* *
BREAKING

Sunday, 15 September 2019

KRIYANUSA 2019 Pamerkan Produk-produk Kerajinan Unggulan Daerah





Indonesia adalah Negara yang kaya akan budaya dan juga kerajinan-kerajinan disetiap daerah seluruh Indonesia. Tentunya kita sebagai Warga Negara Indonesia patut bangga dengan kekayaan ini. Sebagai masyarakat yang baik tentunya juga harus turut untuk mempromosikannya ke dunia luar. Jangan sampai, kita sebagai Warga Negara Indonesia tapi kurang aware terhadap kerajinan-kerajinan yang ada di Indoenesia tercinta. 

Kualitas dari kerajinan-kerajinan Indonesia ini memiliki kualitas yang cukup bagus dan bisa bersaing dengan dunia Internasional. Oleh sebab itu, semua masyarakat Indonesia juga harus turut serta untuk melestarikan kerajinan-kerajinan khas Indonesia ini. 

Tentunya sudah pada tahu kan ya dengan kerajinan kain tenun, songket, anyaman bambu, produk kulit, kerajinan kain tapis, kerajinan logam, bahkan sampai logam mulia. Itu semua Indonesia punya loh. Masih banyak lagi kerajinan-kerajinan khas daerah yang lainnya yang harus kita kenalkan di dunia luar. 


Produk-produk kerajinan Indonesia memiliki pangsa pasar yang cukup besar di kancah internasional. Pada tahun 2018, sudah tercatat ekspor produk kkerajinan nasional menghasilkan 1,2 juta dollar AS bagi devisa Indonesia. Waaaah ini lumayan banyak sekali loh, tentunya masyarakat Indonesia harus bangga dengan capaian ini. Semoga setiap tahunnya akan terus mengalami peningkatan. 

Sekarang ini sedang hits-hitsnya soal industri pariwisata. Banyak kaum milenial yang traveling ke daerah-daerah untuk mengeksplor keindahan alam Indonesia. Nah saat berkunjung ke suatu tempat wisata, banyak juga lerajinan-kerajinan yang dipamerkan/dijual ditempat tersebut. Nah para traveler bisa banget untuk membantu mempromosikannya atau bisa juga dengan membelinya sebagai kecintaan terhadap kerajinan-kerajinan Indonesia.

Nah pada tahun 2019, hadir lagi pameran KRIYANUSA yang bertempat di Balai Kartini Jakarta. KRIYANUSA 2019 menjadi ajang untuk mempromosikan kerajinan-kerajinan khas daerah yang ada di seluruh Indonesia. KRIYANUSA 2019 berlangsung dari tanggal 11-15 September 2019 di Balai Kartini Jakarta.


Tema yang diangkat dalam KRIYANUSA 2019 adalah “Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreativitas dan Kewirausahaan”. Saya pribadi sebagai generasi milenial Indonesia, sangat bangga dengan kekayaan kerajinan-kerajinan diseluruh Indonesia. Kecintaan saya terhadap kerajinan-kerajinan khas Indonesia bisa ditunjukkan dengan mengoleksi dan memakai produk kerajinan seperti tapis khas Lampung. Saya juga memiliki batik khas Palembang, batik khas Yogyakarta, dan masih banyak lagi.

Itulah bentuk kecintaan saya terhadap kerajinan-kerajinan khas Indonesia dan tentunya akan terus ikut mempromosikan kerajinan-kerajinan khas Indonesia di kancah Internasional. Oiya pameran KRIYANUSA ini merupakan event tahunan ya, jadi setiap tahunnya akan terus dilaksanakan. 

Biarpun event KRIYANUSA diadakan setiap tahun, tentunya tetap mengusung tema dan konsep yang berbeda setiap tahunnya. Untuk tempatnya pun juga tidak hanya disatu tempat. Tahun lalu KRIYANUSA pernah diadakan di JCC dan tahun ini diadakan di Balai Kartini. 



Ajang KRIYANUSA ini juga bertujuan untuk terus memberikan semangat kepada seluruh pengrajin yang ada di seluruh Indonesia agar selalu semangat dalam mengembangkan kerajinan-kerajinan yang dimilikinya. Untuk pesertanya pun sudah melalui seleksi dari daerah masing-masing, dan yang dibawa ke KRIYANUSA ini adalah yang sudah memiliki nilai jual dan nilai seni dan mampu untuk bersaing. Untuk setiap tahunnya bisa saja terus bergiliran yang diajak ke pameran KRIYANUSA ini. Oleh sebab itu para pengrajin diseluruh Indonesia agar tetap semangat untuk mengembangkan produknya. 


Semoga kerajinan-kerajinan khas Indonesia terus mengalami kemajuan dan mampu bersaing dikancah internasional. Sebagai warga Negara Indonesia yang baik, kita harus bersama-sama dukung kemajuan kerajinan Indonesia. 

Salam,


About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

1 comment:

  1. Ya ampun itu produknya keren2 banget. Setujulah kalau Indonesia kaya akan aneka hasil kerajinan yang cantik

    ReplyDelete

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT