ASUS Zenbook SPACE EDITION, Laptop Terbaru Bertema Luar Angkasa

By Bowo Susilo - 03:28


Memiliki laptop yang canggih dan mumpuni untuk menunjang aktivitas sehari-hari tentu menjadi keinginan setiap orang bukan? Yups, itu sudah pasti ya. Apalagi diera yang serba digital seperti sekarang ini hampir semua pekerjaan membutuhkan device yang mumpuni agar pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik. Dan seiring dengan perkembangan zaman tentu teknologi pun juga ikut berkembang dengan sangat pesat dari tahun ke tahun.

Buat para pekerja digital rasanya bakal ketinggalan banget sih kalau sampai nggak ngikutin perkembangan teknologi yang ada. Bukan hanya para pekerja digital aja sih, semua orang emang sudah seharusnya bisa mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Ya dong, minimal tau informasinya walaupun belum bisa memilikinya #eaaaaa. Karena sebuah device terbaru dengan teknologi modern dan tidak dimiliki oleh device lain tentu harganya juga lumayan. Sesuai lah ya dengan harganya, karena memang kualitasnya juga oke punya.


ASUS resmi meluncurkan Zenbook 14X OLED SPACE EDITION

Siapa yang sudah selalu nunggu-nunggu laptop terbaru dari ASUS nih? Rasanya untuk menciptakan sebuah inovasi baru, ASUS tidak perlu waktu yang cukup lama ya. Soalnya belum lama ini kan ASUS juga sudah meluncurkan laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400). Dan sekarang sudah meluncurkan produk terbarunya lagi yaitu Zenbook 14X OLED SPACE EDITION. Laptop ini resmi diluncurkan pada tanggal 15 September 2022 di Djakarta Theater XX1.

Bersyukurnya aku bisa menyaksikan langsung peluncuran laptop terbaru dari ASUS ini. Zenbook 14X OLED SPACE EDITION resmi dihadirkan di Indonesia. Tentunya laptop ini hadir sebagai perangkat premium edisi spesial dengan desain bernuansa luar angkasa yang sangat futuristik. Tidak hanya itu, Zenbook SPACE EDITION juga didesain sangat tangguh dengan durabilitas space-grade yang telah diakui melalui sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar US Space System Command (SMC-S-016A).

Keseruan acara peluncuran Zenbook 14X OLED SPACE EDITION

Oke sebelum aku kasih tau lebih detail soal spesifikasi laptop Zenbook 14X OLED SPACE EDITION, aku mau berbagi keseruan acaranya ya. Karena bukan ASUS kalau ngadain acara tanpa berbalut keseruan tuh hehe. Jujur ya, aku kalau dapat undangan dari ASUS tuh rasanya emang excited banget. Karena selain acara utama peluncuran, ASUS selalu menyediakan berbagai games menarik dan bertaburan hadiah.


Dan benar saja, para pengunjung yang hadir berkesempatan mengikuti permainan yang diadakan oleh ASUS dan kalau berhasil akan berhak mendapatkan hadiah menarik. Rasanya kalau yang kekgni sayang banget untuk dilewatkan ya. Ya dong, kapan lagi kan bisa seseruan main games menarik dari ASUS dan mendapatkan hadiah. Tanpa berfikir lama, aku langsung menyelesaikan berbagai tantangan games yang diberikan oleh ASUS. Ada 3 permainan yang harus diselesaikan yaitu photo post, beatsaber, alien punch. Dan aku berhasil mendapatkan ASUS Exclusive Set.

Spesifikasi Zenbook 14X OLED SPACE EDITION

Pasti udah penasaran banget dengan spesifikasi dari laptop bertema luar angkasa yang satu ini ya. Oke mari kita spill biar makin mupeng nih hehe. Dan beberapa spesifikasi tersebut diantaranya:

  • Memiliki desain unik yang futuristik

Zenbook 14X OLED SPACE EDITION selain dibekali layar terbaik berkat teknologi ASUS OLED, juga tampil dengan desain unik yang futuristik serta memiliki fitur eksklusif bernama ZenVision. Bodi laptop ini dibuat menggunakan bahan aluminium yang dibalut oleh warna eksklusif Zero-G Titanium seperti halnya yang digunakan pada desain stasiun luar angkasa serta dilengkapi ukiran kode morse yang memiliki arti khusus. Di balik layarnya terdapat layar OLED monochrome bernama ZenVision. Memiliki ukuran 3.5-inci, ZenVision berfungsi layaknya jendela pada stasiun luar angkasa yang dapat menampilkan animasi eksklusif, status, atau informasi penggunanya.

  • Kotak penjualannya didesain istimewa

Sesuai dengan konsepnya ya yakni laptop edisi spesial, Zenbook SPACE EDITION hadir dengan paket penjualan yang istimewa. Kotak penjualannya didesain istimewa dan tetap mengedepankan konsep daur ulang sehingga ramah lingkungan. Pengguna Zenbook SPACE EDITION bahkan dapat memanfaatkan kotak penyimpan charger sebagai penyangga laptop.

Wah menarik banget kan, udah gitu Zenbook SPACE EDITION juga ditemani dengan beragam pernak-pernik eksklusif yakni ASUS Pen 2.0 untuk memaksimalkan fitur touchscreen-nya, serta laptop sleeve dengan desain antariksa yang unik. Pengalaman unboxing Zenbook SPACE EDITION berbeda dengan laptop pada umumnya, yaitu seperti melakukan perjalanan menembus antariksa.


  • Zenbook 14X OLED SPACE EDITION dibekali layar OLED monochrome

Zenbook SPACE EDITION juga dilengkapi dengan layar OLED monochrome bernama ZenVision. Memiliki ukuran 3,5-inci dan berada di balik layar, ZenVision dapat menampilkan beragam hal seperti status penggunaan, animasi eksklusif, hingga dapat dikustomasi untuk menampilkan informasi pengguna beserta QR code. ZenVision berfungsi sebagai fasilitas untuk mengetahui sosok sang pengguna laptop edisi spesial ini lebih jauh dan membuat Zenbook SPACE EDITION semakin personal.

Zenbook SPACE EDITION sendiri dibalut oleh bodi berbahan aluminium yang tangguh serta ringan. Tidak hanya mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H), Zenbook SPACE EDITION bahkan menerima sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar US Space System Command (SMC-S-016A). Dalam sertifikasi tersebut dijelaskan salah satunya bahwa Zenbook SPACE EDITION dapat beroperasi di lingkungan pada suhu -24⁰C hingga 61⁰C, serta tahan terhadap guncangan ekstrim berfrekuensi 20 – 2.000Hz .

  • Zenbook SPACE EDITION dibekali layar berteknologi ASUS OLED

ASUS OLED merupakan teknologi layar laptop terbaik yang dapat membuka cakrawala penggunanya tanpa batas. Dan menariknya layar sentuh Zenbook SPACE EDITION sendiri menggunakan resolusi 4K (16:10) dan telah dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat, dan tidak merusak kesehatan mata. Dan yang paling aku suka ialah rasio layar pada Zenbook SPACE EDITION ini dapat menghadirkan ruang kerja lebih luas sehingga penggunanya dapat beraktivitas secara lebih produktif.

Nggak sampai disitu saja, ASUS OLED juga sudah dibekali fitur bernama Eye Care. Fitur inilah yang memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang. ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Zenbook SPACE EDITION tidak hanya tangguh, tetapi juga dapat melindungi kesehatan mata penggunanya.

  • Dibekali prosesor 12th Gen Intel® Core™ H-Series

Laptop yang bertema luar angkasa ini sudah pasti memiliki prosesor yang powerful. Zenbook SPACE EDITION merupakan laptop modern yang telah ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ H-Series. Berbeda dengan sebagian besar ultrabook lainnya, Zenbook SPACE EDITION mengusung prosesor powerful yang biasanya digunakan di laptop gaming. Varian tertingginya menggunakan prosesor 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H yang memiliki konfigurasi 14 core dan 20 thread (6 P-core dan 8 E-core) dengan TDP hingga 45W. Berkat konfigurasi tersebut, Zenbook SPACE EDITION dapat tampil sebagai laptop modern yang powerful untuk berbagai kebutuhan komputasi.

  • Memiliki memori yang sangat mumpuni

Ruang penyimpanan menjadi pertimbangan penting ketika akan membeli sebuah laptop, nggak usah khawatir Zenbook SPACE EDITION sudah dibekali dengan memori LPDDR5 4800MHz berkapasitas hingga 32GB. Sementara untuk penyimpanan data, Zenbook SPACE EDITION menggunakan PCIe 4.0 SSD berkapasitas 1TB. Kombinasi keduanya memastikan Zenbook SPACE EDITION dapat selalu diandalkan untuk berbagai aktivitas, termasuk multitasking serta menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa komputasi ekstra secara lebih gesit tanpa waktu loading yang panjang. Yang kerjanya multitasking rasanya sudah nggak usah khawatir lagi deh.


  • Konektivitas yang lengkap dan keyboard yang nyaman

Zenbook SPACE EDITION dilengkapi dengan berbagai port mulai dari USB 3.2 Gen2 Type-A, HDMI 2.1 TMDS, serta 3.5mm combo audio jack dan microSD card reader. Zenbook SPACE EDITION juga dapat diisi daya baterainya menggunakan charger serta power bank USB Type-C sehingga meningkatkan mobilitasnya.

Agar mengetik lebih nyaman, Zenbook SPACE EDITION juga dibekali teknologi keyboard ASUS ErgoSense. Teknologi keyboard tersebut dirancang khusus agar aktivitas mengetik menjadi lebih nyaman dengan pengalaman seperti menggunakan keyboard PC desktop premium. ASUS ErgoSense memiliki jarak antar tombol yang tepat untuk mengetik, serta tombol yang permukaannya dirancang agar jari dapat menyentuh secara lebih akurat. Spesifikasi lebih lengkap bisa simak informasi berikut ya:


Main Spec.

Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (UX5401ZAS)

CPU

Intel® Core™ i9-12900H Processor 2.5 GHz (up to 5.0 GHz, 6P+8E cores)

Intel® Core™ i7-12700H Processor 2.3 GHz (up to 4.7 GHz, 6P+8E cores)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

32GB LPDDR5

16GB LPDDR5

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display

14-inch, 4K (3840 x 2400) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 400nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

Graphics

Intel® Iris® Xᵉ Graphics

Input/Output

1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, Micro SD card reader

Connectivity

Wi-Fi 6E (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5

Camera

720p HD camera with electronic privacy shutter

Audio

Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified, Dolby Atmos

Battery

63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension

31.12 x 22.11 x 1.59 ~ 1.59 cm

Weight

1.4 Kg

Colors

Zero-G Titanium

Price

Rp26.999.000 (Core i7 / 16GB RAM)

Rp30.999.000 (Core i9 / 32GB RAM)

Warranty

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty



Berapa sih harga Zenbook 14X OLED SPACE EDITION???

Dengan segudang keunggulan yang dimiliki oleh laptop bertema luar angkasa yang satu ini. Zenbook 14X OLED SPACE EDITION dijual dengan harga:

  1. Intel® Core™ i7-12700H Processor 2.3 GHz (up to 4.7 GHz, 6P+8E cores) dengan memory 16GB Rp26.999.000
  2. Intel® Core™ i9-12900H Processor 2.5 GHz (up to 5.0 GHz, 6P+8E cores) dengan memory 32GB Rp30.999.000

Gimana gengs, tertarik untuk meminang laptop canggih dari ASUS bertema luar angkasa yang satu ini? Inisih worth it banget ya untuk dibeli buat yang memiliki budget lebih. Karena Zenbook 14X OLED SPACE EDITION kualitasnya juga nggak kaleng-kaleng. Aku aja mupeng banget hihi!


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar