BREAKING

Selasa, 05 April 2016

Jika Aku Tim Nusantara Sehat, Aku Siap Bekerja Keras Untuk Indonesia Sehat


Twitter @Nusantara_Sehat
Nusantara Sehat! Ada yang sudah tau apa itu Nusantara Sehat? Nusantara Sehat merupakan kegiatan yang telah dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Nusantara Sehat bertujuan untuk menguatkan layanan kesehatan utama, melalui peningkatan akses dan kulaitas pelayanan kesehatan dasar. Layanan kesehatan tersebut yaitu di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) dan Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK). Selain itu juga, adanya program Nusantara Sehat ini bertujuan untuk menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, menggerakkan pemberdayaan masyarakat dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi serta dapat meningkatkan retensi tenaga kesehatan yang telah bertugas di DTPK dan DBK.

Wah setelah mendengar program Nusantara Sehat tentu sangat menarik kan. Karena Tim Nusantara Sehat ini akan banyak mendapatkan pengalaman yang sangat luar biasa. Wajar saja jika yang dipilih menjadi Tim Nusantara Sehat harus siap fisik dan mental, karena Tim Nusantara Sehat akan ditempatkan di daerah-daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan. Daerah-daerah tersebut merupakan salah satu komitmen Nawacita, yaitu membangun dari pinggiran.

Tim Nusantara Sehat ini terdiri dari dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi dan tenaga kefarmasian. Persyaratan selanjutnya adalah usia maksimal 35 tahun untuk dokter dan dokter gigi serta 30 tahun untuk tenaga kesehatan lainnya. Tim Nusantara Sehat harus bersedia mengabdikan dirinya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan Kementerian Kesehatan RI.

Twitter @Nusantara_Sehat
Twitter @Nusantara_Sehat
Sebelum ditempatkan di daerah terpencil, Tim Nusantara Sehat harus mengikuti beberapa tahap seleksi yang sangat ketat tentunya. Tim Nusantara Sehat tentu harus mempunyai mental yang kuat, fisik yang kuat, pokoknya serba kuat semua deh hehe. Pelatihan-pelatihan tersebut diantaranya panjat tebing. Panjat tebing tentu bukan hal yang mudah bagi semua orang, tantangan inilah yang harus dilalui oleh Tim Nusantara Sehat. Pelatihan panjat tebing ini bertujuan untuk memperkuat kekuatan fisik dan mental.

Tim Nusantara Sehat Harus Kuat Fisik dan Mental

Setelah melakukan pelatihan-pelatihan, Tim Nusantara Sehat akan langsung ditempatkan di daerah terpencil. Disitulah manfaat dari latihan fisik seperti panjat tebing dan lain sebagainya. Karena saat ditempatkan di daerah terpencil, kondisinya tentu sangat jauh berbeda dengan kondisi di kota, mulai dari jalan yang jelek, sepi, masih banyak hutan dan lain sebagainya. Kondisi seperti apapun itu, Tim Nusantara Sehat harus kuat dan terus semangat untuk menjalankan tugasnya guna membantu pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan baik.

Twitter @Nusantara_Sehat
Walaupun jalan becek dan membutuhkan perjuangan untuk melewatinya, Tim Nusantara Sehat harus terus berupaya untuk dapat membantu kesehatan masyarakat. Keuletan itulah yang harus dimiliki oleh Tim Nusantara Sehat. Sangat membantu sekali pelatihan-pelatihan sebelumnya yang sudah diberikan. Disinilah Tim Nusantara Sehat mendapatkan pengalaman yang sangat luar biasa, karena pengalaman ini sangat langka untuk bisa didapatkan.

Untuk dapat mengetahui lebih jauh tentang Nusantara Sehat, tentu kita perlu melihat dan meliput langsung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Tim Nusantara Sehat di daerah-daerah terpencil.

Nah cocok banget nih, ternyata ada peluang lho untuk bisa meliput secara langsung kegiatan dari Tim Nusantara Sehat. Saya lagi berusaha nih mengikuti ajakan dari Eyang, pemilik akun twitter @anjarisme. Eyang yaitu sapaan akrab yang mempunyai blog ini.

Ajakan dari Eyang adalah "3 Hari Jalan-jalan ke Batam, Mau"???

Welcome To Batam

Siapa sih yang enggak ingin melihat langsung tulisan Welcome To Batam secara langsung. Batam merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Wilayah Batam ini terletak di Pulau Batam yang wilayahnya dikelilingi oleh Selat Singapura. Wahhhh deket dong dengan Singapura? Deket banget hehe. Makanya gak bakalan nolak deh kalau diajak jalan-jalan ke Kota Batam ini.

Bisa datang ke Batam, itu berarti datang ke Singapura hehe. Se'enggaknya sudah tercium aroma Singapura nya haha. Siapa tahu nantinya mendapatkan kesempatan untuk ke Singapura beneran hehe. Batam terkenal dengan barang-barang elektronik murah, terutama Handphone (HP). Tak heran jika sudah mendengar Batam, maka yang muncul adalah barang elektronik dengan harga yang murah. Mengapa Batam terkenal akan dunia industrinya? Karena Batam adalah kota dengan letak yang sangat strategis. Tak hanya itu saja, Batam berada di jalur pelayaran internasional, kota ini memiliki jarak yang sangat dekat dan langsung berbatasan dengan Singapura dan Malaysia. Batam juga terkenal dengan kawasan perdagangan bebas Indonesia.

Jika Aku Tim Nusantara Sehat

Jika saya mendapat kesempatan untuk menjadi bagian dari Nusantara Sehat, tentu akan menjadi suatu pengalaman yang sangat berharga dan pastinya tidak akan pernah saya lupakan. Menjadi bagian dari Nusantara Sehat, tentu saya akan mengetahui kegiatan-kegiatan apa saja sih yang dilakukan oleh Tim Nusantara Sehat ini di Batam. Selama 3 hari, saya akan menggali informasi seputar Nusantara Sehat yang sedang berlangsung di Batam.

Bisa berkunjung ke daerah-daerah terpencil Indonesia, tentu suatu kesempatan yang luar biasa. Indonesia kaya akan budaya, suku dan lain sebagainya, hal inilah yang membuat saya semangat untuk terus berkeliling ke pelosok negeri ini. Berkunjung ke daerah baru, tentu kita akan mendapatkan keluarga baru juga, karena jarinngan itu menurut saya penting banget. Apalagi nantinya bisa ikut langsung kegiatan yang dilakukan Tim Nusantara Sehat, pasti akan lebih seru dan menyenangkan. Karena berbagi dengan orang lain itu adalah perbuatan yang sangat mulia.

Pengalaman inilah yang menjadi poin lebih ketika jalan-jalan ke Batam. Karena saya suka banget yang namanya travelling, kemanapun itu saya iyakan hehe. Gak takut capek apa ke pelosok-pelosok desa? Lah justru itu yang akan membuat seru dan dapat pengalaman sangat berharga. Sesuai posisi saya sebagai blogger, maka saya akan membantu menyebarluaskan informasi-informasi seputar Nusantara Sehat kepada seluruh masyarakat. Karena peran media sosial sekarang ini sangat diperlukan untuk penyampaian informasi-informasi agar cepat didapatkan oleh masyarakat.

Program yang digagas oleh Kementerian Kesehatan RI,  menurut saya sangat bagus dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dengan adanya Nusantara Sehat, maka pemerintah akan tau yang sebenarnya kondisi di pelosok-pelosok negeri ini. Bukan hanya katanya lagi, karena sudah terjun langsung untuk membantu kesehatan masyarakat di daerah terpencil. Semoga program Nusantara Sehat ini terus jaya dan memberikan manfaat yang luar biasa bagi seluruh masyarakat Indonesia.
Twitter @Nusantara_Sehat
Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi sosial media dibawah ini:

www.nusantarasehat.kemkes.go.id

Twitter : @Nusantara_Sehat

Facebook : Nusantara Sehat

About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

22 komentar:

  1. Semoga terpilih dan bisa ikuta ya. Makin banyak ilmu dan pengalaman, makin banyak kesempatan untuk berbagi dan berkarya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnnn. Terimakasih banyak Mbk Okti Li :)
      Setuju banget mbk hehe.
      Semoga bisa terus nambah ilmu dan pengalaman dan bisa berbagi hehe

      Hapus
  2. Mantap, jadi semalem begadang nulis ini. hihi
    Semoga terpilih ya, Bowo ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk Melly hehe :)
      Semalam sambil chating sambil begadang bikin ini hehe..
      Aminnnn, Terimakasih Mbk Melly :)
      Eh mbk melly juga ikutan kan, semoga terpilih juga. Aminnnnnn ya allah

      Hapus
  3. Semoga sukses ya Bowo 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak Mbk Dian :)
      Hayuk mbk ikutan ajakan eyang hehe. Siapa tahu rejeki mbk dian hehe

      Hapus
  4. Semoga sukses ya Bowo 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mbk Dian :)
      Sukses juga buat Mbk Dian :)
      Aminnnn

      Hapus
  5. tulisan yang kereeennn.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terimakasih banyak Mbk Avy :)

      Semoga sukses selalu buat kita semua :)
      Salam,

      Hapus
  6. Wah denger ulasan tentang Tim Nusantara Sehat, seru juga nih. Sukses ya wo,
    Semoga kepilih aminnnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memeng. Thanks ya atas doanya.
      alhamdllah saya kepilih meng

      Hapus
  7. Semoga kepilih ya. Terus berbagi pengalaman ya wo setelah jalan2 ke batam. Tak doain ketrima hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sintia.
      alhamdllah ketrima saya, nanti saya share pengalamannya :)

      Hapus
  8. Layak jadi pemenang. Selamat bowo! πŸ‘πŸΌπŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdllah Mas Dede.
      Thanks ya Mas Dede :)
      Sukses juga buat Mas Dede :)

      Hapus
  9. Wah Mas Bowo kepilih nih, sampai ketemu nanti Mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdllah mas Adi hehe
      Iya mas, sampai ketemu ya hehe

      Hapus
  10. Selamat ya mas Bowo, sudah terpilih dan siap siap meluncur ke BATAM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak ya kak Dzaky, semoga ini dapat menambah ilmu dan pengalaman saya.
      sukses juga buat kak Dzaky :)

      Hapus
  11. Selamat yah, sudah terpilih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdllah Kak Apri..
      Terimakasih banyak kak..
      Sukses juga buat kak apri :)

      Hapus

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT