BREAKING

Sabtu, 09 April 2016

Seharian Explore CNI dan Belajar Content Management

Foto Roosvansia
Mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Gedung CNI adalah suatu kesempatan yang luar biasa bagi saya. Tadinya saya hanya mendengar kabar-kabar dari media online, teman dan lain sebagainya, nah sekarang saya bisa berkunjung langsung ke gedungnya langsung. Tentunya sudah banyak yang tau kan seputar CNI itu sendiri. CNI pertama kali didirikan di Bandung, CNI terdaftar dengan nama perusahaan PT Nusantara Sun-Chlorella Tama (NSCT). Dulu masyarakat mengenal CNI sebagai Sun-Chlorella saja, karena memang dulunya CNI hanya menjual produk makanan kesehatan Sun Chlorella A saja. Nah seiring bertambahnya berbagai ragam produk yang dipasarkan NSCT, maka berganti nama menjadi CNI (PT CITRA NUSA INSAN CEMERLANG). 

Minggu, 3 April 2016 saya dan teman-teman blogger seharian explor CNI di Jakarta. Berkunjung ke Gedung CNI ini baru pertama kali saya lakukan. Ketika tiba di Gedung CNI, kita semua langsung disambut oleh Niko Riansyah selaku PIC kegiatan ini. Tiba di Gedung CNI para blogger duduk-duduk terlebih dahulu, untuk menunggu teman-teman yang lainnya.

Kegiatan Explore Kantor CNI Dipandu Oleh Gusti Alendra (Dokumen Pribadi)
Kegiatan pertama yang dilakukan di Gedung CNI ini adalah berkeliling-keliling di Gedung CNI yang dipandu oleh Gusti Alendra. Sambil keliling-keliling ke Gedung CNI, Gusti Alendra sambil menjelaskan seputar CNI bisa berkembang pesat sampai sekarang ini. Gusti Alendra ini berasal dari Bali, sudah bekerja di kantor CNI selama belasan tahun, sehingga sudah tau seluk beluk dari CNI itu sendiri, sehingga beliaulah yang memandu para blogger untuk berkeliling.

Gambar Piramida Gizi (Dokumen Pribadi)
Pertama kali kita keliling ke gallery yang memamerkan sebuah piramida gizi atau sering kita sebut sebagai makanan sehat. Gambar yang berbentuk piramida ini adalah terdiri dari empat tingkat. Untuk tingkat yang paling bawah adalah sumber karbohidrat. Tingkat yang kedua adalah buah-buahan. Tingkat yang ketiga adalah susu dan daging sebagai sumber kalsium. Untuk yang paling atas adalah gula dan garam yang berfungsi sebagai sumber zat ioudium dan besi.

Gusti Alendra Saat Menjelaskan Seputar Produk CNI (Dokumen Pribadi)
Pada gallery CNI ini terdapat berbagai macam produk-produk CNI seperti panci-panci, pisau, talenan dan lain-lain. Selain itu juga, terdapat produk deterjen Sc88, kosmetik keluaran CNI dan sebagainya. Pokoknya apabila kalian berkunjung ke Gedung CNI, kalian bisa mengunjungi berbagai gallery yang ada di Gedung CNI, tepatnya di lantai satu dan lantai dua. Gedung CNI ini terdiri dari lima lantai, diantaranya dua lantai untuk gallery dan yang tiga lantai lagi untuk Manajemen Perkantoran CNI. Untuk lantai satu, kebanyakan untuk gallery produk-produk CNI, sementara untuk lantai dua berisi tentang sejarah-sejarah CNI yang disertai dengan miniatur-miniatur bangunan.

Gedung Miniatur CNI Yang Ada di Medan (Dokumen Pribadi)
Usai keliling-keliling ke gallery yang ada di CNI, para blogger langsung registrasi untuk masuk ke ruangan, dilanjutkan dengan workshop. Nah untuk workshop kali ini akan diisi oleh Marselinus Ferdinand, Rizki Siwu dan Ani Berta.

Marselinus Ferdinand
Marselinus Ferdinand selaku Head of Marketing CNI Indonesia akan menjelaskan tentang konten. Konten menurut Marselinus sangatlah penting untuk terus diperhatikan dalam sebuah perusahaan. Beliau menceritakan tentang CNI yang dulu berbeda dengan saat ini. Apanya yang berbeda? Dulunya CNI hanyalah Multi Level Marketing, beda dengan saat ini. Saat ini CNI terus mengikuti perkembangan zaman, yaitu dengan cara memperluas jaringan CNI itu sendiri dan mengembangkan sistem pemasaran yang saat ini sudah lebih gampang. CNI tidak menyia-nyiakan dengan perkembangan teknologi yang ada, hal itu terbukti bahwa pemasaran produk-produk CNI bisa didapatkan secara online.

Wah kalau udah bisa belanja online, memang sangat cocok nih sama pelanggan-pelanggan CNI yang mempunyai kesibukan ngantor dan aktivitas-aktivitas lainnya. Tanpa harus datang langsung ke toko, barang pun dengan mudah untuk bisa didapatkan. Buat kalian yang ingin langsung mencoba belanja online, bisa langsung mengunjungi www.geraicni.com.

Proses belanja online nya pun sangat mudah, hampir sama seperti kita belanja di toko online yang lainnya. Nih ya tips untuk belanja online di www.geraicni.com sebagai berikut :

  1. Pilih produk yang akan dibeli, klik tombol beli.
  2. Setelah itu, klik view cart untuk dapat melihat belanjaan anda
  3. Kemudian akan muncul  daftar pembelian anda, lalu klik selesai belanja
  4. Lalu akan diminta untuk register terlebih dahulu
  5. Masukkan alamat email
  6. Masukan password
  7. Setelah itu tinggal register
  8. Input informasi pengiriman
  9. Terakhir lakukan pembayaran
Pokoknya mudah deh cara belanjanya, ketika sudah buka web nya pasti bisa langsung belanja hehe. Untuk metode pembayarannya sendiri adalah bisa dilakukan dengan cara transfer atau credit card.

Usai presentasi dari Marselinus Ferdinand, dilanjutkan oleh Rizki Siwu selaku Vice President of DOKUid yang membahas tentang Indonesian e-Commerce dan Online Payment. Seperti yang dikatakan oleh Rizki Siwu bahwa, prospek bisnis e-Commerce di Indonesia sangatlah menjanjikan. Orang Indonesia banyak yang suka banget belanja secara online karena memang punya kesibukan masing-masing.

Rizki Siwu
Banyak banget yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memudahkan dalam berbelanja. Menurut survey yang dilakukan oleh DOKU bahwa online shoppers setiap tahunnya mengalami peningkatan. Data survey yang dilakukan oleh DOKU sebagai berikut :
  • Tahun 2013 4,6 miliar
  • Tahun 2014 5,9 miliar
  • Tahun 2015 7,4 miliar
  • Tahun 2016 8,7 miliar
Dari data diatas  terlihat jelas bahwa, bisnis e-Commerce di Indonesia memang mempunyai peluang yang sangat bagus. Dengan belanja online, maka konsumen akan sangat mudah untuk mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus datang langsung ke tempat penjualnya. Mulai dari proses pembelian sampai dengan proses pengiriman barang sangat mudah untuk dilakukan.

Nah buat kalian yang akan melakukan registrasi di DOKU Wallet cukup dengan menggunakan email dan juga nomor telepon. Keunggulan dari DOKU sendiri adalah untuk membayar di berbagai merchant online (sudah bekerjasama dengan DOKU). Selain itu juga bisa digunakan untuk berbelanja di Alfamart dan membayar tagihan listrik dan lain sebagainya.

Setelah selesai materi dari Rizki Siwu, saatnya menggali ilmu bersama Ani Berta. Siapa sih yang belum tau sosok Ani Berta yang selalu memberikan motivasi dalam dunia blogging. Kali ini Ani Berta akan berbagi soal Menggali Potensi Dari Digital Konten.

Menggali Potensi Dari Digital Konten

Dalam dunia blogging tentunya harus membuat konten dengan semenarik mungkin, untuk dapat dibaca dengan enak oleh pengunjung kita. Seperti yang dibilang Ani Berta, konten itu penting banget dalam dunia blogging. Beliau mengungkapkan bahwa dalam dunia blogging yang pertama adalah konten, yang kedua adalah konten dan yang ketiga adalah konten.

Wahh sebegitukah pentingnya konten dalam dunia blogging ya. Berarti saya adalah termasuk orang yang beruntung, karena bisa belajar langsung dengan beliau soal konten dalam dunia blogging. Kalau kita ngomongin konten, yang jadi pertanyaan adalah gimana sih cara berburu sumber konten itu ?

Konten bisa kita dapatkan dengan banyak cara, asal kita mau ngejalani atau tidak, karena konten yang bisa kita muat didalam blog sangatlah banyak. Mulai dari tempat menarik, bersejarah, peristiwa, informasi membuat paspor, berbagi inspirasi, pengalaman, hasil wawancara narasumber bahkan sampai obrolan biasapun bisa kita jadikan sebuah konten lho.

Ketika sudah menemukan konten, tentu tidaklah konten saja supaya tulisan kita enak dibaca oleh pengunjung kita. Yang perlu diperhatikan lagi adalah harus adanya penguat artikel. Apa itu penguat artikel ? Penguat artikel adalah suatu sumber yang bisa menguatkan artikel kita. Contohnya adalah data statistik, buku, wawancara dan berita dari media. Itulah yang akan membuat tulisan kita berbobot dan memang sesuai dengan fakta yang ada.

Strategi Pembagian Konten

Strategi pembagian konten tentu juga harus diperhatikan, karena jangan sampai kita udah aktif ngeblog tapi bingung dengan konten itu sendiri. Berikut adalah cara pembagian konten yang bisa kalian lakukan :
  • Buatlah jadwal rutin dan berkala
  • Breakdown tema
  • Manfaatkan waktu luang untuk membuat draf
  • Bawa selalu catatan dan pulpen
  • Tangkap momen berharga dimana pun
  • Berfikir kritis, kreatif dan mampu membuat opini yang inovatif
  • Bertanggung jawab
Ketujuh strategi diatas bisa kalian lakukan agar tidak bingung dalam menentukan konten.

Ani Berta
"Sebuah Proses Akan Menentukan Kualitas"
~ Ani Berta ~
  
Keasikan belajar soal menggali potensi dari digital konten, tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 16.00. Akhirnya acara pun ditutup dan dilanjutkan foto bersama.
Semoga ilmu yang sudah disampaikan ini bisa diterapkan dalam dunia blogging untuk menjadi lebih baik. Aminnn 
Sampai jumpa di kesempatan selanjutnya :)

Salam :)

~ Bowo Susilo ~

About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Explore Indonesia.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Explore Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Explore Indonesia

    BalasHapus

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT