BREAKING

Jumat, 08 Juli 2016

Semua Bisa Menjadi Blogpreneur

Foto Bersama Pemenang Live Twett (Foto: Bowo Susilo)
Menjadi blogger itu pilihan. Kalau pengen banyak pengalaman, banyak teman, banyak ilmu-ilmu baru, ya saran saya jadilah seorang blogger. Mencari ilmu itu bukan hanya di bangku sekolah atau di kampus saja, melainkan banyak banget tempat untuk menuntut ilmu diluar sana. Tidak semua ilmu bisa didapatkan di bangku sekolah dan di kampus. Mencari ilmu dan pengalaman justru makin banyak peluangnya diluar sana, dengan cara gabung ke komunitas-komunitas, sering ikut acara kopdar dan lain sebagainya. Yang jelas, semua yang kita ikuti harus positif ya.

Nah minggu lalu saya mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu baru di acara buka puasa bersama yang diadakan oleh CNI. Acara ini bertempat di Casadine Kitchen & Bakery tepatnya di Apartement Taman Rasuna Tower 17, Jl. Epicentrum Boulevard Timur, Kuningan, Jakarta. Dalam acara buka puasa bersama kali ini tentunya banyak ilmu yang berharga untuk bisa saya dapatkan. Bagi yang suka ngeblog tentu sudah tidak asing lagi dengan Teh Ani Berta dan Mbk Haya Aliya Zaki. Yupz, beliau berdua adalah inspirasi saya untuk semangat lagi dalam menekuni dunia blogging.

Sesi pertama kali ini akan dibawakan oleh Teh Ani Berta. Seorang blogger harus bagaimana sih dalam menangkap peluang-peluang yang ada. Apakah hanya menulis dan menulis saja tanpa memperhatikan hal-hal lain. Tentunya banyak banget hal-hal yang harus diperhatikan oleh seorang blogger agar bisa menjadi blogpreneur.

Teh Ani Berta Saat Menyampaikan Materinya (Foto: Bowo Susilo)
How To Be a Bloggerpreneur

Blogger itu bisa lo menjadi wirausaha. Kenapa enggak, kalau kita bisa menekuni di dunia blogging, tentu banyak banget peluang-peluang yang akan berdatangan kepada kita. Semua orang bisa menjadi blogpreneur. Baik dia sebagai pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar dan lain sebagainya, semua bisa jadi blogpreneur. 

Menjadi seorang blogger tentu harus mempunyai keterampilan menulis. Yupz, menulis sudah menjadi pekerjaan setiap hari oleh seorang blogger. Selain menulis tentu masih banyak lagi skill yang harus dimiliki oleh seorang blogger. Keterampilan teknologi juga perlu dimiliki oleh seorang blogger, karena menjadi blogger harus melek teknologi. Menjadi blogger juga harus bisa mengabadikan momen-momen penting dan menarik untuk dijadikan bahan tulisan kita. 

Setelah mempunyai keterampilan menulis dan keterampilan yang lainnya, ada beberapa poin yang penting banget untuk diperhatikan. Nah setidaknya ada 5 poin yang harus dimiliki oleh seorang blogger agar bisa menjadi Blogger Profesional. Kelima poin itu antara lain:
1.     Membangun Pondasi
2.     Membangun Interaksi
3.     Perbanyak Jaringan
4.     Marketing dan Portofolio
5.     Action 
Membangun Pondasi

Menjadi blogger tentu harus mempunyai pondasi yang kuat. Nah pondasi apa itu? Pondasi disini adalah blog yang kita miliki. Buatlah blog yang menarik, unik, kreatif dan sebagainya. Fokuslah terhadap kesukaan atau keterampilan yang bener-bener kita minati. Buat konten-konten tulisan yang menarik dan konten itu sedang dibutuhkan oleh masyarakat.

Membangun Interaksi

Membangun interaksi disini adalah sering-sering menanyakan kabar teman walaupun tidak sedang di acara tertentu. Selain itu juga, harus aktif membangun interaksi didalam blog. Interaksi didalam blog ini adalah saling berkunjung ke teman-teman blog kita. Jangan sampai tidak membalas komentar-komentar yang ada dalam blog kita. Rajin-rajinlah untuk blogwalking.

Perbanyak Jaringan

Jaringan sangat penting loh dalam dunia blogging. Sebenernya tidak hanya di dunia blogging saja, jaringan memang dibutuhkan oleh semua orang tidak memandang profesinya apa. Karena dengan jaringan yang banyak, maka kita akan mudah mendapatkan kesempatan atau peluang dengan mudah. Nah untuk memperbanyak jaringan, tentu bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan bertukar kartu nama.

Marketing dan Portofolio

Marketing dan Portofolio juga harus dibangun oleh seorang blogger. Bagaimana caranya? Sering-sering mengikuti lomba blog baik dalam lingkup kecil ataupun lingkup besar. Semakin sering kita mengikuti lomba blog tentu semakin banyak juga peluang kita untuk bisa menang. Nah pencapaian kemenangan itulah bisa kita jadikan sebagai portofolio kita. Buatlah brand senang dengan kita, walau kita tidak dibayar tetaplah menulis dengan ikhlas. Insyaallah suatu saat akan membuahkan hasil yang manis.

Action

Action! Jangan takut untuk terus berkarya. Lakukan kegiatan-kegiatan positif yang dapat membuat kita mandiri dan terus percaya diri. Belajar dengan hal-hal baru seperti menjadi panitia disebuah event atau kegiatan-kegiatan lainnya. Dengan demikian, maka kita akan terlatih untuk terjun langsung dalam mengkordinir sebuah acara. Jangan mudah puas dengan ilmu yang kita miliki, teruslah belajar ilmu-ilmu baru.

Nah setelah semua poin diatas terpenuhi, menjadi blogpreneur itu bukan hal yang tidak mungkin. Semuanya bisa menjadi blogpreneur. Tidak pandang mereka guru, pekerja kantoran, mahasiswa dan lain sebagainya. Yang terpenting mempunyai kemauan dan sungguh-sungguh.

Untuk sesi yang kedua kali ini akan dibawakan oleh Mbk Haya Aliya Zaki. Seperti yang dibahas diawal tadi, semuanya bisa menjadi blogpreneur. Adakah yang suka nulis tentang kesehatan? Kalau ada berarti cocok banget nih dengan pembahasan ini. 

Mbk Haya Aliya Zaki Saat Menyampaikan Materinya (Foto: Bowo Susilo)
Get Opportunities From Writing Health Content

Untuk menulis tentang kesehatan tentu tidak harus mempunyai latar belakang pendidikan kesehatan. Kalaupun mempunyai latar belakang kesehatan berarti itu adalah poin tambahan. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa banyak yang menulis tentang kesehatan walau tidak mempunyai latar belakang kesehatan. Blogger mana pun bisa saja menulis tentang kesehatan yang penting mempunyai passion dibidang ini. Nah berikut adalah berbagai cara untuk mendapatkan peluang menulis seputar kesehatan.
  • Passion
Passion tentu penting banget untuk dimiliki oleh seorang blogger yang mau menulis tentang kesehatan. Sebenernya tidak perlu muluk-muluk harus menulis tentang kesehatan sesuai dengan medis dan lain sebagainya. Mulailah dari hal yang sederhana saja. Sebagai seorang ibu tentu sudah paham betul dalam merawat anaknya. Nah dari sini bisa ditulis bagaimana cara menurunkan panas si kecil.
  • Personal Branding
Bangunlah personal branding di blog anda. Personal branding disini tentunya sangat diperlukan dalam sebuah blog, tidak hanya tentang blog kesehatan, semua blog membutuhkan personal branding. Nah untuk membangun personal branding di blog kesehatan, salah satunya dengan cara sering-sering menulis konten kesehatan di blog kita. Selain itu juga, bisa datang ke sebuah acara-acara yang membahas tentang kesehatan dan masih banyak lagi.
  • Menjadi Volunteer
Menjadi Volunteer juga bagus untuk dijadikan sebagai personal branding. Menjadi volunteer content writer disebuah website yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas pastinya. 
  • Membangun Networking
Networking sangat diperlukan dalam dunia blogging. Networking harus dibangun sejak awal dan seterusnya. Jangan hanya pas dapat job saja komunikasinya baik, setelah itu harus tetap dijaga networking nya. Membangun networking ini bisa dilakukan dengan cara mengirimkan ucapan di hari raya dan sebagainya.  

Selain itu juga yang perlu dilakukan adalah optimasi sosial media dengan baik. Kenapa optimasi sosial media sangat penting? Yupz, penting banget. Optimasi sosial media dengan baik, maka akan terbuka banyak peluang buat kita. Optimasi sosial media ini meliputi Facebook, Twitter, Instagram, Linkedin, Facebook Fanpage. Jangan pernah mengunci akun sosial media kita. Karena kalau akun sosial media kita terkunci, bagaimana brand bisa melihat kegiatan kita, apakah kita update di sosial media atau enggak. Jadi mulai sekarang yang akun sosial medianya masih terkunci, silahkan dibuka ya hehe.

Mbk Haya Aliya Zaki juga memberikan tips untuk bisa mewawancarai narasumber dengan baik. Suatu saat tentu kita membutuhkan konten-konten yang baru, nah wawancara inilah salah satu solusinya.
  • Harus sudah siap sebelum wawancara. Kita harus sudah tau, apa saja yang harus kita tanyakan saat wawancara. Jangan sampai saat wawancara, kita malah bingung mau nanya apa.
  • Pilihlah tempat yang strategis untuk dilakukan wawancara.
  • Tentukan waktu wawancara, jangan terlalu lama dan jangan terlalu cepat. Kalau kita mewawancarai narasumber dengan durasi waktu yang lama, maka akan menimbulkan kejenuhan bagi narasumber kita. Tentunya hasilnya tidak akan maksimal.
  • Temukan informasi-informasi yang lengkap, karena waktu wawancarai kemungkinan hanya sekali itu saja. Maka jangan sampai ada informasi yang ketinggalan.
Itulah ilmu yang saya dapatkan saat mengikuti acara buka puasa bersama yang diadakan oleh CNI. Tentunya saya sangat bersyukur bisa datang langsung di acara ini, banyak banget ilmu baru yang saya dapatkan di acara ini. Terimakasih banyak CNI yang sudah mengadakan acara ini. Bulan lalu saya juga sempat mengunjungi kantor CNI lo, selengkapnya disini disini ya. Tentu sudah tidak asing lagi kan dengan CNI, yaitu sebuah perusahaan yang menawarkan berbagai macam produk, mulai dari healty foodFood & BeveragesPersonal Care dan masih banyak lagi pastinya.

Nah buat anda yang ingin mendapatkan barang-barang yang dijual oleh CNI, sekarang sudah tidak repot-repot lagi untuk mendapatkannya. Cukup dengan mengunjungi geraicni.comProses belanjanya pun sangat mudah lo. Silahkan di intip ya hehe.


Salam,


~Bowo Susilo~

About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

2 komentar:

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT