreo (Foto: Bowo Susilo)
Sambil mencicipi Enokiya, kemarin saya sempat bertanya dengan petugasnya tentang keunggulan dari makanan ini. Untuk mendapatkan rasa yang sesuai dengan keinginan pelanggan tentu tidaklah mudah, maka dari itu kami mencoba trial and error beberapa kali untuk menemukan cita rasa yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Terutama pasta kacang yang dimiliki Enokiya. Pasta kacang yang digunakan untuk Enokiya ini adalah pasta gandum yang bertekstur sehingga tidak menonjol rasa selai kacangnya. Selain itu juga, Enokiya terkenal dengan rasa lembutnya, karena tidak menggunakan bahan pengawet.

Enokiya dengan isi pasta kacang (Foto: Bowo Susilo)
Stan yang saya kunjungin selanjutnya adalah kue ikan yaitu Fujisan Taiyaki. Fuji Taiyaki Indonesia terdapat 3 menu varian, diantaranya kacang merah, keju dan green tea yang digemari orang Indonesia. Kombinasi ini dirasa sangat seimbang mengingat rasa manis terdapat di kacang merah, rasa asin dari keju dan sedikit pahit dari green tea atau matcha.

Saat saya tanyakan mengenai taiyaki, mereka menjelaskan bahwa taiyaki mirip dengan martabak Indonesia. Hanya berbeda komposisinya saja. Eh tau gak sih, pemilik Taiyaki ini ternyata wonge dewek lho hehe. Pemilik Taiyaki ini ternyata orang tegal, namanya Firdaus Priyo Hartomo. Nah buat yang mau datang ke Japan Food Festival wajib banget deh nyobain kue ikan khas Jepang ini terutama orang-orang tegal ya hehe. Nanti bisa ngobrol-ngobrol langsung sama Mas Firdaus Priyo Hartomo. Harga kue ikan ini adalah 22.000 untuk semua rasa.

Kue Ikan atau Taiyaki (Foto: Bowo Susilo)
Setelah icip-icip kue ikan, lanjut lagi yuk ke stan sushi hehe. Wah tentu sudah tidak asing lagi kan dengan makanan yang satu ini. Sushi Kaz merupakan restoran Jepang yang menyediakan makanan dengan berbagai genre dan sudah memiliki 4 toko di pusat Tokyo. Nah kalau teman-teman berkunjung ke stan Sushi ini, bisa langsung menikmati sake dengan hidangan lezat seperti sashimi, sushi, grilled fish, dan tempura. 

Sushi (Foto: Bowo Susilo)
Sushimi (Foto: Bowo Susilo)
Menu yang terakhir saya cobain adalah champon. Nah yang suka dengan makanan berkuah, langsung deh datang ke stan Ringer Hut. Stan ini menyediakan makanan yang terbuat dari sayuran, sayur tempura yang dimasak bersama dengan homemade sup dan homemade mie.

Champon (Foto: Bowo Susilo)
Oiya di Japan Food Festival 2016 ini juga ada khas makanan yang sudah tidak asing lagi lho yaitu Eat & Eat. Wah pasti sudah pada sering kan ke Eat & Eat. Kalau makan di Eat & Eat, semua makanan khas pasti ada hehe. Tapi untuk kali ini, gak semua menu Eat & Eat ada di Japan Food Festival ya, hanya beberapa menu saja yang ada disini, diantaranya es cendol, asinan betawi, tahu gejrot, dan lain-lain.

Es Cendol (Foto: Bowo Susilo)
Asinan Betawi (Foto: Bowo Susilo)
Tempatnya asik lho (Foto: Bowo Susilo)
Berikut adalah daftar perusahaan industri jasa makanan yang terkenal di Jepang namun belum ekspansi ke Indonesia dan kini telah hadir di Indonesia:
  1. Menya Takeichi (Take You Co., Ltd) dengan menu ramen ayam
  2. Enokiya (Morinaga Gyunyu Haikyu Co., Ltd) dengan menu manisan Jepang
  3. Fujisan Taiyaki (YATARO Co., Ltd) dengan menu taiyaki
  4. Sushi Kaz (Riverside Inc) dengan menu sushi
  5. Ringer Hut (Ringer Hut Co., Ltd) dengan menu champon (mie campur Jepang)

Stage Schedule:
31 Oktober 2016   : Opening Ceremony
3 November 2016  : Movie Screening by Japan Foundation 
4 November 2016  : Movie Screening by Japan Foundation
5 November 2016  : Jakarta Kota Club
8 November 2016  : Japanese Tea Ceremony, Furoshiki/Origami
10 November 2016: Movie Screening by Japan Foundation
11 November 2016: Movie Screening by Japan Foundation

Yuk segera ke Mall Kota Kasablanka, kapan lagi bisa kulineran khas Jepang tanpa harus ke Jepang hehe. Jangan terlalu pagi ya kalau ke Japan Food Festival, karena baru buka jam 10 hehe. Selamat kulineran ya teman-teman :)

Salam,
www.bowosusilo.com




About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

2 komentar:

  1. Ya ampunn foto-fotonya bikin ngilerrrrr.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk Mbk Amel cus ke Kokas. Banyak kuliner jepang disana hehe

      Hapus

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT