Memulai Bisnis Baru dari Hobi yang Seru Ala Mas Taufiq – Restorasi Sepeda

By Bowo Susilo - 23:43


Dimasa pandemi ini tentunya harus kreatif ya teman-teman untuk bisa memulai bisnis baru. Ya, sebenarnya banyak banget peluang bisnis yang bisa dikerjakan dirumah aja. Tergantung kitanya mau mulai mencoba atau tidak. Jika sudah mulai terjun ke dunia bisnis, tentunya harus tekun dan pantang menyerah ya!

Nah ngomongin soal bisnis, tentu ini bahasan yang sangat menarik ya. Terlebih saat kondisi pandemi seperti sekarang ini. Banyak orang-orang yang kehilangan pekerjaan dimasa sulit ini. Kondisi seperti sekarang ini membuat kita harus pintar-pintar memanfaatkan peluang yang ada. Untuk menemukan ide bisnis memang tidak mudah dan butuh proses.

Baru-baru ini saya nonton konten di Youtube Ninja Xpress yang sangat menarik yang ngebahas soal bisnis. Nah konten yang diunggah di Youtube Ninja Xpress yang saya tonton bertemakan BERGURU (Belajar Ragam Usaha Baru). BERGURU merupakan kategori konten yang mengajak orang-orang untuk melakukan aktivitas dari rumah agar tetap productive dimasa pandemi ini.

Konten Berguru kali ini menghadirkan seorang Owner Bengkel Restorasi Sepeda, Mas Taufiq. Dalam kesempatan ini, Mas Taufiq sharing tentang keterampilan sebelum memulai bisnis restorasi sepeda. Mas Taufiq Awal mula membuka usaha pada tahun 2017. Awal mula menjalani bisnis yang beliau geluti karena senang tentang restorasi khususnya pada sepeda. Apalagi sekarang ini olahraga sepeda lagi ramai banget.

Nah melihat peluang ini, akhirnya Mas Taufiq memutuskan untuk membuka bisnis restorasi sepeda. Modal awal untuk memulai bisnis restorasi sepeda yaitu 20-30 juta. Karena memang alat-alat yang dibutuhkan harganya lumayan mahal, tergantung dengan tipe-tipe sepeda yang mau direstorasi. 

Mas Taufiq juga sharing sekaligus mengajakarkan bagaimana cara menghilangkan cat pada sepeda yang mau direstorasi. Setelah berhasil di bersihkan, lalu diamplas, lalu dilanjutkan pengecatan ulang menggunakan warna dasar yaitu putih. Setelah itu baru menggunakan warna sesuai permintaan klien. Oiya, saat mengecat juga harus menggunakan masker khusus, karena banyak bahan kimia.

Berapa lama sih waktu yang dibutuhkan untuk meresparasi sepeda? waktu resparasi sepeda yang dibutuhkan untuk yang gampang-gampang adalah 10 hari. Sedangkan untuk permintaan khusus dan lumayan rumit, membutuhkan waktu 2-3 minggu.  Dalam satu bulan, Mas Taufiq mendapatkan klien yang mau restorasi sepeda sebanyak 25 (minimal). Nah dari 25 ini kira-kira keuntungannya berapa ya per bulan? 3 digit kepala satu, jawab Mas Taufiq.

Menurut Mas Taufiq, Tren bersepeda akan terus berlanjut. Ketika pandemi sudah berakhir, nanti masyarakat sudah terbiasa menggunakan sepeda, baik untuk olahraga atau untuk aktivitas sehari-hari. Bisnis resparasi sepeda memang bukan bisnis yang mudah, tetapi jika ditekuni dengan baik maka bisa sukses.

Oiya, untuk menunjang bisnis restorasi sepeda yang digeluti, Mas Taufiq membeli alat-alatnya secara online di Jakarta, luar daerah, hingga keluar negeri. Dan untuk masalah pengiriman, Mas Taufiq mempercayakannya menggunakan Ninja Xpress. Karena memang pelayanannya yang cukup baik, aman dan terjangkau bagi kalangan UMKM.


Tentunya teman-teman sudah tidak asing lagi kan ketika mendengar kata Ninja Xpress? Ninja Xpress merupakan penyedia logistik terkemuka di Asia Tenggara. Ninja Xpress hadir di Indonesia sejak tahun 2015, yang sampai saat ini terus berkomitmen untuk mendukung UMKM dan juga e-commerce. Ninja Xpress menyediakan solusi layanan pengiriman berbasis teknologi inovatif, yang turut menyelesaikan kerumitan dari proses pengiriman paket.

Berbagai kemudahan yang bisa dirasakan oleh pelanggan adalah pilihan yang fleksibel, kemudahan sistem yang memungkinkan pelacakan paket secara real-time, pembayaran paket secara cash-on-delivery, serta layanan customer service yang profesional.

Nah dimasa pandemi ini, Ninja Xpress memberikan komitmennya untuk terus membantu para pelaku UMKM dengan menghadirkan kampanye Obsesi Untuk Negeri. Ninja Xpress mengadakan Ninja Academy Online yang dikemas dalam OASIS (Obrolan Asik Seputar Bisnis). Teman-teman bisa nonton berbagai macam video menarik di Youtube Ninja Xpress.  

Dengan menonton konten yang disuguhkan oleh Ninja Xpress, teman-teman bakal banyak mendapatkan insight yang bisa menemukan ide usahanya sendiri dan bisa mengubah persepsi jika sesuatu yang terlihat sulit jika mau mencobanya akan mudah. 

Tentunya banyak topik menarik lainnya yang dibahas setiap episode, langsung aja kepoin youtube nya Ninja Xpress. Jangan lupa subscribe, like, dan komen biar nggak ketinggalan update video terbarunya.

Mulai bisnis baru dari hobi yang seru!

Salam Semangat!

 

 

 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar