Yuk Bersama Bergerak Berdaya Agar Indonesia Merdeka dari Kebakaran Hutan dan Lahan

By Bowo Susilo - 21:30


Belakangan ini kalian ngerasa panas banget nggak sih dan polusi ada dimana-mana? Yups, itulah yang sedang terjadi sekarang ini. Cuaca memang lagi enggak menentu nih, kadang panas dan kadang hujan. Dan sekarang ini lagi musim panas-panasnya. Dan ini merata di seluruh daerah di Indonesia. Kita tau bahwa Indonesia salah satu negara maritim. Alam Indonesia dipenuhi iklim tropis, hutan hujan, persawahan, gambut, dan sebagainya.

Nah sumber daya alam yang sangat melimpah ini memang sudah seharusnya untuk kita jaga bersama. Kalau enggak dijaga dengan baik, yang ada bisa bahaya bagi keberlangsungan anak cucu kita kedepan. Jujur kita semua pasti maunya bumi ini hijau dan tetap lestari. Dengan begitu kita semua bisa menikmati kekayaan alam yang luar biasa.


Mulai aware untuk menjaga hutan dan lahan

Agar hutan dan lahan bisa tetap lestari tentu ada beberapa hal yang bisa dilakukan nih. Dan berikut adalah hal yang bisa dilakukan untuk menjaga hutan dan lahan untuk keberlanjutan lingkungan dan kehidupan.

Penghentian Pembabatan Hutan Liar

Hindari pembabatan hutan secara liar atau ilegal. Dukung upaya pemerintah dan organisasi lingkungan untuk melawan pembabatan ilegal dan mengamankan hutan-hutan penting.

Pengembangan Hutan Berkelanjutan

Dukung prinsip-prinsip kehutanan berkelanjutan, yang mencakup penebangan yang selektif, penanaman kembali, dan pengelolaan ekosistem yang memperhatikan keseimbangan alam.

Penanaman Pohon

Ikut serta dalam program penanaman pohon atau reboisasi di daerah Anda. Penanaman pohon membantu mengembalikan hutan yang telah hilang dan meningkatkan biodiversitas.

Penggunaan Kayu yang Berkelanjutan

Jika Anda menggunakan kayu atau produk kayu, pastikan mereka berasal dari sumber yang berkelanjutan, seperti kayu dengan label sertifikasi FSC (Forest Stewardship Council).

Pencegahan Kebakaran Hutan

Jika tinggal di daerah yang rentan terhadap kebakaran hutan, ikuti aturan dan pedoman pencegahan kebakaran. Jangan membakar sampah atau membuat api terbuka di waktu yang tidak sesuai.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Jaga kesehatan hutan dengan mengendalikan hama dan penyakit tanaman yang dapat merusak ekosistem. Gunakan pendekatan berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Pendidikan Masyarakat

Edukasi masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga hutan dan lahan. Menjelaskan dampak positif dari hutan terhadap iklim, biodiversitas, dan sumber daya air bisa memotivasi orang untuk melindungi mereka.

Partisipasi dalam Kampanye Perlindungan Hutan

Bergabung dengan kampanye dan kelompok lingkungan yang berfokus pada pelestarian hutan dan lahan. Ini dapat membantu dalam mendesak pemerintah dan pemangku kepentingan untuk mengambil tindakan yang lebih kuat.

Melindungi Hewan dan Tumbuhan Liar

Hutan adalah rumah bagi banyak spesies tumbuhan dan hewan. Lindungi mereka dengan tidak berburu liar, memperhatikan habitat alami mereka, dan mendukung upaya konservasi.

Kesadaran Lingkungan

Ajak orang lain untuk berpartisipasi dalam upaya pelestarian hutan dan lahan. Semakin banyak orang yang peduli, semakin besar dampak positif yang dapat dicapai.

Dan yang perlu diingat bahwa pelestarian hutan dan lahan adalah tanggung jawab bersama. Dengan mengambil langkah-langkah ini, Anda turut berperan dalam melestarikan ekosistem yang penting bagi planet kita.


#BersamaBergerakBerdaya agar Indonesia merdeka dari kebakaran hutan dan lahan

Saatnya #BersamaBergerakBerdaya agar Indonesia bisa merdeka dari kebakaran hutan dan lahan. Tanggal 11 Agustus 2023 Aku berkesempatan ikutan gathering bareng teman-teman blogger. Nah dalam gathering ini ngebahas soal bagaimana bisa bergerak bersama agar Indonesia bebas dari kebakaran hutan dan lahan. Ini juga menjadi momentum semangat kemerdekaan untuk bisa bergerak bersama.

Kita tahu bahwa lahan gambut di Indonesia juga lumayan luas. Keberadaan lahan gambut juga menjadi sangat penting, makanya harus bersama-sama menjaganya agar tetap lestari. Berikut adalah peran penting lahan gambut: mengurangi dampak bencana banjir dan kemarau, menunjang perekonomian masyarakat lokal, habitat untuk perlindungan keanekaragaman hayati, lahan gambut menjaga perubahan iklim.


Pada musim panas seperti sekarang ini keberadaan lahan gambut memang harus menjadi perharian khusus, karena memang jadi rentan terjadi kebakaran. Di Indonesia sendiri pernah terjadi kebakaran lahan gambut yang dahsyat yakni diberbagai daerah seperti Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Papua.

Upaya pengendalian karhutla harus terus diperhatikan dengan sebaik mungkin. Yakni bisa dengan pencegahan, pemadaman, dan penanganan pasca kebakaran. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh masyarakat dan pihak terkait. Tapi yang perlu diingat ialah ini menjadi tanggung jawab bersama, jadi bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau pihak swasta. Sekali lagi, menjaga bumi adalah tanggung jawab semua orang.


Beruntung banget bisa jadi bagian dari #EcoBloggerSquad dan bersama-sama menyuarakan pentingnya menjaga bumi agar tetap lestari. Semua harus ambil peran untuk menjaga hutan di Indonesia. Itu bisa kita lakukan juga di Team Up For Impact lho. Monggo bisa lagsung mengunjungi websitenya di https://teamupforimpact.org.

Yuk sama-sama lebih aware lagi dalam menjaga bumi. Kalau bukan kita ya siapa lagi dan kalau tidak sekarang ya kapan lagi!



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar