BREAKING

Rabu, 09 Desember 2015

"TIK Sangat Penting Lho Bagi Perempuan"


Indriyanto Banyumurti Menjelaskan TIK Bagi Perempuan
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangatlah pesat di Indonesia. Hadirnya dunia TIK banyak banget memberikan manfaat yang sangat besar disegala bidang kehidupan diantaranya bidang sosial, bidang ekonomi, bidang budaya dan lain sebagainya. Perkembangan TIK ini bisa dilihat dari banyaknya masyarakat yang sangat antusiasme dalam penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan informasi-informasi yang ingin didapatkan.

Moderator Pembahasan TIK Bagi Perempuan
Banyak banget internet dijadikan sebagai alat untuk berbisnis bagi semua orang, hal itu bisa dilihat dari banyaknya penggunaan media sosial seperti BBM, Facebook, Twitter untuk memudahkan kita dalam menjalani suatu bisnis. Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2014 mencapai 88,1 juta orang hinggga akhir tahun 2014 atau sama dengan 34,9% dari jumlah penduduk yang ada di seluruh Indonesia.

Nah pada kesempatan kali ini tanggal 7-8 Desember 2015 kami para blogger mendapat undangan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia untuk dapat menghadiri pembahasan tentang "Pedoman Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Perempuan" yang bertempat di Hotel Salak, Bogor. 

Saat Diskusi TIK Bagi Perempuan
Sebelum memulai pembahasan tentang pedoman pemanfaatan TIK bagi perempuan, kita semua mendenagrkan sambutan dari Kementerian Kominfo yang dalam hal ini disampaikan oleh Arini (perancang undang-undang informatika). Dalam sambutannya Arini mengatakan :
Sebelum memulai aktifitas-aktifitas apa sih yang pertama kali dipegang? Hanphone pasti jawabannya. Bangun tidur apa yang pertama dicari ? Hanphone juga jawabannya. Hal ini sudah jelas terlihat bahwa TIK sangat penting bagi kita dalam kehidupan sehari-hari. Kementerian Kominfo menggunakan dua Pendekatan yang digunakan untuk mengenalkan TIK di kalangan masyarakat, diantaranya :
  1. Pendekatan Teknologi
  2. Pendekatan sosial budaya 
Perbuatan yang dilarang berdasarkan UU ITE masih banyak sekali yang melakukan penyebaran informasi yang belum tentu benar dan semua itu kebanyakan dari perempuan. Hal ini sangat disayangkan oleh Kementerian Kominfo, hal yang seharusnya tidak disebarkan tetapi malah menyebar dengan sangat mudah. Sehingga Kementerian Kominfo sangat menyambut baik adanya program dari KPPPA ini. 

Ibu Donna Saat Memberikan Masukan Seputar TIK Bagi Perempuan
Dalam acara kali ini kita semua mendiskusikan tentang tata cara pedoman pemanfaatan TIK bagi perempuan dari awal sampai akhir yaitu meliputi :
  1. Latar Belakang
  2. Maksud dan Tujuan
  3. Ruang Lingkup
  4. Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi
  5. Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi
  6. Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Perempuan
  7. Kompetensi Dasar
  8. Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kegiatan rumah tangga
  9. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kegiatan ekonomi
  10. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kegiatan sosial
  11. Metoda Pelatihan
  12. Sarana dan Prasarana
  13. Kurikulum Pelatihan
  14. Penutup
Saling Memberikan Masukan Saat Diskusi Mengenai TIK
Semua topik diatas kita bahas bersama-sama untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat perempuan Indonesia. Karena banyak banget perempuan-perempuan Indonesia yang belum memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan cara efektif. Sasaran pdoman pelatihan TIK ini meliputi orang dewasa yang bukan merupakan anak-anak.

Diskusi TIK
Untuk menjalankan pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi ini tentu tidaklah mudah, namun semua ini akan diusahakan untuk bisa semaksimal mungkin membantu para perempuan-perempuan di kota-kota maupun di daerah-daerah agar bisa memanfaatkan dunia TIK ini dengan baik dan benar. Metoda pelatihan ini dilakukan dengan berbagai macam kreasi diantaranya :
  1. Menggunakan metoda ceramah
  2. Menggunakan metoda diskusi kelompok
  3. Menggunakan metoda simulasi/Role Playing
  4. Menggunakan metoda praktek langsung penggunaan TIK
Diskusi TIK Bagi Perempuan
Dengan menggunakan metoda pelatihan diatas diharapkan dapat dipahami dan dipraktekan dengan baik dan benar. Selain menggunakan metoda diatas, bentuk pelatihannya juga harus bisa menyesuaikan dengan peran domestic perempuan khususnya ibu dalam kehidupan sehari-hari. Pelatihan ini juga akan diperhatikan juga waktunya, pelatihan tidak memakan waktu sepanjang hari, sebagai alternatifnya dapat dilakukan dengan durasi pendek untuk setiap harinya tetapi selalu berkesinambungan pastinya.

Memberi Saran Agar Sasaran TIK ini Bisa Ke Sekolah-sekolah
Dalam kesempatan ini Riski (Tim perancang pedoman TIK) juga menjelaskan bahwa Dalam kehidupan rumah tangga, internet juga bisa digunakan secara bermanfaat tentunya. Selain sebagai alat untuk mendapatkan informasi TIK juga bisa digunakan dalam strategi pemasaran. Untuk kegiatan sosial, TIK bisa membantu dalam kaitannya melakukan advokasi, membangun jejaring dan lain sebagainya. Dengan demikian TIK akan sanagt bermanfaat bagi kita semua dengan baik.

Mbk Haya Saat Berbagi Pengalaman Seputar TIK
Dalam pembahasan kali ini hadir juga Martha (Relawan TIK) yang menjelaskan Perempuan dan TIK di Indonesia itu seperti apa ? Indonesia lebih baik penggunaan internetnya, kalau kita tinjau di perkotaan tentu penggunaan internetnya sudah sangat baik sedangkan di daerah tentu kurang, bisa dilihat dari fasilitasnya dan lain-lain. Perempuan Indonesia itu rasa ingin taunya sangat besar tentang penggunaan internet, karena perempuan Indonesia banyak punya hanphone lebih dari 1 dan sosial media yang dimiliki tentu juga lebih dari satu seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path dan lain-lain. Sehingga dengan adanya program dari KPPPA ini akan sangat membantu pastinya.

Insyaallah program dari KPPPA ini akan bisa diterapkan pada tahun 2016.

Salam Teknologi Informasi dan Komunikasi :)

Maju terus perempuan Indonesia dalam penggunaan TIK :)

About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

2 komentar:

  1. Semoga program dari KPPPA ini berhasil, tepat sasaran dan terus berlanjut, aamiin. Walaupun yang disasar perempuan, tapi tujuan utama program ini bagus untuk masa depan anak-anak yang notabenenya generasi penerus kan ya.

    BalasHapus
  2. Semoga pedoman yang disusun oleh team dari KPPPA ini bisa direalisasikan secepatnya ya. Aamiin.

    BalasHapus

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT