PT Johnson & Johnson Indonesia Kolaborasi dengan Prestasi Junior Indonesia Adakan Pelatihan Bagi Generasi Muda

By Bowo Susilo - 08:59



Kerja dimana? Ini pertanyaan yang sering muncul ketika kita baru saja lulus sekolah atau kuliah. Dunia kerja memang menjadi bahasan yang menarik, apalagi saat baru-baru lulus kuliah kan. Jujur, saya sudah memikirkan mau kerja apa dan kerja dimana waktu masih menempuh perkuliahan. 

Nah ngomongin soal dunia kerja, hal-hal apa saja sih yang harus dipersiapkan. Beberapa hari yang lalu saya berkesempatan untuk mengikuti webinar yang diadakan oleh PT Johnson & Johnson Indonesia yang berkolaborasi dengan Prestasi Junior Indonesia. Webinar kali ini membahas tentang “A First Jobbers’ Guide to Job Hunting”.

Dalam pelatihan kali ini, turut hadir Indriyati Sumarsono selaku Head of HR & Strategy/Business Development PT Johnson & Johnson Indonesia, dan Robert Gardiner selaku Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia untuk membuka pelatihan ini.

Pelatihan yang diselenggarakan ini merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah Indonesia dalam mengatasi pengangguran muda serta mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dalam mendorong kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak bagi anak-anak muda.


Pelatihan kali ini diikuti oleh 48 mahasiswa dan anak muda lulusan SMA/SMK dari Jakarta, Bandung, Cileungsi, Semarang, Surabaya, Bojonegoro, dan Denpasar. Semua yang mengikuti pelatihan ini, dibekali dengan beragam keterampilan penting yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja. Para peserta didampingi langsung oleh 24 karyawan Johnson & Johnson Indonesia yang terlibat aktif sebagai mentor untuk berbagi pengetahuan dan juga inspirasi. 

Pas tau dapat undangan ini dan mau bahas soal persiapan untuk mencari kerja, tentu saya excited. Sebenarnya saya sudah lulus kuliah tahun 2016, lumayan lama yah haha. Tapi, dulu itu saya belum pernah ikut pelatihan khusus yang membahas soal persiapan mencari pekerjaan. Dan belajar itu kan nggak ada kata terlambat ya, makanya saya excited.

Pelatihan yang diadakan secara online ini menggunakan modul JA (Junior Achievement) Career Success yang dikembangkan oleh Prestasi Junior Indonesia. Nah para peserta sebelum mengikuti pelatihan ini, sudah diberitahu sebelumnya untuk mempersiapkan CV agar bisa dibahas langsung saat pelatihan berlangsung. Jadi memang langsung praktik nih, dengan begitu para peserta akan mudah paham.

Para peserta yang mengikuti pelatihan online ini antusiasmenya luar biasa. Semua bisa aktif bertanya jika memang tidak paham. Nah pelatihan ini memiliki tiga sesi pembelajaran, diantaranya:

1. Utilizing Your Soft Skills in the Workforce

Untuk sesi yang pertama ini, para peserta diajak untuk mengeksplorasi beragam keterampilan penting yang dibutuhkan oleh perusahaan dari para pencari kerja dan mengevaluasi apa saja keterampilan yang sudah dimiliki. Pada sesi ini, peserta juga diberikan penjelasan soal skills apa sih yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Para peserta juga dikasih tau pekerjaan apa saja yang berpeluang diera new normal sekarang ini. 

Beberapa Soft Skills yang dibutuhkan ialah percaya diri, etika bekerja, berfikir positif, kepemimpinan, dapat diandalkan, fleksibel dan mudah beradaptasi. 



2. A Beginner’s Guide to Writing Your First CV

Nah setelah belajar soal soft skill, para peserta masuk ke sesi dua yaitu pembahasan CV yang sudah dibuat sebelumnya. Nah dalam pembahasan kali ini, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok agar memudahkan para pendamping untuk membahas satu persatu. Para pendamping dari Johnson & Johnson Indonesia membahas CV yang sudah dibuat sekaligus memberikan masukan (perbaikan) jika memang CV tersebut kurang sesuai. Jadi para peserta bisa langsung paham dan bisa langsung memperbaikinya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis sebuah CV, diantaranya gunakan huruf yang formal, gunakan foto yang sopan, jangan menggunakan background warna yang alay. Cantumkan informasi diri dengan benar, gunakan bahasa yang ringkas dan jelas. Dalam penulisan CV tidak perlu banyak-banyak atau bahkan sampai beberapa halaman. Idealnya cukup satu halaman saja. Saat mengirimkan lamaran, cantumkan di subjek dan badan email yang jelas dan sopan. 





3. Golden Rules of A Successful Interview

Pembahasan soal soft skills dan CV sudah selesai, lanjut ke sesi tiga yaitu peserta mengikuti simulasi wawancara kerja untuk memahami pentingnya mengkomunikasikan potensi diri mereka kepada pewawancara. Sesi wawancara tentu menjadi sangat penting ya. Bisa dibilang, sesi wawancara adalah penentu para pencari kerja layak diterima atau tidak. Di sesi ini para peserta diajarkan bagaimana menjawab pertanyaan yang benar kepada pewawancara. Saat wawancara, Jawab pertanyaan seperlunya saja, jangan berlebihan. Gunakan bahasa yang baik dan sopan. 


Saya pribadi senang banget karena bisa bergabung di pelatihan ini, karena memang sangat bermanfaat. Semoga pelatihan seperti ini sering-sering diadakan oleh Johnson & Johnson Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia. Jujur, pelatihan seperti ini tidak saya dapatkan saat dibangku sekolah atau kuliah. Padahal ini sangat penting untuk mencari pekerjaan.

Semoga dengan adanya pelatihan ini, makin banyak anak muda yang mendapatkan pekerjaan dan bisa mengurangi pengangguran di Indonesia. 

Oiya, kalian bisa kepoin Instagramnya @jnj dan @prestasijunior biar nggak ketinggalan info terbarunya ya.

Sampai jumpa di pelatihan berikutnya!




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar