Wajib Tahu! 10 Tips Pilih Lokasi Glamping Exclusive

By Bowo Susilo - 03:14

Sumber : Pexels
 

Berkemah atau camping menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan terutama jika pergi bersama keluarga.

Jika di masa lalu berkemah identik dengan kegiatan yang dilakukan dengan budget pas-pasan, namun kini persepsi ini sudah mulai berubah. Kini sudah banyak tempat camping yang menyuguhkan fasilitas yang terbilang mewah.

Tempat camping semacam ini disebut sebagai glamour camping atau seringkali disebut glamping. Kamu dapat menikmati pengalaman camping namun tetap dapat merasakan fasilitas layaknya di hotel berbintang.

Sekalipun harganya terbilang cukup mahal, namun dengan pinjaman kilat, kamu dapat menikmati berlibur dengan aktivitas glamping bersama orang tercinta.

Tips Pilih Lokasi Glamping yang Tepat

Sebelum kamu berlibur ke glamping, berikut ini beberapa tips yang perlu kamu perhatikan dalam memilih lokasi glamping yang tepat:

  • Perhatikan Akses Menuju Lokasi

Glamping merupakan sebuah tempat dengan kombinasi antara suasana alam bebas dengan fasilitas mewah layaknya di hotel untuk memberikan pengalaman berkemah yang berbeda.

Sehingga tak heran jika lokasinya terletak di tempat yang cukup jauh dari pusat kota seperti di pegunungan atau pantai.

Akses menuju lokasi tentu menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan. Pahami akses masuk dan keluar lokasi untuk meminimalisir hal-hal yang tak diharapkan terjadi.

Perlu kamu ingat bahwa hal darurat dapat terjadi kapan saja, sehingga pastikan bahwa akses jalan dapat dilalui menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dengan baik. 

  • Keasriannya Terjaga dengan Baik

Sebelum memilih tempat glamping yang tepat, pastikan untuk mencari informasi mengenai lokasi glamping tersebut terlebih dahulu. Dengan adanya internet, tentu akan memudahkan kamu dalam mencari informasi mendalam mengenai glamping tersebut.

Pilihlah glamping dengan kondisi alam yang terjaga keasriannya. Hal ini menjadi bukti bahwa pengelolaan glamping tersebut berjalan dengan baik.

Jika kamu menemukan glamping yang terlihat tidak terawat atau bahkan terkesan kumuh, tempat ini tentu sangatlah tidak cocok untuk dipilih menjadi tempat wisata.

Pastikan kamu mencari tahu mengenai kondisi alam, kebersihannya, ekosistem, fasilitas dan pelayanan yang ada disana. Jika dirasa segalanya sudah dinilai bagus, kamu dapat menjadikannya sebagai pilihan prioritas.

  • Sesuaikan Pakaian dengan Kondisi Alam

Pada saat merencanakan liburan, pastikan untuk mengetahui kondisi alam di tempat glamping tersebut terlebih dahulu sehingga kamu dapat menyesuaikan pakaian yang akan digunakan selama disana.

Pilihlah pakaian yang dirasa nyaman, misalnya jika di pegunungan bawalah baju yang cukup bisa menghangatkan. Apabila memungkinkan, kamu juga dapat membuat jadwal pakaian yang akan digunakan setiap harinya saat berlibur. Jangan sampai kamu kekurangan baju bersih sebelum acara liburan selesai. 

  • Ketahui Cuaca dan Curah Hujan

Hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah cuaca dan juga curah hujan di daerah tersebut. Terutama jika kamu hendak memilih glamping yang berada di tengah hutan atau pegunungan. Hindari berlibur di glamping pada saat musim hujan karena kamu akan kesulitan untuk beraktivitas.

Sekalipun biasanya harga yang dipatok untuk glamping itu cukup tinggi, tapi tidak perlu khawatir karena kamu sudah mengajukan pinjaman kta online. Syaratnya mudah sehingga tidak akan menyulitkan kamu saat hendak berlibur.

  • Pilih Spesifikasi Kamar yang Nyaman

Semakin lengkap spesifikasi yang ditawarkan sebuah glamping, maka akan semakin bagus. Perhatikan luas, letak, tipe hingga furniture yang digunakan sehingga kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhanmu.

Ketahui gambaran kamar yang akan kamu pesan agar dapat menyesuaikannya dengan keinginan dan kebutuhanmu juga keluarga. Kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu gambaran spesifikasi kamar melalui internet.

  • Memiliki Penghangat Ruangan

Jika kamu hendak pergi ke glamping yang berada di pegunungan, jangan lupa untuk memastikan kamar-kamarnya menyediakan penghangat ruangan. Mengingat suhu di pegunungan bisa sangat dingin di beberapa waktu. Terutama jika kamu atau orang tercinta tidak kuat menahan cuaca yang dingin.

  • Memastikan Jumlah Orang yang Ikut

Kamu perlu memastikan jumlah orang yang akan pergi berlibur, dengan begitu kamu dapat memperkirakan dan menyesuaikan glamping mana yang dapat menampung rombongan yang kamu bawa untuk menginap disana.

Kamu juga dapat meminta rekomendasi langsung dari pihak pengelola glamping agar dapat mereka sesuaikan.

  • Wahana Lain

Untuk menambah keseruan liburanmu dan keluarga, kamu dapat memilih glamping yang memiliki spot lain yang dekat dengan lokasi glamping untuk dijelajahi, misalnya fasilitas fun trekking. 

  • Ketahui Kebijakan yang Berlaku

Hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah mengetahui kebijakan yang berlaku di glamping tersebut. Misalnya, boleh tidaknya membawa makanan dari luar, membawa hewan peliharaan atau ketentuan lainnya.

  • Biaya yang Harus Dikeluarkan

Biaya memang menjadi salah satu hal terpenting untuk dipikirkan pada saat hendak berlibur. Pilihlah glamping yang memang sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Buatlah anggaran biaya liburan termasuk dengan biaya sewa kamar, makan, transportasi, akomodasi, tiket wahana lain atau bahkan biaya tour guide jika dibutuhkan.

Sumber : Pexels

Rekomendasi Lokasi Glamping Dunia, Wajib Dikunjungi

Dengan banyaknya pilihan glamping yang ada di dunia ini, kamu mungkin akan merasa kebingungan dalam memilihnya. Berikut ini beberapa rekomendasinya untukmu:

  • The Pavilion Himalayas Tree (Nepal)

Hal menarik dari glamping satu ini adalah kamu dapat melihat puncak gunung terpopuler di Nepal yaitu Himalaya secara langsung dari teras kamar glamping ini.

Cuaca yang sejuk dan pemandangan yang luar bisa tentu akan membuat pengalaman menginap disini menjadi tak terlupakan.  

  • EcoCamp Patagonia (Chili)

Terletak di jantung Taman Nasional Torres del Paine, glamping ini menyediakan berbagai fasilitas dengan teknologi yang ramah lingkungan tentunya. Setiap kamarnya dibangun menyerupai tempat tinggal suku Kaweskar kuno yang ada disana.

  • The Highlands (Tanzania)

Glamping berbentuk rumah pohon ini terlihat sangat unik dengan konsep back to nature nya. Dibangun di lereng gunung berapi Olmoti, membuatmu dapat menikmati eksotisnya pemandangan ekosistem Serengeti.

  • Whitepod (Swiss)

Jika kamu ingin merasakan berkemah di wilayah bersalju, tempat ini sangatlah cocok dijadikan sebagai opsi. Kamu dapat menikmati suasana musim dingin yang indah dengan pemandangan Danau Geneva yang sangat cantik.

Untuk dapat berlibur ke glamping unik yang ada di dunia seperti di atas, pastikan kamu menyiapkan dana yang cukup. Tidak perlu khawatir, meskipun perkiraan dana yang dibutuhkan cukup besar, sekarang kamu bisa mengajukan pinjaman dari digibank yang limitnya mencapai Rp200 juta.

Gunakan fasilitas pinjaman kilat dari digibank KTA dan wujudkan liburanmu yang berkesan ke wisata glamping unik di dunia bersama orang tersayang. Untuk lebih jelasnya kamu bisa klik di sini.




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar