* *
BREAKING

Sunday, 23 June 2019

Pameran Seni Interaktif Kelas Dunia Hadir di Jakarta, Teamlab Future Park

Foto : www.menolaklupa.web.id

Bagi para penyuka seni di Indonesia, sudah saatnya untuk berkunjung ke Gandaria City. Tak perlu jauh-jauh lagi untuk melihat pameran seni interaktif tingkat internasional. Pameran Seni Interaktif kini sudah hadir di Indonesia. Tepatnya di Gandaria City, Jakarta.

Pameran seni interaktif ini sudah menggunakan teknologi digital yang mengusung konsep kreasi kolaborasi. Tentunya ini sudah menggunakan teknologi canggih kelas internasional. Biasanya banyak masyarakat Indonesia harus jauh-jauh dating ke Luar Negeri untuk melihat pameran seni kelas internasional ini.

Negara yang biasa mengadakan pameran seni interaktif ini adalah di Tokyo dan juga Singapura. Waktu pelaksanaan pameran seni interaktif di luar negeri, banyak masyarakat Indonesia yang berkunjung kesana. Hal inilah yang melatarbelakangi, kenapa tahun ini Jakarta menjadi tempat pilihan untuk mengadakan pameran seni interaktif.

  Saat peluncuran pameran seni, turut hadir Ibu Mervi Sumali selaku CEO SGE Live - Mr. Akitae Matsumoto selaku CEO teamLab Kids - Ibu N. Anie Puspitasari selaku Chief Marketing Officer Narada Aset Manajemen (Foto : www.bowosusilo.com)
Mayarakat Indonesia banyak yang suka dengan seni. Seperti melukis, mewarnai, dan lain sebagainya. Nah, Teamlab Future Park and Animals of Flowers Symbiotic Lives menjadi tema pameran ini. Jadi pengunjung akan dimanjakan dengan pertunjukan seni yang keren dan juga indah tentunya.

Saya pun pertama kali berkunjung ke pameran seni ini, dan langsung suka dan juga takjub. Saya berkunjung ke pameran ini pada tanggal 18 Juni 2019 bersama teman-teman. Tentunya pameran ini bukan hanya untuk anak-anak atau rang dewasa ya. Semua bisa menikmati pameran ini, yakni mulai anak-anak sampai dengan dewasa.

Saya sih sangat merekomendasikan pameran seni interaktif ini untuk dijadikan tempat berlibur sekaligus meningkatkan pengetahuan seni interaktif buat keluarga. Apalagi kalau teman-teman semua memang memiliki jiwa seni, cocok banget untuk mengunjungi pameran ini.

Pada pameran seni interaktif ini telah menghadirkan lima instalasi interaktif yang dapat dikunjungi oleh masyarakat, diantaranya:

Animals of Flowers, Symbiotic Lives

Foto : www.bowosusilo.com
Pada instalasi ini menyuguhkan rangkaian bunga-bunga yang tumbuh di tubuh-tubuh binatang. Jadi, saat kita masuk ke instalasi ini, akan ada gambar binatang yang sedang jalan. Nah apabila binatang tersebut disentuh, maka bunga-bunga yang ada tumbuh di binatang tersebut akan menyebar.

Bunga-bunga bertunas, mekar, dan akhirnya menghilang. Saat bunga tersebut sudah menyebar, maka binatang pun akan ikut menghilang. Nah jika pengunjung memegang binatang yang sedang jala, binatang tersebut juga akan otomatis menengok kearah kita loh. Jadi akan terlihat sangat menarik hehe.

Foto : www.menolaklupa.web.id
Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn

Instalasi graffiti nature memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjung. Karena pada instalasi ini, pengunjung bisa menggambar karya seni. Nah nantinya setelah menggambar, pengunjung akan terbenam dalam satu ekosistem seni yang berisi karya seni yang sudah digambar oleh pengunjung tersebut.

Binatang yang sudah digambar oleh pengunjung, bisa memakan binatang lainnya, dengan demikian maka jumlahnya pun akan ikut bertambah. Begitupun sebaliknya, jika binatang yang tidak makan atau malah dimakan oleh binatang lainnya, maka dia akan mati dan sirna.

Jadi instalasi ini menggambarkan mahluk hidup yang makan dan dimakan oleh mahluk hidup lainnya, sehingga menciptakan satu ekosistem yang terus berkesinambungan.

Foto : www.menolaklupa.web.id
Sliding Through the Fruit Field

Menurut saya, instalasi ini yang paling seru dan menyenangkan hehe. Saya excited banget ke instalasi yang satu ini. Instalasi ini merupakan tempat untuk meluncur, dimana buah-buahan bertumbuh. Ada berbagai macam jenis buah-buahan yang tumbuh di permukaan miring ini.

Bola-bolanya pun bisa memantul kesana kemari. Pengunjung yang berkunjung kesini, bertindak sebagai matahari, dan meluncur menuruni lereng. Sekali meluncur, bisa langsung lima orang, jadi lebih seru. Ketika tubuh pengunjung bertabrakan dengan bola-bola, energi sinar mataharimu akan tertransfer ke bola-bole tersebut. Dengan demikian, mereka akan terpental ke berbagai arah. Wajib banget deh, mampir ke instalasi sliding ini. Dijamin seru dan bahagia hehe.

Foto : www.menolaklupa.web.id
Sketch Aquarium

Pengunjung yang suka menggambar, cocok banget ke instalasi ini. Jadi pengunjung bisa menggambar hewan laut sesuai dengan imajinasinya masing-masing yang nantinya akan ditempelkan di akuarium raksasa. Nah di akuarium raksasa ini, hasil karya pengunjung akan menjadi hidup.

Loh kok bisa? Ya bisa dong hehe. Namanya juga seni yang sudah menggunakan teknologi modern dan canggih hehe. Nah karya pengunjung ini, juga bisa berenang dan juga bereaksi terhadap sentuhan. Jadi pengunjung bisa lihat langsung hasil karyanya di aquarium dan hidup loh.

Foto : www.menolaklupa.web.id
Light Ball Orchestra

Siapa yang suka dengan bola-bola. Nah di instalasi ini, bukan hanya menampilkan bola-bola yang kecil dan biasa ya, tapi menampilkan bola yang cukup besar dan tentunya sangat menarik. Saat pengunjung masuk instalasi ini, akan dimanjakan dengan bola-bola dengan cahaya yang dapat mengubah warna dan juga suaranya, sehingga bola-bola ini bisa membentuk sebuah orchestra.

Di instalasi ini, ada bola yang berada dibawah dan juga ada bola yang berada diatas. Bola-bola yang berada diatas kepala, bisa saling terhubung dengan satu sama lainnya. Jika disentuh satu bola, maka bola-bola yang ada disekitarnya akan ikut terpengaruh. Dengan demikian, warnanya akan berubah keseluruh ruangan bola tersebut.

Nah jika bola-bola yang ada dibawah digelindingkan, maka akan berubah warna dan bisa menghasilkan suara. Tentunya suara ini bukan suara-suara biasa yak hehe, tapi suara musik hehe.

Itulah lima instalasi yang ada di pamerann seni interaktif. Tentunya kelima instalasi itu akan memberikan pengalaman tersendiri dan sangat menyenangkan. Segera agendakan untuk bisa berkunjung ke pameran ini.

Untuk waktu pamerannya sendiri adalah dibuka setiap hari dari pukul 10 pagi – 10 malam. Untuk harga tiketnya, hari senin – jumat 135.000 dan hari sabtu – minggu serta libur nasional 150.000.

Cukup terjangkau, tidak perlu lagi harus keluar negeri untuk dapat melihat pameran seni interaktif yang keren seperti ini.

Oke, selamat berkunjung ya, Semoga menyenangkan hehe :)




About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT