BBM Hadirkan Fitur Terbaru dengan Inovasi yang Mumpuni

By Bowo Susilo - 19:43

Tampilan BBM
Sejak dulu, saya merupakan pengguna setia aplikasi BlackBerry Messenger (BBM). Gimana dengan kalian? Apakah kalian juga termasuk pengguna setia BBM? Kalau iya berarti sehati hehe. Tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi BBM, hampir semua yang mempunyai Handphone pasti tau dan pernah menggunakan aplikasi BBM hehe. Ini tebakan saya saja sih hehe. Soalnya hampir semua teman saya adalah pengguna setia BlackBerry Messenger.

Setiap hari, antrian pesan dari berbagai aplikasi selalu hinggap di Handphone saya. Nah salah satu antrian pesan tersebut adalah pesan yang menggunakan aplikasi BBM. Tak bisa dipungkiri bahwa BBM sangat membantu saya dalam berkomunikasi dengan teman, keluarga bahkan pacar, Upzzzzzzz keceplosan deh hahaha.  

BBM sudah terbilang lama menguasai pasar di Indonesia, yaitu sekitar 8 tahun. Sejak hadirnya BBM, banyak yang menilai dan merasakan manfaat dari layanan BBM sangat membantu dalam berkomunikasi. BlackBerry dianggap sebagai game changer terbesar di industri smartphone. Nah salah satu fitur BlackBerry yang mampu mencuri perhatian masyarakat Indonesia adalah aplikasi pesan instan, yaitu BlackBerry Messenger. Beberapa tahun belakangan ini, BlackBerry sempat mengalami pasang-surut. Namun BBM mampu memberikan inovasinya untuk memulai sesuatu yang baru dan lebih bernilai apabila dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Penasaran dengan fitur terbaru dari BBM saat ini? Langsung diupdate aja ya BBM kalian. Fitur-fitur terbaru yang dikeluarkan oleh BBM tentu akan sangat membantu lho. Semua bisa terselesaikan hanya dengan duduk manis dan mainan Handphone. Eh mainin aplikasi BBM lebih tepatnya hehe. Jangan sampai mainin hati cewe ya haha, kok malah gak jelas gini ya. Kembali ngomongin fitur BBM saat ini, saya sudah merasakan lho keistimewaannya.

Fitur-fitur BBM saat ini
Setelah BBM saya diupdate, energi baru dari BBM pun bermunculan hehe. Fitur-fitur BBM saat ini tentu lebih lengkap jika dibandingkan dengan BBM versi sebelumnya. Nah tampilan fitur-fitur itu diantaranya tampilan video terupdate kini sudah ada di BBM, koleksi stiker yang sangat beragam, banyak game yang keren, Pulsa/PLN, voucher dan masih banyak lagi.

Pada fitur-fitur baru kali ini, kalian bisa menemukan cara pembelian pulsa dengan mudah, bayar tagihan PLN dan masih banyak lagi. Sekarang, kalian dapat membeli pulsa tanpa harus keluar dari rumah atau kantor, cukup dengan menekan tombol di BBM, maka semua akan terselesaikan. Isi ulang pulsa belum pernah semudah ini, bukan? Yang lebih menarik lagi, kalian tidak akan dikenakan biaya administrasi, cukup bayar sesuai dengan pulsa yang kalian beli. Bukan itu saja, kalian juga bisa membeli pulsa untuk teman-teman.

Nah berikut adalah langkah-langkah untuk membayar Pulsa/PLN dan membayar BPJS dengan menggunakan aplikasi BBM: 

1.   Pilih menu ‘Discover’ dan pilih ikon Pulsa/PLN/BPJS
2.   Pilih ‘Isi Pulsa’, sebagai contoh.
3.   Masukkan nomor kamu dan pilih jumlah yang ingin kamu beli.

Gimana mudah banget bukan? Hanya tinggal klik dan klik aja semua sudah bisa terselesaikan. Fitur selanjutnya adalah video yang ada dalam aplikasi BBM. Fitur video ini bakalan nemenin kalian dimanapun berada hehe. Dengan adanya video ini tentu akan memudahkan kalian dalam melihat video terupdate. Semua video terupdate ada disini. Wah kece banget deh pokoknya.

Tampilan Video dalam BBM
Terhitung mulai November 2016, selain dapat mengunggah foto, kamu juga dapat menonton beragam video yang di-post pada BBM Feeds. Hanya pengguna yang telah memiliki BBM Channel dapat mem-posting video, namun video tersebut dapat disaksikan oleh semua pengguna BBM. Kamu dapat memutar video dan menontonnya di layar penuh atau di dalam BBM Feeds.

Cara mengunggah video sebagai pemilik BBM Channel adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke Channel Management Console (CMC)
  2. Copy/paste tautan video yang telah diunggah ke Vidio.com
  3. Edit judul atau deskripsi kemudian posting
Tampilan Live Streaming
Pada September lalu, sempat muncul pemberitaan yang menyebutkan bahwa BBM 100% dimiliki oleh Indonesia. Namun, ada kalimat yang kurang lengkap pada pemberitaan tersebut, yakni “dimiliki oleh perusahaan asal Indonesia”. Ya, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek), grup media terkemuka di Indonesia telah memiliki lisensi dan kekayaan intelektual (IP) dari BBM. Emtek akan mengoperasikan platform tersebut secara global dan mengembangkannya untuk pasar konsumen Indonesia, BlackBerry juga akan terus mengembangkan platform tersebut untuk dunia usaha melalui BBM Protected.

Berbagi foto berkualitas tinggi (HQ) tentu sangat dibutuhkan, nah dengan BBM versi terbaru ini semua bisa terselesaikan dengan mudah. Pada versi sebelumnya, kalian hanya dapat meng-update atau mem-posting informasi berupa teks. Nah versi baru ini juga memungkinkan kamu membuat foto berkualitas tinggi dan membagikannya secara langsung ke seluruh kontak tanpa harus terlebih dulu memperbarui gambar avatar untuk menampilkan foto.

Cara berbagi foto pada BBM versi terbaru adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke BBM Feeds
  2. Tap ikon foto
  3. Beri izin kepada BBM untuk mengakses kamera ponsel kalian, pilih sebuah foto, potong, masukkan keterangan foto lalu bagikan. Sudah deh selesai hehe.
    Tampilan Games dari BBM  
Ada yang suka main game? Kalau lagi suntuk, bosen pasti game menjadi salah satu pilihan untuk menghilangkan rasa bosen tersebut. Nah ini adalah kabar baik bagi para pencinta game, BBM meluncurkan mobile game pertama  mereka pada 1 November 2016, yakni Fruits Mania: Elly’s travel with BBM. Semua orang dapat bermain secara gratis. Bahkan, pengguna Android dapat berkompetisi dengan teman-teman mereka! Dalam waktu dekat ini hingga Desember mendatang BBM akan merilis lebih banyak game gratis. Wow bakal kece banget nih pastinya.


Tampilan Voucher di BBM
Siapa yang suka dengan voucher, cung? Gak usah suruh cung, pasti semua pengen dapetin voucher hehe, apalagi gratis eh. BBM tak henti-hentinya meningkatkan layanan untuk para pengguna di Indonesia. Kali ini, mereka meluncurkan fitur baru BBM Voucher yang terdiri dari berbagai penawaran menarik. Masyarakat Indonesia dapat dengan mudah melakukan pembelian dan penukaran dari berbagai pilihan restoran, tempat hiburan, serta barang-barang kebutuhan pokok melalui BBM. Terlebih lagi, voucher yang berbentuk elektronik ini akan tersimpan di BBM Voucher Shop, sehingga pengguna tidak akan kehilangan atau ketinggalan voucher fisik di rumah!
Melalui BBM, kamu tidak lagi harus bersusah-payah mengunduh aplikasi, membuka browser atau mengunjungi situs web tertentu untuk melakukan transaksi. Layanan BBM Voucher akan menghemat banyak waktu dan tenaga, karena segala transaksi dan penukaran berlangsung di BBM!
Kalian juga tidak perlu khawatir jika suatu saat lupa password serta username. Kamu cukup membuat akun sekali untuk memanfaatkan fitur ini sepuasnya.

Nah berikut adalah cara melakukan transaksi atau penebusan di BBM:
1.     Kunjungi menu ‘Discover’, dan pilih ikon Voucher.
2.     Cari dan pilih voucher yang diinginkan.
3.     Pembayaran dilakukan melalui BBM Checkout
4.     Penebusan voucher dapat dilakukan langsung melalui tampilan web BBM.
Tampilan Kumpulan Stiker Kece
Wah tampilan stikernya lucu-lucu banget sih hehehe. Saat chat dengan teman kalian atau pacar hehe, tentu harus ada suasana komunikasi yang menarik bukan? Nah ini adalah stiker yang bakal menghidupkan suasana komunikasi kalian lebih berwarna hehe. Semua stiker ini bisa didapatkan secara gratis lho, wah makin asih aja deh chatingan sama doi
Tampilan Berita News di BBM
Wah BBM makin komplit aja nih fitur-fiturnya. Hampir semuanya ada disini yak, hanya dengan membuka aplikasi BBM, semua bisa terpenuhi hehe. Seiring dengan kesibukan sehari-hari, tentu gak mau ketinggalan kan sama berita-berita terkini. Nah pada fitur BBM, berita terupdate sudah ada lho, tinggal klik aja, semua berita yang diinginkan bisa didapatkan dengan mudah.


Tampilan Video Call BBM
Telfonan biasa tentu sudah sangat biasa ya hehe, nah dengan video call tentu lebih asik, apalagi menggunakan aplikasi BBM. Video Call menggunakan BBM lebih asik lho, suaranya lebih jelas, ngobrol maskin asik, pokoknya kece banget deh. Rasanya pengen berlama-lama kalau lagi Video Call hehe. Langsung cobain aja yak.

Beragam peningkatan fitur yang menarik hadir untuk para pengguna BBM. Interface BBM sekarang lebih menarik lho. Interface BBM ini bukan satu-satunya yang diperbaharui guna memberikan pengalaman menarik bagi para pengguna. Beberapa hal yang diperbaharui, antara lain:
  1. Kontak akan ditampilkan dalam bentuk daftar yang disusun secara default, bukan grid. (Jika kamu lebih suka grid, kamu selalu dapat beralih kembali melalui menu Settings/Pengaturan).
  2. Pindai Barcode sudah ada pada pilihan menu. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memindai barcode dan QR code.
  3. Ikon Channel di menu Discover sebagai alternatif untuk mengakses BBM Channel.
  4. Standar 25-detik untuk waktu pesan. Fitur ini memungkinkan pengguna memiliki cukup waktu untuk mengiri pesan berikutnya, dan penerima juga memiliki cukup waktu dalam membaca dengan seksama pesan yang masuk. (Pengguna diberikan pilihan 1, 3, 5, 10 atau 60 detik).
  5. Percakapan dengan beberapa orang dan Grup sekarang mewajibkan pencantuman nama. Ini untuk membantu pengguna dalam mengirim pesan, dan memastikan pengguna mengirim pesan yang tepat kepada orang yang tepat.
Wah keren banget nih, pokoknya saya makin setia deh menggunakan aplikasi BBM. Hampir semua yang saya butuhkan ada semua lho di BBM. Tentu sangat menarik untuk melihat bagaimana fitur-fitur ini akan memberikan manfaat kepada para pengguna. BBM adalah pemain besar dan game changer di industri ini. BBM juga berencana untuk mengombinasikan gudang data dan pada saat yang sama meningkatkan kemampuan kecerdasan artifisial (AI) untuk menyediakan konten BBM bagi pengguna dengan lebih baik lagi.

Nah buat kalian apabila ingin mendapatkan pengalaman fitur-fitur di atas, kalian cukup memperbaharui BBM versi terbaru yang sudah bisa diunduh di Google Play atau App Store.

Kalian juga bisa lho mengunjungi BBM Blog untuk mendapatkan informasi lebih mengenai fitur-fitur dan layanan BBM.

Semoga bermanfaat ya :)

Salam,
www.bowosusilo.com


  • Share:

You Might Also Like

11 komentar

  1. Wah... tapi sayangnya handphone ku tidak se-upgrade bbm yg ada fitur barunya itu... kayaknya belum cocok deh untuk skrng... hahaha.

    Tapi infonya sangat bermanfaat, walaupun gk punya dan gk bisa d update... gara2 baca ini jadi tau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah berarti harus nabung dulu nih kak, kan sudah punya kerjaan tetap hik hik.

      Semoga cepat beli handphone baru yak hehe. Keren loh fitur-fitur BBM sekarang. Hampir semua bisa dilakukan dengan BBM hehe.

      Salam,

      Delete
  2. yang saya suka live streaming tv keren , secara tv dirumah error

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupz betul banget Mbk Hanni :) Cocok banget deh buat aku yang gak punya tv di asrama hehe. Senasib deh kita huhuhuhu

      Delete
  3. Tadinya punya aplikasi ini di hp. Tapi karena error makanya uninstall, tapi ko lihat fitur-fitur barunya lucu lucu ya. Instal lagi dehh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wadawww gak kekinian nih Mbk Husna kalau uninstall hehe.
      sekarang tampilannya lebih kece kok hehe, jadi wajib banget deh untuk instal hehe

      Delete
  4. Wahh keren tuh ka jadi kepengen nihh ka tp belum ada uang ny heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal diperbaharui aja kok hehe. sudah punya BBM kan

      Delete
  5. Wahh keren tuh ka jadi kepengen nihh ka tp belum ada uang ny heheh

    ReplyDelete
  6. Wahh keren tuh ka jadi kepengen nihh ka tp belum ada uang ny heheh

    ReplyDelete