BREAKING

Kamis, 31 Desember 2015

“Banyak Ilmu Yang Didapat Dari Fun Blogging 8”

Tiga Pemateri Fun Blogging 
Dunia blogging sekarang ini sudah tidak asing lagi. Dengan blog kita dapat berbagi informasi-informasi sesuai dengan minat kita. Banyak juga yang memanfaatkan blog untuk ladang pencarian uang tambahan buat jajan. Ya semua itu boleh-boleh aja, kenapa tidak. Seiring berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi dunia Blogger menjadi sorotan bagi sebagian perusahaan-perusahaan untuk mengenalkan produknya dan lain sebagainya. Hal ini tentunya menjadi peluang yang sangat baik bagi blogger.

Nah pada kesempatan ini saya bersama teman-teman blogger mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan atau workshop yaitu Fun Blogging 8. Acara workshop kali ini diadakan di Gratia Center, Pondok Pinang. Pagi itu, Sabtu 19 Desember 2015 saya dengan penuh semangat berangkat ke lokasi dengan menggunakan Grabbike. Alhamdllah saya sampai dilokasi sekitar pukul 08:45. Untungnya acara belum dimulai, karena kalau sesuai dengan jadwal undangan acara dimulai pukul 09.00 Karena banyak yang belum datang sehingga acara baru dimulai pada pukul 09:15.

Pada acara Fun Blogging ini akan diisi oleh pemateri-pemateri yang sangat saya idolakan. Mengapa demikian ? Ya tentu saja, karena beliau bertiga ini adalah sang motivator di dunia perbloggeran tanah air. Beliau bertiga adalah Mbk Haya Aliya Zaki, Mbk Shintaries dan Teh Ani Berta. Fun Blogging yang sekarang sudah memasuki ke 8 ini akhirnya saya bisa ikutan juga acaranya.

Acara ini dibuka oleh Mbk Haya Aliya Zaki dengan perkenalan terlebih dahulu, walaupun sebenernya semua udah kenal sama beliau hehe. Pada awal pemula kali ini Mbk Haya Aliya Zaki akan menjelakan tentang Writing Great Content. Mbk Haya Aliya Zaki kali ini akan berbagi pengalamannya pada dunia perbloggeran. Bagaimana sih menulis dengan baik dan benar itu ? Tentu tidak mudah ya menulis yang baik dan benar itu, harus dijiwai dulu ternyata hehe. Ternyata yang perlu belajar menulis yang baik dan benar itu bukan hanya wartawan, penulis buku dan lain sebagainya. Para Blogger itu sangat perlu juga untuk belajar menulis yang baik dan benar agar enak dibaca sama orang lain pastinya.


Oleh-Oleh Belajar Di Fun Blogging Hehe
Nah Mbk Haya Aliya Zaki ini akan mengulas seputar menulis dengan baik dan benar. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis yang baik dan benar, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Pakailah kalimat aktif, karena akan mudah dipahami bagi pembacanya.
  • Hindari kalimat yang panjang-panjang, karena akan susah untuk dipahami bagi pembaca.
  • Lakukan riset
  • Tulislah draf pertamamu dengan perasaan, lalu tulis ulang dengan pikiranmu
  • Gunakan rumus 5W+1H

Kelima hal diatas adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika menulis agar tulisan kita enak dibaca dan lengkap informasinya serta mudah dipahami pastinya.


Ini Impian Aku Dari Ngeblog
Setelah Mbk Haya Aliya Zaki selesai memaparkan materinya, dilanjutkan presentasi dari PT Sari Husada yang disampaikan oleh Mbk Dewi. PT Sari Husada inilah yang mensponsori acara Fun Blogging kali ini. PT Sari Husada adalah perusahaan yang memproduksi berbagai produk nutrisi untuk Ibu hamil dan menyusui serta anak dengan rasa yang enak. Produk ini harganya juga terjangkau serta berstandar Internasional. PT Sari Husada ini sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1954 sebagai wujud nyata dari program Kecukupan Protein Nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia bersama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

PT Sari Husada selalu menciptakan produk-produk unggulan yang mempunyai kualitas terjamin. Salah satu produk dari PT Sari Husada adalah SGM Eksplor dan SGM Bunda. Produk ini diproduksi oleh PT Sari Husada yang sudah berpengalaman puluhan tahun di Indonesia bersama 400 ahli yang tersebar di 3 pusat penelitian di Belanda, Singapura dan Yogyakarta. SGM Eksplor ini adalah rangkaian produk susu untuk anak yang berusia 1-12 tahun. Sedangkan SGM Bunda adalah susu untuk Ibu hamil dan menyusui.


Setelah presentasi dari Mbk Dewi selesai dilanjutkan materi yang kedua yaitu materi dari Mbk Shintaries. Materi yang kedua kali ini banyak yang bilang kalau pas dijelasin pada ngantuk haha. Karena agak ribet sih pembahasannya yaitu soal Advancing Your Blog Platform. Tapi jangan takut dulu, kalau kita perhatikan dengan seksama dan sungguh-sungguh tentu gak terlalu sulit juga kok hehe. 

Mbk Shintaries kali ini menjelaskan Blog Platform yang bagus dan ramah itu seperti apa? Platform yang ramah untuk blog itu jangan menggunakan warna yang terlalu ramai. Mengapa demikian ? Blog yang mengkombinasikan warna terlalu ramai dapat mengakibatkan pembaca bosan untuk membacanya dan mengakibatkan sakit mata. Saran dari Mbk Shintaries adalah kombinasikan warna untuk platform blog kita itu cukup dengan 2 warna saja agar terlihat enak dan elegan.

Untuk tampilan blognya sendiri sebaiknya disebelah kiri adalah tulisan-tulisan kita yang tersusun dengan rapih. Sedangkan yang dikanannya adalah berisi konten-konten kita seperti arsip blog, banner iklan dan lain sebagainya. Dengan demikian blog kita akan terlihat rapih dan nyaman untuk dikunjungi.

Setelah selesai materi yang kedua, selanjutnya adalah Ishoma terlebih dahulu  dilanjutkan materi yang terakhir yaitu dari Teh Ani BertaMateri yang terahir ini bakalan gak bikin ngantuk haha ? kenapa demikian ? karena materi ini sangat memberikan motivasi untuk lebih semangat lagi dalam dunia blogging. Materi ini memang diberikan untuk dapat memotivasi agar ngeblog lebih baik lagi. 

Dengan penuh semangat Teh Ani Berta berbagi pengalamannya tentang dunia blogging. Walaupun kondisinya yang sedang kurang fit tapi demi yang terbaik bagi semua orang makanya tetap harus dijalankan kewajibannya. Jangan sampai mengecewakan pengundang. Itulah kata-kata Teh Ani Berta yang harus diingat. Karena networking inilah yang akan membawa kita ke dalam kesuksesan dalam dunia blogging. Puaskanlah pengundang agar kita mendapatkan poin tambahan bagi kita. Dengan demikian pengundang akan bangga mengundang kita kalau kita bisa memuaskan.

Dalam kesempatan ini Teh Ani Berta juga berbagi soal bagaimana menghadapi klien dengan bijak. Pokoknya semua materi yang disampaikan sungguh memotivasi agar lebih baik lagi dalam dunia blog.

Terimakasih Mbk Haya Aliya Zaki, Mbk Shintaries dan Teh Ani Berta :) 

Good Luck !







About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

22 komentar:

  1. Terima kasih sudah hadir di Fun Blogging ya, Bowo. Semoga apa yang kami bertiga bagikan semua bermanfaat. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Teh Ani :)
      Saya yang terimkasih banyak, bisa bergabung di Fun Blogging 8 :)
      Semoga saya bisa lebih baik lagi dalam ngeblog :)

      Alhamdllah sangat-sangat bermanfaat Teh Ani :)

      Salam :)

      Hapus
  2. hai Bowooo, lengkap euy artikelnya.. semoga sukses yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga Mbk Zata.
      Makasih Mbk hehe :)

      Semoga sukses buat kita semua. Aminnnn

      Hapus
  3. Waaa makasih yaa bowoo udah mau dengerin kita kitaa hehehe

    BalasHapus
  4. Wah senang bisa gabung di Fun Blogging.
    Banyak dapat ilmu Mbk Shintaries.

    Jadi lebih semangat ngeblog hehe

    BalasHapus
  5. Wah ternyata ngeblog banyak juga yang harus dipelajari.

    Thanks ulasannya. sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas banyak banget yang harus d pelajari.
      sip mas. sama-sama :)
      sukses buat kita semua :)

      Hapus
  6. Seru juga ya ternyata dunia blogging itu.jadi pengen belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru banget kak natha.
      yuk sama-sama belajar :)

      Hapus
  7. Hai,Bowo... Berbagi semangat itu asyik. Perlu belajar. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga Mbk Lathifah...
      iya mbk bener banget. setuju saya.
      iya nih masih harus banyak belajar hehe

      Hapus
  8. Wah asyik juga ya ternyata ikut komunitas itu. makasih kak sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupz bener banget bro.
      banyak pengalaman pokoknya kalau ikut komunitas itu.
      yuk semangat. salam sukses :)

      Hapus
  9. Semangat untuk motornya ya mas. Semoga di 2016 ini bisa terwujud. Amen. Chaiyoooooo!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Mbk Roosvansia :) Semangat pokoknya.
      Aminn ya Allah :) Semoga bisa terwujud di tahun 2016 ini :)
      Terimakasih banyak ya mbk semangatnya hehe. Mbk juga semangat hehe.

      Hapus
    2. Mas Bowo, aku ra iso follow back blog ne. Pie toh iki mas huhuhuhu *gakngarti

      Hapus
    3. Masak sih Mbk Roos. Tinggal di follow aja hehe. Join in this kalau gak salah mbk. udah bisa kan mbk ?

      Hapus
  10. Bowo baru ikut Fun Blogging ya sekarang ya... Semoga banyak ilmu yang didapat ya... tulisannya keren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih Mas Imawan. Amin mas. Terimakasih sudah berkunjung mas :)

      Hapus
  11. MAs Bowo yg duduknya kemarin paling belakang juga kan yaaa?
    Keep writing :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk bener banget hehe.
      Sip. Cayoooooo Mbk !!!

      Hapus

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT