Pentingnya Service Motor Secara Berkala dan Apa Saja Sih yang Perlu Diperhatikan

By Bowo Susilo - 21:01


Siapa yang punya motor dan kapan kalian terakhir melakukan service? Punya kendaraan tuh memang harus rajin untuk dilakukan perawatan/service. Yups, karena kalau sampai lalai dan tidak dilakukan secara berkala yang ada bakal terjadi kerusakan. Kadang kan ada aja ya yang cuek dan yang penting kendaraan bisa jalan aja. Nah kebiasaan seperti itu tentu kurang bagus dong ya. Apalagi kalau kendaraan tersebut mobilitasnya tinggi setiap harinya. Jadi malah ngeri sendiri kalau begitu. Makanya udah paling bener adalah melakukan service secara berkala.

Nah ketika mau melakukan service motor tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Walau bukan anak Teknik tapi kalau sudah memiliki kendaraan sendiri tentu harus paham juga sedikit demi sedikit ya teman-teman. Jadi nantinya tau kalau terjadi kerusakan ringan dan bahkan belum rusak langsung melakukan service. Walau motor yang usianya tua kalau sering melakukan ganti oli motor matic.

Ini dia 8 bagian yang wajib dicek saat service motor

Oli mesin

Untuk bagian ini pastinya teman-teman udah enggak asing lagi ya, karena ini merupakan bagian terpenting nih dalam kendaraan motor. Oli mesin memiliki fungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya, kamu perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Jangan sampai telat ganti oli mesin agar mesin bisa terus berfungsi secara maksimal.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Oli Gardan

Nah buat yang punya motor matic wajib banget nih untuk rutin ganti oli gardan. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

Busi

Part ini juga nggak kalah penting karena busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.

Kampas rem

Part ini kalau sampai lalai untuk service maka akibatnya akan sangat fatal. Karena jika terjadi pengereman mendesak dan rem tidak berfungsi dengan baik bisa terjadi kecelakaan. Hal itu bisa terjadi ketika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

Filter udara

Motor yang memiliki mobilitas tinggi pasti part ini juga sangat penting untuk dicek. Karena Filter udara memiliki fungsi menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

Aki atau Accu

Perlu diketahui nih teman-teman. Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

Ban

Sebelum menggunakan kendaraan motor sebaiknya kalian memeriksa kondisi ban terlebih dahulu. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

Tune up motor rutin

Dan ini yang terpenting ketika kalian melakukan service motor. Karena pada saat service akan dilakukan pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Oiya adakalanya kalau melakukan tune up tuh disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan. 


Pilih bengkel service motor terbaik

Nah kalau hendak service motor nih ya, tentunya harus memilih bengkel yang berkualitas dan terpercaya. Iya dong, jangan sampai service motor di bengkel yang kualitasnya dibawah rata-rata. Ada yang suka service motor di Planet Ban nggak nih? Pasti udah nggak asing lagi lah ya dengan bengkel Planet Ban. Yups, pelayanan dan kualitas di Planet Ban udah nggak diragukan lagi sih.

Buat kalian yang melakukan servis motor di Planet Ban bisa mendapatkan servis motor rasa baru. Yups, ini dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.


Oke Aku spill manfaatnya kalau service di Planet Ban ya

Beberapa manfaatnya ialah sebagai berikut:

- Kalau kalian service di Planet Ban bakal dapat oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Dengan begitu, mesin jadi lebih awet (jarang rusak).

- Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng

- Ganti oli lebih lama jaraknya karena kualitas oke punya. Yakni cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kalian tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.

- Turut serta memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Servis motor di Planet Ban lebih unggul dibandingkan di Tempat lain

Biasanya nih ya kalau servis di tempat lain tuh masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering juga lho ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat. Nah kalau service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. Itu yang paling Aku suka sih.

Seperti yang awal Aku bilang kalau service di Planet Ban tuh seperti punya mesin baru. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total. Dan yang terpenting nih ya, harga service motor di Planet Ban yang super lengkap, terjangkau banget. Contohnya untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,- Harganya terjangkau banget kan.

Gimana, udah nggak bingung lag ikan mau servis motor dimana? Cus dapatkan servis motor terbaik di Planet Ban untuk mendapatkan servis motor rasa baru!



 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar