BREAKING

Sabtu, 26 Desember 2015

"Pemanfaatan TIK Bagi Perempuan"


Saat Diskusi Pemanfaatan TIK Bagi Perempuan
Jakarta, 23 Desember 2015 Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah menyelesaikan suatu pedoman Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi perempuan. Acara ini dilangsungkan di Hotel Ambhara, Blok M, Jakarta Selatan. Kegiatan ini bermaksud untuk mensosialisasikan pedoman TIK kepada para penggiat media sosial, para kader PKK, Forum Anak Jakarta dan para pelajar SMA/SMK/Madrasah Aliyah/Guru. Tujuan dari pembuatan pedoman TIK ini adalah untuk meningkatkan daya pengetahuan bagi perempuan untuk terus berkreasi dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang pemanfaatan dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pak Alwi dan Pak Bambang Saat Menjelaskan Pedoman TIK
Perempuan dalam kehidupan sehari-hari tentunya tidaklah hanya mengurusi masalah masak-memasak yaitu urusan dapur saja, tetapi perempuan inilah yang menjadi pendidik anak-anak bangsa ini untuk dapat terus berkembang dan mampu untuk membangun Indonesia. Keberadaan Ibu memang sangat menjadi titik tombak bagi seorang anaknya. Dengan demikian diharapkan program dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dapat membantu untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa.

Ary Fitria Andini Perwakilan Dari Kementerian Komunikasi dan Informatika
Acara kali ini dibuka oleh Bapak Bambang selaku perwakilan dari KPPPA dibantu dengan Bapak Alwi sebagai moderator. Seperti yang dijelaskan oleh Bapak Bambang bahwa ilmu itu tidak didapatkan dibangku sekolah dan kuliah saja melainkan dapat diperoleh dari dunia TIK. Upaya ini akan terus ditingkatkan agar dapat memberikan kemampuan dalam hal TIK agar dapat meningkatkan produktivitasnya.

Acara yang kedua diisi oleh Ary Fitria Nandini (Perancang Perundang-Undangan Direktorat Jendral Aplikasi) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Semua kegiatan kita dimedia sosial tentunya mempunyai Undang-Undang ITE yang harus diketahui. Hal-hal yang kita lakukan di media sosial terkadang kita anggap tidak menyakiti atau menyinggung orang lain, tetapi tidak demikian dengan yang lainnya. Nah dengan adanya sosialisai ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang luas bagi masyarakat umum.
Tujuan pemanfaatan TIK berdasarkan UU ITE adalah diantaranya :
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa
  • Mengembangkan perdagangan dan perekonomian nasional
  • Meningkatkan efektivitas pelayanan publik

Dengan adanya pedoman ini diharapkan para perempuan Indonesia terus semangat untuk mewujudkan tujuan diatas.

Ibu Martha Simanjuntak Saat Menjelaskan Tentang Serempak
Dalam kesempatan ini juga turut hadir Ibu Martha Simanjuntak selaku ketua dari Serempak. Apa itu Serempak ? Serempak adalah singkatan dari Seputar Perempuan dan Anak. Serempak ini juga merupakan gerakan dari KPPPA untuk terus memberikan pengetahuan-pengetahuan yang bermanfaat bagi perempuan dan anak. Ibu Martha menjelaskan bahwa perempuan Indonesia sangat banyak yang menggunakan TIK dalam kehidupan sehari-hari. Apabila dibandingkan denga laki-laki, penggunaan TIK lebih banyak dilakukan oleh perempuan berdasarkan data yang ada. Hal ini sudah jelas bahwa perempuan mempunyai peluang untuk pemanfaatan TIK dengan baik dan benar.

Teh Ani Berta Saat Menjelaskan Website Serempak
Setelah Ibu Martha Simanjuntak menjelaskan gambaran umum serempak, dilanjutkan Ibu Ani Berta yang merupakan dari pengelola serempak juga menjelaskan tentang web yang ada di serempak. Serempak.or.id merupakan portal serempak yang menjadi wadah untuk saling berbagi informasi dan inspirasi antar perempuan Indonesia.

Dengan program ini diharapkan perempuan-perempuan Indonesia lebih bisa memanfaatkan peluang yang ada khusunya melalui TIK. Banyak sekali perempuan yang mempunyai usaha-usaha kecil dalam kehidupan sehari-hari untuk dapat dikembangkan melalui media sosial pastinya. Dengan memanfaatkan media yang ada tentu akan lebih produktif usahanya.

Pak Bambang dan Ibu Nasution Selaku Deputi Dari KPPPA 
Acara selesai ditutup oleh Deputi Pemberdayaan Perempuan Ibu Nasution. Ibu Nasution pun mendukung dengan penuh semangat, agar pedoman ini bisa membantu para perempuan yang ada di seluruh Indonesia. Karena perempuan-perempuan di Indonesia mempunyai potensi yang sangat bagus dalam mengembangkan dunia teknologi ini selain tugas pokoknya adalah mendidik anak-anaknya dan urusan dapur.

Salam J



About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

16 komentar:

  1. Yeay! Kaum lelakinya juga bisa memanfaatkam serempak,kan?
    Ayo didukung bapak-bapak! :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul banget Mbk hehe...
      Siap mendukung deh pokoknya. Demi kemajuan Bangsa ini hehe

      Hapus
  2. memang harus lebih melek teknologi perempuan sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget.
      Karena perempuan bukan hanya di dapur aja kerjaannya hehe

      Hapus
  3. memang harus lebih melek teknologi perempuan sekarang

    BalasHapus
  4. Betul sekali Mas Bowo, apabila dimanfaatkan dengan baik, TIK bisa jadi senjata yang sangat ampuh bagi perempuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip Mas Dani.
      Setuju deh. TIK memang harus dipelajari karena dengan kemajuan yang moderen ini, tidak boleh ketinggalan para perempuan.

      Hapus
  5. Yuk gabung di Serempak :)
    Terima kasih sudah hadir ya Bowo :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap gabung Teh Ani :)
      Sama-sama Teh Ani :)
      Saya yang terimakasih sudah di undang :)

      Hapus
  6. wah lengkap ulasannya mas Bowo..

    kemarin juga udah sempat cek SEREMPAK, penting banget nih karena saya punya anak2 yang beranjak remaja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbk Zata :)
      Iya betul banget mbk. Harus mengarahkan anak ke pemanfaatan TIK yang baik dan benar Mbk hehe

      Hapus
  7. Udah meluncur ke web nya Serempak dan bagus nih mas.. Makasih ulasan nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk serempak memang bagus he.
      Sama-sama mbk :)

      Hapus
  8. kita juga bisa kirim tulisan ke serempak kan tapi nanti melalui proses moderasi melalui editor dulu ya, penting banget nih untuk para wanita

    BalasHapus
  9. kalau nggak ingin telat infomasi kudu benar2 melek TIK :D

    BalasHapus
  10. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Teknologi Sistem Informasi.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pusat Studi Teknologi Sistem Informasi yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Teknologi Sistem Informasi

    BalasHapus

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT