BREAKING

Selasa, 12 Juli 2016

Menjadi Wirausaha, Siapa Takut.

Rosiana Halim selaku Managing Director Bobobobo.com saat menyampaikan materinya (Foto: Bowo Susilo)
Bicara masalah pekerjaan, tentu semua orang menginginkan kerja yang enak dengan gaji yang besar. Tapi kan gak mudah untuk mencapai itu semua. Apalagi dunia kerja sekarang ini semakin tahun semakin sengit dan terus bersaing. Nah menyikapi permasalahan tersebut, tentunya semua orang tua mengharapkan anaknya supaya kelak menjadi orang yang sukses, mempunyai pekerjaan tetap atau mempunyai bisnis sendiri. Untuk menjadi seorang wirausaha, tentu harus mempunyai niat yang kuat, sungguh-sungguh dan gigih serta pantang menyerah. 

Modal ini harus ditanamkan sejak dini, agar nantinya tidak mudah putus asa dalam menjalani sebuah usaha. Dulunya saya kurang begitu suka dengan dunia wirausaha, karena dulu saya mempunyai cita-cita menjadi polisi. Tapi karena ayah gak setuju kalau saya jadi polisi, maka sayapun memutuskan untuk melanjutkan sekolah di Perguruan Tinggi di Jakarta. Inilah langkah awal yang saya jalani dengan penuh semangat, walau jauh dari kedua orang tua. Setahun sekali saya baru pulang ke kampung halaman. Bapak dan Ibu saya tinggal di Tulang Bawang Barat, Lampung.

Kebetulan tahun ini merupakan tahun terakhir saya di Jakarta, karena saya adalah mahasiswa tingkat akhir yang sedang sibuk menyelesaikan skripsi. Itulah sebabnya yang membuat saya tidak pulang kampung di tahun ini. Menjadi anak rantau itu rasanya enak-enak sedih sih hehe. Enaknya ya banyak teman-teman baru, sedihnya ya pas jauh keluarga hehe. Tapi keadaan seperti ini jangan sampai membuat saya sedih dan bermalas-malasan, justru membuat saya semangat untuk bisa memberikan yang terbaik kepada keluarga terutama kedua orang tua. Dengan begini, tentu saya belajar banyak hal dari pengalaman-pengalaman selama di Jakarta. Semoga bisa lebih memantapkan diri untuk bisa menjadi seorang wirausaha.

Sesuai dengan program Kementerian Perindustrian Indonesia, nantinya saya akan ditempatkan di Dinas Perindustrian Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung sebagai Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL). Tugas dari TPL ini adalah membina para industri-industri kecil menengah untuk bisa bersaing di dunia global. Nah sekarang ini dunia bisnis semakin tahun semakin berkembang pesat dan persaingannya pun juga ketat. Dengan demikian para pelaku industri-industri kecil harus mempunyai skill untuk bisa bersaing di dunia global.

Sekarang ini sangat marak bisnis online shop dan berbagai layanan yang menggunakan jasa internet. Mengapa demikian? Jangan ditanya lagi, masyarakat Indonesia adalah pengguna internet yang sangat besar. Jadi tak perlu heran lagi kalau semuanya tak bisa jauh-jauh dengan internet. Bisnis kecil-kecilan seperti ini kalau ditekuni tentu akan menjadi besar dan pastinya menguntungkan banget. Hanya bermodalkan internet, kita sudah bisa menjalankan bisnis.

Banyak dari teman-teman saya yang sudah mulai mencoba bisnis online shop. Ternyata kalau ditekuni dengan benar-benar, hasilnya pun lumayan. Kegiatan bisnis ini pun bisa dijalani oleh siapa saja, gak memandang profesinya sebagai apa, yang penting mau dan ada niat, sudah bisa berjalan. Dengan adanya bisnis online shop maka masyarakat pun dimudahkan untuk mendapatkan kebutuhan yang sedang diinginkan, tanpa harus keluar rumah dan berpanas-panasan.

Digital Business Your Way (Foto: Bowo Susilo)
Saya pun juga mempunyai keinginan untuk bisa memiliki sebuah website yang bisa dijadikan sebagai ladang pencaharian. Entah itu untuk jualan makanan, fashion dan produk-produk lain. Mempunyai usaha online tentunya sangat menyenangkan, karena pekerjaan ini bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja. Nah bulan lalu saya mendapatkan kesempatan yang begitu berharga loh. Kesempatan itu adalah menghadiri sebuah acara yang diselenggarakan oleh My Republik

Acara yang mengangkat tema "Digital Business Your Way" ini sungguh bener-bener bermanfaat bagi saya pribadi. Gimana enggak? Semua narasumber yang dihadirkan mampu memberikan motivasi-motivasi untuk bisa menjadi seorang wirausaha. Wah tentunya ilmu ini tidak akan pernah saya biarkan begitu saja, semoga suatu saat nanti saya bisa menerapkan ilmu wirausaha itu dengan baik.

Dalam kesempatan ini, turut hadir juga Rosiana Halim selaku Managing Director Bobobobo.com. Rosiana Halim berbagi tips tentang wirausaha di dunia online itu bagaimana. Apa saja sih yang harus diperhatikan agar bisa sukses? Dalam membuat sebuah bisnis online tentu banyak banget pertimbangan yang harus diperhatikan agar tidak mleset nantinya.

Langkah Pertama

Kenali dulu pasar dalam bisnis anda itu siapa? Apabila kita belum tahu pasti siapa pasar dalam bisnis kita, maka dapat dipastikan bisnis itu kurang maksimal. Buatlah bisnis itu semenarik mungkin, carilah sebuah produk yang memang bener-bener dibutuhkan oleh konsumen. 

Langkah Kedua

Perkuat brand usaha kita. Dalam membuat sebuah usaha, maka brand sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. Brand memberikan dampak besar bagi sebuah bisnis, kalau brand nya bagus, maka bisa dipastikan akan ramai usaha kita.

Langkah Ketiga

Perhatikan manajemen dalam berbisnis. Jangan menyepelekan sebuah strategi manajemen dalam bisnis kita. Entah itu bisnis besar ataupun kecil, manajemen tetaplah jadi bagian yang terpenting dalam kemajuan bisnis kita. Kita harus berani menawarkan sesuatu yang berbeda dengan pesaing kita. Contoh, produk yang kita jual lebih murah dibandingkan yang lain. Kemasannya menarik, sehingga membuat konsumen penasaran untuk membeli produk kita. 

Langkah Keempat

Buatlah konsumen nyaman untuk berbelanja di website kita. Tampilan sebuah website tentu mempunyai pengaruh yang cukup besar. Apabila tampilan website kita bagus, maka pelanggan pun akan betah untuk berlama-lama dalam website kita. Begitu juga sebaliknya, kalau tampilan website kita jelek, maka gak bakalan lama deh tuh konsumen mampir di website kita.

Frans Fernando dari Tokopedia.com saat menyampaikan materinya (Foto: Bowo Susilo)
Narasumber selanjutnya adalah Frans Fernando dari Tokopedia.com. Wah nampaknya makin seru aja nih pembahasannya. Jarang-jarang bisa ngobrol langsung dengan Frans dari Tokopedia.com. Kali ini Frans akan berbagi pengalamannya tentang optimized your blog. Dalam dunia blogging, tentu traffic sangat penting. Namun yang perlu digaris bawahi adalah konten kita itu loh, ungkap Frans.

Sebuah perusahaan atau agency tidak semuanya mencari blogger yang mempunyai traffic keren, DA keren dan sebagainya. Yang paling diperhatikan adalah konten yang ada didalam blog itu sendiri. Jadi konten mempunyai peran yang sangat penting.

Nah potensi atau peluang yang lainnya dari sebuah blog adalah apabila branding blog kita sudah jelas dan lebih terarah. Artinya, semakin spesifik tema blog kita, maka peluangnya pun akan semakin besar juga. Selain itu, bangunlah hubungan yang baik dengan brand, agar kerjasamanya bisa berkelanjutan nantinya. Menjadi seorang blogger tentu harus sering-sering update tulisan di blog, agar pembaca tidak haus akan informasi-informasi yang semestinya didapatkan dari blog kita. Menjadi blogger juga penting untuk terus belajar dan menambah pengetahuan yang luas, agar penulisan di blog pun semakin tertata dan bagus pastinya. Untuk mendapatkan informasi yang lagi tren, bisa membaca artikel di "ChannelNewsAsia".

Dalam dunia bisnis online, tentu internet menjadi hal yang paling penting dalam menjalankan kegiatan bisnisnya. Oleh karena itu perlu dong koneksi internet yang tetap stabil dan gak ngadat. Nah supaya kegiatan bisnis kita berjalan dengan lancar, maka kita perlu memilih "internet ultra cepat" yang gak pake lelet koneksinya. Sehingga bisnis kita pun akan berjalan dengan lancar. My Republik banyak menawarkan pilihan paket internet dan harganya yang kompetitif pastinya. 

Helma Kusuma selaku Country Manager Freelancer.com saat menyampaikan materinya (Foto: Bowo Susilo)
Pada sesi terakhir, Helma Kusuma selaku Country Manager Freelancer.com, juga berbagi pengalamannya dalam dunia freelancer. Banyak yang mencari pekerjaan di freelancer.com, semuanya bisa mencoba untuk bekerja sebagai freelancer. Pesan dari Helma adalah jangan mengharapkan yang besar dulu, tekunilah mulai yang kecil, perbanyak portofolio anda, maka dengan sendirinya hasil besar akan mengikuti.

Kalau saya terpilih memenangkan kompetisi ini, maka saya akan menggunakan uang ini sebagai modal dalam memulai bisnis online yang sudah saya singgung diatas. Membuat website yang bagus, serta komponen-komponen lain yang mendukung dalam menjalankan usaha online yang akan saya buat nanti. 

Selama saya kontrak di Dinas Perindustrian Tulang Bawang Barat, Lampung. Saya akan memasarkan produk-produk industri yang ada di Kabupaten saya di website yang sudah saya buat, agar bisa terjual ke masyarakat luas dan bisa bersaing di skala nasional. Aminnnnn

Salam Sukses,

~ Bowo Susilo ~ 

About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

8 komentar:

  1. jadi wirausaha itu pilihan gan semangat, dan salah satunya peluang adalah di dunia digita matab artikelnya nambah wawasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan bener banget. Thanks ya.
      Iya nih dunia digital memang semakin marak tiap tahunnya, banyak peluang yang didapatkan dari dunia digial. Semoga kita bisa ambil peluang itu gan. Aminnnn

      Thanks ya

      Hapus
  2. Kalau saya, saya jualan layangan online, packingnya pakai triplek dan kayu. Menurut saya layangan ini unik, soalnya ada pasar ceruk tersendiri, media yang saya gunakan yaitu blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mantap itu mas Amir.
      Malah udah berjalan ya mas usahanya. Boleh nih mas, saya belajar-belajar hehe.

      Jadi pengen cepet punya usaha nih mas. Semoga bisa cepat terwujud. aminnn

      Hapus
  3. kalau saya gak tahu mau ngapain wo ...wkkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha serius nih gak tau mau ngapain kak Sukri...

      Katanya selesai kontrak mau nikah dulu kan hehe. jangan lupa undangannya ya kak

      Hapus
  4. kalau saya gak tahu mau ngapain wo ...wkkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan bingung-bingung lah kak sukri hehe.
      Sekarang dah punya usaha apa kak sukri, gimana kabar nyuluh IKM nya?

      Hapus

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT