BREAKING

Jumat, 01 Juli 2016

Tips Mudik Yang Aman Dari Mobil 123

Diskusi Mudik Cerdas Bersama Mobil123.com (Foto: Bowo Susilo)
Haloo guys... Sudah pada mudik apa belum nih? Wah gak terasa udah mau lebaran aja yah hehe. Hari ini ada yang mau mudik kah? Sudah siap-siap belum? Jangan sampai ada yang ketinggalan ya, pastikan semua keperluan untuk mudik tidak tertinggal ya. Mudik tentu sudah tidak asing lagi bagi kalian, apalagi yang anak perantauan, pasti mudik menjadi langganan anak rantau hehe.

Setiap orang tentu memiliki pilihan sendiri-sendiri apabila mau mudik, entah mau bawa kendaraan sendiri atau naik angkutan umum dan lain sebagainya. H-4 lebaran, tentu ramai-ramainya kendaraan di lalu lintas untuk pulang ke kampung halaman masing-masing. Nah jangan sampai kita teledor dan tidak memahami situasi dan konsisi ketika di jalan raya. Harus tetap fokus, agar mudik kita aman dan selamat sampai kampung halaman masing-masing.

Minggu lalu saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri gathering yang diadakan oleh Mobil123.com. Acara yang diadakan pada tanggal 24 Juni 2016 berlangsung sangat meriah di Aruba Caribbean Restaurant & Bar, Blok M Jakarta Selatan. Acara ini dihadiri oleh para blogger dan media. Walau sudah sering mudik, tentu masih banyak yang harus kita pelajari dengan teliti ketika mudik. Soalnya masih banyak terjadinya kecelakaan saat mudik.

Wah ibu-ibu ini sudah siap mudik kayaknya hehe (Foto: Bowo Susilo)
Sebelum lebaran trus kumpul-kumpul dulu bareng teman-teman blogger itu rasanya sesuatu banget. Apalagi bisa diskusi bareng seputar mudik, cocok banget deh hehe. Dalam acara gathering Mobil123.com menghadirkan pembicara yang paham betul tentang tips mudik yaitu Bapak Benny Susmana dari SDC (Safety Driving Defensive Consultant). Turut hadir juga Bapak Indra Prabowo selaku Managing Editor Mobil123.com. Nah kedua pembicara ini akan berbagi dan sharing banyak hal seputar berkendara dengan aman di lalu lintas.

Tentu banyak yang mudik menggunakan mobil bersama keluarga tercinta. Nah sudah tau belum sih tips mudik aman menggunakan mobil? Seperti yang disampaikan oleh Bapak Benny Susmana, sebelum mudik tentu harus memperhatikan semua hal-hal yang mendukung untuk dibawa mudik. Nah agar mudik berjalan lancar dan aman sampai tujuan, hal-hal inilah yang harus diperhatikan:
  • Cek terlebih dahulu kendaraan anda
Saat mudik, hal inilah yang bener-bener vital. Jangan sampai ketika mudik, kendaraan dalam keadaan tidak bagus. Cek lah terlebih dahulu kendaraan anda mulai dari ban. Ban ini harus bener-bener diperhatikan, karena kalau terjadi kerusakan sedikit saja, maka akan menjadi vital. Anda bisa langsung mengecek terlebih dahulu bagian permukaan ban yang sudah mulai gundul. Nah kalau ban dalam kondisi sudah gundul, itu artinya ban tersebut harus cepat diganti. Apalagi kalau anda akan melakukan perjalanan jauh.

Pelek mobil juga harus diperhatikan lho. Pastikan pelek mobil dalam keadaan bagus, jangan sampai ada yang peang bagian bibir pelek. Kalau sekiranya sudah tidak layak pakai, mendingan cepet-cepet diganti aja, dari pada ditengah jalan bermasalah, tambah ribet nanti.
  • Jaga kesehatan
Dalam berkendara tentu membutuhkan stamina yang bagus, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi kalau memilih mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sebelum mudik, istirahat yang cukup, jangan begadang, jangan beraktivitas yang berat-berat, pokoknya istirahat dengan baik agar keesokan harinya saat mudik badan sudah prima.

  • Bawa barang seperlunya saja
Ketika mudik, pasti barang bawaan terkadang menjadi kendala. Banyak bawaan tentu akan menjadi kendala saat mudik. Jangan sampai membawa barang bawaan yang tidak terlalu penting. Bawalah barang bawaan seperlunya saja. Apabila kendaraan anda membawa beban yang banyak dan berlebih, maka bisa jadi mobil juga tidak stabil.
  • Buatlah suasana senyaman mungkin
Buatlah suasana senyaman mungkin. Tentunya saat berkendara banyak banget halangan atau godaan saat ditengah jalan. Membuat suasana nyaman tentu banyak caranya, diantaranya putarlah musik, siapkan cemilan untuk dijalan, ngobrol asyik, jangan mudah emosi dan masih banyak lagi. Saat berkendara jangan sampai anda grusa-grusu. Pengen cepet sampai rumah, tapi keselamatan juga harus diperhatikan.
  • Saling kerjasama
Kerjasama saat mudik ternyata sangat penting loh. Kerjasama bukan hanya saat dikantor saja, tetapi saat mudik juga perlu sinergi. Apabila anda mudik dengan keluarga dalam semobil, tentu harus saling membantu satu sama lain. Misal suami yang nyetir mobil, maka istri berperan sebagai navigator. Menjadi navigator atau pendamping itu sangat diperlukan, karena saat berkendara juga membutuhkan perhatian yang khusus. Menjadi navigator yaitu membantu mencari rute yang tidak macet atau jalan pintas. Membantu suami kalau butuh sesuatu seperti minum, makan dan lai sebagainya. Menjadi navigator harus peka dan saling mengingatkan agar tetap konsentrasi selama perjalanan.
  • Efektivitas
Nah efektivitas ini juga harus diperhatikan saat mudik. Jangan sampai hanya gara-gara penataan barang-barang yang kurang rapih, menyebabkan kendala saat berkendara. Tentu anda sering melihat orang mudik dengan barang bawaan yang sangat banyak, yang ditata diatas mobil sampai tingi dan berlebihan. Nah itu tuh yang berbahaya. Jangan sampai bawa barang berlebihan, bawalah secukupnya saja dan disusun dengan rapi.

Mudik Cerdas Bersama mobil123.com (Foto: Bowo Susilo)
Semoga informasi ini bisa membantu anda dalam melakukan perjalanan mudik. Terimakasih banyak mobil123.com atas ilmunya. Sampai bertemu di kegiatan selanjutnya :)

Selamat mudik ya :)

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin :)


Salam,



~ Bowo Susilo ~


About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT