* *
BREAKING

Wednesday, 4 September 2019

Memperingati Pekan ASI Sedunia Sekaligus HUT SELASI ke-16



Memiliki anak yang bisa tumbuh kembang dengan baik dan menjadi anak pintar tentunya menjadi harapan seluruh orang tua. Ya, menjadi orang tua tentu harus peka dan harus pintar serta bisa merawat anaknya dengan baik. Mendidik anak dari mulai kecil hingga dewasa.

Sebagai seorang Ibu harus tau akan pentingnya ASI bagi anaknya. Tentunya bukan hanya Ibu saja, ayah pun juga harus tau akan hal tersebut. Bahkan semua keluarga harus tau akan pentingnya ASI bagi keberlangsungan tumbuh kembang bagi anak.

Apalagi yang sudah mendekati menikah nih ya, harus siap-siap menjadi orang tua bagi anak-anaknya hehe. Jangan sampai saat sudah menikah dan sudah akan menjadi orang tua bagi anak-anaknya tetapi tidak paham akan pentingnya ASI dan sampai kapan sih ASI diberikan kepada anak. 

Beruntung banget, Kamis 29 Agustus 2019 saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri acara peringatan ASI sedunia dan sekaligus HUT SELASI ke-16. Acara ini berlangsung di Gedung Balai Kota Jakarta. Biarpun saya masih milenial dan masih agak lama untuk menuju pernikahan, tentunya harus melek juga dong soal ASI hehe. Supaya pas menjadi suami nanti sudah paham cara mendidik anak, dan tau pentingnya ASI bagi anak. Hehehehe. 

Oiya ada yang sudah tau belum nih apa itu SELASI? Jadi, SELASI itu merupakan organisasi nonprofit yang mendedikasikan fokus pengabdiannya untuk mendukung pemberian Standar Emas Makanan Bayi melalui berbagai kegiatan. Nah kegiatannya pun bermacam-macam ya, diantaranya pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan, advokasi dan promosi, serta kemitraan.


Nah peringatan ASI sedunia ini terelenggara berkat kerjasama SELASI dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan juga GERLI. Dalam peringatan ASI kali ini mengangkat tema “Dukungan Nenek-Kakek pada Ibu dan Ayah, Kunci Keberhasilan Menyusui”.

Alasan mengangkat tema ini adalah, seorang Ibu yang sedang menyusui tentunya membutuhkan dukungan penuh dari nenek dan kakek serta ayah (suami). Bagi seorang Ibu tentunya sudah menjadi kewajiban untuk memberikan ASI terhadap anaknya. Jangan sampai seorang Ibu yang tugas wajibnya memberikan ASI kepada anaknya, justru malah mengganti ASI dengan susu. Ya kecuali memang ada masalah (ASI tidak keluar dan lain sebagainya). 

Sampai berapa lama sih, ASI diberikan kepada anak

Nah yang perlu diketahui bagi kita semua terutama seorang Ibu, memberikan ASI kepada anak yaitu sampai berumur 6 bulan. Nah setelah bayi berumur 6 bulan, sudah bisa diberikan makanan pendamping lainnya. Dan tentunya ASI tetap harus dilanjutkan sampai bayi berumur 2 tahun atau lebih. 


Menyusui itu keren! Kata inilah yang disampaikan berulang-ulang oleh para pembicara yang hadir di peringatan pekan ASI sedunia. Jadi seorang Ibu jangan takut untuk menyusui, jangan khawatir payudaranya nanti gak kencang dan lain sebagainya. Memang sudah sepantasnya menyusui harus dilakukan. Kalau soal masalah lainnya, semuanya pasti akan demikian. Tergantung bagaimana cara merawatnya saja.

Oiya pada acara peringatan pekan ASI sedunia, juga disertai dengan Deklarasi Komunitas Nenek Kakek Pendukung Menyusui yang berasal dari berbagai organisasi masyarakat lintas agama. Organisasi tersebut diantaranya PP Muhammadiyah, PP NU, Persekutuan Gereja Indonesia, Parisada Hindu Dharma Indonesia, Fatayat NU, Muslimat NU, PP Aisyah, dan masih banyak lagi.

Dengan deklarasi ini, diharapkan para Ibu menyusui semakin semangat dan bisa memberikan ASI dengan baik kepada anak-anaknya. Karena dengan dukungan keluarga terdekat seperti nenek, kakek, ayah, dan saudara lainnya akan sangat berarti bagi Ibu yang sedang menyusui.


Dalam acara ini juga dihadiri oleh Ibu Gubernur DKI Jakarta (Ibu Ferry Farhati Ganis). Ibu Gubernur sangat mendukung kegiatan menyusui ini. Dan patut dijadikan contoh, beliau telah sukses menyusui (memberikan ASI kepada anak-anaknya).

Ibu Ferry Farhati Ganis juga ditetapkan sebagai duta menyusui Provinsi DKI Jakarta. Pemberian penganugerahan pin golden bow ini diberikan langsung oleh Ketua Sentra Laktasi Indonesia kepada Ibu Ferry Farhati Ganis. 

Semoga para Ibu Indonesia semakin semangat untuk memberikan ASI kepada anak-anaknya. Karena menyusui itu keren!

Salam, 




About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT