"Belajar Ngeblog di Kelas Blogger"

By Bowo Susilo - 09:02

Dunia perbloggeran sekarng ini sudah tidak asing lagi di masyarakat, hampir semua kalangan masyarakat sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Blogger. Yupz memang begitulah, sekarang ini Blogger lagi ngeHitz deh pokoknya hehe kayak artis aja wkwk... Makanya dengan adanya Kelas Blogger kita bisa belajar bareng dengan senior-senior blogger tentang bagaimana penggunaan Blogger yang baik dan benar pastinya.

Minggu, 6 Desember 2015 kemarin saya dan teman-teman berkumpul bareng di Nutrifood Inspiring Center (NIC) untuk belajar seputar dunia perbloggeran. Pada kesempatan kali ini yang dibahas adalah Situs Online Pembuat Infografis Gratis dan Cara ngeblog dengan baik dan ramah SEO. Nah untuk pembicara kali ini tentu orang-orang yang memang sudah ahli pada bidangnya masing-masing, yaitu Kang Arul dan Mas Rosid.

Ternyata seorang blogger itu perlu banget yang namanya cara mengambil foto dengan baik dan benar serta dapat membuat infografis dengan menarik. Semua itu dikupas sedikit demi sedikit oleh Kang Arul. Dalam suatu undangan ataupun event banyak blogger yang masih asal saja dalam memotret sebuah objek, misalkan datang disuatu acara pasti pertama kali datang adalah foto sana sini sampai memorinya penuh haha...(ungkap Kang Arul) namun foto itu tidaklah muncul semua dalam postingan, yang masuk dalam postingan hanyalah 8 atau 10 foto saja. 

Nah di Kelas Blogger ini Kang Arul mengenalkan aplikasi Camera FV-5 Lite. Untuk memotret sebuah produk, Camera ini ternyata punya peran yang lumayan penting. Selain pilihannya menunya yang banyak, Camera ini bisa membuat foto lebih hidup sesuai dengan keinginan kita tentunya. Tampilan yang ada di Camera ini sangat cerah dan mempunyai banyak sub menu, salah satunya adalah pengaturan efek cerah, ISO, white balance, focus mode, light metering mode dan lain sebagainya. Kesemua itu mempunyai fungsi masing-masing yang bisa membuat foto yang kalian ambil jadi menarik dan bagus pastinya.

Selain belajar tentang bagaimana cara mengambil foto dengan baik dan benar, di Kelas Blogger ini juga dikenalkan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat Infografis secara gratis lho. Bagaimana caranya ??? Yuk tak kasih bocorannya hehe... untuk membuat Infografis secara gratis ternyata tidaklah begitu sulit, untuk membuatnya kita dikenalkan dengan situs online Canva.com. Apa itu Canva.com ??? Canva.com adalah sebuah situs yang bisa direkomendasikan untuk para blogger dalam membuat infografis. Nah dalam Canva.com inilah banyak banget template yang bisa kita gunakan untuk membuat infografis sesuai dengan keinginan kita dan bisa diedit langsung secara online pastinya. Setelah semua proses editing selesai, infografis yang kita buat bisa diekspor atau disimpan dalam bentuk PDF, JPG, PNG. Silahkan coba sendiri di Canva.com ya gengs hehe...

Untuk materi yang kedua adalah dari Mas Rosid. Kali ini di Kelas Blogger akan belajar tentang menggunakan blog dengan baik dan benar bersama Mas Rosid. Pada kesempatan ini yang akan dibahas lebih spesifiknya adalah wordpress. Kenapa wordpress ??? Karena wordpress itu





  • Share:

You Might Also Like

0 komentar